Review: WishPond Social Marketing Suite Sakti untuk Pemasaran Sosial Media Anda

Beberapa hari yang lalu saya ditawari kesempatan untuk lihat-lihat tools bagus untuk social media marketing, jadi sekalian saya ingin bikin post review untuk informasikan pada anda tentang tools yang baru saja saya coba.

wishpond social marketing suite picture

Nama tools ini adalah WishPond, dan untuk anda yang mungkin belum tahu, WishPond ini merupakan suite (kumpulan tools) yang bisa anda gunakan untuk aktivitas pemasaran sosial media anda.

Yups, ini artinya anda bisa dapatkan lebih banyak fan untuk Facebook fanpage anda, lebih banyak follower untuk Twitter account anda, lebih banyak re-pin untuk gambar anda di Pinterest, dan banyak lagi.

Seperti yang bisa anda lihat di halaman utamanya, WishPond mengijinkan anda untuk membuat beragam event untuk program pemasaran online untuk perusahaan anda melalui social media.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan Wishpond antara lain adalah mengadakan undian (sweepskates), beragam kontes seperti kontes foto, kontes vote, kontes pinterest, kontes essay, kontes instagram, kontes video, dan lain sebagainya.

Hal yang paling menarik dari Wishpond adalah kemampuannya untuk mempermudah anda menjalankan kontes melalui Facebook, dan ini yang akan banyak kita bahas hari ini.

Kontes adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak pelanggan, fans, dan engagement di Fan Page anda secara alami.

Dan jika anda membaca SEO Ranking Factor report saya, anda pasti tahu kalau Google memberi emphasis yang tinggi pada social signal sekarang, sehingga kontes yang berhasil, yang menghasilkan banyak likes, selain akan meningkatkan penjualan, juga akan meningkatkan ranking anda secara alami di mesin pencari.

Dan untuk itu, di post kali ini, selain saya me-review WishPond, saya juga akan tunjukkan pada anda cara membuat campaign kontes anda di Facebook dengan WishPond.

Dan tenang saja, WishPond mungkin merupakan salah satu platform paling user friendly untuk membuat kontes dan event marketing, jadi tutorial saya yang ini tak akan sepanjang tutorial saya yang lain.

Membangun Campaign di WishPond

WishPond mengijinkan anda untuk membangun banyak campaign, setelah anda login, anda akan sampai di halaman dimana anda bisa pilih mana campaign yang akan anda buat.

wishpond marketing suite dashboard picture

Jika anda belum punya akun WishPond, anda bisa mulai dengan memilih paket yang sesuai dengan anda di sini atau buat akun gratis di halaman depan WishPond.

Untuk tutorial kita kali ini, kita akan pilih kontes foto karena ini mungkin yang paling simpel untuk tutorial kita kali ini.

Langkah Mudah Mengatur Campaign Kontes Foto di WishPond

Langkah #1 - Pembuatan Campaign

Segera setelah anda meng-klik "Kontes Foto" di WishPond, anda akan sampai di halaman dimana anda bisa membangun campaign anda.

Di halaman ini ada dua bagian utama, yaitu Campaign Creator dan Campaign Preview.

wishpond photo campaign picture

Anda hanya perlu pedulikan menu "Campaign Creator" di halaman ini karena memang hanya bagian itu yang bisa anda utak-atik.

wishpond campaign creator picture

Untuk membangun campaign pertama anda, yang perlu anda lakukan hanyalah tinggal isikan detil yang anda perlukan di menu "Campaign Creator" ini.

Isikan nama bisnis anda, judul dari kontes anda di bagian "Title", pilihan bahasa di bagian "Language", dan detil dari kontes anda di bagian "Details".

wishpond campaign creator bottom picture

Di bagian bawah anda bisa isikan informasi tentang hadiah dan peraturan di bagian "Fineprint" (bersifat opsional), tempat dimana anda bisa meng-upload gambar untuk campaign kontes anda, plus tambahan opsi setting lain.

Ada dua opsi yang bisa anda centang di sini, opsi pertama bisa anda centang jika anda ingin mengatur CSS dari form kontes anda dan membuatnya unik daripada yang lain (untuk pengguna Pro Plan), dan opsi untuk menambahkan banner di form kontes anda.

Untuk contoh kita kali ini, kita akan abaikan dua item tersebut. Anda bisa mencentangnya jika anda mau, tapi saya pribadi tak ingin ber-repot ria dengan dua hal itu.

Semua perubahan yang anda lakukan bisa langsung anda lihat di sebelah kanan anda di bagian "Campaign Preview", jadi pastikan semuanya terlihat sempurna sebelum anda klik tombol "Next" di bagian bawah.

Gambar di bawah ini merupakan menu Campaign Preview saya setelah saya mengisikan detil kontes yang diperlukan, menambahkan foto, dan lain sebagainya.

Saya mengisi ini semua kurang dari 15 menit, dan anda bisa lihat hasilnya di gambar bawah ini.

wishpond campaign preview picture

Kontes foto hamster ini plus semua peraturan dan ide hadiahnya saya buat dengan amat cepat menggunakan WishPond. Gunakan kreativitas anda dan buat kontes unik yang kiranya akan amat disukai oleh Fan dari FanPage anda.

Jika anda mau, anda bisa tiru dan modifikasi contoh saya ini untuk kontes foto anda sendiri...

Langkah #2 - Advanced Setting

Setelah anda klik tombol Next, anda akan sampai di halaman dimana anda bisa lakukan pengaturan lanjutan untuk kontes anda.

wishpond advanced dashboard picture

Bagian yang paling penting ada di bagian atas. Di bagian ini anda bisa memilih dimana anda akan mem-publish campaign kontes anda.

Anda bisa pilih untuk publish campaign yang baru saja anda buat di halaman Twitter anda, halaman Facebook Fan Page anda, situs anda, atau gabungan antara Facebook Fan Page dan situs anda.

Untuk contoh kita kali ini, kita akan publish campaign kontes kita di halaman Facebook Fan Page. Jadi pilih menu "Halaman Facebook Saya".

Setelah itu, anda bisa pilih halaman Facebook Fan Page mana yang anda ingin gunakan sebagai tempat mem-publish campaign anda. Tentu saja pilih halaman Facebook Fan Page yang anda ingin tingkatkan engagement-nya.

Jika ini pertama kalinya anda menggunakan WishPond, anda tak akan lihat FanPage apapun di menu "Pilih Halaman Facebook".

Anda harus mengintegrasikan WishPond terlebih dahulu dengan akun Facebook anda. Untuk melakukannya, tekan tombol "refresh" di samping kanan, dan akan muncul jendela pop-up dimana anda bisa login ke akun Facebook anda.

wishpond login with facebook picture

Klik "Allow" dan "Okay" jika ada jendela pop-up yang muncul setelah anda login, barulah anda bisa memilih halaman Facebook mana yang ingin anda pasang kontes foto ini.

Sekarang kita lanjut ke menu "Metode Entri".

wishpond metode entri picture

Di menu ini, anda bisa pilih dengan cara apa partisipan bisa berpartisipasi dan mengikuti kontes yang anda selenggarakan.

Anda bisa pilih bahwa partisipan harus login Facebook dan memasukkan email mereka, atau partisipan hanya perlu memasukkan email mereka (tanpa login Facebook).

Sekaligus beragam pengaturan lain yang bisa anda sesuaikan sendiri sesuai kemauan anda.

wishpond advanced bottom next

Di bagian bawah, anda bisa pilih zona waktu untuk kontes anda, dan durasi dari kontes anda.

Untuk contoh campaign kita kali ini, kita akan gunakan opsi default yaitu 30 hari, sehingga kita tak perlu ubah apapun.

Jika anda ingin kontes anda lebih panjang atua lebih pendek daripada itu, ubah "Waktu Mulai" dan "Masa Akhir" dari kontes anda.

Anda juga bisa memiliki dua periode kontes, satu periode untuk pendaftaran (entri), dan periode kedua untuk vote. Tapi saya lebih suka yang simpel, jadi saya abaikan yang ini.

Dan setelah itu, kita selesai...

Yups, memang se-simpel itu membuat campaign kontes baru di WishPond.

Sisanya tinggal anda klik tombol "Next" di bagian bawah dan campaign "Kontes Foto Hamster" kita akan ter-publish.

Langkah 3 - Amati Campaign Anda...

Segera setelah anda meng-klik tombol "Next" di halaman sebelumnya, campaign anda akan ter-publish, akan muncul pop-up yang mengatakan bahwa pembuatan campaign anda berhasil, dan penawaran dari WishPond untuk mengelola iklan anda via Facebook Ad menggunakan tools yang WishPond miliki.

wishpond success message picture

Jika anda tertarik mempromosikan kontes anda menggunakan Facebook Ad dengan bantuan WishPond, anda bisa memanfaatkan fitur ini. Tapi hal ini diluar cakupan post kita kali ini, jadi mungkin akan kita bahas lain kali.

Jika pop-up tersebut anda tutup, anda akan sampai ke halaman dimana anda bisa mengamati campaign yang baru saja anda buat.

wishpond campaign dashboard picture

Di halaman ini, anda bisa melihat berapa banyak entri baru yang masuk, seberapa banyak kontes anda di share, dan hal-hal keren lain yang berkaitan dengan keefektifan campaign anda dalam menjaring fan dan pelanggan potensial baru.

Dan yah... itu tadi adalah cara yang amat mudah untuk membangun campaign pemasaran sosial baru di WishPond. Selesai hanya dalam kurang dari 5 menit jika anda sudah merencanakan sejak awal kontes yang anda ingin buat.

Serta ingat, tutorial ini hanya membahas bagian kecil dari WishPond. Bentuk campaign yang lain anda selalu bisa jelajahi sendiri di bagian dashboard WishPond -- anda bisa buat sebanyak mungkin campaign yang anda mau untuk belajar, dan hapus campaign yang anda rasa salah.

Jangan khawatir karena platform ini amat user friendly dan selalu ada kotak support di bagian kanan kalau-kalau anda memerlukan bantuan tentang apapun.

Jadi, saran saya, segera bikin akun baru anda di WishPond. Anda akan suka dengan tools ini. 😀

Semoga anda senang dengan 'mainan' baru anda, dan... Salam Senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
wishpond social marketing
wishpond social contests
wishpond social campaigns
wishpond social sweepstakes
wishpond social media
wishpond social promotions

4 thoughts on “Review: WishPond Social Marketing Suite Sakti untuk Pemasaran Sosial Media Anda

  1. Bro, saya ingin bekerjasama dengan bro, dan ingin membeli panduan “Premium Membership” mohon infokan ke ym or email ya bro 😀

  2. Saya sudah membaca dan mengenal nya bro, hanya saja saat ini saya berada di luar Indonesia, sehingga ingin berbica sedikit dengan bro alam, dan selanjutnya bagaimana ? 😀

  3. Emang top marketop nih kang syamsul..

    Ini merupakan cara yang mudah dalam membangun suatu pemasaran dengan sosial yang baru. Dan patut untuk di coba

Comments are closed.