PREMIUM: SEO & FB Ads Combo – Iklan Facebook Murah Meriah dengan Bantuan SEO!!

Seberapa murah iklan Facebook yang bisa anda hasilkan?

Tahukah anda kenapa sebagian besar dari iklan anda di Facebook mahal? Itu karena iklan anda harus berkompetisi dengan iklan-iklan lain dalam perang bid.

Betul!

Jadi seperti yang anda mungkin sudah tahu, ketika anda beriklan di Facebook, anda tidak membayar facebook nominal yang tetap untuk menampilkan iklan anda. Nominal yang anda bayar bervariasi, tergantung dari tingkat kompetisi, optimasi iklan, relevansi iklan, dan performa dari iklan anda.

Mengetahui tentang 4 hal ini akan memberikan anda wawasan tentang bagaimana caranya agar anda bisa beriklan dengan murah di Facebook.

#1 Kompetisi Iklan

Ketika anda beriklan di Facebook anda harus tahu bahwa facebook memiliki slot yang terbatas untuk menampilkan iklan anda. Sementara itu ada banyak sekali pengiklan yang berebut untuk menampilkan iklan mereka di slot slot tersebut.

Dan anda jangan berpikir bahwa jika misal iklan anda mengenai busana muslim, maka kompetitor anda adalah orang lain yang juga jualan busana muslim.

Hal tersebut 100% salah. Kompetitor anda ya semua orang yang mentarget ke target market anda atau ke audiens yang anda tetapkan melalui targeting.

Misalnya, anda mengiklankan iklan busana muslim anda dengan targeting seperti ini.

Agama: Islam; Gender: wanita; Interest: Yusuf Mansur, Ippho Santosa, Aa' Gym; Usia: 25 - 40; Lokasi: Jawa Barat, Indonesia.

Maka kompetitor anda adalah semua pengiklan yang targeting-nya memiliki kesamaan dengan targeting yang anda buat.

Itu alasan mengapa jika mengandalkan pada interest dan demografik saja biasanya iklan anda harganya cukup mahal. Oleh karenanya anda harus cari cara untuk menetapkan targeting dengan cara lain selain interest dan demografis saja.

Hal ini akan kita bahas lagi nanti, sebentar lagi...

#2 Optimasi Iklan

cara-iklan-di-facebook-ads-bidding

Dalam Facebook, anda bisa memilih untuk mengoptimasi iklan anda atas tujuan yang anda ingin capai.

Misalnya, anda ingin untuk mendatangkan pengunjung ke situs anda dari Facebook melalui iklan. Maka anda bisa memilih agar iklan anda di optimasi terhadap klik ke website, dan bahkan anda bisa memilih untuk hanya membayar ketika terjadi klik menuju website anda.

Anda harus tahu bahwa tidak semua user di Facebook memiliki sifat yang sama.

Dalam suatu targeting, ada sebagian user yang suka untuk mengklik link menuju situs lain, ada juga yang doyan untuk ngelike fanpage atau status, ada juga yang doyan komentar, ada juga yang doyan belanja, dan lain sebagainya.

Fungsi dari optimasi ini adalah agar iklan anda ditampilkan terlebih dahulu pada user yang memiliki kecenderungan untuk melakukan aksi yang anda inginkan.

tips-iklan-facebook-ads-cpa-murah

Jadi misalnya anda ingin membuat orang untuk pergi ke situs anda dari Facebook. Kemudian anda beriklan dengan targeting yang jangkauan potensialnya 5 juta orang. Iklan ini anda optimasi untuk Website Click.

Ketika anda menekan tombol publish dan iklan ini di approve, maka iklan ini tidak akan dimunculkan pada lima juta orang yang anda target. Namun akan ditampilkan terlebih dahulu pada bagian dari lima juta orang tersebut yang memiliki kecenderungan atau suka untuk mengklik link ke website.

