PREMIUM: Cara Membangun Link Super Lengkap (Link Building Manual)

NOTE: Report ini masih dalam tahap draft, namun sudah bisa anda baca karena anda premium member. πŸ˜€

Dalam report ini saya akan coba bahas cara membangun link, dan memang hal ini merupakan salah satu permasalahan paling dasar tapi yang paling penting bagi para praktisi SEO baru.

Panduan Terlengkap Tentang Cara Membangun Link

Sebelum saya mulai ke panduan lengkapnya, akan lebih baik jika saya pastikan anda mengerti terlebih dahulu tentang dasar teorinya.

Saya akan jelaskan kenapa sih kita harus membangun link, bisakah kita ranking tanpa link, apa saja faktor-faktor yang digunakan Google untuk menilai ranking anda, bagaimana cara membuat link yang benar, dan bagaimana cara menghindari penalty yang biasa dilakukan Google kepada situs yang ditengarai melakukan over optimization.

Semuanya bakal saya jelaskan selengkap yang saya bisa dalam ilustrasi berikut ini, jadi... siapkan cemilan dan minuman anda, dan enjoy!

Kenapa Harus Membangun Link?

Sebelumnya saya mau beri tahu anda satu hal terlebih dahulu.

Anda BISA ranking di Google meski tanpa link. Pastikan saja situs anda cukup relevan dengan kata kunci yang anda target, lakukan on page SEO seperti yang saya jabarkan di Ultimate On Page SEO, dan saya garansi anda bisa ranking di Google untuk kata kunci yang anda mau.

Permasalahan muncul ketika kompetitor anda juga melakukan hal yang sama dengan anda. Membangun halaman web yang sama relevan seperti yang anda buat, mengoptimasi situs mereka secara on page sama seperti yang anda lakukan...

Dan bayangkan anda memiliki 20 kompetitor yang semuanya seperti ini.

Kabar buruknya adalah jumlah situs yang Google bisa taruh di halaman pertama nya hanya 10 situs, dan halaman kedua hasil pencarian Google sangat jarang didatangi orang. Dengan banyaknya situs yang sama-sama relevan, Google bingung harus ranking yang mana.

Seandainya Google mengambil random sepuluh situs untuk di taruh di halaman pertama, belum tentu situs anda cukup beruntung untuk dipilih oleh Google.

Dan ketika keadaan sudah seperti ini, Google mengambil faktor lain untuk memudahkan proses 'pemilihan' tersebut.

Dan faktor ini adalah backlink.

Secara super simpel, backlink berfungsi sebagai vote. Semakin banyak yang nge-vote anda, maka semakin tinggi ranking anda. Jadi sekarang, itu adalah cara mudah untuk memenangkan persaingan di mesin pencari.

Buat sebanyak mungkin link. Maka anda akan rank...

Tapi apakah semudah itu?

Ketika Kompetitor Anda Juga Membangun Link...

Kompetitor anda yang jumlahnya 20 itu tidak suka anda ranking tinggi sendirian. Jadi mereka juga membangun link mereka sendiri. Kebetulan jumlah link yang mereka bangun sama persis dengan link yang anda bangun.

Google kembali bingung, siapa yang harus diletakkan di posisi tinggi sekarang...

Akhirnya Google memberikan power yang berbeda-beda terhadap link, semua ini berdasarkan faktor-faktor di bawah ini.

  • Link dari sumber yang berbeda, berbeda pula 'kekuatannya'.
  • Link yang berasal dari situs yang banyak di link oleh situs lain, tentu berbeda 'kekuatannya' jika dibandingkan dengan link yang berasal dari situs yang jarang di link situs lain.
  • Link yang berasal dari tempat atau posisi yang berbeda, maka berbeda pula 'kekuatannya'.
  • Tipe situs yang berbeda maka berbeda pula 'kekuatan' link nya, beberapa tipe lebih 'kuat' link nya daripada tipe lain.
  • Link yang berasal dari halaman yang banyak link keluarnya, juga berbeda kekuatannya dengan halaman yang dikit link keluarnya.
  • Tipe situs dimana orang bisa dengan gampang bikin akun dan bikin link memiliki kekuatan link yang berbeda jika dibandingkan dengan situs yang hanya nge-link ke situs eksklusif.
  • Link yang berasal dari halaman yang relevan, memiliki kekuatan berbeda dengan link yang berasal dari halaman tidak relevan.

Ini adalah kira-kira peraturan yang dibuat Google untuk menentukan mana situs yang rank tinggi dan mana yang tidak.

