Panduan Komplit Memastikan Blog Network (PBN) Anda Super Duper Aman!!

Saya dapat beberapa inbox yang menanyakan tentang seberapa aman teknik blog network yang kemarin saya posting.

Teknik ini 100% sangat aman, terlepas dari apa yang dikatakan orang.

Bahkan jika anda pintar dalam membuat blog network anda, Google takkan bisa membedakan blog network anda dari blog biasa -- 110% teknik powerful yang super aman.

Yang biasanya jadi kesalahan dan menjadikan suatu blog network diketahui oleh Google adalah karena ke-idiot-an dari pemilik blog network itu sendiri.

Prinsip dari Memiliki Blog Network

Ketika anda memiliki blog network, maka anda memiliki kekuatan dari beberapa situs yang dominan memiliki backlink dan authority tinggi.

Alasan kenapa blog network amat kuat dalam menggoyang halaman pencarian di Google adalah karena blog network memberi kesan bahwa situs anda mendapat backlink dari beberapa situs kuat sekaligus.

Namun kekuatan itu akan hilang dan bisa menjadi ancaman jika anda gagal dalam membangun kesan bahwa situs-situs yang me-link ke situs anda adalah dari orang yang berbeda.

Itu alasan kenapa diversifikasi & randomisasi dalam blog network anda, untuk memberi kesan bahwa situs-situs ini dimiliki orang-orang yang berbeda, amatlah penting.

Pada dasarnya, network yang dibangun secara benar tidak akan ada bedanya situs yang dibuat oleh manusia lain pada umumnya.

Satu-satunya teknik SEO yang Google tidak bisa filter dengan algoritma adalah blog network.

Karena memang jika dibangun dengan benar seperti yang saya tadi sudah bilang, tidak akan ada bedanya situs yang merupakan blog network dengan situs biasa.

Upaya apapun yang Google lakukan untuk membangun algoritma atau filterisasi guna menemukan blog network yang dibangun secara hati-hati, menurut saya mustahil untuk dilakukan, karena alasan di atas.

Biasanya kesalahan yang menjadikan Google dapat menemukan blog network kita adalah karena keteledoran kita sendiri, yang disadari atau tidak disadari menjadi footprint untuk menemukan kita.

Post kali ini saya akan share apa saja hal yang mungkin bisa menjadi footprint, yang membuat Google bisa menemukan blog network anda.

Serta bagaimana cara untuk menanggulangi hal tersebut sehingga blog network kita tetap tak terlacak sampai kapanpun. 😀

Tanpa banyak omong, yuk langsung kita bahas...

Beli Domain dari Registrar yang Berbeda

Kesalahan pertama dari yang biasa dilakukan oleh praktisi SEO ketika mereka membangun blog network adalah karena mereka membeli domain mereka dari domain registrar yang sama.

Tak hanya itu, biasanya yang umum dilakukan adalah karena tidak mengganti informasi whois dengan email dan kontak diri yang berbeda-beda.

Data whois yang berbeda serta pendaftaran domain di registrar yang berbeda-beda menjadikan blog network anda tidak mungkin dilacak kembali kepada anda.

Meletakkan Situs Anda di Hosting yang Berbeda

Kesalahan kedua adalah karena menggunakan hosting yang sama untuk beberapa situs sekaligus.

Meletakkan blog network yang anda miliki dalam satu hosting yang sama, meskipun penjual hosting anda menjanjikan untuk memberikan IP address yang berbeda-beda pada setiap domain adalah suatu kesalahan.

Karena Google tetap bisa melihat adanya lokasi server yang sama dan menghubungkannya. Ketika semua situs dalam blog network anda, dimana mereka semua berada dalam lokasi server yang sama, memberikan backlink ke satu situs utama milik anda, maka jelaslah sudah bagi Google siapa pemilik blog network tersebut.

Itu alasan kenapa amatlah penting bagi anda untuk memastikan bahwa masing-masing situs yang ada dalam blog network anda anda hosting dalam hosting yang berbeda-beda.