Optimasi iklan yang dilakukan oleh Facebook ini seringkali akan membuat iklan anda lebih murah daripada jika anda tidak mengoptimasi nya... dan itu alasan kenapa saya selalu sarankan untuk pengiklan pemula agar menggunakan optimasi iklan yang dimiliki oleh Facebook.

#3 Relevansi Iklan

tips-iklan-facebok-ads-relevance-score

Khusus untuk iklan yang menggunakan metode bidding selain impresi dan daily unique reach, relevansi iklan menjadi alasan penting atas murah tidaknya iklan anda.

Relevansi iklan didasarkan pada beberapa faktor. Salah satunya dan yang paling utama adalah feedback terhadap iklan anda.

Iklan dengan jumlah klik yang banyak, engagement seperti like, comment, dan share yang tinggi memiliki positive feedback yang bagus sehingga menghasilkan skor relevansi yang lebih tinggi.

Tak hanya itu skor relevansi yang tinggi juga didasarkan pada kesesuaian isi iklan (pesan dan call to action iklan) dengan targeting dan landing page anda.

Iklan dengan skor relevansi yang tinggi diprioritaskan oleh Facebook dibandingkan iklan lainnya, sehingga memperoleh harga iklan yang lebih murah daripada kompetitor-kompetitornya.

#4 Performa Iklan

tips-iklan-facebok-ads-click-through-rate

Ada banyak metriks yang bisa anda perhatikan yang berpengaruh terhadap performa iklan anda.

Namun dua yang paling penting dan yang akan menjadi bahasan kita di report ini adalah click through rate dan cost per action.

Semakin tinggi CTR dan semakin rendah CPA adalah indikasi terbesar apakah suatu iklan memiliki performa yang baik atau tidak -- dimana semakin baik performa iklan artinya semakin murah juga biaya yang anda keluarkan untuk iklan tersebut.

Jika anda terobsesi untuk menjadikan iklan anda murah, anda bisa baca report saya disini tentang beragam teknik (targeting, strategi bidding, profiling) dan cara untuk menjadikan iklan anda super murah.

Rahasia dari Iklan Facebook yang Murah

Iklan Facebook yang murah sebenarnya ada rahasianya, dan rahasia ini super sederhana.

Rahasianya terletak di TARGETING...

"What? Apa kamu serius, Alam?" Super duper serius!!

Perhatikan semua iklan yang murah, rahasia mereka semuanya pasti terletak pada targeting nya. Pengiklan yang bisa menghasilkan iklan murah biasanya memiliki sumber targeting rahasia yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pengiklan lainnya.

Jika anda banyak ikut seminar atau pelatihan tentang beriklan di Facebook, rahasia kunci yang dimiliki oleh hampir setiap pembicaranya terletak pada kemampuan dia untuk targeting.

Entah itu dengan software canggih yang memungkinkan dia untuk target interest yang tidak banyak diketahui orang, atau mengambil data seperti UID atau email dari pengguna Facebook, atau teknik rahasia lain.

Tapi pada dasarnya semuanya bermuara pada satu hal. Yakni targeting atau kemampuan membangun audiens.

Jika anda ingin iklan murah, memang cuma dua itu deh opsinya. Bikin targeting yang ciamik dari profiling yang anda lakukan atau BANGUN AUDIENS ANDA SENDIRI (ini yang akan kita bahas panjang lebar hari ini)...

Senjata Rahasia Beriklan di Facebook...

Kemampuan anda dalam membangun custom audience yang super duper tertarget -- dimana audiens ini anda dapatkan dari sumber tersendiri -- memungkinkan anda untuk membangun iklan dengan skor relevansi tinggi juga biaya yang super murah.

Hal ini dikarenakan anda tidak berkompetisi langsung dengan ribuan pengiklan di luar sana yang mentarget interest yang sama.

Custom audience juga diasumsikan oleh Facebook merupakan audiens yang lebih mengenal anda sehingga skor relevansinya juga lebih tinggi daripada jika anda menggunakan targeting biasa melalui interest atau demografis.

Custom audience kualitasnya bermacam-macam. Seperti yang mungkin anda tahu, custom audience bisa berupa email, pengguna aplikasi, facebook UID, dan lain sebagainya.