Secara super simple, semakin banyak link dan semakin besar kekuatan link, maka semakin tinggi rank situs anda di Google.

Sayangnya, memberikan kekuatan yang berbeda untuk tiap link yang berbeda belum menyelesaikan masalah. Kompetitor anda lebih pintar sekarang. Kini mereka menggunakan software untuk membangun banyak link menuju situs mereka.

Meski kebanyakan sumber dari link yang dibuat dengan software tidak memberikan kekuatan yang besar terhadap link tersebut, namun dalam jumlah besar tetap saja akan mempengaruhi hasil pencarian.

Google kembali mencari akal untuk menanggulangi webmaster nakal yang membangun amat banyak link secara artifisial tersebut.

Dan setelah beberapa saat, Google menciptakan 'filter' yang gunanya untuk menyaring situs yang link-link nya terlihat tidak alamiah, serta memberikan trust dan ranking yang lebih tinggi untuk situs yang link-link nya terlihat seperti terbuat secara alamiah.

Faktor dari naturalness ini antara lain adalah:

  • Semakin beragam sumber backlink anda, maka semakin natural anda.
  • Semakin beragam anchor text anda, maka semakin natural anda.
  • Semakin beragam halaman di situs anda yang di link, semakin natural anda.
  • Semakin beragam komposisi nofollow dan dofollow anda, semakin natural anda.
  • Semakin beragam PR dari sumber link anda, semakin natural anda.
  • Semakin bertahap jumlah link yang mengarah ke halaman anda, semakin natural anda.

Sementara filter yang digunakan untuk menjaring situs-situs yang memiliki link buatan, kurang lebih merupakan kebalikan dari faktor naturalness yang sudah dijabarkan di atas, seperti:

  • Sumber backlink yang TIDAK beragam dan hanya berasal dari situs yang itu-itu saja, maka kena filter.
  • Anchor text dari link yang itu-itu saja, sama sekali TIDAK beragam, maka kena filter.
  • Halaman situs anda yang di link hanya halaman itu-itu saja (misal: 90% link mengarah ke homepage saja dan halaman lain tidak mendapatkan link), maka kena filter.
  • Situs anda semua link nya dofollow padahal link nya ada banyak, maka kena filter.
  • Situs anda punya ribuan link, tapi link nya hanya berasal dari halaman PR 0 saja, atau PR 1 saja, atau PR 3 saja, maka kena filter.
  • Situs anda masih baru dibuat kemarin sore tapi tiba-tiba langsung memiliki 1000 link, kemudian besoknya berhenti tanpa link sama sekali, kemudian lusanya dapat langsung 10.000 link, maka kena filter.

Hampir semua situs yang kena filter biasanya akan mengalami yang namanya Google slap, biasanya terjadi penurunan ranking yang luar biasa atau parahnya ditaruh di sandbox oleh Google dan jadi kandidat manual review, kemudian di de-index.

Filter-nya sudah cukup sakti, tapi Google masih kurang puas.

Sehingga, tak cukup dengan itu, kini Google juga menerapkan social media signal sebagai bagian dari indikator ranking, yang intinya adalah semakin banyak situs anda di share di social media, berarti semakin popular situs anda.

Dan semakin popular situs anda, berarti situs anda berisi informasi yang lebih relevan, yang mengakibatkan anda ranking lebih tinggi.

Nah, list-list di atas adalah semua faktor yang mempengaruhi kekuatan link dan mempengaruhi pemicu penalty. Sengaja saya buat singkat dan tanpa penjelasan lebih lanjut karena memang hanya untuk ilustrasi.

Jadi sekarang, yuk kita bahas satu-satu dengan lebih detail.

Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Link

Ini adalah konsep yang harus anda pahami dengan cermat sebelum anda mulai membangun link...

Ingat bahwa TIDAK semua link sama, beberapa link lebih berharga daripada yang lain, dan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Domain Authority dan Page Authority

Ada dua tipe authority, yang pertama berada di level domain, yang kedua berada di level page (halaman).

Situs seperti BBC.co.uk memiliki domain authority lebih tinggi dibandingkan dengan SyamsulAlam.net.

Hal ini menyebabkan link dari BBC.co.uk memiliki lebih banyak "kekuatan link" (saya menyebutnya 'Link Juice') daripada link dari SyamsulAlam.net.

Domain BBC.co.uk lebih otoritatif karena domain ini lebih tua, lebih banyak di link, dan di link oleh situs-situs lain yang juga otoritatif (memiliki domain authority tinggi). Itu penyebab suatu situs memiliki domain authority yang berbeda-beda.

