PREMIUM: Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Proxy dan Penggunaannya untuk Software SEO (Ultimate Proxy Guide Draft)

Ada sangat banyak sekali pertanyaan di email saya dari member Syamsul Alam dot Net yang tanya tentang proxy...

Dan karena topik blog ini sementara masih 'berat' pada aspek SEO, mau tidak mau saya jadi harus jawab tentang hal ini, meskipun sebenarnya menurut saya masih belum begitu perlu karena fokus pembelajarannya masih tentang membangun backlink secara manual.

Untung pembahasan tentang proxy ini singkat dan merupakan topik yang lumayan asyik (bagi saya) sehingga saya bisa bikinkan post cepat tentang proxy ini untuk anda. 😀

Apa Sih Proxy itu? Dipakai untuk Apa?

Penjelasan super singkatnya setahu saya adalah bahwa proxy itu semacam perantara antara IP anda dengan ISP dan IP situs yang anda akses.

Proxy sebenarnya dipakai untuk bermacam-macam tujuan. Tiga tujuan utama pemakaian proxy adalah untuk:

  1. Browsing secara anonimus, dimana kita ingin mengunjungi suatu situs tapi kita tidak ingin menampilkan data detail tentang kita seperti IP, browser yang kita pakai, dan lain sebagainya. Kita bisa gunakan proxy dalam hal ini untuk mencegah situs yang kita akses melihat data tentang diri kita. Situs tersebut akan melihat proxy yang kita pakai sebagai end-user, dan menyembunyikan IP asli kita.
  2. Keamanan dalam browsing. Jika kita takut ada orang yang mengamati situs-situs yang kita kunjungi melalui router dan firewall, maka proxy dapat digunakan menghentikan hal tersebut. Web proxy biasanya meng-encode URL yang kita kunjungi sehingga firewall dan router tidak bisa melihat situs apa yang kita kunjungi.
  3. Akses lebih saat browsing. Salah satu penggunaan proxy yang lain adalah untuk membobol firewall dan block.

    Jika anda menggunakan ISP tertentu (Speedy misalnya), atau misal anda ada di lingkungan kantor, biasanya ada block yang menghalangi user dari mengunjungi situs-situs tertentu. Proxy bisa anda gunakan untuk melihat situs-situs yang diblokir karena ketika kita mengunjungi situs melalui proxy, URL asli dari situs yang kita kunjungi di rewrite, sehingga blok yang ada tidak mengetahui situs yang kita kunjungi dan tidak memiliki blok tentang situs tersebut di Firewall-nya, menjadikan kita dapat mengaksesnya.

Tiga alasan di atas adalah kenapa menurut saya orang menggunakan proxy, dan ingat karena saya sebenarnya tidak tahu menahu tentang hal teknis mengenai proxy, mungkin ada informasi di post ini yang saya salah jelaskan atau kurang detil penjelasannya.

Dan karena fokus dari post ini adalah tentang cara pemakaian proxy untuk browsing secara anonim sehingga kita bisa membangun backlink tanpa terdeteksi Google, maka kita akan abaikan dua tujuan yang lainnya dan fokus pada aspek penggunaan proxy untuk membangun backlink.

Jenis dan Tipe Proxy

Proxy mungkin ada beragam tipe, dan tipe-tipe proxy pun setahu saya bisa dibedakan berdasarkan anonimitas-nya dan cara mengaksesnya.

Jenis Proxy Berdasarkan Anonimitas

Transparent Proxy adalah proxy server normal yang TIDAK melindungi privasi online anda.

Transparent Proxy mempunyai satu keuntungan, yaitu meng-cache halaman yang sering di akses dan proses ini mengurangi waktu download sehingga mempercepat akses kepada situs tersebut. Banyak perusahaan juga menggunakan sistem transparent proxy ini untuk tujuan pem-filter-an.

Transparent proxy akan menampilkan informasi berikut ini:

REMOTE_ADDR = Proxy IP address

HTTP_VIA = Proxy IP address

HTTP_X_FORWARDED_FOR = IP address anda sebenarnya

Anonymous proxy memberikan anda kemampuan untuk meng-cache seperti yang dimiliki oleh transparent proxy, dan di saat yang sama menyembunyikan IP address anda dengan menggantinya dengan IP proxy atau address acak.

Ini adalah tipe proxy minimal yang anda inginkan jika anda ingin membangun backlink secara anonim.

Anonymous Proxy server tidak mengirimkan variabel HTTP_X_FORWARDED_FOR pada host, yang pada akhirnya meningkatikan privasi anda karena IP address anda tak bisa dilacak.

Anonymous proxy akan menampilkan informasi berikut:

REMOTE_ADDR = Proxy IP address

HTTP_VIA = Proxy IP address

HTTP_X_FORWARDED_FOR = Proxy IP address atau IP random

Elite Proxy atau High Anonymous Proxy membuat sistem yang anda miliki terlihat sama seperti sistem yang tanpa proxy. Hal ini menyediakan keamanan terbaik dan tak ada cara untuk mendeteksi Elite Proxy.

High Anonymity Proxy Server tidak mengirimkan HTTP_X_FORWARDED_FOR, HTTP_VIA dan variabel HTTP_PROXY_CONNECTION. Host bahkan tidak tahu anda menggunakan server proxy dan tentu saja tidak tahu IP Address anda.

Anonymous Proxy akan menampilkan informasi berikut ini:

REMOTE_ADDR = Proxy IP address

HTTP_VIA = blank

HTTP_X_FORWARDED_FOR = blank

Jika anda tidak tahu apa itu REMOTE_ADDR, HTTP_VIA, dan lain sebagainya yang merupakan bahasa teknis dari proxy, abaikan saja. Saya juga tidak begitu tahu.

Namun, satu hal yang perlu anda ingat, gunakan minimal Anonym Proxy atau Elite Proxy jika ingin membangun backlink tanpa footprint atau meng-harvest Google tanpa IP anda di ban oleh Google.

Jenis Proxy Berdasarkan Akses

Selain berdasarkan tingkat anonimitas, proxy juga dapat dibedakan berdasarkan akses-nya. Proxy berdasarkan tingkat akses nya dapat dibagi menjadi tiga. Public Proxy, Shared-Private Proxy, dan Private Proxy.

Sekaligus saya juga akan jabarkan tempat dimana anda bisa mendapatkan masing-masing proxy ini di bagian bawah plus penggunaan yang sesuai untuk keperluan SEO anda.

Public Proxy. Ini adalah tipe proxy yang tersedia secara publik dan bisa anda akses secara gratis. Jika anda mau mencarinya, anda akan temukan puluhan situs (source) yang menyediakan RIBUAN hingga RATUSAN RIBU public proxy secara GRATIS di internet.

Jika anda menggunakan tools (Scrapebox misalnya), anda bisa dapatkan public proxy dengan amat cepat hanya dengan meng-scrape dan meng-harvest nya dari sources yang tersedia secara built-in di software tersebut.

Public proxy tersedia amat banyak di internet dan tersedia secara gratis, yang perlu anda lakukan hanyalah menemukannya. Namun, karena sifatnya yang gratis, public proxy sangat sering di abuse oleh orang dan mesin, menjadikan public proxy hanya berumur sementara (paling lama hanya beberapa jam) sebelum akhirnya mati dan tak bisa lagi digunakan.

Hal yang bisa anda lakukan jika public proxy yang anda gunakan mati adalah dengan mencari lagi sumber proxy yang lain dan menggunakan proxy lain. Dan karena jumlah source proxy terbatas dalam satu hari (anda harus tunggu keesokan hari biasanya sebelum ada list proxy baru dari source anda), menjadikan proxy tipe ini sangat tidak bisa diandalkan untuk keperluan SEO.

Server public proxy juga secara konstan berada dalam load yang berat dari beragam IP, oleh karenanya, public proxy bisa jadi amat sangat super duper lambat.

Saya tidak menyarankan anda menggunakan public proxy untuk aktivitas submit backlink dengan software. Publik proxy terlalu lambat dan terlalu cepat mati untuk bisa secara sempurna men-submit entry sehingga kurang cocok untuk aktivitas membangun backlink.

Public proxy hanya cocok untuk aktivitas yang bisa anda lakukan dengan cepat. Seperti misalnya meng-harvest URL dari search engine atau men-cek Page Rank dari URL.

Jika yang anda perlukan hanyalah meng-harvest URL dari search engine dan anda memiliki banyak waktu plus tidak keberatan untuk men-harvest proxy baru tiap beberapa menit sekali, public proxy cocok untuk anda.

Private Proxy. Private proxy seperti namanya adalah proxy yang anda gunakan sendiri.

Yups, berbeda dengan public proxy yang bisa digunakan oleh SEMUA orang, private proxy server biasanya memiliki username dan password plus dialokasikan pada beberapa IP tertentu sehingga hanya bisa diakses dan digunakan oleh pihak yang berhak.

Tak seperti public proxy yang bisa anda dapatkan secara gratis, private proxy hanya bisa didapatkan dari penyedia proxy. Penyedia proxy ini biasanya memiliki private proxy server dan private proxy yang mereka miliki biasanya mereka sewakan dengan nominal tertentu per bulannya.

Berdasar pengalaman saya, satu private proxy harganya berkisar antara $2 - $4 per proxy-nya per bulan. Harganya bisa lebih mahal, tapi tidak mungkin lebih murah, kecuali ada promo khusus, anda beli dalam jumlah luar biasa banyak, atau anda kenal yang punya. 😀

Meski proxy jenis ini mahal, tapi private proxy TRILIUNAN kali lebih baik daripada public proxy.

Server private proxy hanya melayani satu orang, yaitu anda, dan hal ini menjadikan private proxy amat CEPAT dan STABIL.

Dengan jumlah yang cukup (ratusan) dan mesin yang memadai (VPS yang bagus dengan spek tinggi), anda bisa meng-blast PULUHAN RIBU hingga JUTAAN backlink per hari dengan private proxy.

Memiliki akses ke banyak private proxy juga mampu untuk meng-harvest RATUSAN RIBU hingga JUTAAN URL dari mesin pencari dengan amat cepat, meng-cek PR masing-masing URL, dan banyak lagi. Private proxy juga bekerja 24 jam dalam sehari, jarang down, dan amat stabil.

Sebagai perbandingan, ratusan public proxy mungkin hanya bisa meng-harvest puluhan ribu URL dari Google dan setelah itu tak lagi bisa digunakan setelah beroperasi maksimal 20 menit.

Meski demikian, tak semua private proxy sama. Oleh karenanya anda harus dengan cerdas bisa memilih provider mana yang menyediakan private proxy terbaik.

Dua penyedia proxy favorit saya adalah BuyProxies.org dan SquidProxies.com, dan keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

BuyProxies.org lebih cocok untuk blast backlink menggunakan software seperti GSA Search Engine Ranker, Licorne AIO, Scrapebox, dan lain sebagainya namun agak lambat untuk meng-harvest URL di Google.

Sementara SquidProxies lebih cocok digunakan untuk meng-harvest banyak URL dari Google dan sedikit kurang cocok untuk tools. Saya pribadi menggunakan SquidProxies untuk keperluan harvest URL dan submit backlink karena sedikit lebih cepat dibanding BuyProxies meskipun agak lebih mahal.

Shared Private Proxy. Kurang lebih sama seperti private proxy, hanya saja seperti namanya, shared private proxy biasanya dibagi untuk 3 - 4 user sekaligus.

Cara kerjanya juga kurang lebih sama seperti private proxy, anda beli proxy, anda dapat proxy anda, port yang bisa digunakan, beserta username dan password.

Anda juga bisa meng-authorize IP address anda biasanya sehingga anda bisa gunakan proxy tersebut tanpa user dan password selama anda menggunakan IP address yang telah anda authorize tersebut.

Selain itu, semuanya kurang lebih sama. Kelemahannya hanyalah jika anda kebagian dengan orang yang doyan nge-blast, maka proxy anda mungkin akan lebih lambat daripada biasanya karena resource server proxy anda terbebani oleh user lain tersebut (namanya saja dibagi penggunaannya dengan user lain).

Kelemahan yang lain adalah beberapa penyedia proxy mengharuskan minimum pembelian yang lebih besar untuk shared private proxy (pembelian minimal private proxy yang wajar di industri ini biasanya 10 proxy, namun untuk shared private proxy bisa jadi anda harus beli minimal 50 proxy atau bahkan lebih).

Namun kelebihannya adalah shared private proxy 50% - 60% lebih murah daripada private proxy. Dan jika anda ingin beli shared private proxy dalam jumlah kecil (minimum pembelian yang kecil), anda bisa dapatkan dari BuyProxies.org.

Sebagian besar informasi di post premium ini hanya untuk member premium. Silakan login untuk membaca sisanya atau join premium membership jika anda belum jadi member. 😀

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

2 thoughts on “PREMIUM: Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Proxy dan Penggunaannya untuk Software SEO (Ultimate Proxy Guide Draft)

  1. wah triliuuuuuunan ya..
    suuuuuupeeeer sekali kalau ini…namanya.

    report ini cocok sekali untuk report dasar karna sebentar lagi mungkin samsulalam.net akan membahas tentang sofware SEO
    dikarnakan piranti ini sangat WAJIIIIB….jadi cocok untuk terbit sekarang..he

Comments are closed.