PREMIUM: Ninja Marketing Technique #1 (Case Study Menjual 40 CD Berisi Produk Gratis ke 21 Orang, dan Hasilkan 1,2 Juta dalam Sehari)

Case Study Ninja Marketing Technique #1

Cara Membuat Barang yang Aslinya Gratis, Terjual dengan Harga Rp 247.000, dan yang Beli Rebutan untuk Membelinya...

Ini adalah case study saya pribadi yang saya buat untuk men-tes seberapa sakti sih saya dalam marketing...

Sekaligus share pengalaman saya tentang bagaimana cara saya bisa menjual video YouTube yang bisa didownload dan ditonton orang secara gratis, seharga Rp 247.000, dan yang beli REBUTAN untuk membelinya.

Sedikit Background Tentang Case Study Ini

Sedikit background dulu tentang case study ini.

Tanggal 29 Juni 2014 lalu, saya mengadakan seminar kecil di ruko di Sidoarjo (bukan ruko saya, saya hanya nebeng mama saya).

Seminar tersebut saya adakan 100% gratis, dan saat itu adalah hari pertama bulan puasa. Di seminar hari minggu tersebut, ada 40 spot tempat duduk yang terbagi jadi dua sesi, sesi pagi dan sesi siang.

Dari 48 orang yang SMS dan terdaftar di buku tamu, hanya 21 orang yang hadir, dan banyak yang awalnya bilang akan hadir, ternyata tidak jadi datang.

Alasan terbesar kenapa separuh orang yang daftar tidak jadi datang menurut saya adalah karena seminar ini gratis, sehingga tak ada konsekuensi negatif bagi pendaftar yang tidak jadi datang.

Dan karena seminar ini saya selenggarakan di awal bulan puasa dimana orang repot menyiapkan banyak hal.

Jika anda ingin tahu alasan lengkap kenapa seminar gratis saya tersebut hanya didatangi kurang dari separuh pendaftar, anda bisa baca analisis saya di sini: http://www.syamsulalam.net/ulasan-pengalaman-seminar-pertama/

Di akhir acara seminar, saya tawarkan pada orang-orang di seminar tersebut, bahwa mereka bisa membeli versi CD dari video-video gratis yang saya publish di YouTube.

Ada delapan seri yang bisa mereka beli, mereka bisa beli masing-masing seri CD seharga Rp 37.000 atau mereka bisa beli langsung satu paket berisi 8 seri CD seharga Rp 247.000.

Dari 21 orang yang hadir, 5 orang membeli langsung satu paket CD (berisi masing-masing 8 seri CD), dan satu hari itu terjual 40 seri CD, dengan total pemasukan sekitar Rp 1.200.000.

Tentu saya ada pengeluaran untuk biaya CD dan packaging, tapi pengeluaran untuk CD dan packaging tidak lebih dari Rp 4.000 per CD, yang artinya saya masih profit kurang lebih Rp 1.000.000. hari itu.

Salah satu alasan kenapa hanya ada 5 orang yang membeli adalah karena seri CD yang saya punya memang hanya ada 5 paket (sisanya harus beli mengecer dengan harga masing-masing Rp 37.000) -- dan hal ini terjadi karena memang tim saya tak sempat mem-burn lebih dari 5 paket CD (hanya ada waktu 2 hari untuk mem-burn CD).

Sebenarnya ada lebih dari 5 orang yang ingin beli paket CD ini (orang berebut untuk mendapatkan 5 paket CD yang saya tawarkan), saya sebenarnya bisa jual lebih banyak seri CD dengan buat agar orang bayar dulu dan paket CD saya kirimkan menyusul.

Tapi saya punya alasan lain kenapa saya tak bisa jual lebih dari 5 paket (anda akan temukan alasannya di bawah nanti) dan itu kenapa hanya ada 5 paket CD terjual.

Anyway, 5 penjualan cukup bagus buat saya. Jadi, yuk kita hitung tingkat konversinya:

5 orang membeli dari 21 orang, artinya conversion rate 24%, dan dari 21 orang yang datang, 40 seri CD terbeli, artinya masing-masing orang kurang lebih beli 2 seri CD.

24% conversion rate dari seminar gratis? Not bad...

Sebenarnya, Rp 1.000.000 se hari bukan rekor terbaik pendapatan saya dalam sehari (bahkan mungkin salah satu rekor pendapatan harian terburuk saya).

Seminar ini bisa menghasilkan lebih banyak uang jika saya buat seminar ini berbayar entah Rp 50.000, Rp 100.000, atau Rp 200.000.

Seandainya seminar ini saya buat tiketnya seharga Rp 100.000 per orang, saya mungkin akan hasilkan Rp 5.000.000 dalam sehari dari mengadakan seminar ini (ingat bahwa ada 48 orang terdaftar), tapi saya tak akan bisa jadikan seminar ini sebagai case study saya...

Ingat bahwa:

  • Seminar ini sengaja saya buat 100% GRATIS.
  • Saya sengaja jualan produk yang bisa di download GRATIS di YouTube.

Anda mungkin sudah tahu bahwa seminar gratis membawa orang yang doyan barang gratis, artinya BELUM TERBUKTI apakah mereka merupakan tipe pengunjung yang bisa dan mau MEMBELI PRODUK SAYA ataukah pengunjung yang hanya doyan barang gratisan.

Artinya, secara teori seharusnya LEBIH SULIT menjual kepada peserta seminar gratisan daripada ke peserta seminar yang berbayar (entah itu seminar berbayar yang murah sekalipun).

Dan produk yang saya jual adalah video tutorial yang sebenarnya BISA MEREKA DOWNLOAD SECARA GRATIS di YouTube.

Saya sengaja lakukan ini agar saya bisa TEST SECARA MURNI kesaktian dari teknik marketing yang saya lakukan.

Saya tak ingin ada penjualan yang terjadi karena produk saya bagus (karena tentu jika produk bagus, tak perlu teknik pemasaran sakti untuk bisa menjualnya).

Atau karena pengunjung saya terbukti sebagai pengunjung yang bisa dan mau membeli (karena tentu jika pengunjung merupakan buyer traffic, maka tak perlu teknik pemasaran sakti untuk bisa menjual kepada mereka).

Saya benar-benar ingin praktekkan jurus yang memungkinkan orang untuk membeli roti tawar (barang minim value) seharga 300 juta (harga super mahal), dan orang masih berebut untuk membeli...

Dan saya bisa bilang bahwa saya relatif sukses dalam menerapkan jurus tersebut ke seminar pertama saya ini.

Sebagian besar informasi di post premium ini hanya untuk member premium. Silakan login untuk membaca sisanya atau join premium membership jika anda belum jadi member. 😀

Langkah Selanjutnya...

Anda baru saja membaca report yang merangkum beberapa teknik penjualan super sakti yang saya terapkan dalam seminar saya tanggal 29 Juni 2014 kemarin.

Saya berharap anda belajar banyak dari report ini.

Apapun jenis bisnis anda, jika anda cukup kreatif, saya yakin ANDA PASTI BISA terapkan beberapa hal dalam report ini untuk bikin produk anda tidak bisa atau minimal AMAT SULIT untuk ditolak oleh orang.

Tergantung event yang terjadi dalam hidup saya, saya mungkin bakal compile lagi report seperti ini yang membahas hal yang berbeda. Karena memang salah satu prinsip saya adalah HANYA mengajarkan yang SUDAH PERNAH saya praktekkan.

Saya melakukan hal 4 di atas setiap saat sebenarnya, begitu juga pemasar lain.

Alasan kenapa saya baru bikin report ini adalah karena seminar gratis yang saya selenggarakan kemarin adalah kesempatan super bagus untuk menerapkan beberapa teknik dan prinsip selling yang saya pernah pelajari secara banyak sekaligus.

Sekali lagi, saya berharap anda belajar banyak dari report ini.

Ingat, jika anda suka dengan report ini, pastikan kasih testimonial ke saya dengan kirim email via contact form di sini: http://www.syamsulalam.net/kontak-saya/

Saya mengingat orang-orang yang kasih testimoni ke saya. Karena saya suka baca testimoni orang.

Jika anda tulis testimoni untuk produk-produk saya, entah yang berbayar atau gratis, anda akan jadi salah satu yang pertama kali saya beritahu ketika saya punya sesuatu yang keren untuk di share. 😀

Juga pastikan anda stay tune di FB Fanpage saya di sini: http://www.facebook.com/syamsulalamdotnet karena info tentang case study volume 2 akan saya publish dalam waktu dekat di situ.

Jadi... sekian dari saya, saya Syamsul Alam dari SyamsulAlam.net, salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

2 thoughts on “PREMIUM: Ninja Marketing Technique #1 (Case Study Menjual 40 CD Berisi Produk Gratis ke 21 Orang, dan Hasilkan 1,2 Juta dalam Sehari)

  1. assalaamu’alaikum..pak saya sangt menyukai ini,dan saya ingin belajar bisnis online..saya penasaran,dan sudah lama saya ingin jadi member,mungkin baru bisa hari ini,ya har ini saya bisa jadi member..

  2. Waw.,,.,Mas Syamsul Alam memang LUAR BIASA. Dari dulu saya sering sekali Download Video Tutorial dari Mas Alam.
    Thanks Mas Bro

Comments are closed.