Perencanaan #1 – Menentukan Goal/Tujuan Situs Anda

Banyak orang membuat situs hanya demi membuat situs (creating site for the sake of creating site), situs yang mereka miliki tidak mereka utilisasikan untuk mendapatkan uang, tidak digunakan untuk memproosikan produk yang mereka miliki, tidak mereka gunakan untuk memperkenalkan nama mereka, tidak digunakan sebagai social proof -- yang artinya situs mereka tidak ada gunanya.

Anda harus menentukan tujuan yang jelas untuk situs anda, apakah akan anda gunakan untuk mempromosikan produk anda, atau untuk memperkenalkan nama anda ke orang banyak agar anda tampil lebih bisa dipercaya. Apapun tujuan anda membuat situs tersebut, pastikan tujuan tersebut bukan untuk menambah satu lagi situs yang tidak berguna di dunia ini.

Berhentilah membuat test site. Jika anda ingin membuat toko online atau membership site atau apapun, buatlah segera tanpa membuat test site terlebih dahulu. Anda hanya hidup sekali, dan membuat dua site -- site test dan site asli -- memerlukan waktu dua kali lebih banyak.

Dengan memiliki tujuan untuk situs anda sebelum anda mulai membuatnya, anda akan memiliki kejelasan tentang artikel yang akan anda buat, anda akan tahu halaman-halaman apa saja yang diperlukan agar situs yang anda buat memenuhi tujuan pembuatannya.

Jika situs BeliLele.com saya tidak saya tetapkan sejak awal tujuannya, yakni untuk menjual peralatan ternak lele, saya akan kebingungan seperti 95% webmaster di luar sana. Saya akan memerlukan lebih banyak waktu untuk memutuskan halaman apa yang akan saya buat...

Namun karena saya dengan jelas menentukan tujuannya, saya tahu persis halaman apa saja yang wajib ada dalam situs tersebut. Mengikuti profit triangle, hanya ada 3 elemen dalam bisnis online yang menguntungkan, yakni OFFER, CONVERSION, dan TRAFFIC.

Untuk OFFER, saya membuat halaman tentang daftar peralatan ternak lele yang saya jual, informasi tentang produk yang saya tawarkan, harga masing-masing produk yang saya jual, dan cara pemesanan.

CONVERSION saya peroleh dengan menampilkan nomor telepon yang dapat dihubungi di tiap halaman dimana memungkinkan terjadi pesanan. Saya buat kotak komentar tersembunyi sehingga fokus tiap pengunjung hanya untuk menelepon, dan saya buat tampilan situs saya seprofesional yang saya bisa agar orang lebih percaya situs saya dibanding situs lain.

Untuk TRAFFIC, saya membuat 6 artikel 500 kata dengan kualitas tinggi untuk mentarget keyword-keyword potensial, saya men-submit RSS situs saya untuk mendapatkan backlink, dan saya menggunakan pingback untuk memperoleh banyak backlink berkualitas secara mudah.

Anda harus mengerti iceberg ratio, yakni 10% pekerjaan yang anda lakukan bertanggung jawab terhadap 90% hasil yang anda dapat, jadi pastikan anda mengerti betul apa 10% pekerjaan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menentukan tujuan yang jelas untuk situs anda, bahkan sebelum situs anda dibuat.

Apakah anda sudah menentukan tujuan dari situs anda? Apa tujuan dari situs/blog anda? Bagikan di kotak komentar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
tujuan dan manfaat website
target website
maksud dan tujuan pembuatan website
tujuan pembuatan website perusahaan
sasaran website

2 thoughts on “Perencanaan #1 – Menentukan Goal/Tujuan Situs Anda

  1. masukan yang sangat bagus mas…, kebetulan sama perusahaan saya, saya di beri amanah untuk menghandel ndan membuat Goal untuk situs portal yag Fokus pada perkembangan Bisnis MLM, dan betul yang anda tulis…, Menentukan Goal di awal sangat penting dan memang sangat merugikan jika harus merombak visi misi di tengah-tengah perjalanan situs, apalagi yang dulu hanya sebuah situs Stats meter perkembangan Jaringan dari berbagai macam MLM di indonesia…., di tunggu atikel selanjutnya mengenai mamanage sebuah situs portal…., ( sap berlangganan artikelnya)

  2. Salam dari seberang,terlebih dulu terima kasih atas perkongsian yang sangat bagus ini.Saya baru pertama kali coba-coba membuat web.Tak sangka jadi,
    Terima kasih semoga saudara terus sukses.

Comments are closed.