Toolbox

Selama bertahun-tahun melakukan dan mendirikan bisnis online, saya telah menggunakan puluhan bahkan ratusan alat dan jasa yang memudahkan saya dalam melakukan bisnis saya. Untuk bahan referensi anda, saya memutuskan untuk mengumpulkan semua peralatan jasa yang sering saya gunakan dalam personal toolbox ini.

Berikut ini adalah peralatan favorit saya yang sangat saya rekomendasikan:

Content Management System:

WordPress: Saya dulu menggunakan Blogger, namun tidak lagi setelah saya mengenal WordPress. Secara sederhana WordPress adalah platform blogging nomor 1 di dunia (setidaknya bagi saya). Sangat simpel, mudah digunakan, dan sangat bisa dikustomisasi oleh orang yang awam kode seperti saya.

WordPress juga dapat digunakan sebagai toko online, membership site, dan ratusan lagi jenis site dengan koleksi plugins dan theme yang ia miliki.

Hosting:

HostGator: Perusahaan hosting favorit saya πŸ˜€ Yang membuat saya jatuh cinta pada HostGator adalah karena Hostgator sangat cepat, support team mereka sangat responsif, dan uptime mereka sangat bagus! Terlebih lagi mereka terintegrasi dengan CloudFlare. Membuat situs saya dapat dibuka dengan sangat cepat di Indonesia meski server HostGator berada di Amerika sana.

Bluehost: Saya juga penggemar BlueHost karena 'kesederhanaan' yang ada pada rencana pembayaran yang mereka miliki. Mereka hanya memiliki satu harga untuk anda bayar, unlimited storage & bandwidth, plus GRATIS domain!

Amazon S3: Amazon Simple Storage Service -- Saya menggunakan jasa Amazon S3 karena saya berkali-kali di banned oleh YouTube dan frustasi karenanya (tapi tetap tidak kapok kok :D). Amazon S3 mengijinkan saya untuk menyimpan file dan data saya -- audio, pdf, video, dan lain-lain -- dalam cloud dan menjadikannya dapat diakses oleh siapapun di seluruh dunia tanpa harus khawatir akan bandwidth. Harganya juga sangat luar biasa murah!! Dua kata -- LUAR BIASA!

Web Management

FileZilla: FTP software open source gratis, yang mengijinkan saya untuk mengupload file dan dokumen dari komputer ke server saya dengan sangat mudah -- hanya perlu 'drag n' drop'.

EditPlus: Ingin meng-edit file atau CSS dari site anda dengan sangat cepat? Saya menggunakan EditPlus untuk meng-edit file di site saya tanpa menyentuh CPanel dan mendownload apapun.

Payment Processor:

PayPal: PayPal adalah standar baru dalam melayani pembayaran secara online. Jika anda ingin menerima pembayaran dengan sangat cepat melalui website anda, maka PayPal adalah jawaban anda.

Affiliate Program:

JVZoo: Cara baru yang mudah bagi anda yang memiliki produk untuk pasar internasional untuk mendapatkan banyak uang dengan cara membangun affiliate program menggunakan JVZoo. Tool satu ini akan membantu anda menjual produk anda secara luas dengan bantuan affiliate JVzoo sekaligus membantu anda dalam mengotomatisasi sistem pengantaran produk. Anda tidak perlu menginstal apapun dan dapat anda dapat sign up GRATIS!

DigiResults: Merupakan affiliate program yang kurang lebih sama dengan JVZoo dengan fitur-fitur seperti instan komisi untuk affiliates, dan banyak lagi. Sign up GRATIS untuk mulai menjual produk anda secara otomatis dengan tool yang satu ini.

ClickBank: Affiliate program untuk produk digital dengan jumlah affiliate terbesar di dunia! ClickBank mengatur semua pembayaran, pembayaran pajak, pembayaran terhadap affiliate, dan lain-lain. Yang perlu anda lakukan hanyalah memastikan produk dan sales letter anda sesuai dengan ketentuan mereka, dan anda bisa tenang mengumpulkan uang dengan bantuan ClickBank.

Namun, proses untuk dapat masuk ke ClickBank amat rumit dan tidak gratis. Selain itu menjual melalui ClickBank cenderung memiliki 'refund rate' yang tinggi. Saya tidak merekomendasikannya kecuali anda tahu yang anda lakukan.

