Hal yang Bisa Anda & Saya Pelajari dari Seminar Kemarin…

Kemarin, saya menyelenggarakan seminar pertama saya.

Saya punya banyak pengalaman bicara untuk video-video saya, jadi tak ada halangan berarti bagi saya kemarin untuk bicara di depan beberapa orang.

Seminar kemarin berlangsung setengah hari, tiap sesi berlangsung kurang lebih 3 jam, dan saya membawakan materi super powerful tentang bagaimana cara mendominasi halaman pencarian Google dengan informasi tentang bisnis kita.

Seminar ini berlangsung tanggal 29 Juni 2014, dengan waktu persiapan sekitar 6 hari -- meliputi pembuatan landing page, pengemasan dan pelabelan CD, dan persiapan tempat.

Saya mulai menginformasikan tentang seminar ini ke list saya dan saya iklankan di Facebook pada tanggal 25 Juni, tanggal 27 Juni sudah ada lebih dari 40 orang pendaftar, dan SMS pendaftaran belum berhenti masuk hingga tanggal 29 Juni.

Karena tempat seminar relatif kecil, saya sengaja batasi pendaftar hingga 50 orang saja. Orang ke 51 dan seterusnya yang meng-SMS saya jawab dengan jawaban, "Maaf... sudah full".

Dalam participant list yang saya print, ada 23 orang untuk sesi 1 dan 25 orang untuk sesi 2.

Ketika acara berlangsung, ada 12 orang yang benar-benar datang untuk sesi 1, dan 9 orang yang benar-benar datang untuk sesi dua. Artinya, dari 48 orang di participant list yang mendaftar via SMS, hanya 21 orang yang benar-benar datang tepat waktu ke acara.

Acara sesi 1 100% yang datang merupakan subscriber saya di SyamsulAlam.net -- artinya mereka sudah cukup advanced sehingga saya bisa bahas materi secara lebih dalam.

Sementara untuk sesi 2, hanya 1 orang yang merupakan subscriber di SyamsulAlam.net, sementara sisanya merupakan orang yang belum pernah tahu tentang saya, dan masih amat awam dengan SEO (mereka datang karena Facebook Ads), sehingga saya perlu banyak jelaskan hal-hal dasar dan tak bisa bicara terlalu teknis - seteknis sesi sebelumnya.

Di event tersebut, saya juga menjual CD berupa file video dari video-video gratis saya yang ada di YouTube. Untuk mereka yang malas men-download video saya di YouTube, saya sediakan video-video saya dalam CD yang telah saya burn yang bisa langsung mereka masukkan komputer dan setel di komputer mereka.

Tiap kepingnya, saya jual Rp 37.000, satu CD berisi video seri tutorial dalam satu topik. Ada 8 seri CD yang tersedia, dan pembelian 8 seri CD sekaligus (satu paket lengkap), pembeli bisa mendapatkannya dalam harga diskon berupa Rp 247.000 saja.

Dari 75 keping CD yang saya tersedia, 40 keping terjual. Kenapa bisa terjual amat banyak CD? Karena pembeli membeli langsung dalam satu paket (8 CD), artinya ada total 5 paket CD yang terjual. Dengan total penjualan sekitar kurang lebih Rp 1.200.000.

Secara keseluruhan, seminar ini lumayan okay. Tidak terlalu bagus karena kurang dari 50% peserta yang daftar yang benar-benar hadir, tapi juga tidak terlalu buruk karena minimal seminarnya juga tidak terlalu sepi.

Dari segi penjualan, 5 orang dari 21 orang membeli, artinya konversi sekitar 25%.

Sesi 1 ada 4 pembeli dari 12 orang (30% konversi), sementara sesi 2 hanya ada 1 pembeli dari 9 orang (11% konversi).

Hal yang saya pelajari dari hal ini adalah dikarenakan sesi 2 memiliki lebih banyak peserta seminar yang belum kenal saya -- belum memiliki hubungan dengan saya, sehingga belum ada cukup 'trust' untuk membeli produk saya. Sementara peserta seminar di sesi 1 semuanya merupakan subscriber saya, yang artinya mereka sudah amat kenal dengan saya.

Tingkat kehadiran yang relatif rendah (kurang dari 50%) menurut saya adalah karena seminar ini gratis, artinya tak ada konsekuensi negatif bagi peserta yang tak datang meski mereka sudah mendaftar. Plus, karena seminar ini diadakan di hari pertama bulan Ramadhan dimana banyak orang sibuk karena berbagai alasan.

Beberapa poin yang saya bisa pelajari ketika saya nanti mengadakan seminar serupa di kemudian hari adalah:

  • Seminar harus berbayar, sesedikit apapun biaya pendaftarannya (entah itu Rp 20.000, Rp 50.000, atau Rp 100.000). Hal ini untuk memastikan agar peserta 'termotivasi' untuk datang karena mereka tentu tak ingin kehilangan uang mereka secara cuma-cuma.
  • Promosikan seminar pada warm lead (orang yang sudah kenal dengan kita).
  • Selenggarakan seminar di hari dimana orang banyak lowong -- jangan di hari dimana mereka ingin habiskan waktu dengan keluarga mereka (hari pertama bulan puasa biasanya orang ingin menghabiskan waktu dengan keluarga mereka).