Page authority kurang lebih sama seperti domain authority, tapi terletak di level halaman.

Suatu situs memiliki banyak halaman, benar bukan? Dan tiap halaman di situs tersebut bisa jadi memiliki page authority yang berbeda-beda. Tergantung jumlah link yang mengarah ke halaman tersebut dan siapa sumbernya.

Jika suatu halaman di link oleh sumber otoritatif, maka page authority nya akan bertambah. Semakin banyak link dari semakin banyak sumber otoritatif, semakin besar pula page authority nya.

Link dari sumber dengan domain authority dan page authority yang tinggi membawa lebih banyak 'link juice' (atau vote) kepada situs anda dibandingkan link dari sumber yang kurang otoritatif.

Sederhananya seperti itu.

Anda bisa dengan mudah 'memperkirakan' domain authority dan page authority dari suatu halaman dengan Moz Rank Toolbar berikut ini: http://moz.com/tools/seo-toolbar

Toolbar ini bisa di install di browser anda (Mozilla Firefox atau Chrome) dan akan menampilkan data Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) suatu halaman secara otomatis langsung di halaman pencarian Google dan di toolbar.

seo moz toolbar google picture

Gambar SEO Moz Toolbar di halaman pencarian Google
seo moz toolbar picture

Gambar SEO Moz Toolbar di toolbar anda. πŸ˜€
Tak hanya itu, kekuatan link juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti...

Sebagian besar informasi di post premium ini hanya untuk member premium. Silakan login untuk membaca sisanya atau join premium membership jika anda belum jadi member. πŸ˜€

NOTE: Report Link Building Manual ini terlalu panjang jika di publish dalam satu post sehingga beberapa member tidak bisa akses meski sudah login karena terlalu panjang dan lama di load.

Oleh karenanya saya pecah materinya menjadi dua bagian. Setelah membaca ini, pastikan baca bagian 2 di sini: http://www.syamsulalam.net/premium-cara-membangun-link-super-lengkap-link-building-manual-2/

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

15 thoughts on “PREMIUM: Cara Membangun Link Super Lengkap (Link Building Manual)

  1. – akhirnya ada update, tiap hari buka website ini, lama sekali updatenya, tp sekalinya update SUPERRR sekali postinganya –

    Mirip2 dengan SEO linking Guide ya bro… tp yg SEO linking Guide lebih maknyussss…

    btw, izin nanya nih suhu…
    klo membangun link pake software Senuke XCR itu aman gak c untuk jangka panjang?.. coz kadang2 klo bangun link manual ga ada waktu banget.. hehe

    ==masih ditunggu post SUPER DUPER KEREN untuk membahas lebih mengenai Online Shop..

    1. aman gak untuk jangka panjang itu tergantung banget dengan kualitas link yang kita buat via senuke tersebut. Klo artikel yg kita input high quality, di spin dengan format high quality, dan sebisa mungkin mirip seperti yang saya instruksikan insya Allah bisa lebih jangka panjang dibanding jika konten untuk senuke xcr nya ngasal ambil dan ngasal spin.

      1. thanks atas jawabannya bro syamsul…

        kemarin nyobain jasa senuke c di ads-id..
        coz di SEO linking guide yg ente buat, disana disebutkan bisa pake software semaca senuke dan sejenisnya, hehe..

        dtunggu postingannya yg super lagi… (jangan lama2 gan, πŸ™‚ )

  2. Terimakasih atas informasinya, jarang mendapat artikel panjang & lengkap seperti ini sangat2 membantu newbie seperti saya belajar SEO lebih baik lagi.

  3. memang dalam penggunaan sofware seperti senuke xrumer maupun scrape box nggak ada yang gratis
    – mulai dari ketiga sofware yang diatas harus beli,
    – spin juga begitu harus langganan per bulan tahun dsb (klo mau yang bagus.
    – dalam chapta juga seperti itu ada harganya per beberapa chapta
    – proxy juga kalau mau yang elite atau yang bagus ada harganya juga..
    yang ana tanyain nie mas alam,mending mana kita saat kita menggunakan 3 sofware maha dahsat tersebut dengan proxy biasa?

