SEO 2015 Update #2: Social Signal yang (Terkesan) Alami & Viral

Bagian dari SEO di tahun 2015 ini adalah social signal. Hal yang meski sekilas tidak terlihat penting dan berdampak signifikan, namun bagi saya super wajib sebagai justifier backlink yang kita buat.

Benar, bukan berarti social signal ini kita buat untuk ranking. Saya pribadi juga percaya social signal tidak begitu pengaruh pada ranking. Tapi jika kita membangun backlink untuk ranking, kita HARUS punya social signal terlebih dahulu.

Logika dari hal ini sebenarnya sederhana saja. Backlink itu secara praktek lebih sulit didapat daripada social signal. Sehingga jika kita dapat backlink puluhan dari macam-macam situs, tentu tidak masuk akal jika kita tak punya social signal sama sekali.

Di jangka panjang, saya percaya backlink saja tidak cukup untuk bisa ranking di Google.

Backlink tetap komponen penting, tapi saya rasa kini backlink merupakan komponen yang baru akan bekerja jika ada hal lain yang menjadikan backlink tersebut terlihat logis, dan dalam hal ini saya rasa social signal jawabannya.

Jadi kesimpulannya, sebelum anda pusing tentang backlink, silakan pusing dulu mencari social signal.

Dan ketika saya bilang social signal, saya tidak hanya maksudkan Facebook like, share, comment, Twitter retweet dan tweet, Pinterest share, dan Google +1, tapi lebih dari itu.

Trafik anda juga merupakan social signal.

Percaya atau tidak, dengan atau tanpa anda pasangi Google webmaster tools, saya percaya backlink yang anda tanam tidak akan bekerja maksimal jika situs anda adalah situs kuburan.

Sekali lagi, logikanya gampang. Backlink adalah link yang diperoleh situs ketika ada webmaster lain yang cukup suka untuk me-link nya. Jika sedari awal tidak ada trafik atau pengunjungnya, bagaimana mungkin ada orang yang suka dan nge-backlink?

Itu alasan ribuan backlink yang mengarah ke situs yang bahkan tak bisa dapatkan puluhan visit per hari terlihat amat sangat aneh.

Oleh karenanya, jika anda memiliki situs baru, hal pertama yang seharusnya anda pusingkan bukanlah tentang SEO atau tentang backlink atau tentang beragam tetek bengek seperti software SEO mana yang harus anda beli.

Pusinglah dulu tentang bagaimana cara membuat situs bagus yang orang doyan membacanya. Pusinglah dulu bikin konten bagus, cukup bagus hingga orang mencari situs anda dengan mengetik nama situs anda di Google. Pusinglah dulu untuk bikin beragam social network untuk situs anda agar anda bisa ajak orang yang mampir ke situs anda untuk nge-like anda atau nge-tweet anda.

SEO bisa anda lakukan nanti, dan percaya saya, SEO anda akan jauh lebih mudah ketika anda punya situs yang tidak terlihat norak, amatir, dan seperti dibuat oleh bocah SMA alay.

Jika anda tak tahu cara membuat situs yang terkesan profesional, anda selalu bisa kontak saya, bayar saya beberapa juta, dan dalam hitungan hari anda akan dapatkan situs profesional anda sekaligus puluhan artikel profesional siap pakai yang bisa anda letakkan di situs atau blog anda.

Jadi yah... saya rasa itu dulu.

Oh iya, satu hal lagi. Cara tergampang agar halaman anda siap untuk di-backlink-i dengan banyak link adalah dengan social signal yang masif sehingga post anda terkesan viral.

Hal ini sebenarnya mudah saja selama anda punya uang. Facebook Ads selalu siap untuk membantu.

Jika dana cekak, tentu anda bisa akali dengan kreativitas sehingga uang beberapa ratus ribu bisa jadi ribuan views dan ribuan social signal. Tapi tentu yang kreatif-kreatif saya simpan untuk post premium saya. Hahaha... 😀

Sampai jumpa lain waktu dan salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
social signal seo
social signals seo
social signal seo case study
social signal seo service
social signal seo tool
social signal seo matt cuts
backlink seo aman

4 thoughts on “SEO 2015 Update #2: Social Signal yang (Terkesan) Alami & Viral

  1. mas syamsul salam kenal sebelum ya mas, saya mau tanya nih kan saya baru buat website. pas saya cari di google kok muncul tulisan ini

    A description for this result is not available because of this site’s robots.txt – learn more

Comments are closed.