Dan... yah... demikianlah hasil pengalaman saya mengadakan seminar pertama saya. Saya harap anda dan saya bisa belajar sesuatu dari sini.

Jika anda suatu saat ingin menyelenggarakan seminar anda sendiri, mungkin anda bisa mengambil satu dua poin dari artikel ini untuk membuat seminar anda setidaknya lebih sukses daripada seminar pertama ini, dan...

Salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
kursus seo murah
kursus seo terbaik
kursus seo gratis
kursus seo dan internet marketing
biaya kursus seo
pelatihan seo
training seo
seminar seo

17 thoughts on “Hal yang Bisa Anda & Saya Pelajari dari Seminar Kemarin…

  1. sy baru prtama kali baca pembawa seminar membedah hasil dan mengevaluasi sendiri hasilnya, sangat membuka mata trnyata begitu ya kalau org daftar gratis, malah enggak dateng,, sayang bgt..

    klo aja mas adain di bdg, sy dateng insyaa Alloh. trims mas Syamsul

  2. Sukses mas alam seminarnya…
    saya salah satu peserta seminar juga anggota premium member
    kemarin setelah selesai seminar disampaikan kalau ada yang mau dioptimasikan untuk web nya supaya menulis disecarik kertas diisi nama dan alamat web serta kata kunci yang dibidik, apa sudah ada kabarnya mas alam kelanjutannya? terimakasih. ooo iya hampir lupa untuk update penjelasan seo domination kapan mas alam akan di release di http://www.syamsulalam.net

  3. Seminarnya Mantap Gan,
    Tapi sayangnya saya belum bisa Hadir.
    Masih menikmati Materi Anda via Video Tutorial.

  4. Waduhh mas Alam… saya yeni dari http://www.JualTheraskin.com nyesel banget ketinggalan seminarnya 🙁 . Secara pribadi saya malah ingin daftar workshopnya barangkali mas Alam ada waktu luang bisa saya belajar langsung. Training atau kelas privat juga saya bersedia mas. Biaya manut. Materi mas Alam sudah saya print, bolak – balik saya baca ulang biar bisa mengerti. Untuk teknik seo on page lumayan saya cepat nyambungnya. Tapi untuk materi seo off page / backlink ini yang saya yakin kalau saya bisa ditraining langsung akan sangat membantu saya mengerti, terutama dari segi waktu. Terima kasih

  5. maaf mas, kemarin saya gak bisa datang, karena berbenturan dengan acara keluarga, lain kali aku ikut, di seminarnya ada yang jual software seo nggak mas?,
    sangat butuh software agar tidak beli backlink terus.

    1. saya ga jual software seo mas, tapi saya kurang lebih tahu gimana cara dapat backlink bagus tanpa bayar orang dan tanpa pake software. 😀 manual sih, tapi cocok untuk seo produk lokal.

  6. 5af mas alam ganggu waktunya, saya mau nanya nih, saya kan pemula, saya ingin menghasilkan uang dari blog, terus ketika blog saya sudah berumur 4-5 bulan, dengan artikel yang sudah saya kembangkan dari awal.

    ketika saya mau mendaftarkan blog saya di google adsense, agar langsung bisa diterima di google adsense itu bagaimana caranya ? tolong bantuanya… cara-cara yang mudah

    sebelum saya tidak salah ambil langkah, dan blog saya agar tidak sia-sia, mohon penjelasanya.

    1. saya pribadi ga main adsense, menurut saya buang-buang waktu. tapi oke deh, kapan-kapan saya buat artikel tentang gimana cara di approve google adsense.

      1. Main nya toko online y mas? mantep bgt di artikel lain blg 1jt/hari merupakan penghasilan terburuk hehe
        klo premium membernya ada pembahasan manajemen/cara membuat skedul step2 ngeblog nya ga mas?
        karena terus terang setelah tahap posting artikel bingung langkah selanjutnya, apa optimasi artikel dulu sampai page one, atau ttp posting artikel tiap hari , karena 2 kegiatan ini masih sulit klo berbarengan (nulis artikel & cari backlink )
        thx

  7. WAH KAYAKNYA KALO DI ADAIN DI JAKARTA ASYIK DEH BANG, SAYA PENGEN BANGET BELAJAR TENTANG BAGAIMANA MENJADI ONLINER SUKSES,,,, BANG MAU TANYA NIH DIKIT, KALO MAU SUBMITE SITEMAP KE BING BAGAIMANA YA,TAPI INI UNTUK CMS DRUPAL BANG,,,MAKASIH SEBELUMNYA

  8. Kalau nanti ada lagi, mudah-mudahan saya bisa ikut mas walau berbayar..Soalnya sekarang masih di luar 🙁
    Sekalian pengen ketemu mas Syamsul,hamster bazooka dan kucing nya mas 😀

    Boleh juga tuh mas usul dari teman2, diadakan antara di Jkt atau Bdg 😉

Comments are closed.