Perencanaan #2 – Menentukan Target Market untuk Situs Anda

Tiap situs, apapun itu, pasti memiliki target market yang ingin mereka tuju (jika mereka ingin sukses). Menentukan target market jauh-jauh hari sebelum situs anda dibuat akan memudahkan anda untuk memfokuskan usaha anda dalam mendapatkan trafik yang tertarget.

Ambil contoh misalnya anda adalah affiliate Amazon yang membuat situs review tentang stroller (kereta dorong untuk bayi). Selain memiliki halaman ulasan untuk setiap produk stroller yang berkualitas dan memiliki feedback bagus di Amazon, anda juga perlu melakukan keyword research untuk mencari tahu kata kunci yang dimasukkan pada orang tua ketika mencari stroller untuk anak mereka.

Dari situ anda akan mengerti apa saja yang menjadi bahan pertimbangan para orang tua di Amerika ketika mereka memilih stroller untuk anak mereka. Bahan riset sederhana anda bisa anda gunakan sebagai judul artikel yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan lebih banyak trafik pada situs anda.

Dari hasil keyword research sederhana yang saya lakukan menggunakan Google Keyword Tool, saya mendapatkan daftar merek-merek stroller yang terkenal dengan kualitas stroller nya. Selain itu saya juga mendapat gambaran tentang jenis stroller yang banyak dipakai oleh para orang tua.

Beberapa merek stroller yang cukup terkenal dan banyak dicari antara lain, maclaren stroller, bob stroller, graco stroller, peg perego stroller dan banyak lagi. Berdasarkan jenis saya bisa lihat jogging stroller, umbrella stroller, double stroller, dan banyak lagi.

Dari hasil tersebut saya sudah punya gambaran tentang bagaimana struktur situs saya seharusnya dibuat, dan kata kunci apa saja yang harus saya optimisasi jika saya menginginkan trafik secara relatif mudah melalui Google.

Tentu saja jika anda ingin lebih menginvestasikan waktu dalam keyword research, anda bisa menjelajah lebih dalam lagi dan menemukan kata kunci yang lebih 'buyer specific'. Seperti misalnya used stroller, cheap stroller, discount stroller, variasi dari keyword-keyword tersebut, dan banyak lagi.

Dari riset keyword sederhana tadi kita juga bisa mengembangkan pada aspek-aspek yang menjadi prioritas ketika memilih stroller, seperti misalnya keamanan, kenyamanan, fitur, harga dan lain sebagainya.

Jika saya jadi anda, hasil riset selama 3 menit atau kurang tadi telah memberi tahu saya bahwa industri stroller adalah industri yang sangat luas. Yang kesuksesan diawal kita amat bergantung pada ukuran situs yang kita buat.

Jika saya akan membuat situs tentang stroller, saya akan pastikan bahwa situs saya akan fokus ke satu jenis stroller saja (misalnya jogging stroller) dan mengoptimasi situs saya pada niche tersebut. Saya tak akan merambah ke jenis stroller lain kecuali dua bulan pertama menandakan bahwa situs ini dapat dilanjutkan, jika tidak, maka saya harus mencari ceruk pasar yang baru.

Dengan penentuan target market yang tepat, anda tidak perlu capek-capek mengoptimasi situs anda dengan sembarang keyword. Jika situs anda adalah toko online yang berjualan sepatu futsal, anda tak perlu menghabiskan waktu untuk menjadikan situs anda tampil pada kata kunci 'sepatu futsal'.

Alih-alih, gunakan sumber daya yang anda miliki untuk membuat toko online anda teroptimasi pada kata kunci seperti: harga sepatu futsal, beli sepatu futsal, jual sepatu futsal, tempat beli sepatu futsal, sepatu futsal murah, dan lain-lain -- kata kunci yang notabene diketikkan oleh orang yang memiliki keinginan untuk membeli sepatu futsal -- alih-alih orang yang hanya melakukan riset terhadap sejarah sepatu futsal atau cara pembuatan sepatu futsal.

Hal-hal di atas yang baru saja saya paparkan adalah konsep tentang target market yang sangat penting, tapi banyak disepelekan oleh para webmaster.

Anda memang perlu pengetahuan dasar tentang keyword research, tapi jangan khawatir...

Jika anda tidak tahu apa-apa tentang keyword research, dan ingin belajar cara menentukan target market yang benar, anda dapat bergabung ke Premium Membership blog ini dan belajar tentang topik ini sampai anda mahir.

Apakah anda sudah menentukan target market yang tepat untuk situs anda? Apakah situs anda membidik satu segmen saja dengan sangat baik, atau membidik banyak segmen dengan tidak terlalu baik? Bagikan dikotak komentar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
target market example
target marketing strategies
types of target market
target market analysis
target market segmentation
target market definition example
market positioning
target group definition

2 thoughts on “Perencanaan #2 – Menentukan Target Market untuk Situs Anda

  1. Smkn spesfik keyword yg d ketik ada kalanya menunjukan bhwa kemungkinan trjadi conversi lbh besar. Untk membgun stus amazon, informsi yg sy dapt dr forum2 yg pnah sy ikuti srta dr ebook yg pnh sy tahu, bhwa model situs yg co2k untk membgun amazon site adalah model2 minisite (biasanya isinya g nympe 5 artkel). Tp dari update pinguin google ada kbr bhwa google sdang memerangi situs2 yg miskin konten. Kira2 bgmana solusi yg tepat ya mas?

    1. g nyampe 5 artikel? mungkin itu awalnya, ga sampe 5 artikel, tapi saya yakin klo sebaiknya minimal 20 halaman/artikel. Lagian bikin artikel itu tidak sulit kan?

Comments are closed.