Mitos dalam Meningkatkan Trafik Blog – Kesalahan yang Sering Dilakukan untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung

Segera setelah saya mem-publish artikel saya tentang cara meningkatkan pengunjung blog yang kemarin itu, dan segera setelah saya tunjukkan kepada anda case study saya dalam me ranking artikel untuk kata kunci yang kompetitif dalam empat hari, saya dapat banyak sekali email pertanyaan...

Beberapa pertanyaan yang muncul saya yakin anda pasti juga penasaran atas jawabannya. Dan hari ini saya akan coba jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan membuat anda sadar beberapa mitos tentang cara mendapatkan banyak pengunjung blog yang salah, tapi mungkin tanpa sadar masih sering anda lakukan...

Yuk langsung saya kita mulai!

Mitos dan Kesalahan dalam Meningkatkan Trafik Situs

Mitos #1: Posting Tiap Hari Dapat Meningkatkan Pengunjung Blog

Meskipun hal ini benar sampai tingkat tertentu, tapi sebenarnya tidak gitu juga...

Jika cara utama anda mendapatkan trafik adalah melalui search engine, tentu akan ada beberapa keuntungan bagi anda jika anda rajin meng-update konten.

Beberapa dari keuntungan-keuntungan tersebut adalah:

  • Blog anda yang di crawl lebih sering oleh Google spider (blog dengan crawl rate sering karena rajin update konten akan memiliki ranking yang lebih tinggi untuk post baru).
  • Lebih banyak ranking untuk lebih banyak keyword, karena ada banyak artikel dalam banyak topik, mau tidak mau akan ada banyak keyword dalam situs anda. Anda secara 'tidak sengaja' akan ter-ranking ke banyak keyword yang anda bahkan belum tahu sebelumnya.

Tapi sebenarnya, update blog dengan rutin setiap hari tidak menjamin anda mendapatkan trafik yang anda inginkan...

Saya percaya bahwa yang menjadikan kita mendapatkan banyak pengunjung dari Google atau search engine adalah ranking yang TINGGI untuk kata kunci yang BANYAK dicari orang.

Kunci dari ranking yang tinggi adalah halaman yang ter-optimasi dengan baik, entah itu secara on-page maupun secara off-page.

*Jika anda bingung dengan istilah on-page dan off-page, ada baiknya anda belajar dasar SEO terlebih dahulu di bagian video tutorial gratis saya.

Sementara itu, kunci dari kata kunci yang mendapatkan banyak pencarian adalah keyword research. Jika anda karena suatu alasan juga masih belum tahu bagaimana cara melakukan keyword research, video dasar tentang cara melakukannya juga ada di halaman video tutorial gratis.

Tentu saja meng-update artikel tiap hari akan menjadikan anda ranking pada banyak kata kunci, tapi ada masalah besar dalam hal ini...

Trafik anda tidak akan tertarget.

Kecuali situs anda memang blog pribadi atau blog gado-gado yang niatannya memang hanya untuk mendapatkan trafik dan menjual slot iklan, trafik yang tak tertarget dengan produk yang sedang anda jual atau jasa yang anda tawarkan tak akan memberikan banyak manfaat untuk anda dan bisnis anda.

Ingat, anda susah payah belajar SEO, keyword research, cara membangun link, cara mendapatkan pengunjung, cara membuat situs, dan banyak lagi ini bukan untuk main-main. Tapi untuk bisnis.

Dan bisnis itu harus untung... Jika trafik anda tidak tertarget, bagaimana bisa untung?

Jika anda premium member, pasti anda sudah lihat contoh ekstrem dari hal ini.

Yaitu ketika saya membandingkan blog PR 4 dengan 1000 post, yang 'hanya' memiliki sekitar 900 views per hari, sementara itu situs PR 0 dengan 22 halaman bisa dapat 1100 views per hari (tanpa install plugin aneh-aneh)...

Itu menunjukkan bukti nyata bahwa bukan jumlah artikel yang harus anda kejar, tapi kualitas dari artikel anda -- itu yang lebih penting.

Mitos #2: Blogwalking dan Tukar Link Antar Sesama Blog

Membangun relasi itu sangat penting. Saya tahu itu.

Bahkan di dunia online ini, kenalan anda akan sangat mempengaruhi kesuksesan anda...

Tapi bukan berarti dengan alasan 'menjalin silaturahmi' anda mengunjungi blog-blog secara acak, kemudian berkomentar hal acak yang tidak relevan pada satu posting tertentu -- tanpa membacanya terlebih dahulu, dan berharap untuk mendapatkan trafik...

