Review NiagaHoster Hosting: Jangan Pernah Beli Sebelum Baca Ini!

DISCLAIMER: Ulasan ini merupakan ulasan berbayar.

Saya biasanya tidak membuat ulasan tentang hosting Indonesia, karena saya secara general memiliki pengalaman buruk dengan performa hosting Indonesia.

Tapi kali ini saya mau share kepada anda satu hosting Indonesia (NiagaHoster.co.id) -- dimana saya cukup percaya bahwa hosting ini bisa saya rekomendasikan dan bisa saya percayakan untuk anda.

Jadi, hari ini kita akan bicara tentang hosting...

Sayangnya tidak pernah gampang bicara tentang hosting. Hosting yang bagus untuk anda akan sangat dipengaruhi oleh kebutuhan Anda. Dan karena kebutuhan dan keahlian tiap orang beda-beda, tidak mungkin ada satu solusi yang bisa cocok untuk semua orang, ketika kita bicara hosting.

Hari ini saya akan kasih Anda ulasan jujur saya tentang Niagahoster, salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia, sekaligus 14 poin yang perlu anda pertimbangkan ketika memilih hosting, seperti NiagaHoster.

Intinya kebutuhan hosting anda akan ditentukan dari beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Jenis situs seperti apa yang akan anda buat,
  2. Content Management System (CMS) yang ingin anda gunakan,
  3. Apakah situs Anda membutuhkan aplikasi windows,
  4. Apakah software anda butuh versi tertentu dari suatu software,
  5. Apakah situs anda butuh software tertentu,
  6. Seberapa besar kebutuhan situs anda akan jumlah traffic.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas akan memberikan Anda gambaran tentang paket hosting seperti apa yang anda butuhkan dan apakah NiagaHoster cocok dengan kebutuhan anda.

Jadi yuk langsung saja kita mulai...

Empat belas hal yang perlu anda cari dalam suatu perusahaan hosting.

1. Kualitas dari Server atau Skor Uptime

Situs anda nanti perlu untuk bisa diakses setiap saat.

Jadi anda harus bisa pastikan bahwa hosting yang Anda beli memiliki nilai uptime yang sangat tinggi untuk memastikan tidak ada potensi kerugian yang terjadi karena pengunjung menemukan situs anda sedang dalam kondisi down.

Sekilas tentang uptime adalah saat dimana situs Anda bisa diakses. Selain daripada itu dinamakan dengan downtime. Intinya adalah uptime itu bagus, sementara downtime itu jelek.

Semakin tinggi skor uptime suatu perusahaan hosting, maka semakin bagus perusahaan tersebut untuk Anda percaya kan sebagai partner anda dalam meng-hosting situs anda. Minimal standar industri adalah 99,95%. Anda boleh cari yang lebih dari itu, tapi pastikan anda jauh-jauh perusahaan yang score uptime-nya kurang dari itu.

Kualitas dari server NiagaHoster sendiri adalah 99,99% (data diambil dari situs www.webhostingstuff.com) yang merupakan skor yang sangat bagus untuk nilai uptime suatu server.

2. Opsi untuk Meng-Upgrade Server

Jika Anda seperti sebagian besar orang dimana anda membutuhkan situs untuk personal atau perusahaan -- dimana anda tidak butuh untuk menampung sangat banyak pengunjung, maka anda bisa gunakan shared hosting.

Info kilat untuk yang belum tahu, SHARED HOSTING = satu server / hosting dibagi untuk beberapa pengguna / user. Itu alasan kenapa dinamakan SHARED (BERBAGI).

Meskipun shared hosting punya harga yang cukup murah (harga di NiagaHoster mulai dari Rp 15.000 -
Rp 55.000 per bulan), namun biasanya sudah sangat cukup untuk keperluan sebagian besar orang.

Biasanya akun shared hosting seperti ini bisa anda pakai hingga jumlah pengunjung anda ada di kisaran 30.000 - 40.000 pengunjung per bulan.

Jumlah yang cukup banyak karena untuk sebagian besar situs, biasanya traffic harian tidak sampai 500 pengunjung (per bulan kurang lebih 15.000 total pengunjung).

Namun jika karena suatu alasan situs anda butuh sumber daya yang lebih besar karena traffic yang lebih banyak daripada itu, atau karena situs Anda bertumbuh dengan sangat besar dalam satu atau dua tahun kedepan, maka anda perlu mengganti hosting anda dengan hosting yang lebih berkapasitas. Karena memang kelemahan shared hosting adalah ketika anda menggunakan resources terlalu tinggi, anda pasti di pindah server atau di suspend.