Namun, tahukah anda apa custom audiens terbaik menurut Facebook (dan saya)?

Jawabnya adalah website custom audience (WCA)!!

Website custom audience adalah audiens yang Facebook tahu didapatkan dari pengunjung situs anda sendiri (karena Facebook pixel hanya bisa diinstal pada situs anda sendiri, bukan situs orang lain) sehingga Facebook memberikan tingkat relevansi yang sangat tinggi pada audiens yang dibangun menggunakan website custom audience.

Plus karena website custom audience SANGAT MUDAH dibuat. Anda tak perlu buat aplikasi FB seperti jika anda menggunakan custom audience berupa UID. Website custom audience bisa dibangun secepat anda bisa copy paste kode pixel facebook.

Report ini akan menunjukkan pada anda bagaimana cara membangun custom audience, tepatnya website custom audience, menggunakan bantuan teknik SEO, dengan sangat-sangat cepat.

Sebentar lagi anda akan mempelajari bagaimana cara membangun banyak blog gratis, dimana blog-blog tersebut anda install Facebook pixel masing-masing, kemudian akan anda isi dengan puluhan artikel, dimana semuanya akan menjadi mesin untuk menghasilkan custom audience bagi anda untuk apa pun topik yang anda inginkan.

Inti dari strategi ini hanya itu, buat sebanyak mungkin situs, install pixel ke semuanya, isi puluhan hingga ratusan artikel (saya kasih tahu cara bikin dan dapatnya sebanyak mungkin), dapat trafik, dan jadilah website custom audience anda untuk anda gunakan iklan murah kapanpun anda mau!!

"Loh Lam, tapi kan Facebook pixel hanya ada satu? Kok di install di banyak situs??"

Betul! Dan iya, saya tahu kalau Facebook pixel hanya bisa 1 untuk satu akun....

Tapi tenang saja karena 1 pun sudah cukup!

Anda bisa menggunakan 1 Facebook pixel tersebut untuk banyak situs, nantinya kita tinggal mengelompokkan audiens yang dihasilkan dari Facebook pixel tersebut berdasarkan domain dari masing-masing situs kita. Kita mengelompokkannya berdasarkan fitur filterisasi yang dimiliki Facebook ketika kita menentukan audiens yang akan kita bangun.

Kalau anda bingung dengan penjelasan saya barusan, bagaimana kalau kita langsung ke prakteknya saja...

Lagian saya yakin anda pasti juga sudah tidak sabar pingin ngerti aspek teknis dari teknik ini. 😀

Sebagian besar informasi di post premium ini hanya untuk member premium. Silakan login untuk membaca sisanya atau join premium membership jika anda belum jadi member. 😀

Selesai?

Akhirnya repot ini selesai...

Kelihatannya panjang sekali ya kan? Tapi sebenarnya luar biasa simple.

Kelihatan panjang karena saya jelaskan dengan amat detil semuanya karena saya ingin anda benar-benar mengerti apa yang harus anda lakukan untuk mengimplementasikan jurus ini dengan sempurna.

Padahal aslinya, inti dari semua ini adalah ambil Facebook pixel Kemudian Anda instal di situs blogger anda, kemudian berikan banyak konten pada situs blogger anda -- sambil jangan lupa dioptimasi dikit-dikit.

Jika ingin lebih banyak audiens, ya tinggal Anda bikin situs blogger sebanyak-banyaknya -- toh anda sekarang sudah tahu bagaimana cara cepat untuk mendapatkan atau membuat konten. Tidak ada alasan lagi kesulitan bikin blog karena bingung diisi apa.

Saya harap report ini membuka wawasan anda, segera bangun audiens Anda sebanyak mungkin karena itu adalah salah satu aset untuk anda bisa beriklan, dan salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

2 thoughts on “PREMIUM: SEO & FB Ads Combo – Iklan Facebook Murah Meriah dengan Bantuan SEO!!

Comments are closed.