Blog network yang di hosting di penyedia hosting yang berbeda-beda, selain pastinya memiliki IP yang berbeda, juga memiliki lokasi server di tempat yang berbeda, sehingga lebih sulit untuk dilacak dan lebih membuat kesan bahwa situs-situs tersebut dimiliki oleh orang yang berbeda-beda.

Kecuali jika tentu anda menggunakan blog network anda untuk rangking di kata kunci yang anda target (tidak menggunakannya untuk membangun backlink ke satu situs utama), maka sama sekali tidak masalah jika anda tidak menghostingnya dalam satu hosting yang sama.

Anda harus ingat bahwa tujuan dari menghosting situs di dalam blog network anda di dalam hosting yang berbeda berguna untuk memastikan bahwa blog network anda tidak terlihat seperti dimiliki oleh 1 orang.

Mengisi Situs dengan Konten yang Berbeda

Ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang sangat sering dibuat oleh pemilik blog network pemula.

Dan saya sangat bisa maklum karena memang mengisi konten di blog network sangatlah membosankan.

Mendelegasikan nya kepada jasa penulis artikel pun bisa menghabiskan biaya yang tidak murah, jadi banyak yang ambil jalan pintas dengan cara mengcopy paste artikel dari situs utama mereka.

Sayangnya dengan mereka melakukan copy paste artikel dari situs utama mereka, menjadikan blog network tersebut amat rentan ketahuan dimiliki oleh satu pemilik.

Selain itu situs yang diisi dengan artikel 100% copas akan mengalami kesulitan ranking meskipun memiliki otoritas tinggi dan memiliki banyak backlink.

Jika anda tidak suka membayar biaya mahal di jasa penulis artikel, andai bisa gunakan jurus saya untuk membuat 100 artikel dalam satu minggu di Artikel Domination.

Mengisi dengan Halaman Legal yang Diperlukan

Blog network tidak akan di deindex kecuali dengan manual review.

Manual review artinya adalah ulasan secara manual. Ulasan secara manual berarti situs anda akan dilihat oleh staff Google dimana staff tersebut akan memeriksa manual seperti apa situs anda. Terlihat seperti dibuat oleh orang beneran ataukah hanya digunakan sebagai ladang backlink.

Itulah alasan kenapa amatlah penting bagi anda untuk menjadikan situs anda terlihat seperti buatan orang normal dan digunakan untuk tujuan normal, bagaimanapun caranya.

Beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda adalah memberikan halaman legal seperti misalnya halaman kontak kami, halaman tentang kami, halaman privacy policy, halaman terms of service, dan lain sebagainya.

Salah satu tips bagus untuk membuat situs-situs dalam blog network anda terlihat buatan manusia normal adalah dengan menambahkan foto manusia dan bio singkat di bagian sidebar atau footer-nya.

Membuat Replika Struktur Situs Seperti di Web Archive

Cara paling mudah untuk membuat situs yang terlihat seperti situs normal adalah dengan meniru struktur dari situs tersebut dimasa lalu -- sebelum domainnya expired.

Lempar saja domain anda ke web archive seperti yang telah saya instruksikan di panduan saya sebelumnya.

Kemudian anda bisa lihat bagaimana tampilan domain tersebut di masa lalu.

Anda hanya tinggal meniru dengan membuat halaman-halaman yang dulunya pernah dimiliki oleh domain tersebut. Meniru halaman-halaman yang dulunya pernah dimiliki bisa membantu pembuatan blog network anda hingga 50% bahkan lebih.

Jika situs yang anda beli domainnya dulunya adalah situs dengan bahasa asing, sementara anda sekarang ingin membuat blog network dengan bahasa Indonesia maka anda tinggal melempar kan halaman tersebut ke Google Translate kemudian mempostingnya ke blog network anda.

Tidak Menjual Link di Blog Network Anda

Menjual link di blog network anda, khususnya mempromosikannya di forum adalah salah satu cara paling cepat membuat blog network anda terendus oleh kompetitor anda.