Cara ini memang pernah berhasil dulu, beberapa tahun yang lalu. Saya yakin hal ini juga cukup 'berhasil' bagi blogger pemula untuk mendapatkan 'beberapa' pengunjung... Tapi saya yakin ini bukan cara terbaik untuk mendapatkan ratusan pengunjung untuk blog anda.

Hal yang paling berbahaya dari hal ini adalah bahwa sebenarnya tindakan ini lebih banyak menyakiti situs anda dan situs kawan anda dibandingkan membantunya...

Saya akan share sedikit rahasia pada anda. Google tidak hanya menggunakan hal-hal seperti on-page SEO dan backlink untuk menentukan posisi anda di search engine.

Sebagai upaya Google untuk memastikan bahwa konten yang ia sajikan di halaman pencariannya benar-benar berguna bagi pengguna, Google juga menggunakan beberapa indikator lain untuk memastikan bahwa halaman yang mereka sajikan memiliki nilai bagi pembaca.

Kenapa Google peduli dengan kualitas konten anda? Hal ini adalah karena Google ada dalam bisnis mesin pencari.

Jika hasil pencarian di Google menghasilkan situs-situs dengan halaman yang tidak berguna, tidak relevan, tidak memberikan nilai bagi pembaca, maka tentu saja orang yang dulunya melakukan pencarian di Google akan berpindah ke mesin pencari lain. Bing misalnya...

Hal ini merupakan mimpi buruk bagi Google, oleh karenanya Google akan berusaha sekuat tenaga untuk memastikan bahwa situs-situs yang tampil di halaman mesin pencari memiliki relevansi yang tinggi terhadap keyword yang pengguna masukkan, dan bahwa halaman tersebut benar-benar memiliki hal yang dicari oleh pembaca.

Jadi, bagaimana Google mengidentifikasi hal ini?

Salah satu caranya adalah bounce rate. Sederhananya, bounce rate adalah persentase pengunjung blog anda yang langsung menutup halamannya, menekan tombol back di browser mereka, atau pindah ke situs lain segera setelah mereka membuka situs anda.

Bounce rate adalah tingkat pengunjung yang tidak pergi ke halaman lain dalam situs anda, tapi malah 'kabur' setelah melihat satu halaman dari situs anda. *Detail tentang bounce rate anda bisa baca di Wikipedia.

Tidak hanya bounce rate buruk bagi situs anda karena itu artinya pengunjung anda langsung pergi segera setelah mereka sampai, bounce rate juga buruk bagi situs anda karena bounce rate merupakan salah satu indikator yang digunakan Google untuk mengidentifikasi kualitas suatu halaman atau situs.

Google mengasumsikan bahwa situs atau halaman dengan bounce rate tinggi memiliki kualitas yang kurang. Oleh karena itu, situs atau halaman dengan bounce rate yang terlalu tinggi bisa mengalami penurunan ranking yang signifikan di halaman hasil pencarian.

Saya sangat ingin untuk membahas cara menanggulangi hal ini, tapi tentu hal tersebut akan menjadikan artikel ini sangat panjang dan off topic, jadi kita sudahi dulu pembahasan tentang bounce rate sampai sini, dan jika anda ingin tahu lebih banyak tentang hal ini, anda bisa baca artikel tamu saya ini.

Hal yang terjadi jika anda blogwalking adalah anda sampai ke satu halaman, anda komentar, dan segera setelah itu, seringkali, anda akan pergi dari situs itu untuk melanjutkan blogwalking anda.

Waktu yang anda habiskan untuk situs tersebut mungkin kurang dari 10 detik (satu lagi indikator situs buruk) dan tindakan langsung pergi yang anda lakukan akan meningkatkan bounce rate bagi blog yang anda komentari, sehingga menurunkan posisinya di search engine.

Dan satu hal lagi, bertukar link bukanlah cara yang efektif untuk mendapatkan kekuatan dari sebuah backlink.

Lagipula hal ini adalah salah satu cara mendapatkan link yang paling tidak aman. Google bisa dengan mudah mengetahui anda melakukan tukar link, footprint nya terlihat dengan jelas, dan Google bisa dengan cepat mem-ban atau memberi penalty pada situs anda karena anda melanggar Google Webmaster Guidelines.