NOTE: Meskipun tulisannya UNLIMITED, tidak ada HOSTING UNLIMITED! Kata UNLIMITED digunakan perusahaan hosting sebagai KALIMAT MARKETING!

Itulah kenapa sangat penting bagi anda untuk mencari perusahaan hosting yang memungkinkan anda untuk meng-upgrade server anda, dari shared hosting ke VPS atau bahkan dedicated server untuk tambahan power, kapasitas memori, kapasitas penyimpanan, dan fitur keamanan yang lebih.

Alternatif lain adalah mencari hosting dimana anda bisa membeli paket cloud hosting.

Cloud hosting adalah suatu konsep hosting yang lebih superior dibandingkan shared hosting, karena situs anda tidak hanya di host oleh satu server, melainkan oleh beberapa server dengan kapasitas dan kekuatan server sesuai yang telah anda pilih.

Keuntungan utama dari cloud hosting adalah skalabilitas dan fleksibilitas, dimana jika suatu saat anda ingin membesarkan kapasitas hosting anda -- karena lonjakan traffic misalnya -- anda bisa upgrade cloud hosting anda untuk memiliki resources dan power yang lebih besar DENGAN SATU KLIK, dan ketika traffic sudah kembali seperti semula Anda bisa kembali downgrade paket cloud hosting anda dengan mudah.

Beruntung bagi anda, NiagaHoster sudah memiliki PAKET CLOUD dengan cloud VPS hosting yang ia miliki.

Paket termurah dari cloud VPS hosting dari NiagaHoster adalah Rp 140.000 (belum termasuk diskon) di mana anda mendapatkan sumber daya berupa CPU 2.4 Ghz, RAM 1 GB, Disk Space 20 GB, dan bandwidth 1 TB.

Seperti yang saya tadi bilang, cloud hosting memberikan Anda skalabilitas dan fleksibilitas dalam mengelola hosting anda.

Sedikit kelemahan dari paket cloud hosting dari NiagaHoster adalah karena baru ada cloud hosting untuk VPS, dan belum ada cloud hosting yang memberikan harga lebih murah (kisaran dibawah Rp 50.000 per bulan) dengan resources yang lebih kecil, untuk pengguna web normal dengan budget lebih kecil.

NOTE: Semoga dalam waktu dekat NiagaHoster memberikan paket cloud hosting dengan harga lebih murah meskipun resources yang lebih kecil -- karena tipe paket yang seperti ini akan sangat cocok digunakan sebagai PBN hosting.

Itu artinya hanya jika anda cukup percaya diri bahwa situs anda akan ramai dalam beberapa bulan atau tahun kedepan, baru saya bisa sarankan anda untuk ambil paket ini.

Tapi jika situs anda diperkirakan tidak akan seramai itu, saya sarankan anda untuk ambil paket yang lebih murah, yakni shared hosting dengan kisaran harga Rp 20.000 per bulan.

3. Tambahan Domain (Add On Domains)

Satu lagi pertimbangan ketika Anda membeli hosting adalah pastikan bahwa hosting anda tidak hanya bisa dipasang 1 domain.

Fitur ini biasanya dipanggil dengan fitur add on domain -- dimana anda bisa menambahkan domain baru diatas domain yang sudah ada dalam paket hosting anda. Intinya Anda bisa meletakkan beberapa domain dalam satu akun hosting.

Karena domain sangatlah murah (hanya sekitar Rp 100.000 per tahun), maka sangat umum bagi banyak orang untuk memiliki banyak domain.

Contohnya saya, saya punya lebih dari 50 domain. Berdasarkan survei yang diadakan oleh webhostingtalk, 80% peserta survei ternyata memiliki lebih dari 5 domain dan sisa 20% nya memiliki lebih dari 50 domain.

Kemungkinannya akan sangat besar nanti bahwa anda juga akan memiliki lebih dari satu domain. Dan jika anda harus beli hosting untuk tiap domain yang anda miliki, maka biayanya bisa sangat mahal.

Itulah pentingnya memiliki hosting dengan fitur add on domain, di mana satu akun hosting tersebut bisa dijadikan tempat atas domain-domain anda tersebut.

Niagahoster memiliki paket shared hosting dengan biaya kurang dari Rp 30.000 per bulan (tapi anda harus ambil kontrak 1 tahun untuk dapat harga ini), dimana anda bisa meletakkan unlimited add on domain.

Benar! Itu artinya dengan Rp 360.000 per tahun saja, anda bisa meletakkan ratusan domain dalam akun hosting tersebut. Artinya dengan satu harga dan satu akun hosting, anda bisa memiliki ratusan situs sekaligus.

Tapi tentunya, sekali lagi Anda harus realistis, ketika situs-situs tersebut secara total memiliki jumlah pengunjung per bulan lebih dari 30 ribu sampai 40 ribu pengunjung, biasanya Anda harus segera upgrade paket hosting anda untuk mengakomodasi traffic tersebut. Sekali lagi, shared hosting tak akan kuat menahan banyak traffic.

4. Harga: Biaya Daftar dan Biaya Perpanjangan Kembali

Dalam industri hosting ada dua harga, yakni harga daftar dan harga renewal (perpanjangan kembali).

Biasanya shared hosting dijual dengan harga sangat murah di masa awal yakni ketika Anda membeli dengan harga daftar (karena sudah dikurangi dengan promo).

Perusahaan hosting mengambil keuntungan di biaya perpanjangan yang Anda lakukan ketika anda cukup suka dan meneruskan paket hosting anda.

Jika anda mau, anda sebenarnya bisa setiap tahun berlompat dari hosting satu ke hosting lain mencari paket hosting murah untuk menghindari harga perpanjangan yang lebih mahal.

Namun untuk sebagian besar orang yang serius dengan bisnisnya -- di mana mereka tidak ada waktu untuk melakukan hal seperti itu -- sangat penting untuk mencari tahu di depan berapa biaya perpanjangan suatu hosting di bulan atau tahun berikutnya.

NOTE: Jika anda mengambil PROMO dari NiagaHoster, ambil kontrak 2 tahun, karena biaya perpanjangan setelahnya akan sangat mahal (up to 2x lebih mahal).

5. Kebijakan Refund

Beberapa pertanyaan yang harus anda tanyakan untuk mengetahui kebijakan refund dari perusahaan hosting adalah berikut ini:

  • Apakah refund yang diberikan merupakan refund penuh?
  • Bagaimana kebijakan refund setelah masa trial berakhir?
  • Apakah ada biaya pembatalan?

Tiga pertanyaan tadi adalah pertanyaan dasar yang perlu anda tanyakan sebelum anda mendaftar.

Meskipun kita berharap tidak ada yang salah di kemudian hari, namun tetap penting bagi anda untuk tahu apa kebijakan refund dari perusahaan hosting yang akan anda beli. Sehingga anda tidak kehilangan terlalu banyak uang ketika nanti mungkin ada masalah.

Perusahaan hosting yang bagus biasanya memiliki full refund untuk jangka waktu tertentu (biasanya dalam 30 hari), ditambah kebijakan pro-rated refund yang bisa di klaim kapan saja.

Pro-rated refund adalah misal ada suatu perusahaan hosting yang menggaransi uptime 99.9%. Jika karena suatu alasan dalam satu bulan perusahaan hosting tersebut hanya bisa memberikan tingkat uptime 90%, maka anda bisa klaim refund 10% dari uang yang anda bayarkan pada bulan tersebut.

Anda bisa baca kebijakan refund dari NiagaHoster yang saya cuplik di sini:

Ketentuan Pengembalian Uang (Refund)

Anda dapat membatalkan penggunaan layanan kami kapan saja. Pelanggaran terhadap ketentuan penggunaan layanan kami akan menghapus kebijakan pengembalian uang. Proses pengembalian uang atau refund adalah maksimal 10 hari kerja setelah kami menerima informasi lengkap untuk pengembalian uang. Refund tidak berlaku untuk penyalahgunaan yang serius seperti phishing, rapidlech dan hacking. Semua biaya yang timbul karena proses permintaan refund akan dibebankan kepada klien.

Hosting

Niagahoster memberikan garansi uang kembali untuk penggunaan 30 hari pertama. Pengembalian uang hanya berlaku untuk order akun hosting pertama. Misalnya, jika sebelumnya Anda telah memiliki akun hosting di Niagahoster, maka pembatalan dan pengembalian uang tidak berlaku untuk akun hosting kedua dan seterusnya. Nominal refund akan dikurangi dengan biaya aktivasi bonus domain.

Domain International
Biaya pendaftaran / transfer domain tidak dapat dikembalikan.

Domain Indonesia
Biaya pendaftaran / transfer domain tidak dapat dikembalikan. Niagahoster menerapkan sistem Auto-Provisioning atau domain otomatis aktif untuk domain Indonesia dan klien harus melengkapi dokumen Persyaratan Domain Indonesia selama maksimal tiga (3) hari atau sesuai dengan kebijakan PANDI jika ada perubahan. Domain akan disuspend hingga dihapus jika klien tidak melengkapi atau gagal melengkapi persyaratan domain tersebut tanpa refund.

VPS dan Webuzo
Kami memberikan refund untuk VPS selama 30 hari dari sejak pertama kali VPS diaktifkan dan 7 hari untuk lisensi webuzo sejak pertama kali diaktifkan. Licensi Webuzo yang diorder di Niagahoster tidak dapat digunakan pada layanan VPS lain.

6. Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, dan SSI

Hosting yang bagus pasti punya 4 fitur ini secara default. Karena 4 fitur ini adalah fitur yang sangat penting untuk dimiliki semua web hosting.

Cronjob adalah fitur yang diperlukan untuk melakukan operasi harian di situs anda, auto script installer (seperti Fantastico misalnya atau Softaculous) adalah alat untuk secara otomatis menginstal script dari CMS populer yang anda inginkan, .htaccess digunakan untuk mengakses fitur keamanan tambahan atau menambah fitur redirect halaman atau untuk tujuan lain, Server Side Include (SSI) adalah fitur untuk dengan mudah me-maintenance situs anda (khususnya jika anda menggunakan file statis untuk situs anda), dan akses FTP tentu saja untuk dengan mudah mentransfer file dari hosting ke komputer anda.

Fitur-fitur di atas adalah fitur-fitur dasar yang harus dimiliki oleh perusahaan hosting. Pergi jauh-jauh dari dan hosting yang tidak memiliki 4 fitur tersebut. Sejauh yang saya tahu, NiagaHoster punya 4 fitur dasar ini.

7. Fitur e-Commerce

Silakan jawab pertanyaan ini untuk mencari tahu apakah Anda memerlukan fitur ecommerce.

  • Apakah Anda berniat untuk menjalankan situs e-commerce (toko online)?
  • Apakah anda menggunakan software shopping cart tertentu?
  • Apakah anda perlu untuk memproses transaksi bisnis di situs anda?
  • Apakah anda butuh bantuan teknis khusus untuk software e-commerce?

Jika jawaban anda adalah IYA, maka penting bagi anda untuk mencari hosting yang memiliki dukungan fitur e-commerce yang cukup.

Fitur e-commerce adalah sertifikat SSL, dedicated IP, dan proses instalasi software shopping cart yang mudah (biasanya jika hosting anda sudah punya fantastico atau softaculous). 3 fitur hosting tersebut adalah fitur penting yang anda butuhkan untuk memiliki situs e-commerce.

8. Control Panel Hosting yang Mudah Digunakan

Hosting haruslah memiliki control panel yang user friendly sekaligus fungsional. Kontrol panel yang memenuhi dua fungsi ini sangat sangat sangat penting.

Preferensi sebagian besar pengguna hosting pada umumnya adalah cPanel, karena merupakan control panel paling user friendly yang mungkin pernah ada -- sekaligus kontrol panel yang sebagian besar orang sudah banyak terbiasa serta memiliki semua fungsi yang dibutuhkan.

Tanpa kontrol panel yang user friendly dan fungsional, anda bisa habiskan berhari-hari berbicara dengan support staff hanya untuk menyelesaikan hal sederhana di hosting anda.

NiagaHoster adalah hosting dengan control panel berupa cPanel, menjadikan Anda bisa melakukan banyak hal yang anda butuhkan dalam hosting anda dengan mudah.

9. Batasan Hosting untuk Suspend

Sekali lagi, tidak ada hosting yang benar-benar unlimited. Kata unlimited adalah kata-kata marketing untuk menjaring pengguna baru.

Meskipun anda beli hosting dengan tulisan unlimited, ketika anda gunakan hosting tersebut untuk hal yang memakan resources besar (menggunakan banyak CPU power), anda pasti akan temukan salah satu dari dua hal terjadi pada Anda.

Entah akun hosting anda di suspend oleh perusahaan hosting anda, atau akun hosting anda akan dipindah ke server lain yang resources nya dibatasi -- menjadikan situs anda luar biasa lambat ketika diakses.

Selalu baca aturan atau term of service yang dimiliki oleh perusahaan hosting sebelum Anda menggunakan hostingnya. Berikut ini adalah cuplikan dari term of service NiagaHoster tentang "UNLIMITED" yang meskipun sedikit bervariasi antar perusahaan hosting, biasanya bernada sama untuk sebagian besar hosting.

