Buku Predictably Irrational dan Hari Pertama Masuk Kuliah…

Hari ini, Senin 10 September 2012 adalah hari pertama saya masuk kuliah setelah libur panjang akhir semester kemarin.

Beberapa hari ini saya tersibukkan oleh sebuah buku (studi lebih tepatnya -- mungkin) yang berjudul Predictably Irrational.

Buku ini ditulis oleh seorang profesor di MIT University (saya lupa namanya siapa), yang membahas tentang perilaku konsumsi irasional yang dilakukan manusia, setiap hari, dan setiap saat -- meskipun si manusia itu sendiri mengetahui bahwa tindakan yang ia lakukan adalah tidak rasional.

Ini salah satu contohnya...

Saya yakin anda pasti suka belanja di supermarket. Entah itu untuk membeli susu, telur, mie instan, sayur, buah, dan lain-lain... Kabar baik untuk anda, saya punya dua voucher belanja untuk anda, yang bisa anda gunakan untuk berbelanja di supermarket kesukaan anda.

Sayangnya, anda hanya bisa memilih salah satu saja dari voucher ini.

#1: Voucher belanja senilai Rp100.000 - saya berikan GRATIS -- atau...

#2: Voucher belanja senilai Rp200.000 - saya berikan, tapi anda harus bayar Rp50.000 ke saya.

Mana yang anda pilih?

Saya yakin, kebanyakan dari anda pasti akan memilih pilihan pertama, meskipun anda tahu pilihan kedua memberikan lebih banyak benefit untuk anda. Lihat saja, Voucher Rp200.000 dibeli dengan harga Rp50.000 berarti masih memberikan keuntungan Rp150.000 untuk anda.

Tapi meski demikian, kebanyakan dari anda memilih pilihan pertama karena pilihan pertama GRATIS. Padahal pilihan ini sebenarnya membuat anda rugi (karena anda diberi pilihan antara hal bagus dan hal yang lebih bagus, tapi anda memilih hal bagus -- berarti anda rugi :D).

Jika anda rasional, anda akan memilih yang pilihan yang memberi anda lebih banyak benefit bukan? Dan Rp150.000 lebih banyak dibanding Rp100.000, meskipun anda harus membayar Rp50.000 di muka.

Ini adalah contoh sederhana, betapa banyak orang melakukan banyak hal irasional secara terus menerus. Dan buku ini mengupas belasan lagi contoh kasus seperti ini.

Buku ini juga menjawab alasan kenapa aspirin seharga 50 cent terasa lebih manjur dibanding aspirin seharga 10 cent, bagaimana membuat harga mahal terlihat murah, dan banyak lagi.

Tapi saya sudah kehabisan waktu untuk post ini... saya harus berangkat kuliah 15 menit lagi.

Jadi, sekian update nya dan seperti biasa, salam pintar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
hari pertama masuk kuliah
masuk kuliah jurusan ini kamu bisa langsung kaya mendadak
menghadapi hari pertama kuliah
cerita awal masuk kuliah
pengalaman pertama kuliah

4 thoughts on “Buku Predictably Irrational dan Hari Pertama Masuk Kuliah…

  1. saya kagum dgn kemampuan Anda.masih muda sudah pandai menghasilkan uang sedemikian hebatnya.jujur Saya ingin seperti Anda,tp saya bingung harus memulai dari mana untuk belajar internet marketing.

Comments are closed.