*Catatan: Semua tindakan off-page SEO dan membangun backlink yang saya ajarkan dan yang anda pelajari dari forum, blog, dan situs lain di luar sana sebenarnya melanggar Google Webmaster Guidelines, tapi ada cara melanggar yang aman dan ada cara melanggar yang bodoh. Bertukar link termasuk cara yang bodoh...

Cara Benar untuk Menaikkan Trafik Blog Anda...

Saya sudah share cara salahnya, rasanya kurang lengkap jika tidak saya bagikan cara benarnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk secara benar membangun link ke situs anda, mendapatkan banyak pengunjung, dan mendapatkan banyak calon pembeli bagi situs anda.

Lakukan Keyword Research yang Benar

Jika anda sudah beberapa tahun dalam industri ini, anda pasti juga melakukan hal ini. Yaitu melakukan keyword research bahkan sebelum membuat situs.

Keyword research sebenarnya adalah tahapan yang paling penting, karena dari keyword research kita sedang merencanakan struktur situs kita di masa mendatang, rencara dan strategi SEO, dan mengidentifikasi masalah calon pelanggan kita.

Jika anda sudah agak terlambat, minimal lakukan keyword research sebelum menulis artikel dan membuat konten untuk artikel anda. Cari tahu apa sih kata kunci yang diketikkan oleh calon pengunjung anda untuk mencari solusi dalam topik anda.

On-Page SEO yang Benar

Setelah anda melakukan keyword research yang benar, mengerti keyword yang perlu anda optimasi, kini saatnya anda melakukan on-page optimization untuk memberi tahu Google topik dari halaman yang akan anda buat.

Cara mudah untuk melakukan on-page optimization adalah:

  • Keyword di Title tag,
  • Keyword di H1 tag,
  • Keyword di URL,
  • Keyword di paragraf pertama dan terakhir,
  • dan yang terakhir keyword di Alt tag dan Title tag dari gambar.

Lima hal di atas adalah esensial dari on page SEO. Harus anda lakukan untuk optimasi SEO yang bagus.

Bagikan dan Bangun Backlink (yang Benar)!

Bagikan artikel yang baru saja anda buat anda di...

  • Social bookmark populer (Digg, StumbleUpon, Delicious, Reddit, dan lain-lain),
  • Social sites populer (Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, dan lain-lain)
  • Cari blog relevan, baca post mereka, beri komentar pada artikel mereka, dan link artikel yang baru saja anda buat di kolom website dengan anchor text berupa keyword yang anda target atau nama anda.
  • Jika anda ingin sedikit repot, bikin blog baru (atau gunakan blog lama yang anda mungkin punya) di Blogger dan WordPress tentang topik anda tadi, beri link ke artikel yang baru saja anda buat dengan anchor text keyword yang anda target.
  • Jika ingin lebih repot lagi, bikin video tentang topik artikel yang baru saja anda buat, upload di YouTube, dan berikan link menuju artikel anda dari bagian deskripsi video.

Dan itu tadi adalah cara simple yang saya biasa lakukan untuk mendapatkan banyak backlink dan banyak pengunjung untuk situs saya. ๐Ÿ˜€

Saya harap anda belajar sesuatu dari artikel ini, jika anda suka artikel ini, beritahu saya dengan komentar di bawah ini dan LIKE artikel ini atau blog ini.

Saya akan sangat menghargainya! Salam senyum...

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
teknik seo blogspot
teknik seo wordpress
teknik seo terbaik
fungsi dan tujuan seo
teknik seo terbaru
kursus seo
seo google
cara seo

15 thoughts on “Mitos dalam Meningkatkan Trafik Blog – Kesalahan yang Sering Dilakukan untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung

  1. Mungkin melakukan submit ke jejaring sosial bisa membantu emningkatkan kunjungan ke blog kita soalnya saya pernah melakukannya dan tahu2 banyak kunjungan membludak
    terima kasih atas penjelasannya, bisa menambah pengetahuan saya soal blogging yang masih minim…

  2. em, saya sepakat gan untuk infonya. Klo dulu ane fokus ke keyword tertentu saja sehingga blog saya punya pengunjung yang rajin ke blog ane. Tapi begitu saya gak meosting lagi untuk waktu yang lama membuat pengunjung ke blog saya mulai menghilang.
    Sekarang saya mulai mosting lagi tapi bukan menggunakan keyword yang dulu saya punya, alhasil pengunjung blog saya tetap rendah.
    postingan saya hanya saya buat dengan menyalin artikel di web-web besar.

    Blogwalking memang tidak efektif lagi, meskipun ada pengunjung yang datang ke blog itupun 1 atau 2 dan hanya sekali datang.

    Mohon saran untuk membangun keyword baru dari blog yang hampir mati.

  3. hemm…cukup tercengang juga dengan kedua hal perihal kesalahan fatal ini…
    memang diawal2 ngeblog dulu saya sering melakukan ini. tapi sekarang saya lebih berfokus pada kualiatas konten dengan keyword tertarget…but terima kasih untuk informasinya ๐Ÿ˜€

    1. Kali ini saya cukup tercengang membaca artikel anda, yang mana 2 hal yang selama ini saya ketahui bagus untuk meningkatkan traffic ternyata dibantah disini dengan alasan yang cukup kuat.
      Saat inipun saya masih menjalankan cara posting secara rutin (bukan setiap hari, tidak sempat bro..) dan blog walking ke blog – blog sebelah. Akhir kata, saya sampaikan terima kasih atas artikel anda, bisa menambah wawasan guna peningkatan traffic pengunjung di blog saya.

  4. ternyata sesuai dengan keyakinan saya, konten adalah intinya, jadi fokus dalam membuat konten bermutu yang banyak dicari. terimakasih mas samsul

  5. hhmm jadi gitu ya bang, sekarang google emang ganas banget . haha dulu waktu masih sedikit yang ngeblog diperbolehin hal hal yang sekarang ilegal, setelah banyak yang berpartner ama google di batasi banget untuk menjaga kualitas dari search engine google biar gak kalah dengan yang lainnya, kalo misal tersingkir ya tau lah para advertiser pada kabur . strategi pemasaran yang keren dah dari google. hahaha
    itu menurut ane sih :p

    btw kalo misal ane share di FB atau google + bang ?

    trus kalo ane misal di bookmark seperti lintasan dan info gpp bang ? hehehe

    thx bnget bang infonya, maklumin ane masih newbie. hehe

  6. Permisi, salam kenal, menarik infonya, untuk blogger pemula seperti saya mungkin blog walking masih perlu itupun jika ulasannya menarik,terkait ataupun tidak topik blog yang dikunjungi dengan blog yang bersangkutan karena infonya menarik, dan saya suka membaca termasuk Membaca posting mengenai hal kesalahan blogger pemula di blog anda, terima kasih.

  7. kenapa yaenggakdari dulu sayatau yang beginian, hadehhhh..BTW mantap amat penjelasannya om, tengkyu ya ๐Ÿ˜€

  8. Om Syamsul Alam, Senang bisa membaca artikel Anda ini.

    Saat ini saya sedang belajar Internet Marketing dan perlu banyak dukungan pengetahuan ilmunya. Saya lihat Anda sangat menguasai materinya.. ๐Ÿ™‚ jadi saya akan sering main ke website Anda ini.

    Poin Anda tentang pentingnya On page SEO dan membangun baclink yang benar, luar biasa. Semoga saya bisa menimba ilmu dari Anda ya.

    BTW, Sekarang masih kuliah di mana kok sudah jago begini ya.. ๐Ÿ˜€
    Selalu berkarya dan membagi ilmu, semoga selalu dilimpahi rejeki yang berkah, ya..

  9. Gini mas Alam, masalahnya blog saya blog informasi lowongan kerja yang mesti diupdate setiap saat. bahkan setiap hari mesti posting minimal 5 info loker. Trus bagaimana dengan permasalahan seperti ini.?

    oiya…, untuk backlink seperti memasang link di direktori2 blog seperti itu berpengaruh juga gak ya mas?

    Terima kasih.

  10. Kunjungan pagi sahabatku. Salan sehat dan salam sukses untuk semua artikelnya di hari ini dan nanti.

    Saya sebagai pengguna blog baru, setelah membaca artikel yang sahabatku buat, terasa tersentak hatiku ingin mencobanya.

    Ternyata update postingan tiap hari bukan jaminan blog banyak pengunjung, bahkan saling komentar atau ninggalin link juga di blog tetangga. Saya pernah melakukan hal tersebut jadinya 0. Saya sudah posting ratusan postingan, Al hasil cuma ada beberapa ratus orang saja yang singgah di blog aku. Aku sebagai newbie tidak tau apa apa tentang masalah tersebut.

    Terimakasih buat sahabatku atas postinganya yang sangat amat luar biasa hebatnya.

  11. Selamat malam dan salam kenal gan, ternyata untuk meningkatkan traffic itu tidak semudah yang dibayangkan ya gan.. perlu pengetahuan, kerja keras dan kerajinan ya gan

Comments are closed.