Tentang Alam

Hai, nama saya Syamsul Alam. Saya mahasiswa FEB di Unair, Surabaya sekaligus internet marketer merangkap blogger. Tidak ada yang menarik di halaman ini, ini halaman tentang diri saya. Tapi berhubung anda sudah sampai sini, yah... mari saya ceritakan sedikit tentang saya... hehe...

Tahun 2007 adalah saat dimulainya segala sesuatu yang menjadikan saya seperti sekarang ini. Tahun 2007 adalah tahun percobaan saya. Pada tahun itu, saya mencoba segala sesuatu yang berkaitan dengan internet marketing.

Saya masih ingat, tahun 2007 akhir saya mengenal blog dari teman saya. Blog pertama saya adalah http://www.alampintar.org yang merupakan blog diary yang sifatnya personal. Saya menulis dan mengajak orang untuk membaca tulisan saya. Menertawakan tulisan saya, bercanda, dan dan berdiskusi tentang topik tulisan yang saya buat merupakan salah satu kenikmatan memiliki blog kala itu.

Hal lain yang saya nikmati saat itu adalah meng-edit template. Anda tak tahu betapa puas rasanya diri saya ketika bisa mengaplikasikan tutorial blogger ke blog saya sendiri dan berhasil. Semua kerja keras dan keringat ketika mempelototi dan mengubah kode-kode HTML rasanya terbayar ketika melihat bahwa edit-an saya berhasil dan saya tidak menghancurkan blog saya. 😀

Dari yang awalnya nge-blog sebagai hobi, lambat laun menjadi lahan belajar bagi saya. Di tahun itu, saya juga tahu bahwa kita dapat mendapatkan uang dari internet (blog). Namun saya sedikit banyak masih belum tahu caranya.

Tahun 2008 awal, saya mulai mendapatkan uang pertama saya dari internet dengan menjadi blog translator. Kala itu, banyak blogger Indonesia yang membutuhkan blog berbahasa inggris untuk Adsense. Hm... hal itu saya manfaatkan dengan menjadi translator. Saya ingat sekali, saat itu saya menarik tarif Rp 2.500 - Rp 3.000 untuk tiap artikel yang saya translasi.

Klien pertama saya adalah Kang Rohman yang sekarang mengelola http://www.krtutorplus.com, hingga akhirnya saya berhenti karena tidak punya waktu dan karena ternyata kualitas terjemahan saya tidak bagus-bagus amat (maklum terjemahan amatir anak SMA). Hahaha...

Di saat yang sama, saya juga sempat pernah menjadi penerjemah blog milik Agus Ramadhani, blogger yang terkenal dengan blognya http://o-om.com dan akhirnya berhenti sama sekali melakukan translasi blog.

Di tahun itu, saya belajar dan mencoba banyak hal untuk menghasilkan uang dari blog saya. Saya belajar tentang Adsense (ini tidak saya coba karena saya belum 18 tahun saat itu), banner ads, paid review, dan banyak lagi.

Saya juga belajar tentang affiliate marketing. Untungnya saya ini pembelajar yang cepat, khususnya kalau tentang uang. Jadilah, dengan sekali belajar dari sebuah blog yang saya lupa namanya, saya langsung tahu bahwa 'affiliate link' adalah link 'ajaib' yang bisa memberi saya uang jika ada seseorang yang mengkliknya dan membeli sesuatu yang ditawarkan oleh link itu.

Otak saya berputar... dan saya menemukan ide brilian. Saya meletakkan link-link afiliasi di bagian atas dan bawah semua artikel saya. Saya kustomisasi tampilan link-link tersebut sehingga tampak seperti adsense. Untuk masing-masing produk yang saya punya link-nya, saya juga buatkan deskripsi singkat yang menggoda orang untuk meng-klik. 😀

Tidak lama, berkat artikel saya yang jumlahnya ratusan kala itu, dan trafik yang lumayan, saya mendapat banyak uang dari mereferensikan produk orang lain (cukup banyak untuk ukuran kantong anak SMA waktu itu). Hahaha... kenangan manis... saat itu saya juga belajar bahwa affiliate marketing selalu lebih menghasilkan daripada memasang text link ads, banner ads, atau paid review.

Saya terus nge-blog, hingga akhirnya nilai sekolah saya jatuh, dan saya harus ambil pilihan. Pilihan yang saya ambil waktu itu adalah menghentikan segala hal tentang internet marketing (ya, termasuk nge-blog), dan fokus ke sekolah saya agar bisa diterima di Universitas yang bagus. Itulah alasan saya hiatus dan menelantarkan blog AlamPintar.org saya.

Tahun 2010, selama hiatus dari dunia internet marketing di Indonesia, saya menjadi anggota forum luar negeri (WarriorForum) yang tidak terlalu aktif.

Dari sana, saya belajar cara internet marketing yang benar dan menyeluruh (yang anehnya jarang saya lihat di blog atau forum di sini). Beberapa hal yang saya pelajari adalah cara menghasilkan trafik yang tertarget, fundamental SEO yang benar, cara membuat produk informasi, pemasaran melalui email, dan banyak hal lagi yang malas saya spesifikasikan di sini... Saya terus belajar tentang internet marketing hingga saat ini.

Berkat semua itu, pada tahun 2011, saya memberanikan diri untuk meluncurkan tiga produk berbahasa inggris saya, yakni WordPress 2.0 Video Tutorials, Backlink Flood, dan FMP Shortcut System. Dua yang pertama merupakan produk yang saya miliki hak jualnya, sementara produk terakhir merupakan murni produk buatan saya sendiri.

Memang produk saya tidak terlalu laku dan tidak banyak orang yang tahu, tapi karena saya menjual produk saya cukup mahal ($10 - $40), saya mendapat banyak uang meski pembelinya sedikit. 😀

Tahun 2012 ini, fokus saya adalah untuk aktif membangun nama dan aset. Yang saya maksud nama & aset adalah:

  1. Memasarkan secara online bisnis offline yang ada dan dimiliki orang lain sehingga bisnis tersebut berkembang dan saya kecipratan untung (karena saya yang menjualkan secara online). Oleh karena itulah, saya mencari siapapun yang memiliki bisnis offline (misal: punya toko sepatu futsal, punya butik, punya bisnis ikan lele, punya toko baju busana muslim) yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjual produknya ke luar kota/wilayah/pulau/negeri melalui pemasaran dengan internet.
  2. Memasarkan produk informasi ke pasar internet marketing di Indonesia.
  3. Membesarkan nama saya dengan mengisi seminar atau pelatihan yang berhubungan tentang internet marketing.

Untuk yang tertarik kerja sama dengan saya, anda bisa kontak saya di sini »

Trivia:

  • Dulu, saking jatuh cintanya saya dengan affiliate marketing, saya pernah menjadi affiliate ClickBank. Tapi, saya tak pernah mendapatkan uang saya dari ClickBank karena tak pernah bisa menariknya. Jika anda tahu, persyaratan untuk bisa menarik uang dari Clickbank sangat sulit dan berbelit-belit. Apalagi jika anda hanya menghasilkan puluhan - ratusan dolar.
  • Juga pernah jadi affiliate Amazon, tapi menyerah karena tak cukup sabar dan malas harus menulis artikel 1000 kata dalam bahasa inggris untuk review produk.
  • Payah kalau urusan SEO. Internet marketer lain kelihatannya bisa dengan mudah mendapatkan banyak trafik dari Google dengan sedikit artikel. Sementara saya perlu menulis banyak artikel untuk mendatangkan banyak pengunjung.
  • Menghabiskan jutaan rupiah (semuanya uang saya sendiri yang saya dapat dari internet, bukan dari orang tua) untuk membeli produk-produk/courses berbahasa inggris, namun punya sedikit masalah untuk mengimplementasikannya (maklum, anak muda jaman sekarang sulit fokus).

Jika ingin tahu lebih banyak tentang saya dan berkenalan lebih dekat, anda bisa temui saya di Facebook, Google+, atau Twitter.

Tak ada tags untuk post ini.

One thought on “Tentang Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *