SEO 2015 Update #1: Anchor Text yang Normal & Wajar

Praktisi SEO seperti saya yang tidak mengandalkan trik, tapi lebih ke strategi, banyak diuntungkan dengan adanya perubahan algoritma di Google.

Panda, Pinguin, Hummingbird, dan lain sebaagainya HAMPIR TIDAK ADA EFEKNYA untuk situs saya pribadi, dan situs-situs klien saya.

Dan sebenarnya jika kita fokus ke naturalness -- kealamiahan, kita tidak perlu pusing akan algoritme yang berubah tiap hari.

Karena jika anda tahu konsep 'alami', tak peduli strategi SEO se-agresif apapun selama tetap terlihat seperti hal-hal yang secara alami dapat terjadi pada web normal, maka algoritme TIDAK AKAN BISA sentuh anda.

Sebenarnya algoritma Google Algoritme dibuat untuk mengotomatisasi proses filter, dan mengingat ada TRILYUNAN situs di dunia ini, dan kebanyakan pemilik situs bukan praktisi SEO seperti kita, filter ini tidak bisa terlalu ketat atau hasil pencarian di halaman pencarian akan BERANTAKAN.

Jadi sebenarnya selama kita menggunakan otak kita dan mempertimbangkan tiap aspek SEO yang kita lakukan, seharusnya kita tak akan kena masalah yang tidak perlu.

Khusus untuk hari ini kita akan bicara tentang anchor text, karena hal ini merupakan salah satu aspek SEO tak terlihat yang AMAT PENTING, dan yang sering buat kebanyakan orang kena penalti.

Benar, anchor text merupakan salah satu indikator yang Google gunakan untuk mengetahui mana spammer mana orang normal.

Logikanya gampang saja, spammer atau praktisi SEO yang kurang mengerti, ketika ingin mengoptimasi keyword seperti "mencuri timun emas", pasti menggunakan banyak "mencuri timun emas" sebagai anchor text nya.

Dari 1.000 backlink yang ia buat, semuanya ia jadikan ber-anchor text "mencuri timun emas" -- tentu saja kena penalti!

Namun bayangkan apa yang dilakukan orang normal ketika me-link ke halaman bertopik timun mas. Mereka akan me-link dengan anchor text berikut ini:

- Mencuri timun
- Timun emas
- Mencuri timun emas
- www.situsanda.com/mencuri-timun-emas
- situsanda.com/mencuri-timun-emas
- http://situsanda.com/mencuri-timun-emas
- situs timun emas
- pencurian timun emas
- alam mencuri timun emas
- kunjungi situs ini
- baca di sini
- dlsb....

Seperti yang bisa anda lihat, halaman atau situs yang memiliki backlink normal tidak hanya memiliki satu frase sebagai anchor text backlink-nya.

Praktisi SEO yang cerdas tahu, untuk tiap situs atau halaman apapun yang ia optimasi, ia harus jaga kealamiahan ini dengan bikin banyak anchor text di tiap campaign backlink-nya.

Jadi pastikan mulai sekarang tidak ada anchor text anda yang lebih dari 5% (bahkan 1%) backlink, kecuali naked URL. Khusus hal ini, anda bisa punya sebanyak apapun naked URL dan anda tak akan kenapa-kenapa.

Kunci dari SEO 2015 dan seterusnya menurut saya adalah kealamiahan, yang artinya:

  • Lakukan On Page SEO secara normal (baca Ultimate On Page SEO),
  • Lakukan backlink dengan banyak anchor text (tak perlu khawatir tidak rank karena anchor text yang kurang relevan, tapi lebih fokuslah halaman sumber backlink yang relevan),
  • Beri social signal dan yah...
  • Index semua backlink anda, entah secara langsung maupun bertahap.

Jadi, mungkin sementara gitu dulu update SEO saya, karena basic-nya memang cuman itu.

Seandainya saya mau saya bisa jadikan hal simpel ini report 1000 - 2000 kata yang menjelaskan banyak alasan kenapa tentang hal ini bisa seperti ini.

Tapi karena saya menghargai waktu anda dan saya sendiri, plus karena memang dari segi penerapan cuman gitu aja yang perlu dilakukan, jadi yah post kali ini singkat aja...

Mungkin di lain waktu saya akan share teknik rahasia super sakti ala saya untuk bikin anchor text berupa naked URL palsu yang bikin kita bisa sisipkan keyword yang kita target di anchor text, namun tanpa penalti Google.

Tapi itu untuk lain waktu kalau saya sempat. ๐Ÿ˜€

Salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
cara membuat anchor text
anchor text adalah
news anchor text example
news anchor script example
cara membuat anchor text seo di wordpress
contoh anchor text seo

18 thoughts on “SEO 2015 Update #1: Anchor Text yang Normal & Wajar

  1. Dear Syamsul Alam

    Apakah yg anda maksud naked url palsu, itu sama dengan alamat situs yg digunakan utk menyembunyikan alamat asli situs replika atau link affiliasi?

  2. Kalo boleh menambahkan, selain agar backlink terlihat natural diferensiasi anchor text juga bisa dipake untuk meningkatkan DA PA dg lebih cepat, terutama dg menggunakan branded keyword :cmiw:

    btw salam kenal ๐Ÿ™‚

  3. Terima kasih banyak kang alam, saya biasanya hanya menggunakan satu anchor text saja jika mencari backlink, ternyata pada umumnya itu salah karena bisa saja kena penalti dari googlr.
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih.

  4. mas alam,kalau misalnya saya pakai komposisi anchore text begini gimana ๐Ÿ˜ฎ aman tidak

    – Naket url (30%)
    – Branding (30%)
    – Synonim (10%)
    – General (10%)
    – Keyword (20%)

    terima kasih sebelumnya

    1. keyword nya terlalu tinggi persentase nya.

      coba dibuat gini.

      โ€“ Naket url (30%)
      โ€“ Branding (30%)
      โ€“ Synonim (10%)
      โ€“ General (10%)
      โ€“ Keyword (1%)
      – Keyword Variant (19%)

  5. mas maaf numpang nanya , apa dari segi paragraf artikel ngefek ke seonya juga ? soalnya saya pernah baca katanya paragraf dalam satu artikel gak boleh terlalu panjang , saya liat di situs mas syamsul paragrafnya dikit-dikit ? apa itu strategi juga ? makasih ya salam kenal

  6. Klo menyangkut keyword yang kita target sudah menjadi nama domain,misalkan kita punya jejaring sosial untuk websit kita, namanya yang bagus apa mas nama domain itu sendiri apa asal nama apa nama keyword yang kita targer mas,?trmksih

    1. oleh karenanya idealnya kalau kita beli domain, jangan kasih keyword kita di domain tersebut.

      dulu pernah bagus, tapi sekarang sudah kurang bagus EMD itu… rawan kena penalty klo pemiliknya kurang hati-hati.

  7. naked url palsu sebagai anchor text itu apa begini contohnya mas?
    misal website saya sepatusidoarjo.com,saya membidik keyword “sepatu kulit murah”,maka anchor text saya sepatukulitmurah.co.id

  8. mas saya sangat bingung kalo sudah membahas mengenai SEO,,, tapi asli dengan adanya informasi yang tersaji dalam web mas samsul ini benar-benar banyak membantu saya,,, sekarang dalam masalah anchor teks .. mungkin orang-orang diluar sana juga merasakan hal yang sama seperti saya,,, terbantu dengan info yang disampaikan oleh mas samsul

  9. Mas alam, bisa tolong dijelaskan tentang perincian naked url , saya kurang mengerti betul tentang itu. Saya mau search di google banyak cincongnya, terima kasih mas.

Comments are closed.