Cara Instan Meningkatkan Posisi Situs Anda di Google dengan Google Authorship

Jika anda rajin mengikuti perkembangan dunia SEO, melibatkan diri secara cukup aktif di industri ini, anda pasti juga tahu kabar ini.

Kita sudah tahu sejak beberapa bulan yang lalu bahwa Google Authorship adalah cara baru Google untuk memperbaiki hasil di halaman pencariannya. Hal ini masuk akal mengingat Google butuh sesuatu yang lebih dari backlink untuk mendeteksi mana situs yang benar-benar populer dan benar-benar berguna bagi pembaca.

Dengan strategi backlink yang benar, siapapun (termasuk kita) bisa ranking untuk keyword apapun yang mereka inginkan. Kini Google bukanlah satu-satunya sumber relevan untuk mencari jawaban atas sesuatu.

Jika anda ingin tahu apa musik pop paling hits saat ini, anda tak akan pergi ke Google untuk mencarinya. Anda akan ikuti akun twitter Justin Bieber atau Agnes Monica.

Hal ini adalah mimpi buruk bagi Google. Dan Google authorship adalah cara Google untuk membedakan konten yang ditulis oleh "bukan siapa-siapa" dengan "seseorang yang benar-benar ahli".

Misal, jika anda ingin informasi tentang kesehatan reproduksi, tentu anda akan lebih suka membaca artikel dari Dokter Boyke dibandingkan artikel dari penulis sembarangan yang tak terkenal.

Google authorship adalah cara Google untuk menginformasikan kepada anda siapa penulis artikel -- sehingga anda bisa dengan lebih mudah mendapatkan informasi yang relevan dari hal yang anda cari dari penulis yang benar-benar ahli di bidangnya.

Sebenarnya sudah sejak lama Google memberi tahu kita bahwa Google authorship akan mempengaruhi hasil pencarian. Hanya saja mereka belum secara pasti memberitahukan pada kita seberapa besar dampaknya pada hasil pencarian. Hingga akhirnya Google secara resmi mengumumkan hal ini...

Mengapa Hal Ini Penting Bagi Kita...

Jika anda adalah siapapun yang menggunakan internet sebagai media untuk mendapatkan pengunjung ke bisnis anda, maka hal ini menjadi super penting bagi anda. Mesin pencari adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk mendapatkan banyak pengunjung dalam jangka panjang.

Dengan update ini, kita sekarang tahu bahwa industri ini akan berubah sekali lagi, dan kini akan jauh lebih mudah bagi kita untuk ranking tinggi dibandingkan beberapa tahun yang lalu hanya dengan memanfaatkan Google authorship ini.

Google Authorship di Syamsul Alam dot Net

Jika anda sampai ke situs ini melalui search engine, besar kemungkinan anda sampai ke blog ini setelah melihat foto ganteng saya di Google, tertarik, dan meng-klik situs ini...

meningkatkan posisi situs di google dengan authorship
Contoh Google Authorship di Syamsul Alam dot Net
Jika anda belum tahu, untuk bisa menggunakan Google Authorship ini, anda perlu untuk memiliki akun Google+ terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki Google akun, anda bisa daftar Google+ hanya dengan mengisikan beberapa detail dan mengajak teman-teman yang sudah anda punya di Facebook.

Setelah anda selesai lakukan semua itu, kini saatnya mengintegrasikan situs anda dengan akun Google+ yang anda punya. Dan boom, jadilah Google Authorship untuk situs anda!

Bagaimana Google Authorship Membantu Anda Mendapatkan Lebih Banyak Pengunjung...

Sebelumnya saya ingin bilang bahwa saya rasa TIDAK MUNGKIN bagi anda untuk mengintegrasikan Google Authorship pada semua situs anda jika situs yang anda punya adalah situs adsense atau situs minisite review.

Saya tahu, anda mungkin punya puluhan bahkan ratusan situs seperti ini, dan saya tahu anda pasti menggunakan persona lain atau nama alias untuk kebanyakan situs-situs ini.

Itu alasan saya sekarang berpindah ke situs dengan tipe authority. Sejauh yang selama ini saya pelajari, authority sites adalah jenis situs yang paling imun terhadap Google update, lebih mudah ranking, dan mendapatkan keuntungan dari banyak trafik yang dihasilkan dari keyword-keyword panjang yang tak sengaja berada di situsnya.

Authority sites juga sangat cocok dan sempurna jika disandingkan dengan fitur baru Google ini (Google Authorship). Gabungan dari dua hal ini akan menjadikan situs anda amat kuat di mata Google. Memiliki keduanya adalah tiket untuk memiliki situs dengan trafik yang kuat dan stabil dalam jangka panjang...

Tak hanya ranking yang lebih tinggi, foto imut anda di samping hasil pencarian situs anda akan memperbaiki click through rate anda di halaman pencarian. Jika masalah anda adalah ranking tinggi tapi trafik tak kunjung meningkat, anda bisa gunakan Google authorship untuk memperbaikinya...

Cara Mengintegrasikan Google Authorship dengan Situs/Blog Anda

Jika anda menggunakan WordPress sebagai CMS dari situs anda, anda beruntung karena anda hanya perlu menginstall satu plugin untuk mengintegrasikan Google Authorship dengan situs anda.

Install WordPress SEO by Yoast plugin, kemudian pergi ke halaman User Profile anda untuk kemudian meletakkan URL dari Google+ Profile anda di kolom Google+ (lihat gambar untuk detail).

Google authorship setting di User Profile
Anda bisa perhatikan bahwa sekarang ada kolom Google+ 'kan? Isikan kolom tersebut dengan URL dari Google+ profile anda.
Pastikan juga bahwa akun Google+ profile anda sudah memiliki link menuju ke situs anda.

menambahkan situs anda di Google Authorship
Pastikan profile anda "public" dan situs anda telah anda tambahkan di bagian "Contributor To"
Dan... anda selesai.

Tunggu beberapa saat (hingga beberapa hari) dan anda akan temukan tampilan situs anda di halaman pencarian anda sekarang beda dari biasanya. 😀

Jadi, yuk kita rangkumkan apa saja yang telah anda harus lakukan untuk memastikan Google Authorship terintegrasi dengan situs anda.

  1. Miliki Google+ Akun, kemudian tambahkan foto anda, tambahkan detail tentang diri anda dan situs-situs yang anda ingin integrasikan dengan Google Authorship di bagian Contributor to
  2. Install plugin WordPress SEO by Yoast, pergi ke halaman User Profile anda (Users » Your Profile) kemudian masukkan URL dari Google+ Profile anda (Contoh: https://plus.google.com/101516148582851507178/ « ini adalah URL Google profile saya), klik Update Profile
  3. Selesai. Kini tunggu beberapa hari (mungkin beberapa minggu, tergantung kecepatan Google meng-crawl kembali situs anda).
  4. Anda bisa melakukan testing untuk mengetahui apakah yang anda lakukan sudah benar atau belum dengan memasukkan URL situs anda di Google Rich Snippet Testing Tool
Jika anda premium member, anda sudah tahu bagaimana saya menggunakan Authority SEO untuk situs-situs saya sehingga imun terhadap Google update dan terlihat lebih trustworthy di mata Google.

Bagaimana Cara Mengintegrasikan Google Authority dengan Blogger?

Khusus untuk pertanyaan cara mengintegrasikan fitur Google authorship dengan platform blog yang selain WordPress, maaf saya tidak tahu... Saya sudah lama tidak menggunakan Blogger, apalagi platform blog lain...

Jika anda tahu caranya, tolong publish artikel mengenai hal ini di blog anda dan kasih tahu saya. Jika artikel anda berguna bagi pembaca saya, saya tak akan segan untuk memberikan link menuju artikel anda. Thanks!!

UPDATE: Kawan saya, mas Agus Ramadhani si ahli Blogger ternyata sudah punya artikel mengenai cara mengintegrasikan Google Authorship dengan Blogger. Anda bisa men-cek nya di sini »

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
cara menaikan rating web di google
cara meningkatkan traffic website
cara meningkatkan traffic pengunjung
cara meningkatkan seo website
cara menaikan trafik blog
cara agar website tampil dihalaman pertama google
google page rank
cara agar blog muncul di google paling atas

31 thoughts on “Cara Instan Meningkatkan Posisi Situs Anda di Google dengan Google Authorship

  1. SEO bagi pemula, ini masih merupakan momo yang sangat mengerikan. Kita para pemula perlu belajar banyak, dan syamsulalam.net merupakan salah satu situs tempatnya untuk belajar. 😀

  2. SEO…! Salah satu yang mengeringan bagi sebagian pemula, termasuk saya sendiri. Tapi SEO yang dijelaskan “Guru” Syamsul sedikit banyaknya telah memberikan gambaran yg bagus tentang SEO.

    Thanks “Guru”

  3. salam kebal gan artikelnya bagus sangat membangun oya ni web sudah berapa lama keren juga ranknya … mampir ke web saya mohon gimana biar banyak pengunjungnya dan sharing kasih komentar web saya masih kurang di mana soalnya pengunjung masih sepi sukses selalu 🙂

    1. saya lupa sudah berapa lama, mungkin 9 bulan kali yah… hehehe… thanks yah sudah mampir. 😀 saya punya banyak artikel tentang mendatangkan pengunjung. monggo kerso… 😀 salam senyum…

  4. Saya juga pengguna WordPress SEO by Yoast
    mohon bantuannya nih, masih bingung
    saya gunakan Google+ Profile pribadi (nama saya) atau dengan nama online store saya?

    Thanks

  5. SEO memang diperlukan bagi mereka yang ingin menekuni bisnis online,,, bahakan bisa dikatakan wajib hukumnya…

  6. saya sudan coba tetapi kok foto saya nggak muncul muncul ya? padaal saya cek di snippet fotonya udah ada apakah ini artinya google belum mencrawl blog saya? gimana cara agar cepat di crawl google? ditunggu kunjungannya gan

    1. jika foto tidak muncul padahal di snippet sudah ada, berarti situs belum di re-crawl. sabar saja. bangun lebih banyak link untuk mempercepat.

  7. Artikel nya sangat informative dan dijelaskan dengan sederhana. Selain untuk mempengaruhi SEO, google authorship juga biasanya akan meningkatkan CTR sebuah blog di search engine 🙂

  8. sebuah web perusahaan pun perlu memasang google authorship agar lebih terkesan brandable di mata search engine maupun pengunjung yang mencali lewat google …
    terima kasih buat infonya, bisa langsung dicoba 🙂

  9. Artikel bukan cukup, tapi sangat menarik. Tadinya saya kurang paham, namun dengan penjabaran serta contoh2 saya baru paham tentang google authorship.Btw, akan sy coba untuk penerapannya di blog sy, walaupun blog sy menggunakan blogger.

  10. Info yang menarik gan. Saya sudah mencoba trik2 yang disebutkan di atas dan berhasil. Saat ini ranking Alexa web saya sudah naik sekitar 200rb-an. Padahal baru buat web nya sekitar Jan 2013 ini.

    Thanks ya…

  11. salam kenal, kira-kira berapa lama setelah kita membuat blog baru mendapat pagerank dari google, soalnya prosess tunggunya ini bikin aku galau. Kalu tahu kira-kira waktunyakan, bisa tidur tenang. he..he..

  12. saya sudah lama setting google authorship tapi tdk mau juga muncul, saya akan coba dlu trik mas bro ya. trims atas infonya. nanti kalo tidak bisa. mohon petunjuk ya. berapa hari biasanya bisa dilihat hasilnya mas?

  13. “Khusus untuk pertanyaan cara mengintegrasikan fitur Google authorship dengan platform blog yang selain WordPress, maaf saya tidak tahu… Saya sudah lama tidak menggunakan Blogger, apalagi platform blog lain…”<—kalau untuk Blogger tinggal aktifkan dari dashboard kok, untuk WordPress.com bisa disisipkan di author box, dengan menambahkan ?rel =author” tanpa tanda petik di belakang URL profil Google+, tentunya di WordPress self hosting juga bisa.

    Salam dari Surabaya mas Syamsul Alam

    1. Sip!! Thanks atas jawabannya mas Faradiba!!

      Buat yang lain, nih sudah dijawab yah… 😀

  14. saya sudah coba integrasikan profile google+ ke blog saya (sy pake blogger), tp koq masih belum bs ya mas?

  15. Salam Mas Syamsul,
    Mas, saya coba-coba setting profile google + saya, tapi kok saya ngga nemu yah yang bagian profile discovery dan contributor to? Apa mungkin sudah diganti yah sama om google? 🙂

  16. Terima Kasih atas ilmunya gan,.
    Kunjungin My blog juga yah,.
    kalau masih ada kekurangan dengan blog saya tolong d komentar,.
    maklum masih pemula,.

  17. untuk google autorship ini kan supaya tampilannya lebih menarik 😕
    ga nyangka onya efek kaya gini juga

  18. Wah mantaps artikelnya juragan, potonya juga keren, mangkanya saya klik, he…

    Oia, blog saya turun jauh tuh, jadi mudah2an bisa diimplementasikan saran mas juragan ini. two thumbs up…

    salam

Comments are closed.