Entrepreneurship ala Saya #03: Commitment (Apapun yang Terjadi Dilalui…)

Bagian dari merealisasikan impian anda sendiri adalah dengan secara total mendedikasikan diri anda pada impian anda tersebut.

Hal ini namanya komitmen.

Sebagian besar (saya percaya hampir 90%) penyebab yang menjadikan banyak orang tidak berhasil meraih apa yang dia inginkan, entah itu penghasilan di nominal tertentu, atau wanita dengan kecantikan tertentu, atau project tertentu, atau apapun adalah karena kebanyakan orang tidak cukup komit terhadap apa yang ia secara awal sudah tetapkan, dan mulai kompromi di tengah jalan.

Guru saya, pak Tung Desem Waringin, pernah bilang ke saya bahwa komitmen itu 'suka duka dijalani'.

Tapi bagi saya lebih dari itu...

Komitmen itu janji pada diri sendiri untuk secara tegar mau menghadapi yang mungkin terjadi di masa depan. Komitmen itu berarti mengerti tiap konsekuensi dari apa yang kita inginkan dan secara jantan berani menghadapi semua konsekuensi tersebut ketika hal tersebut terjadi.

Komitmen berarti menginvestasikan seluruh diri kita pada hal yang kita jadikan komitmen kita. Secara serius, baik fisik, mental, dan emotional.

Anda tidak menahan diri anda karena hal bodoh yang remeh, seperti ketika anda ingin penghasilan 100 juta bulan ini, dan anda tahu anda harus menemui 20 klien untuk menjadikan hal ini kenyataan, maka anda tidak menahan diri anda untuk pergi ke kantor klien anda meski hari ini hujan, atau ban motor anda kempes, dan lain sebagainya...

Jika anda tahu impian anda, dan anda ingin mencapainya, maka bagian dari pencapaian itu adalah mengetahui segala konsekuensi yang mungkin terjadi guna mencapai impian tersebut, entah itu dimarahi satpam, ban gembos tengah jalan, kehujanan, kebanjiran, dan lain sebagainya -- namun tetap dengan gagah berani menerjang semua itu sampai impian anda tercapai.

Dan seperti yang mungkin sudah anda sadari hingga bagian post ini, komitmen akan membutuhkan anda untuk melakukan sedikit pengorbanan.

Mungkin bokong anda akan pegal-pegal karena anda harus berjam-jam duduk di jok motor, mungkin anda harus cuci baju dan kaos kaki hingga tiga kali sehari karena kehujanan dan kebanjiran, atau mungkin anda di ping pong oleh sekertaris di perusahaan yang anda datangi...

Atau mungkin juga anda tak bisa jalan-jalan dengan teman atau orang yang anda sayangi, atau anda tak bisa main game favorit anda, atau anda tak bisa melakukan hal yang anda senangi selama beberapa saat karena anda harus kerja guna mencapai impian anda...

Komitmen berarti anda mau mengorbankan hal atau kesenangan jangka pendek anda guna kesenangan di masa depan yang jangka panjang. Komitmen berarti mengerti bahwa pengorbanan anda bercapek-capek ria, atau pengorbanan waktu main-main anda saat ini tak lain dan tak bukan adalah guna bisa hidup bahagia tanpa rasa khawatir di akhir nanti.

Dan seringkali hal yang anda impikan untuk terwujud tidak terwujud-wujud dalam jangka waktu yang sekejap. Seringkali anda harus buat pengorbanan tersebut secara rutin untuk jangka waktu setengah tahun, satu tahun, dua tahun, hingga lima tahun sebelum anda mulai merasakan manisnya perjuangan anda.

Komitmen yang serius merupakan kewajiban jangka panjang yang tak boleh anda hentikan HINGGA impian anda terwujud...

Tiap impian yang cukup berharga untuk dicapai akan butuh komitmen serius yang membutuhkan anda untuk terus menerus mengerjakannya hingga berbuah.

Impian yang besar, yang dalam hati benar-benar anda inginkan tersebut, dalam pengerjaannya tidak bisa anda coba sedikit, kemudian tiga hari kemudian anda telantarkan... anda harus selesaikan yang anda mulai benar-benar sampai anda melihat akhir dari perjuangan anda.

Dan ketika anda mengerjakannya, dan terus menerus mengerjakannya, di tengah jalan akan ada masa dimana melanjutkan impian anda akan terasa amat sulit, akan terasa amat berat, akan terasa bahwa anda ingin menyerah...

Dan di saat-saat seperti inilah anda harus ingat-ingat kembali kenapa anda menginginkan impian anda tersebut di awalnya, dan jadikan ingatan tersebut, ambisi tersebut, membawa diri anda untuk tetap bertahan dimasa-masa sulit ini.

SUKA DUKA DIJALANI, duka sepahit apapun, waktu sesulit apapun, dan khususnya pada saat-saat pahit dan sulit inilah anda harus terus maju dengan sabar, anda tak goyah, tak peduli apapun keadaannya. Anda terus bertindak, mengerjakan tiap hal yang menjadi kepingan puzzle dari impian anda.

Dan hanya ketika anda melakukan semua ini, anda baru akan mendapatkan apa yang anda inginkan...

Jadi, apa yang menjadi impian dan ambisi anda? Tahukah anda konsekuensi dari impian anda tersebut? Jika anda tahu, maukah anda berkomitmen untuk tetap mengerjakannya hingga anda dapatkan yang benar-benar anda ingini?

Bagikan dengan saya di kotak komentar dan salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
komitmen entrepreneur
entrepreneurship indonesia
materi entrepreneurship
entrepreneur muda
menjadi entrepreneur
entrepreneur sukses
entrepreneurship business plan
entrepreneur adalah bakat atau kemampuan