SEO vs. Facebook Ads – Mana yang Lebih Bagus? (Pilihan Manapun Salah)

Bicara tentang mana yang lebih bagus, SEO vs. FB Ads itu seperti bicara tusuk gigi versus sendok.

Mana yang lebih berguna dari kedua benda tersebut? Sendok bisa mengambil sesendok makanan sementara tusuk gigi hanya bisa mengambil secuil. Mana hayo yang lebih bagus?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sama tak bisa dijawabnya seperti lebih bagus mana SEO dengan Facebook ads? Seperti tusuk gigi versus sendok, kedua hal ini tidak bisa dibandingkan.

Sendok lebih bagus jika anda mau makan, tapi ketika anda ingin mengambil sisa-sisa makanan diantara gigi anda, sendok adalah alat terburuk yang mungkin bisa anda gunakan. Begitu pula sebaliknya.

Hal yang sama seperti SEO dan Facebook ads...

Satu fungsinya adalah untuk membuat anda ranking di mesin pencari untuk kata kunci tertentu di mana kata kunci tersebut dicari orang secara aktif. Sementara yang lainnya adalah untuk menampilkan penawaran anda di depan audiens yang anda target.

Jenis pemasarannya berbeda, jenis produk yang bisa ditawarkan berbeda, industri di mana kedua teknik ini bisa dipakai juga berbeda, dan jenis trafik yang dihasilkan pun juga berbeda.

Facebook ads luar biasa bagus untuk menjual barang yang memiliki sifat impulse buying tinggi. Biasanya merupakan produk dengan harga murah, menarik, baru, dan memiliki tingkat keunikan tinggi.

Namun traffic nya 'dingin' -- karena anda peroleh dari orang yang lagi nganggur dan nge-scroll-i news feed. Sehingga amat sulit dikonversi menjadi penjualan untuk produk dengan harga atau tingkat komitmen tinggi.

Silahkan tanyakan pada semua ahli Facebook ads yang anda kenal, dan mereka akan ajarkan anda untuk menawarkan penawaran dengan komitmen lebih rendah ketika menggunakan iklan Facebook -- istilah kerennya diarahkan pada lead magnet, traffic nya yang dingin harus di angetin terlebih dahulu -- baru bisa digunakan untuk menghasilkan transaksi.

Sementara SEO luar biasa bagus untuk menjual barang yang secara aktif dicari oleh orang, idealnya adalah barang yang tidak mudah ditemukan jika tidak dicari secara aktif dan memiliki margin tinggi.

SEO merupakan alat yang payah untuk menghasilkan trafik pada produk yang unik dan baru, karena anda tidak akan bisa temukan kata kunci yang bisa anda gunakan untuk menjual produk baru tersebut. Produk yang terlalu unik relatif sulit dijual dengan SEO karena tidak ada pencarinya.

Penjelasan saya merupakan penjelasan ekstrim dari kedua hal tersebut, dan tergantung seberapa kreatif anda dalam menggunakan dua alat tersebut, bisa jadi dicari jalan tengahnya namun...

...Saya punya contoh yang mungkin sempurna untuk penjelasan saya tersebut. Produk pertama adalah jasa sewa pick up. Produk kedua adalah kerudung syari.

Dengan Facebook ads, anda bisa habiskan banyak budget untuk beriklan mencari mereka yang butuh pick up.

Dengan targeting seperti apapun, saya rasa agak sulit cari orang yang butuh pick up -- karena kebutuhan akan pick up biasanya harus ada event yang melatarbelakangi (misalnya pindah rumah, pindah kantor, bawa barang ke pasar / gudang) sehingga menentukan audience akan amat sulit dan menjadikannya alat payah untuk jenis industri ini.

Di satu sisi, SEO adalah alat sempurna untuk jenis industri ini. Mereka yang butuh pick up pasti cari pick up. Tinggal cari tahu orang yang butuh pick up kira-kira mengetikkan keyword apa, buat halamannya, ranking-kan -- voilà!

Sementara Facebook ads adalah alat sempurna untuk jual kerudung syari. Harga relatif murah, audiens bisa dengan mudah di target. Tinggal seberapa pintar anda bisa profiling, copywriting, budgeting, dan designing -- maka anda bisa jual langsung ke ribuan hingga jutaan orang dalam satu waktu, dengan sukses.

Jika kerudung syari di SEO-kan? Berapa pencariannya per bulan? Bisa ranking pun omzet pasti kurang maksimal. Ranking banyak keyword pun masih kurang maksimal. Kecuali kalau men-target keagenan atau reseller. Itu pun berapa banyak pencariannya? Intinya kurang efektif.

Facebook ads & SEO, dua alat dengan fungsi sama, menjangkau orang. Tapi jenis yang anda jangkau berbeda, menjadikannya efektif untuk produk, bisnis, dan di industri berbeda.

Tak perlu lagi deh bandingkan keduanya, karena keduanya sama-sama bagus. Semua tergantung penggunaan dan penggunanya.

Salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
seo vs facebook ads
seo vs facebook
jasa seo
seo vs fb ads
cara mempromosikan iklan di facebook
biaya iklan di facebook
contoh iklan di facebook
cara membuat iklan bersponsor di facebook
bersponsor di facebook gratis
iklan di facebook bayar berapa

4 thoughts on “SEO vs. Facebook Ads – Mana yang Lebih Bagus? (Pilihan Manapun Salah)

  1. terimaksih ni ilmu yang bagus buat memulai bisns online suapay bisa mendatangkan pembeli, jadi tidak hanya sekedar barang terjual tapi juga bisa karakteristik pasar dan bagaiman perilaku orang dalam mencari barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *