PREMIUM: Mendapatkan High PR Relevan Backlink dengan Footprint (SEO Footprint Mastery)

Salah satu teknik paling dasar dalam membangun backlink dari halaman orang lain yang PR tinggi adalah dengan menggunakan footprint dan search operator, untuk kemudian di saring berdasarkan PR dengan tools seperi SEO Quake.

Untuk anda yang bingung, saya bakalan coba jelaskan satu-satu.

Definisi Footprint

Jadi footprint adalah "jejak" yang dimiliki oleh suatu script tertentu, tiap script secara spesifik biasanya memiliki sebuah kode khusus yang spesifik yang tidak dimiliki oleh script atau platform lainnya.

Hal inilah yang disebut dengan footprint.

Biasanya, tiap platform atau script memiliki footprint nya sendiri-sendiri.

Anda bingung? Okay... Saya kasih contoh...

Contoh Footprint

Anda pasti biasa lihat blog blogspot 'kan? Coba jawab saya, apa frase atau kode yang biasa dimiliki oleh blog blogspot yang tidak dimiliki oleh platform lainnya?

Well, jawabnya adalah frase "powered by blogger", ya 'kan? Frase tersebut biasanya hanya terletak di blog yang di host di platform blogger (blogspot) dan tidak dimiliki oleh blog lain yang di host di platform lain.

Nah, itu tadi adalah contoh footprint.

Kegunaan Footprint

Dengan footprint tadi, kita bisa temukan banyak blog berbasis platform blogger. Artinya, jika kita ingin mencari blog blogger, kita bisa masukkan frase tersebut "powered by blogger" ke dalam mesin pencari (Google), dan Google akan memberikan kepada kita banyak list situs yang mengandung frase ini, dan sebagian besar dari list situs yang diberikan oleh Google adalah blog blogspot yang memiliki frase ini.

Tapi footprint tidak hanya sebatas itu.

Kita bisa menggunakan konsep footprint ini untuk menemukan situs yang menerima blog comment.

Jika anda sudah baca guide saya tentang backlink (SEO Linking Guide), saya yakin anda pasti mengerti bahwa blog comment bukanlah backlink terbaik yang bisa anda miliki.

Kontekstual backlink dari artikel yang relevan di halaman PR tinggi tetaplah merupakan raja dari segala backlink.

Tapi kadang kita tidak bisa pilih-pilih, dan jujur, blog comment link adalah salah satu jenis backlink termudah dan termurah yang bisa anda dapatkan. Dan untuk persaingan yang tidak terlalu sulit, blog comment bisa menjadi andalan anda.

Dan jujur saja, level para praktisi SEO di Indonesia tidak tinggi-tinggi amat, jadi dengan beberapa puluh blog comment dari halaman PR tinggi, anda sangat bisa ranking tinggi untuk kata kunci yang anda mau. Salah satu senjata andalan mereka pun adalah blog comment dari halaman PR tinggi ini.

Nah, yuk lanjutkan pembahasannya...

Seperti yang tadi saya bilang, konsep footprint ini amatlah LUAS penerapannya.

Tak hanya dibuat untuk menemukan blog comment, jika anda pintar, anda juga bisa menggunakan konsep footprint ini untuk menemukan platform social bookmark, wiki, social network, halaman donasi, dan banyak platform lain dimana anda bisa meletakkan backlink.

Saking luasnya, saya akan coba batasi post ini hanya untuk penerapan footprint guna mencari halaman ber-PR tinggi dan bisa dikomentari.

Dan, sebelum saya mulai memberi anda contoh footprint dan beragam contoh footprint kreatif, saya harus jelaskan terlebih dahulu kepada anda tentang search operator. Karena tanpa anda mengerti search operator, anda tak akan bisa mengembangkan footprint yang anda punya dan menciptakan footprint baru yang lebih sakti.

Definisi dan Daftar Search Operator

Search operator adalah command atau perintah yang bisa anda masukkan ke mesin pencari untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik.

Hal ini lebih mudah dijelaskan dengan langsung memberi anda list search operator yang bisa anda gunakan di Google.

