Menangani Pesan, “You Need to Make This File Writable Before You Can Save Your Changes…”

Okay, salah satu dari anda yang mengikuti tutorial cara membuat toko online dengan WordPress + WooCommerce menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan video ke tiga: Cara Menambahkan Rupiah di WooCommerce.

Mas makasih banyak tutorialnya. Saat saya coba paste ke theme functions.php, ada komentar, "You need to make this file writable before you can save your changes. See the Codex for more information." Bagaimana ya solusinya.

Jika anda tidak suka baca-baca WordPress Codex (tidak ada yang suka kecuali programmer), anda bisa selesaikan masalah ini dengan membaca instruksi di bawah yang sebenarnya relatif mudah.

  1. Nyalakan FTP Client anda, login ke server anda dengan FTP client tersebut. Saya menggunakan FileZilla sebagai FTP Client saya.*Download FileZilla di sini: http://filezilla-project.org/download.php dan sempatkan untuk nonton video saya ini di bawah jika anda belum tahu apa-apa tentang FileZilla. (8 menit doank!)

    http://www.youtube.com/watch?v=ryjsSxHddG0

  2. Pergi ke folder instalasi WordPress anda » wp-content » themes » nama theme anda (dalam hal ini 'wootique')
  3. Klik kanan FOLDER (directory) tersebut dan pilih File permissions..., kemudian edit angka yang ada di sana menjad 755. Klik tombol OK.
  4. Buka folder dari theme tersebut, pilih semua FILE nya, klik kanan, File permissions... dan ubah angkanya menjadi 644. Klik tombol OK.
  5. Selesai. Coba edit lagi theme functions anda melalui editor di WordPress.

*Jika anda menggunakan HostGator sebagai perusahaan hosting anda, instruksi seperti yang di atas seharusnya sudah mengijinkan anda untuk meng edit file di folder theme anda melalui WordPress Editor.

Namun jika karena suatu alasan anda tidak host di HostGator, pengaturan server mungkin berbeda. Coba ubah file permission dari 644 menjadi 664. Klik OK. Jika masih tidak bisa, coba ubah dari 664 menjadi 666. Klik OK.

Tapi saya yakin instruksi di atas pasti berhasil untuk sebagian besar dari anda. 😀 Jika masih tidak bisa, komentar di kotak komentar di bawah ini. Ntar saya kasih tahu cara lain...

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
You Need to Make This File Writable Before You Can Save Your Changes
how to make a file writable wordpress
wordpress file permissions
wordpress file manager

3 thoughts on “Menangani Pesan, “You Need to Make This File Writable Before You Can Save Your Changes…”

  1. Yth Mas Syamsul alam
    sebelumna saya ucapkan terimakasih atas tutorialnya yang sanagt membantu bagi saya yang masih awam. tapi saya ada masalah mas dengan penggantian file permissions. saya sudah mengikuti langkah-langkah yang mas ajarkan tapi tetap tidak bisa malah saat saya login ke wp-admin malah ada pesan

    Warning: require_once(/home/sloki/user/k3065627/sites/mhrbabyshop.com/www/wp-content/themes/wootique/functions/admin-init.php) [function.require-once]: failed to open stream: Permission denied in /home/sloki/user/k3065627/sites/mhrbabyshop.com/www/wp-content/themes/wootique/functions.php on line 15

    Fatal error: require_once() [function.require]: Failed opening required ‘/home/sloki/user/k3065627/sites/mhrbabyshop.com/www/wp-content/themes/wootique/functions/admin-init.php’ (include_path=’.:/usr/share/php:/usr/share/pear’) in /home/sloki/user/k3065627/sites/mhrbabyshop.com/www/wp-content/themes/wootique/functions.php on line 15

    oh iya saya memnggunakan hosting lokal mas, hosting dari Masterwebnet.com

    tolong bantu saya ya mas.
    terimakasih

    1. o-o…. masalah besar…. hahaha……

      wah, kalau ada error seperti itu, mungkin ada masalah dengan theme nya, mungkin waktu meletakkan kodenya salah. Jadinya bubrah…. hahaha… hm, mungkin bisa minta tolong support nya Masterwebnet, atau kode yang tadi salah dimasukkin di hapus lagi menggunakan FTP client.

      Saya harap bang sulaiman bisa ngatasi masalah ini, intinya hilangkan kode atau perubahan yang baru mas lakukan, kembalikan jadi seperti semula. Ntar kalau sudah normal, di coba lagi, kalau error lagi, di hapus lagi, dan dicoba lagi, gitu terus, sampai berhasil.

      Sabar dan pantang menyerah adalah ciri orang sukses, semoga bang sulaiman berhasil memperbaiki situs mas… (saya dulu juga sering ngalamin masalah seperti ini 😀 — tapi tenang, pasti ada jalan keluar.)

Comments are closed.