    1. software tersebut memang mahal, itu alasan saya kasih alternatif untuk outsourcing terlebih dahulu, entah lewat fiverr atau cari orang di forum.

      untuk spin saya ada teknik gimana caranya bikin spin yang 100% unik (ga bagus) tapi gratis. cocok buat tier 2.

      untuk captcha bisa beli software yang otomatis ngisi captcha, jadi ga usah langganan jasa pemecah captcha yang sistem kredit. klo beli software cuman bayar sekali doank, jadi lebih hemat, tapi tentu di awal lebih hemat outsource.

      private (ato semi-private) proxy adalah kewajiban jika mau pake software seo. ini biayanya bulanan, dan jika kita pingin agresif kita butuh minimal 25 proxy. bisa mahal dalam jangka panjang, makanya outsource aja dulu. πŸ˜€

      mending outsource dulu. jangan pake proxy biasa (shared proxies) karena buang-buang waktu banget dan bikin frustrasi (saya pernah ngalamin jadi saya ngerti). tapi klo mas mau coba ya silakan. πŸ˜€ hehehehe…

      klo mau beli software disesuaikan dengan kebutuhan, tapi yang penting adalah kemampuan research dan bikin web 2.0 dulu, jadi klo bisa prioritas ke scrapebox dan ultimate demon dulu (alternatif ultimate demon = licorne aio).

  4. Gan curhat sedikit nich tentang link
    Ada 2 blog yang memperebut satu kunci bor pile
    Blog 1: linknya hanya dari website iklan misalnya iklangratis.com, tokobagus.com, pelapak.com dll, kurang lebih 7link
    Blog 2: linknya dari artikel yang relevan ilmusipil.com, ilmurumah.com, proyeksipil.com dll kurang lebih 8link #sumber alexarank

    Yang jadi pertanyaan kenapa di posisi Serp blog 1 sulit di geser oleh blog 2 bukannya google lebih mengutamakan link dari artikel yang relevan, menurut saya seo onpage nya ga jauh beda. Ohya blog1 sempat tergeser namun hanya beberapa hari saja. Tks atas jawabanya

    1. Website iklan seperti tokobagus.com, berniaga.com, dan situs-situs iklan terkenal seperti itu memiliki PR lebih tinggi, domain authority lebih tinggi, dan page authority lebih tinggi dibanding situs kurang terkenal seperti ilmusipil.com, ilmurumah.com dlsb.

      Link dari website iklan biasanya ada di halaman iklan yang ada gambarnya, trus juga ada tulisannya, jadi bisa juga dianggap oleh google sebagai halaman konten yang high quality. Klo judul dari halaman iklan tersebut dan isi konten iklan ada kaitannya dengan keyword “bor pile”, maka halaman tersebut juga relevan dengan keyword “bor pile”.

      Menurut saya itu alasan kenapa blog 1 rank lebih tinggi dibanding blog 2.

  5. Pembahasannya komplit sekali.. terima kasih.. berkaitan dengan kecepatan pertumbuhan backlink, saya ingin bertanya,, agar di anggap natural oleh google, pertumbuhan backlink perhari itu maksimal berapa ya? soalnya pengalaman saya, seperti yang mas katakan, blog blog saya yang sebelumnya saya tanamkan backlink yg tidak wajar. hari ini saya menggunakan generator backlink yg bisa nanamin link sampe 3000, besoknya gak.. padahal blog baru, tapi saya bom dgn backlink. memang sih,, tidak lama blognya ramai, tapi itu tidak tahan lama,, munkin ketika google melakukan filter seperti yg mas katakan, blog saya terdeteksi tidak natural ya..

    1. tidak ada maksimal untuk pertumbuhan backlink per hari, kita bisa nge blast semakin banyak backlink seiring dengan menuanya dan bertambahnya authority untuk domain kita. πŸ˜€

  6. Mas Syamsul, untuk membangun blognetwork web 2.0 ini, misalkan saya membuat 10 web 2.0, di masing2 home page web 2.0 tadi saya udah kasih link sebnyak 3 link ke home page web utama saya. nah, untuk meranking setiap page/postingan di web utama saya, saya membuat artikel di masing2 web 2.0 tadi, dan disetiap artikel tadi saya kasih link ke postingan/page yg ada di website utama. Apakah cara seperti ini benar atau salah mas? karena nantinya semakin banyk postingan yg ada di web utama saya, semakin banyak juga link dari web 2.0 tadi yg mengarah ke setiap postingan di web utama. Mohon pencerahannya mas. Thanks

    1. saya mungkin agak salah mengartikan komen mas, tapi klihatannya yang mas lakukan ini sudah betul kok mas…

      coba kontak saya via hape aja, biar bisa lebih detil tanyanya, jadi saya lebih mudeng untuk njawabnya. πŸ˜€

Comments are closed.