Berikut ini adalah daftar search operator yang penting untuk anda pelajari:

  • site:url » operator ini dugnakan dengan URL untuk mencari seluruh halaman ter-indeks dari domain yang bersangkutan. Contoh, jika anda memasukkan site:www.syamsulalam.net ke dalam kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan seluruh halaman dari domain www.syamsulalam.net yang ter-indeks oleh Google.
  • inurl:keyword » operator ini digunakan untuk mencari URL yang mengandung keyword yang dimasukkan setelah operator tersebut. Contoh, jika anda memasukkan inurl:blog ke dalam kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang memiliki blog di dalam URL nya. Seperti misalnya, http://www.wikipedia.org/Blog atau http://www.blogger.com/ atau http://www.syamsulalam.net/blog/ atau apapun yang intinya mengandung kata blog dalam URL nya.
  • intitle:keyword » operator ini digunakan untuk mencari halaman yang mengandung keyword yang di cari dalam title nya (title tag nya). Contoh, jika anda memasukkan intitle:Syamsul ke kotak pencarian Google, maka Google hanya akan menampilkan halaman dengan title tag yang mengandung keyword "Syamsul" di dalamnya.
  • allintitle:keyword » operator ini hampir sama seperti operator intitle:, hanya saja yang membedakan adalah bahwa search operator ini memungkinkan anda untuk memasukkan lebih dari satu keyword dan akan memunculkan halaman yang mengandung kombinasi dari keyword-keyword tersebut dalam title tag nya. Contoh: memasukkan allintitle:Syamsul Alam dalam kotak pencarian Google, akan memunculkan halaman-halaman yang mengandung keyword "Syamsul" dan keyword "Alam" di title tag nya.
  • intext:keyword » operator ini digunakan untuk hanya menampilkan hasil dengan keyword spesifik yang dicari dalam halaman teks. Contoh: jika anda mengetikkan intext:Syamsul di kotak pencarian Google, maka akan muncul semua halaman yang memiliki keyword "Syamsul" di bagian teks (bukan di title tag). Terlihat seperti search operator yang tidak berguna 'kan? Tapi saya akan ajarkan nanti bahwa operator ini memiliki fungsi khusunya nanti di bagian 'mengombinasikan search operator'.
  • "keyword keyword" » operator ini digunakan untuk menampilkan hasil pencarian dengan frase tertentu yang spesifik dengan urutan keyword tertentu. Jika anda memasukkan frase panjang ke dalam Google, dan anda tidak menutupnya dengan tanda kuotasi ini, maka hasil pencarian tidak akan menampilkan frase yang anda cari dengan urutan keyword yang anda mau. Contoh: jika anda mengetikkan "Syamsul Alam" dalam kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan hasil yang memiliki frase "Syamsul Alam" dengan urutan keyword persis sama seperti itu. Jika anda memasukkan tanpa tanda "", maka yang akan muncul adalah hasil pencarian yang pokoknya memiliki kata "Syamsul" dan kata "Alam", Google tidak menganggap Syamsul Alam berupa frase, tapi merupakan dua keyword yang terpisah.
  • keyword * keyword » operator * (asterisk) ini digunakan sebagai wild card. Operator yang sangat berguna untuk memberi kita keyword suggestion. Contoh: ketika mencari di Google dengan pencarian "Syamsul *", maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata Syamsul dan kata apapun setelahnya. Google akan menampilkan hasil pencarian untuk "Syamsul Alam", "Syamsul Arifin", "Syamsul Ilham", dan Syamsul-Syamsul yang lain... Contoh lain, misal anda ketikkan "* wordpress plugin", maka Google akan menampilkan hasil pencarian untuk "top wordpress plugin", "best wordpress plugin", "list of wordpress plugin", dan lain sebagainya...
  • ~keyword » operator ~ yang anda letakkan sebelum keyword digunakan untuk mencari keyword yang dianggap sinonim oleh Google. Contoh: jika anda memasukkan "~baju korea" ke dalam kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan hasil pencarian seperti "busana korea", "dress korea", "pakaian korea" dan lain sebagainya.
  • angka..angka » operator .. (double dots) digunakan untuk mencari antara angka yang terletak di angka pertama ke angka berikutnya. Misal, mengetikkan "top 1..99 steak recipe" di kotak pencarian Google akan memunculkan hasil pencarian untuk "top 10 steak recipe", "top 25 steak recipe", "top 7 steak recipe" dan seterusnya...
  • filetype: » search operator ini berguna untuk memunculkan hasil pencarian untuk file tipe tertentu seperti misalnya file PDF atau file DOC. Contoh, "filetype:pdf syamsul alam" akan memunculkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword "syamsul" dan keyword "alam".
  • -keyword » operator ini digunakan untuk mencegah adanya keyword tersebut muncul dari halaman pencarian. Hasil pencarian hanya akan menampilkan hasil yang TANPA keyword tersebut. Contoh, mengetikkan -syamsul alam ke kotak pencarian Google akan memunculkan halaman yang mengandung keyword "alam" tapi TIDAK menyertakan keyword "syamsul".
  • +keyword » operator ini digunakan untuk menjadikan keyword tersebut WAJIB muncul di hasil pencarian. Search operator ini menjadikan tiap halaman yang muncul di hasil pencarian memiliki keyword tersebut. Contoh, mengetikkan +syamsul bisnis online akan memunculkan hasil pencarian dimana tiap halaman ada hubungannya dengan bisnis dan online dan MENGANDUNG keyword "syamsul" di dalamnya.
  • keyword OR keyword » operator ini digunakan sebagai perintah "atau" di mesin pencari. Dan akan menampilkan hasil pencarian dari dua keyword yang anda masukkan, tapi tidak keduanya secara bersamaan dalam satu halaman. Contoh: "baju korea" OR "busana muslim" akan memunculkan hasil pencarian untuk keyword "baju korea" dan "busana muslim".

Search operator sebenarnya ada beberapa lagi, tapi saya sengaja tidak sertakan karena boolean operator yang tidak saya sertakan memang tidak begitu sering saya gunakan dalam mencari daftar situs untuk mendapatkan backlink. Jadi, sengaja tidak saya sertakan karena mungkin tidak begitu berguna bagi anda...

Meski demikian, jika anda ingin tahu info search operator secara lengkap, silakan buka halaman ini (https://support.google.com/websearch/answer/136861?hl=en ) untuk daftar lengkap search operator yang Google gunakan.

Setelah ini, saya akan ajarkan pada anda cara mengkombinasikan search operator yang baru saja anda pelajari untuk menghasilkan footprint-footprint super sakti yang bisa anda gunakan untuk mencari situs dengan platform apapun yang anda inginkan, plus cara untuk menemukan footprint anda sendiri.

Sisa Post Ini Hanya Untuk Premium Member!

Anda baru saya membaca bagian kecil dari post ini. Sebagian besar konten hanya diperuntukkan untuk Premium Member. Login terlebih dahulu atau gabung menjadi member untuk dapat mengakses sebagian besar konten ini.

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

10 thoughts on “PREMIUM: Mendapatkan High PR Relevan Backlink dengan Footprint (SEO Footprint Mastery)

  1. Sangat bermanfaat dan super premium artikelnya mas syamsul alam. Tapi, karena tutorial-nya agak panjang saya masih belum tahu 1/4 search operator yang diberikan… Saya bookmark dulu deh… Kan blog baru sebaiknya tunggu 2 minggu baru dikasih backlink, makanya nunggu aja dulu.. 🙂

    1. Oya mas, sekarang saya udah berhasil mendapatkan blog comment link berpagerank 1-4 yang relevan.

      Dan itu berkat footprint ini… hahahahaha… Apalagi footprint yang saya gunakan pendek banget.

      Bener-bener deh.. Artikel mas alam memang keren-keren. Lengkap, tapi sayangnya jarang posting. 🙂

      Oke, thanks mas alam, semoga blog ini makin maju. 😀

      1. saya seorang ayah dari 1 orang putra yang baru kls.3 smp, usia saya 50tahun…. sdh satu setengah tahun kehilngan penghasilan alias pekerjaan… ingin sekali puya bisnis on line…dan pernah dibuatkan Word press oleh kawan namanya “exbunderan” sy terkadang menulis disitu… tapi saya bingung bagaimana caranya saya bisa buat bisnis online itu… paling tidak saya bs berharap punya penghasilan dari situ… mengingat saya ingin menyekolahkan anak sampai setinggi mungkin….. maaf jd curhat nih… mas…. tapi itulah kejadiannya…. mudah2 mas bersedia mengajarkan saya….. karena jujur saya gaptek…(mohon dibalas ya mas alam…dan terima kasih sebelumnya)

  2. Mas syamsul bisa revres sandi masuk ke Premium gak……?? soalnya sandi saya dari E-mail ke hapus gak sengaja…..Lupa mas….Maklum udah Kurang kali daya ingaynya………..tapi tehnik mas syamsul aku terapkan memang manjur….untuk saat ini tapi blm tahu ke depan google biasanya selalu gonta-ganti algoritmanya……….makasih atas wejanganya ya mas….ha……..ha…..maju terus……….

Comments are closed.