Kebijakan Penggunaan Sumber Daya dan Pengertian "Unlimited"

Niagahoster memberikan unlimited disk space dan bandwidth (data transfer) pada paket pelajar, personal dan bisnis. Ini berarti bahwa Niagahoster tidak akan menetapkan batas khusus untuk sumber daya dan Anda dapat menggunakan sumber daya yang dibutuhkan. Bagaimanapun Niagahoster menggunakan kebijakan penggunaan yang adil (Fair Usage Policy) yang berlaku untuk semua akun. Niagahoster Fair Usage Policy menjelaskan bahwa jika Anda menggunakan sumber daya berupa CPU, RAM, dan Disk Space dari suatu server secara berlebihan yang menyebabkan gangguan penggunaan kepada akun hosting lain pada server yang sama, maka sumber daya akan dibatasi atau dalam beberapa kasus, tetapi tidak harus, akun Anda mungkin dinonaktifkan sebelum Anda upgrade akun ke paket yang lebih cocok untuk kebutuhan atau memecahkan masalah sehingga penggunaan sumber daya pada akun-nya tidak lagi menyebabkan gangguan kepada pengguna lain pada server yang sama. Niagahoster menyediakan layanan hosting unlimited untuk semua website dengan kebutuhan normal seperti pada website umumnya. Niagahoster tidak mengizinkan penggunaan website atau aplikasi yang melakukan overload pada server secara terus menerus.

Dengan istilah "Unlimited" berarti Niagahoster tidak akan menetapkan batas pada jumlah file pengguna yang dapat di-host di akun-nya. Bagaimanapun, Niagahoster adalah perusahaan web hosting dan semua file yang diupload di Niagahoster adalah untuk keperluan pembuatan website. Disk space pada akun hosting Niagahoster tidak dapat digunakan untuk: penyimpanan Backup, penyimpanan online, layanan file-sharing, penyimpanan Film, penyimpanan Photo, penyimpanan Software, konten penyimpanan file yang memiliki hak cipta, penyimpanan file yang bersifat ilegal, melanggar hukum, berbau pornografi, atau pelecehan, dokumen archives atau jenis lain dari Arsip, file backup (dengan pengecualian dari cadangan cPanel tunggal yang dihasilkan dari cPanel), atau file log. Niagahoster berhak untuk menghapus file tersebut dari akun pengguna dengan atau tanpa pemberitahuan kepada klien, bahkan menghapus akun tersebut. Niagahoster juga berhak untuk menghapus file tunggal yang lebih besar dari 1GB dari akun pengguna tanpa mempertimbangkan isi dari file tersebut dengan atau tanpa pemberitahuan kepada klien. Niagahoster juga berhak untuk membersihkan akun pengguna dengan menghapus file-file yang memiliki kriteria jenis file yang tidak boleh di-host di layanan Niagahoster, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada klien.

Layanan shared hosting Niagahoster tidak dikhususkan untuk penggunaan mail hosting. Niagahoster berhak untuk menonaktifkan account yang menggunakan email dengan disk space lebih dari 10 GB sampai akun shared hosting tersebut ditingkatkan oleh klien untuk layanan VPS di mana pembatasan tersebut tidak diterapkan.

10. Jangka Waktu Langganan

Anda harus tahu bahwa biasanya harga murah yang ditawarkan oleh hosting hanya bisa anda peroleh jika anda mengambil kontrak dalam jangka waktu yang cukup lama.

Niagahoster sendiri memiliki minimum jangka waktu kontrak 1 tahun untuk harga yang tertera di situsnya. Pembelian dalam jangka waktu kontrak kurang dari 1 tahun biasanya tidak mendapatkan diskon promo, menjadikannya cukup mahal.

Meskipun Anda bisa dapatkan harga yang lebih murah ketika Anda membeli dalam jangka waktu yang lama, namun saya tidak sarankan anda untuk mengambil kontrak lebih dari 2 tahun kecuali Anda benar-benar mempercayai kebijakan refund yang dimiliki oleh perusahaan hosting tersebut.

11. Backup Situs

Adakalanya situs Anda rusak karena suatu alasan. Bisa jadi karena di hack oleh orang, atau karena database Anda rusak karena kesalahan teknis, atau mungkin karena servernya memiliki error hardisk dan semacamnya.

Selama perusahaan hosting yang Anda gunakan melakukan backup atau situs Anda secara berkala, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan meski kiamat terjadi sekalipun. Dengan backup, penyedia hosting Anda seharusnya bisa mengembalikan data penuh (atau minimal sebagian besar) dari situs Anda secara penuh.