Amazon: Amazon Marketplace adalah tempat yang sesuai bagi anda yang ingin menjual produk anda secara internasional. Anda dapat memulai dengan akun gratis di Amazon Marketplace untuk menjual kurang dari 40 item per bulan, dan hanya $40 per bulan untuk anda yang menjual lebih dari 40 item per bulan. Anda akan dibayar setelah anda mengirim barang anda, dan anda hanya dapat menjual barang nyata.

Amazon Associates adalah tempat bagi anda yang ingin menghasilkan uang dengan menjualkan barang milik orang lain di Amazon. Jika anda tertarik untuk menjadi affiliate Amazon, anda dapat gabung Amazon Associates dan menghasilkan ratusan juta rupiah menjual barang yang anda sukai!

Autoresponder Software:

Aweber: Pilihan autoresponder yang sangat mahal menurut saya, namun mempunyai deliverability rates yang terkenal baik dalam industri ini. Fitur autoresponder yang sangat kaya dan kemampuan integrasi pada hampir semua affiliate program dan payment processor menjadikan Aweber salah satu pilihan autoresponder terbaik.

GetResponse: Alternatif dari Aweber yang tidak kalah bagus, dengan harga yang lebih murah. GetResponse juga merupakan autoresponder dengan fitur yang cukup lengkap dan didukung dengan kemampun integrasi kepada software third-party yang cukup banyak.

ImnicaMail: Autoresponder yang dulu pernah saya gunakan, sangat murah namun juga sangat tidak bisa diandalkan. Saya menggunakan autoresponder ini selama kurang dari 6 bulan dan sangat tidak puas dengan deliverability rate yang ia miliki. Semua email yang saya kirim ke Gmail masuk SPAM, dan saya tak akan pernah menggunakannya lagi... kecuali mereka memperbaiki masalah dengan deliverability rate yang mereka miliki.

MailChimp: Autoresponder yang murni hanya bisa digunakan untuk newsletter. Anda tidak bisa mempromosikan program make money online dengan autoresponder ini, tidak bisa menawarkan affiliate products, yang artinya pilihan yang sangat buruk untuk internet marketer. Tapi saya masih menggunakan versi gratisnya untuk mengelola list dari blog lama saya dan menurut saya, deliverablity rate MailChimp sangat bagus. Jadi saya cukup suka autoresponder satu ini, apalagi gratis. πŸ˜€

Testing & Tracking:

Google Analytics: Alat ini dapat membantu anda memonitor seluruh trafik anda dengan gratis. Dengannya anda dapat mengetahui seberapa banyak trafik yang dimiliki blog anda, apa kata kunci yang mereka gunakan, dari mana mereka datang, dan banyak lagi! Salah satu tool favorit saya.

Redirection: Plugin yang satu ini memungkinkan saya untuk menghilangkan atau mengganti broken link yang dimiliki oleh situs saya. Juga saya gunakan untuk mengukur seberapa banyak trafik yang datang dari sebuah sumber. Menjadikan saya mengerti seberapa sukses saya dalam mendatangkan trafik dari sumber tersebut.

Product Creation:

Camtasia Studio: Saya pernah menggunakan camtasia studio free trial dan sebenarnya sangat menyukai camtasia untuk membuat video tutorial, namun harganya yang sangat mahal dan karena camtasia sangat memakan memory, saya putuskan untuk meng-uninstall software ini dari komputer saya dan mencari alternatif lain.

Screenr: Anda dapat dengan instan membuat video tutorial selama 5 menit menggunakan software ini. Anda tidak perlu menginstal apapun dan anda dapat merekam apapun di komputer anda GRATIS selama 5 menit.

Audacity: Ingin membuat rekaman mp3 untuk produk audio anda? Audacity adalah open source project yang mengijinkan anda untuk merekam dan mengedit audio file yang anda miliki. Gratis dan sangat mudah untuk digunakan.

SEO Tools

BuyProxies.org: Ini adalah 'bensin' dari semua SEO tools yang saya list di sini. Hampir tidak ada gunanya peralatan SEO anda jika anda tidak menggunakan private proxies untuk menjalankannya. BuyProxies.org memberikan anda proxies yang dapat diandalkan, cepat, dengan uptime yang bagus. Support nya juga amat menakjubkan. Merupakan penyedia proxy favorit saya.

Plugin Wajib Instal

Coming Soon: Akan ditambahkan ketika saya punya waktu. πŸ˜€

Tak ada tags untuk post ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *