PREMIUM: Link Crawling dan Indexing – Alasan Kenapa Anda Tidak Ranking Meski Punya Banyak Backlink

Sebelum saya mulai post ini, saya mau tegaskan pada anda.

Saya TIDAK PERNAH bilang di blog ini atau dimanapun, kalau satu-satunya yang anda butuhkan untuk ranking tinggi dan jadi super sakti di SEO adalah backlink.

Tidak sama sekali.

Ada tiga komponen sebenarnya, yang menjadikan anda sakti dalam SEO dan situs anda ranking tinggi. Dua komponen yang pertama anda mungkin ingat betul karena post-post saya mungkin amat fokus pada dua aspek tersebut.

Dua komponen pertama tersebut adalah on page SEO dan backlink.

Namun, ada satu hal lagi yang sering dilewatkan oleh para praktisi SEO, padahal bisa jadi komponen terakhir ini adalah komponen yang PALING PENTING.

Komponen ketiga dan yang terakhir ini adalah INDEKSASI (indexation).

Dalam kaitannya dengan indeksasi ini, ada dua hal yang perlu anda perhatikan untuk bisa ranking tinggi di Google.

Pertama, situs anda harus sehat dan mudah untuk di-crawl dan di-indeks oleh Google. Kedua, agar backlink anda terhitung, backlink anda harus ter-crawl (minimal), atau ter-index oleh Google.

Masalah pertama, jika situs anda memiliki pengaturan indeksasi yang KURANG bagus, mungkin saja ada duplicate content di situs anda, mungkin saja backlink yang anda punya terbagi di domain www atau non-www anda, mungkin saja ada thin content di situs anda, dan lain-lain yang bisa jadi amat mempengaruhi ranking anda.

Beruntung bagi anda pengguna WordPress, saya sudah buatkan panduan super lengkap pengaturan indeksasi di blog WordPress dengan bantuan plugin WordPress SEO by Yoast.

Jika anda ingin memperbaiki indeksasi situs anda, anda bisa baca report nya di sini » http://www.syamsulalam.net/premium-wordpress-seo-advanced-indexation/

Masalah kedua, jika backlink anda tidak di-crawl (atau di-index) oleh Google, mau anda buat SEBANYAK APAPUN, tidak akan ada gunanya karena Google TIDAK TAHU backllink anda ada.

Mengenal Crawling dan Indexing

Guna menyamakan perspektif, saya akan jelaskan dulu apa sih crawling itu plus apa sih indexing itu.

Crawling adalah proses yang dilakukan Google untuk menemukan informasi tentang halaman web yang tersebar di internet.

Sebelum situs anda muncul di halaman pencarian, Google perlu tahu terlebih dahulu kalau situs anda ADA, dan untuk mengetahui hal tersebut, Google mengirimkan crawler (GoogleBot) untuk menjelajahi internet guna menemukan situs anda.

Crawler bekerja dengan melihat suatu halaman web, dan mengikuti link yang ada di halaman tersebut. Sama seperti jika kita membaca konten di internet -- bedanya crawler mengikuti semua link yang ada di halaman tersebut guna menemukan halaman baru untuk diambil datanya dan dikirim balik ke server Google.

Proses crawl ini dulunya berawal dari daftar situs yang dikirimkan orang pada Google, dari sitemap yang di-submit ke Google, dan dari situ crawler terus "MENJELAJAH" dengan mengikuti link yang ada dan menemukan halaman situs baru, dan demikian seterusnya.

Indexing adalah proses peng-organisasian data dan informasi yang dikirim oleh crawler.

Google mengumpulkan halaman-halaman dari proses crawl untuk kemudian membuat suatu indeksasi berdasarkan algoritma yang dimilikinya.

Indeksasi ini dibuat agar ketika orang mengetikkan "hamster lucu", Google bisa memberikan hasil berupa halaman-halaman web yang ada hubungannya (relevan) dengan kata "hamster lucu" tersebut.

Indeksasi adalah proses peng-kategorisasi-an halaman web atas kata kunci tertentu berdasarkan informasi yang ada di halaman web tersebut.

Alasan kita melakukan SEO - mengatur Title tag, Heading, Meta Description, dan lain sebagainya - adalah hal ini, agar halaman situs kita ter-indeks untuk kategori (baca: keyword) yang kita inginkan.

Itu tadi adalah penjelasan super simpel nya versi saya. Anda bisa membaca pengertian crawling dan indexing dari Google langsung di halaman ini.

Atau lihat video singkat ini di YouTube: http://www.youtube.com/watch?v=BNHR6IQJGZs

Alasan Kenapa Anda Harus Peduli dengan Crawling dan Indexing

Sebelum anda mulai pusing memikirkan tentang cara super sakti untuk menaikkan rank anda di Google, pusinglah tentang crawling dan indexing ini dulu.

Karena jika situs anda tidak ter-crawl dengan baik, tidak mungkin situs anda bisa ter-indeks dengan baik. Dan jika situs anda tak ter-indeks dengan baik, akan amat sulit bagi anda untuk bisa ranking di keyword yang anda mau.

Begitu juga dengan membangun link.

Sebelum anda mulai pusing memikirkan bagaimana cara membangun ribuan backlink ber-PR tinggi, pusinglah tentang bagaimana caranya membuat backlink anda yang sudah ada untuk ter-crawl dan ter-index oleh Google.

Karena tak peduli sebanyak apapun backlink yang anda punya, jika Google tidak meng-crawl backlink anda, maka sama artinya dengan Google tidak tahu bahwa link anda ada.

Ketika Google tidak tahu tentang backlink anda, itu sama artinya dengan TAK ADA backlink untuk situs anda, yang artinya situs anda tak mungkin ranking lebih tinggi karena tak ada data yang bisa digunakan untuk memperbaiki indeks situs anda.

Google bekerja dengan tanpa henti mengirimkan crawler ke internet untuk menjelajah halaman baru, menemukan situs anda, menemukan update yang ada di situs anda, menemukan backlink yang mengarah ke situs anda, dan mengirimkan semua data ini ke server Google untuk data awal yang nantinya digunakan untuk indeksasi situs anda.

Masalahnya adalah, Google memiliki resources (sumber daya) yang terbatas, sementara internet SEDEMIKIAN LUAS, dengan triliunan situs yang ada di luar sana, dan ribuan triliun halaman, gambar, video, dan lain sebagainya menunggu untuk di crawl.

TIDAK MUNGKIN bagi Google untuk bisa meng-crawl SEMUANYA, oleh karena itu crawler memiliki preferensi tentang mana link yang diikuti dan mana halaman yang diambil datanya. Ingat, TIDAK semua halaman di internet di crawl oleh Google.

Ketika anda membangun ribuan link, semua usaha, uang, dan waktu yang anda habiskan untuk membangun link-link ini akan sia-sia jika Google tidak meng-crawl nya atau hanya meng-crawl sebagian kecil dari link anda.

Dan kenyataannya, rata-rata Google hanya meng-crawl kurang dari 20% dari backlink yang anda punya...

Itu alasan kenapa ranking anda tidak naik-naik meski anda sudah membangun banyak sekali backlink.

Sebagian besar informasi di post premium ini hanya untuk member premium. Silakan login untuk membaca sisanya atau join premium membership jika anda belum jadi member. 😀

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

13 thoughts on “PREMIUM: Link Crawling dan Indexing – Alasan Kenapa Anda Tidak Ranking Meski Punya Banyak Backlink

  1. saya mau tanya master…saya sudah mengikuti tutorial yang telah diberikan oleh master alam bagaimana cara seo on page pada artikel. awal mula berjalan dengan baik tag pun di index dengan baik, tp kini ko tag-nya g mau ke index? apakah tag saya di anggap spam? takutnya kebanyakan, tag saya paling banyak 10 tag. klo saya lihat master alam tag-nya kdang 20. jd gimana mas solusinya?

    1. ndak usah panggil master, aneh banget rasanya. panggil alam aja.

      saya ndak pernah ngajarkan untuk ngeindex halaman tag. saya ga tahu maksud pertanyaan anda. saya juga ga tahu kalau tag saya 20.

  2. Terima kasih buat artikel2nya yang selalu berbobot. Mengenai crawling, saya mau nanya tentang tulisan yang ini “Pertama, situs anda harus sehat dan mudah untuk di-crawl dan di-indeks oleh Google”

    Untuk index, saya udah ikutin panduan yang di berikan (setting SEO Yoast). Nah, supaya situs kita mudah di crawl oleh google, cara-nya gimana? harus sehat maksudnya apa ya?

    Makasih ya sebelumnya

    Salam Sukses!
    Jangan bosen2 nulis artikel yah 🙂

    1. load time harus cepat, tidak thin content (satu halaman isi cuman beberapa kata, tanpa gambar, tanpa video), tidak spammy, tidak duplicate content. 😀

  3. mas kalau pakai tool seperti seo fast indexer bawaan dari tool Seo Link Robot itu apakah hal ini efektif?

    1. kebanyakan tools fast indexer bekerja dengan mem-ping dan membuat backlink di situs statistik seperti yang saya sebutkan di atas.

      bagus untuk menotifikasi, tapi cara terbaik untuk ‘memaksa’ crawler lihat backlink kita tetap membangun backlink ke backlink kalau menurut saya.

  4. assalamu’alaikum mas allam ( slmat hari 1 muharrom )
    saya mau tanya mas.
    bagaimana jika tier dua kita ping mas?
    apa itu cukup untuk mengindeks kan tier pertama?
    atau kalau kita membuat backlink to backlink lalu untuk mengindeks kan tier pertama itu harus butuh berapa tier 2..?
    apa satu aja udah cukup?

    aduh sebentar saya juga agak bingung dengan apa yang saya omongin ini.

    emm begini , mas tadi bilang :”tapi cara terbaik untuk ‘memaksa’ crawler lihat backlink kita tetap membangun

    backlink ke backlink kalau menurut saya”

    yang dimaksudkan backlink ke backlink itu apakah ” backlink ( tier pertama ) ke backlink ( tier ke dua )? jadi

    backlink tier KEDUA membacklink tier PERTAMA.
    atau backlink ke backlink ini bisa dikondisikan untuk semua jenis type backlink? gak peduli dia tier pertama ,

    kedua, ketiga dari semua itu untuk mengindeksasikannya efektifnya membuat [ backlink to backlink ]?

    trus [ maaf untuk kali ni mungkin menurut mas Alam pertanyaan saya agak konyol hehe ]

    jika kita punya tier DUA lalu kita membuat banyak sekali type jenis backlink yang mengarah ke tier dua tersebut apa

    tier DUA bisa kena sandbox atau di deindex?
    sekian pertanyaan saya mas apabila ada tutur kata yang kurang berkesan mohon maklum dan minta maaf sebesar besarnya,

    biasa, namanya juga belum tau , plus masih nuwbie lagi, maklum dari taon jebot belum pernah belajar beginian..hehe

    thank’s

    1. 1. Pokoknya intinya gini, secara teori, semakin banyak link yang mengarah ke properti tertentu, semakin besar kemungkinan properti tersebut di crawl dan di index.

      2. Kalau saya ditanya apakah ngelink tier pertama dengan tier kedua cukup untuk membuat tier pertama ter-index, saya tidak tahu. Semua yang kita lakukan ini untuk MEMPERBESAR kemungkinan tier 1 terindex, tapi apakah tier 1 tersebut terindex atau tidak kita tidak tahu sampai kita cek sendiri setelahnya.

      3. Betul, backlink ke backlink bisa untuk tier mana saja. Pokoknya dasar teori nya adalah bahwa semakin banyak link menuju ke properti tertentu, semakin besar kemungkinan crawler meng-crawl dan mengindex properti itu.

      4. Alasan kita membuat TIER adalah agar situs utama kita tidak kena sandbox atau deindex. Jika kita membangun banyak link dari tipe link kualitas rendah ke tier 2, ada kemungkinan beberapa kena sandbox dan deindex, tapi itu TIDAK APA-APA karena tidak menyakiti kita.

      Untuk memperkecil kemungkinan sandbox atau deindex tier 2, pastikan ketika membangun link massal ke tier 2 anchor text nya di diversifikasi (seperti yang sudah saya ajarkan di SEO Linking Guide).

      Semoga tidak penasaran lagi. 😀 Salam senyum!

  5. Assalamualaikum mas syamsul alam, makasih ya tutorialnya, bermanfaat banget, Tanya dikit, sy masih bingung beda web yg www. Dan yg http:// (tanpa www) , apa perbedaannya bagi google? Oiya, gmn caranya nambahin sales script diatas blog posting pada themes sceptical woo spt mas alam ini?

    1. Tidak ada bedanya bagi google. keduanya sama-sama situs. 😀

      untuk nambahin elemen seperti yang ada di situs saya, bisa dilakukan dengan mengedit theme via appearances » editor. Setelah itu, dipercantik dengan custom CSS. 😀

      Salam senyum!

  6. alhamdulillah..
    sekarang updatenya cepet…
    banyak bacaan baru terussss..

    tapi intinya tetep HARUS praktek… praktek… praktek… praktek…

  7. nah, itu dia jadi pertanyaan orang, bagaimana sih cara crawl dan indeks backlink tersebut. Sebenarnya sangat gampang sekali, tapi jarang tuh mastah2 yang enggan memberitahunya… termasuk saya, walaupun saya bukan mastah,,,

Comments are closed.