Industri Non-Kompetitif Secara SEO yang Lebih Baik daripada Adsense…

Selama beberapa tahun ini saya belajar dan melakukan SEO, saya mengamati ada dua kutub praktisi SEO yang luar biasa berlainan.

Di satu sisi ada banyak blogger yang mati-matian menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang yang ia punya untuk bisa rank di banyak keyword kompetitif, untuk bayaran beberapa ratus rupiah atau beberapa penny, per klik. Sebulan bisa menghasilkan Rp 10 juta saja, sudah luar biasa untuk para blogger ini.

Di sisi lain ada beberapa orang yang bisa ranking untuk beberapa keyword non-kompetitif. Mereka bukan orang hebat atau yang paling ahli dalam SEO atau pemasaran online. Mereka juga tidak punya cukup sumber daya untuk habiskan banyak waktu, uang, dan tenaga untuk tiap campaign SEO nya. Tapi mereka tetap hasilkan puluhan juta minimal dari satu situs yang ia miliki.

Saya bicara tentang praktisi SEO yang mengerti bagaimana membuat situs yang berguna, dan mengerti cara tepat untuk memonetisasinya, lebih dari sekedar adsense.

Saya bicara tentang para penggiat dan pemilik bisnis di industri yang jarang di lirik oleh orang.

Seperti misal dokter bedah plastik Jakarta yang menjadi klien saya ini, atau kolega properti saya Iqbal Azhari dan Agil Apriyanto yang sekarang merupakan pemilik usaha dan pemasar di bidang properti.

Dan seperti misalnya kawan saya mas Apip pemilik usaha jasa epoxy lantai (membuat lantai di pabrik tahan air), atau beragam klien saya yang lain di bidang kontraktor dan penyewaan ruang kantor yang tak bisa saya sebut satu-satu.

Mereka semua merupakan orang yang payah tentang marketing online, payah tentang SEO, payah tentang menulis atau membuat blog. Tapi karena mereka punya cukup wawasan dan ilmu untuk menghasilkan uang, hal payah pun bisa jadi uang bagi mereka.

Dan karena mereka terjun di industri dimana tidak banyak orang tahu tentang SEO (seperti misal industri bedah plastik dan SEO), hal super minimal yang mereka lakukan pun cukup untuk buat mereka ranking di Google. Bahkan situs http://drsupit.com/ rank untuk kata kunci "dokter bedah plastik di Jakarta" yang tiap kliennya berpotensi untuk menghasilkan puluhan juta baginya.

Balik lagi ngomongin para blogger... Khususnya yang menggunakan adsense sebagai cara monetisasi utama.

Berapa sih yang bisa dihasilkan dari adsense? Trafik blog kecil saya ini tidak pernah lebih dari 5.000 visit per hari. Jika dari sekitaran 2.000 - 3.000 visit per hari yang mungkin saya miliki dari blog ini jadi penghasilan adsense, saya mungkin tiap harinya dapat sekitar 20 - 30 klik untuk iklan saya per hari (asumsi CTR iklan saya 1%).

Dengan asumsi per klik saya dapat cukup banyak, setengah dolar per klik, maka dengan 20 - 30 klik saya akan hasilkan sekitar $10 - $15 per hari. Dalam sebulan semua penghasilan tersebut di total hanya akan memberikan saya sekitar $300 - $450.

Dan yang saya berikan di atas tadi merupakan contoh terbaik. Saya bisa dapat $0.5 per klik dari blog bahasa Indonesia itu sudah sangat mujur sekali. Saya yakin saya tak bisa dapat sebanyak itu. Belum lagi saya harus dedikasikan banyak waktu mengurus blognya, belum lagi stress yang saya miliki karena sebagian besar trafik saya dari Google.

Bayangkan saja, trafik dari Google, penghasilan dari Google, seandainya tiba-tiba saja blog ini kena penalty, atau tiba-tiba saja akun adsense saya di ban, habis sudah penghasilan saya.

Belum lagi betapa kecil yang saya hasilkan dari satu blog sebagus ini. Bagi saya pribadi, blog ini membawakan saya klien SEO hampir tiap minggunya, memberi saya ratusan member premium yang saya miliki sekarang, membuat saya punya FanPage dengan 5.000 Like seperti sekarang, dan banyak lagi. Dan jujur saja, $300 per bulan merupakan jumlah yang luar biasa kecil jika dibandingkan dengan semua itu.

Saya ada 7 staff sekarang yang membantu pekerjaan saya. Saya sekarang juga sedang membangun PT saya sendiri, yang nantinya bergerak di bidang pemasaran online untuk industri properti (PT. Kampung Properti Group).

Mengingat membuat PT butuh cukup banyak uang (notaris dan modal awal), seandainya saya terjun di adsense, dan hasilkan $300 per bulan dari blog saya, niscaya tak akan pernah saya punya staff atau punya PT.

Hal lain yang saya paling tidak suka dari adsense selain dari betapa kecil bayaran yang saya dapat adalah betapa tergantung saya pada pihak ketiga. Adsense dibayarkan tiap bulan, seperti gajian, dan banyak blogger juga sering memanggil pembayaran cek adsense sebagai "gajian".

Hal ini yang tidak sehat menurut saya. Anda seharusnya terjun di bisnis online itu ingin kebebasan, ingin bisnis anda sendiri. Kalau akhirnya resign dari tempat kerja hanya untuk pindah ke adsense, dan ujung-ujungnya juga dapat gajian, malah adsense lebih rentan di pecat, ya buat apa kan?

Satu hal tentang ketergantungan pada pihak ketiga. Ketika anda menggantungkan penghasilan anda pada pihak ketiga, ya anda tak akan dapatkan penghasilan anda jika ada masalah dengan pihak ketiga tersebut.

Anda jadi rentan. Rentan tidak dapat penghasilan karena di ban, rentan tak dapat uang karena kena penalty Google, dan lain sebagainya... Belum lagi betapa repot sebenarnya membuat akun adsense baru setelah kena ban.

"Lha terus kalau monetisasi dengan adsense salah, pakai apa donk?"

Saya tidak bilang kalau monetisasi dengan adsense salah. Saya hanya bilang ada cara lebih baik untuk menghasilkan uang, lebih dari menghabiskan setiap harinya stress dengan akun adsense anda, atau blog anda, atau Google yang naik turun.

Caranya adalah dengan perbesar wawasan anda. Sadari bahwa ada lebih banyak kesempatan untuk menghasilkan uang, tidak hanya dari adsense.

Seringlah ikut seminar-seminar, bahkan meski anda tidak mudeng tentang seminar tersebut. Seminar cara bikin buat bakso kek, pelatihan untuk UKM kek, seminar saham kek, properti kek, apa kek terserah anda. Cari seminar gratis saja, tidak perlu ikut seminar berbayar. Dari situ cari kenalan, cari ilmu, perbesar wawasan anda.

Dan karena saya sedang agak buru-buru hari ini, sementara post ini sampai sini dulu saja. Lain kali mungkin saya akan post beragam industri yang seandainya anda bisa terjuni, anda bisa hasilkan lebih banyak uang dari sekedar adsense.

Salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
kelebihan seo dibanding adsense
kelemahan adsense
cara menggunakan seo
belajar seo
cara kerja seo

16 thoughts on “Industri Non-Kompetitif Secara SEO yang Lebih Baik daripada Adsense…

  1. Terimakasih Mas Alam, kalau saya…sederhana, cari usaha yang gampang kata kuncinya, ada ahlinya, ada pembiayaannya..jadilah…….., dan action…., Alhamdulilah sudah beli rumah, dari komisi tahun 2014.Rencananya darinkomisi tahun 2015 saya akan menduplikasi usaha lainnya, tentunya dengan pola tadi……, ternyata banyak yg bisa dikerjakan dengan pengetahuan saya yang sediki tentang SEO…..

    Yuk belajar dari Mas Alam…..

    1. salam kenal,
      @Singosari

      saya senang membaca comment-ny mas… seperti sudah kenal lama-dekat karena pribadi nya rendah hati
      ide” nya bagus, mas… sistematis – jadi inget kata pepatah yaitu sedikit” lama” menjadi rumah… ehh bukit 🙂

  2. selamat malam MAS Syam…wah….terbuka pikiran saya mas…terimakasih untuk ilmunya…kadang kita terjebak…yah…saya bilang diri saya ajah deeh…terjebak pada hal yang kecil…mengapa…karena kita sudah terlalu capek dan letih mengerjakanya…sehingga istilahnya…matanya tertuju pada titik kecil tersebut. sudah terlalu letih meng-orbitkan blog atau web di page-wan…pada akhirnya hanya dapat dari adsense. padahal ada cara lain yang lebih ampuh.
    ada yang bisa dijual yang keuntunganya lebih besar bahkan jauuuh lebih besar dari sekedar adsense.

    mas Syam…terus menulis yah mas…sharing ilmu-ilmunya…terimakasih/
    sukses selalu buat mas Syam
    😀 salam kenal
    jos

  3. Sori off topik Mas, kok postingan ini tidak ada deskripsinya ya mas?
    Apa memang disengaja atau Mas lupa karena buru2? 😉
    Kalau memang sengaja, apa tujuannya? 😀

  4. Bener mas, kebanyakan belajar SEO dan berlomba2…seakan-akan page one sebagai prestasi. Malah gak bisa melihat peluang lain di depan mata. Orang bilang memberikan value dan membantu orang lain untuk sukses adalah kunci segalanya..

  5. wah bener juga ya mas adsense gak bisa dijadikan buat masa depan…,,
    tapi dari adsense ktia bisa nabung buat binvestasi bisnis yang lain sebelum kena konsekuensi terburuk yaitu banned adsense

  6. Dikirain masih panjang bahasannya, ternyata sudah selesai artikelnya 😀
    Padahal ane masih penasaran, apa yang akan mas bicarakan selanjutnya. Ane kira mas mau menyarankan saya jualan bakso online atau apa. 😀

    Menurut pendapat saya juga memang sangat rentan kerjasama dengan adsense, bayarannya juga sangat rendah untuk klik dari visitor lokal. Saya rasa jika ingin benar-benar di adsense mending sekalian saja target orang bule.

  7. Setuju mas Alam. Adsense memang tidak bisa diandalkan untuk jangka panjang.

    Saya sih ikut apa orang bilang, dont put your eggs on the same basket. Saya pengen dpet uang gede buat bikin bisnis.

    Sekarang, jasa content writer (berkat tulisan dan rekomendasi mas Alam) sudah jalan. Lanjut lagi mau bikin agen travel wisata dengan target turis mancanegara

    Belajar terus dari blog mas Alam, InsyaAllah bisnis selanjutnya sukses amin 🙂

  8. sangat setuju dengan pembahasan mas alam ini , berhubungan saya juga baru beberapa bulan resain dari tempat kerjaan dan masih berusaha , dan ingin terjun di dunia IM ini , tapi banyak sekali rasanya kekhawatiran yang menghantui seperti yang mas jabarkan di atas .

  9. Betul sekali mas,dari web/blog kita,bisa membuat berbagai macam cara untuk mendapatkan penghasilan,tinggal kita memilih saja kemana arah tujuan dari website kita,peluang apa yang baik bagi kita,keahlian apa yang kita miliki,bisa kita memanfaatkan peluang sekarang ini dimana pengguna internet yang semakin lama semakin banyak.

  10. Saya baru kali ini pertama sekali membaca artikel Anda dan Alhamdulilah telah menambah wawasan baru lagi, Disini banyak ilmu yang bisa kami peroleh, apalgi pagerank nya udah 2, menandakan blog ini bagus dimata google. Saya setuju dengan Anda, kita jangan bergantung 100% penghasilan pada google adsense, apalagi meninggalkan pekerjaan utama hanya untuk mengurus adsense, pekerjaan utama kita sudah tentu memberi kita imbalannya tiap bulan tanpa resiko, tetapi dengan adsense kita belum tentu dapat setiap bulan, belum lagi jika akun kita kena di bande, Anda mengatkn masih banyak usaha dan pekerjaan lain yang bisa kita kerjakan,,,gimana pendapat mas kami baru mulai belajar bisnis online, baru belajar cara membuat blog, belajar menulis apa yang kami tahu tanpa copas karya orang lain, belajar seo, dan Insya Allah ingin sukses selamanya di bisnis online selamanya bukan sementara. kami ingin mendaptkn penghasilkan dari bisnis online, sedangkan produk sendiri belum ada,.atau sperti yang mas katakan apakah kami harus membangun bisnis offline yang membutuhkan biaya besar dan melakukan promosi dengan seo. thanks you…

  11. salam kenal mas syam, saya seorang yang baru terjun di dunia bloging, tadinya saya termotivasi banget sama bloger-bloger yang sukses di adsanse, tapi setelah saya baca artikel mas syam, banyak benernya di adsanse kita sangat tergantung dengan pihak ke 3.
    Nah berati bisnis online yang paling cocok untuk di dalami seorang pemula dengan modal yang sangat minim itu apa mas. mohon bimbinganya

  12. mantap dan keren sekali pembahasannya, intinya rejeki bisa kita dapatkan dari banyak pintu, jangan melulu sama adsense saja.
    dan pekerjaan yang tidak bebas itu sangat meresahkan dikemudian hari, contohnya pada perusahaan yang selalu mengekang .
    dengan usaha sendiri dan inovasi yang kita punya Insya Allah rejeki akan datang dengan izin Allah.

    jangan lupa sedekah jika sudah sukses 😉

Comments are closed.