Tentang backup ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Apakah penyedia hosting Anda menyediakan backup penuh secara reguler?
  • Apakah back up situs bisa dilakukan dan diakses dengan mudah via control panel?
  • Apakah anda bisa melakukan auto backup menggunakan cron job atau program lain?
  • Apakah anda bisa mengembalikan situs anda dari file backup yang ada sendiri dengan mudah?

14. Live Chat Support 24 Jam

Secara pribadi saya lebih suka ada live chat di suatu perusahaan hosting daripada email atau telepon. Karena tentu saja prosesnya lebih simpel daripada jika kita harus mengirim email atau telepon.

Selain livechat tentu saja perusahaan hosting sebaiknya memiliki dokumentasi yang menyeluruh atas fitur-fitur yang dimiliki di hostingnya. Jadi ketika ada masalah saya bisa baca sendiri bagaimana cara menyelesaikannya.

Niagahoster untungnya punya Live Chat Support yang bisa anda akses di bagian kanan bawah dari halaman utamanya. Jadi kapan saja anda punya masalah dengan hosting anda, ada tinggal tekan tombol tersebut masukkan data diri Anda dan mulai konsultasi dengan staf NiagaHoster.

Kesimpulan?

Dengan server uptime yang demikian tinggi, fitur hosting yang lengkap, control panel user friendly dan mudah, GRATIS DOMAIN & SSL (yang belum saya sebut di ulasan di atas), panduan penggunaan yang cukup ekstensif lewat knowledgebase super lengkap, dan live chat support 24 jam, saya harus bilang bahwa saya cukup rekomendasikan layanan hosting ini.

Beberapa yang jadi faktor negatif mungkin hanya masalah harga -- yang sebenarnya masuk akal dengan fitur yang ada, tapi sama sekali tidak mengurangi penilaian saya atas hosting ini.

Bagaimanapun, memilih hosting bukan tentang mencari hosting terbaik, tapi tentang mencari hosting tercocok dengan kebutuhan anda.

Secara keseluruhan, hosting di NiagaHoster merupakan hosting sempurna untuk pengguna web / blog WordPress normal, yang saya rasa merupakan 80% pengguna WordPress di luar sana. Saya pribadi suka dengan paket bayi-nya, karena memberi saya cukup space plus free SSL untuk PBN saya, dengan harga cukup murah. Hahahahaha...

Bagaimanapun, ini merupakan satu review dari sekian banyak review tentang perusahaan hosting ini. Jika anda ingin komitmen penuh dengan biaya besar, pastikan untuk baca sebanyak-banyaknya ulasan tentang perusahaan ini, baca negatif dan positifnya secara berimbang, dan salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

8 thoughts on “Review NiagaHoster Hosting: Jangan Pernah Beli Sebelum Baca Ini!

  1. Niagahoster emang gak pernah ngecewain. Aku sendiri udah pake niagahoster dan pelayanan mereka emang patut diacungi jempol. Sukses selalu niagahoster yaa

  2. Review review kayak gini yang dulunya bikin aku tertarik untuk nyobain niagahoster. Tapi ternyata emang worth it sih layanannya, jadinya gak nyesel juga udah langganan di niagahoster dan kemakan review tentang nih penyedia hosting. Hhe….

    1. Lagi pengen nyobain hosting di niagahoster juga ne. Banyak yang rekomendasiin dan bilang bagus, jadi penasaran dan pengen buktiin sendiri

  3. Emang bagus ya niagahoster? Banyak temen juga yang bilang kalo hosting niagahoster bagus dan pada rekomendasiin disana. Jadi tertarik sama hosting niagahoster

  4. Sebagai pengguna niagahoster aku juga puas dan percaya banget sama layanannya. Kalo boleh tau agan sebelumnya ada pengalaman buruk sama penyedia hosting di Indonesia karena apa? Dan setelah itu agan pake hosting luar?

  5. Siip mas syamsul, cari penyedia hosting yang bener2 cocok dengan website kita. Kalo harga di niagahoster aku kira masih relatif murah mas dengan pelayanan dan fitur yang kita dapetin. Niagahoster cocok banget sama kebutuhan websiteku

  6. Percaya banget kalo ke depannya niagahoster pasti akan lebih bagus dari yang sekarang. Itu salah satu alasan yang bikin aku sampai saat ini masih menggunakan layanannya. Sukses terus niagahoster

Comments are closed.