Jika anda bermain di industri yang kompetisinya tinggi, dan menjual link di blog network yang anda jual untuk situs utama anda, maka anda harus siap akan resiko kehilangan blog network yang sudah susah payah anda bangun.

Ada bermacam cara yang bisa dilakukan kompetitor anda untuk menghapus blog network anda, salah satunya adalah dengan memasukkannya ke disavow link tool.

Intinya, jangan resiko kan blog network utama yang menjadi andalan hidup situs utama anda. Memang Butuh tambahan dana untuk me maintain blog network anda, bangun blog network baru yang tidak terlalu bagus domain matriksnya kemudian baru jual ke khalayak umum.

Tidak Memberi Tahu Google Bahwa Anda Punya Blog Network

Ini berarti tidak menyimpan data mengenai blog network anda di Gmail dan Google doc.

Saya percaya bahwa Google mengetahui apa yang ada di inbox dari Gmail anda. Itu alasan kenapa membuka email di Gmail, anda bisa temukan iklan yang relevan dengan isi email anda.

Jika anda super paranoid, anda juga bisa berhenti menggunakan Chrome sebagai browser anda ketika membangun blog network.

Karena seperti yang ketahui, browser modern seperti Chrome menyimpan data anda, seperti misalnya data pencarian anda di Google, data situs yang anda akses, barang yang baru anda beli, dan lain sebagainya. Bedanya Chrome menggunakan data ini guna menampilkan iklan Adwords yang paling relevan dengan anda.

Hal ini berarti Google tahu betul aktivitas anda ketika anda sedang menggunakan Chrome, dan meskipun saya tidak 100% yakin, saya tak akan terlalu kaget jika ternyata Google gunakan data ini sebagai alat untuk mendeteksi adanya blog network.

Oleh sebab itu, khususnya jika anda membangun blog network dalam ukuran besar, saya sarankan anda menggunakan browser lain untuk membangun blog network anda. Dalam hal ini saya sarankan Opera.

Hal lain yang bisa memberitahu Google tentang keberadaan blog network milik anda adalah ketika anda memberi backlink ke situs di dalam blog network anda dari situs utama anda.

Tidak Menghubungkan Situs dari Blog Network Anda

Benar, jangan pernah sekalipun memberi backlink ke blog network anda dari situs utama anda.

Resiko ketahuan sangatlah besar.

Juga jangan saling me-link antar situs sesama blog network.

Situs-situs yang menjadi blog network anda tidak boleh melakukan link satu sama lain, hal ini penting untuk mencegah indikasi keterkaitan antar situs-situs tersebut.

Tidak Menjadikan Blog Network Ladang Backlink

Cara paling jitu 500% pasti menjadikan blog network anda tak mungkin bisa dilacak adalah jika anda tidak mem-backlink situs utama anda dari blog network anda.

"Lha kalau gitu, buat apa donk punya blog network?"

Yah... anda jadikan SITUS UTAMA. Anda jadikan sebagai alat untuk DOMINASI halaman pencarian Google. 😀 Kenapa harus selalu anda arahkan ke situs utama anda? Kenapa tidak jadikan salah satu situs utama yang lain?

Blog network secara default kuat karena anda membeli domain expired yang sudah punya backlink dan otoritas sebagai dasar situs tersebut. Daripada hanya menggunakannya sebagai ladang backlink, bagaimana kalau anda gunakan sendiri, isi dengan produk anda, target keyword kompetisi rendah dengan buying intent tinggi, dan kasih kontak anda!

Nasihat terbaik yang saya pernah dengar di SEO adalah, jika anda sudah punya industri dimana anda cukup berhasil, jangan cari industri lain. Tapi DOMINASI industri tersebut. 😀

Jadi saya rasa itu dulu beberapa hal yang saya bisa nasihatkan kepada anda tentang membangun blog network yang aman.

Tentang hal teknis terkait cara membangun blog network, anda bisa artikel saya yang ini saya jelaskan dengan cukup lengkap bagaimana cara membangun blog network secara aman.

Sekian dari saya, semoga artikel saya hari ini berguna bagi anda, dan salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *