Dua Ide Bisnis Melalui Internet dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Jadi anda ingin berwiraswasta, ingin punya bisnis sendiri dan sesegera mungkin mandiri.

Yang jadi masalah adalah bahwa anda adalah mahasiswa dengan uang jajan pas-pasan.

Anda butuh bisnis dengan modal kecil, tapi tentu saja dengan potensi yang besar. Sayangnya anda benar-benar tak punya ide tentang apa yang bisa anda lakukan untuk melakukan hal tersebut.

Well, beruntung bagi anda, saya juga mahasiswa, sering ditanya oleh teman-teman saya mengenai hal ini, jadi sekalian saja saya post beberapa ide yang saya punya untuk anda baca di blog ini.

Dua Ide Bisnis Internet Modal Kecil untuk Mahasiswa

Sebelum saya mulai bicara panjang lebar tentang ide bisnis online di internet yang bisa anda gunakan untuk meraih banyak uang jajan dalam waktu relatif cepat, anda harus saya ingatkan dulu bahwa tidak ada cara instan untuk mendapatkan uang.

Mungkin ada, tapi saya tidak tahu tentang yang seperti itu, jadi anda tak akan mendapatkan yang begituan dari blog ini.

Hal kedua yang ingin saya ingatkan pada anda adalah bahwa jauh-jauh dengan program kaya cepat (software make money online, investasi 90 ribu hasil puluhan juta perbulan, komisi 3% perhari, dan banyak lagi.)

Ada lebih banyak cara untuk mendapatkan uang dari bisnis online daripada sekedar program penipuan seperti itu.

Dan tidak, menyebarkan link referral dari program-program seperti itu di Facebook atau semacamnya tidak akan membuat anda kaya, terlihat bodoh sih iya...

Anyway, karena sudah saya ingatkan, mari langsung saja ke ide pertama!

Ide #1: Toko Online Lokal

Yups, benar... toko online. Persyaratannya relatif mudah. Anda punya akses terhadap produk, buatkan toko online-nya, pastikan toko online anda dikunjungi orang, dan anda PASTI dapat order, yang artinya uang bagi anda.

Jika anda mulai komplain, "Tapi saya kan tidak punya produk?", "Cara buat toko online nya gimana?", "Cara ndapetin pembelinya gimana?" dan lain-lain, dengarkan saya dulu sampai akhir...

Solusi untuk masalah anda jika anda tidak punya produk adalah dengan cara mencari produk yang dimiliki oleh orang tua, tante, kenalan, teman, atau siapapun yang ada di organisasi yang anda sering kunjungi.

Produk ini bisa merupakan hal sederhana seperti nasi jamur, baju busana muslim, pulsa, baju model korea, jasa print 3D, jasa pemasangan jaringan dan database, jasa akuntansi, modul pembahasan soal ujian, lele konsumsi, dan banyak lagi.

Tidak ada batasan atas produk yang bisa anda jual di internet. Tentu masing-masing ada konsekuensinya sendiri-sendiri dan tidak semuanya bisa dijual begitu saja di internet.

Misal, produk seperti nasi jamur anda bisa buat situsnya yang menawarkan franchise atas produk tersebut, atau anda bisa menawarkan paket kirim produk tersebut untuk jumlah tertentu untuk wilayah tertentu.

Sementara untuk produk seperti misalnya baju busana muslim, anda bisa buatkan toko online dengan katalog online dimana orang bisa memilih model baju yang mereka inginkan dan order baju tersebut dalam jumlah satuan dari anda.

Jika yang jadi masalah adalah bahwa anda tidak bisa membuat toko online, anda tak perlu khawatir karena saya sudah buatkan tutorial cara membuat toko online. Nih, cara membuat toko online »

Ada sepuluh video yang akan mengajarkan anda hampir semuanya tentang toko online. Masalah pengirimiman anda bisa tanya-tanya orang tua atau teman anda yang sudah berpengalaman.

Bingung untuk mendapatkan pembeli? Buat saja fan page di Facebook. Pastikan semua orang yang anda kenal tahu tentang Facebook fan page anda.

Ga usah jauh-jauh, bahkan dengan memiliki situs yang online, anda sendiri sudah berkesempatan untuk nongol di search engine seperti Google dan kawan-kawannya.

Yang anda perlukan adalah pengetahuan dasar mengenai SEO, dan hal tersebut bisa anda pelajari di http://www.syamsulalam.net/video-tutorial

Mengenai cara order, buat saja agar mereka menghubungi anda melalui SMS, email, WhatsApp, dan lain-lain. Gampang 'kan?

Anda kini sudah mengerti hampir semua yang anda perlukan untuk memiliki bisnis sendiri dengan cara membuat toko online.

Masalah modal, yang anda butuhkan adalah investasi untuk domain dan hosting.

Domain harganya kurang lebih Rp120.000 per tahun (Rp10.000 per bulan). Sementara hosting hanya sekitar Rp120.000 per bulan (Rp4.000 per hari) untuk unlimited bandwidth dan storage di HostGator.

Total, Rp130.000 per bulan. Huh? Ya... lebih murah daripada sewa stan di festival kampus anda DAN lebih menghasilkan -- saya setuju.

Tutorialnya bisa anda baca (tonton) di sini:

Sudah banyak teman saya yang sukses dengan toko online nya. Hangga Nuarta dengan toko jersey online nya: BolaVia.com, Sonya Yuana dengan butik baju korea online nya: AuroraFashionku.com, dan BANYAK lagi...

Kini giliran anda, bookmark halaman ini, pelajari yang anda butuhkan, dan tinggal realisasi saja, setuju?

Affiliate Marketing

Beberapa dari anda mungkin pernah mendengar istilah ini, tapi untuk anda yang belum saya bakal jelaskan singkat mengenai affiliate marketing ini.

Sederhananya adalah anda dibayar, entah itu berupa komisi atas penjualan atau komisi atas data calon pembeli, tiap kali anda mereferensikan suatu produk.

Bahasa awamnya adalah makelar.

Yups, makelar di internet. Anda rekomendasikan produk tertentu, dan jika ada orang yang membeli dari rekomendasi anda, anda mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Sayangnya sejauh yang saya tahu, sampai saat ini belum ada affiliate platform yang bagus untuk produk fisik di Indonesia.

Oleh karenanya, anda terpaksa harus menjual barang luar negeri ke pasar luar negeri.

Dan sayangnya hal tersebut membutuhkan pengetahuan yang cukup ekstensif tentang program affiliate network yang bagus, cara melakukan promosi, membuat ulasan (review) produk yang anda jual, dan banyak lagi.

Singkatnya, anda butuh untuk bisa bahasa inggris.

Saya tahu beberapa affiliate network yang bagus, dengan ragam produk yang luas. Amazon dan Clickbank.

Anda bisa baca tutorial cara daftar kedua affiliate network itu di sini:

Tapi untuk aspek promosi, terlalu luas hal yang perlu saya bahas. Jika ingin belajar lebih lanjut, ikuti kursus online Amazon Minisite milik BelajarBisnisInternet.com

Situs referensi saya di atas dimiliki oleh pak Sukarto dan pak Hian, dua affiliate Amazon marketplace yang amat berhasil. Saya pribadi belajar dari mereka berdua. Jadi anda tak mungkin salah investasi di sana.

Anda Punya Ide Bisnis Modal Kecil Lain?

Jangan sungkan, bagikan juga di kotak komentar.

Jika ide anda cukup bagus untuk saya publish, akan saya update post ini dengan ide anda PLUS nama anda dengan link ke situs yang anda miliki.

Cara mudah untuk mulai mendapatkan pengunjung untuk situs anda, benar bukan?

*Blog ini mendapat ribuan pengunjung per bulannya... jika anda dapat 3% dari trafik saya saja, saya yakin akan banyak yang order produk anda!

Dan di atas tadi adalah dua ide yang bisa anda gunakan untuk mulai berbisnis di internet. Dan semuanya membutuhkan modal kecil untuk dimulai.

Sukses anda ada di tangan anda. Salam pintar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
bisnis untuk mahasiswa pemula
bisnis mahasiswa tanpa modal
bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan
bisnis rumahan untuk mahasiswa
contoh bisnis untuk mahasiswa
bisnis makanan mahasiswa
usaha kuliner untuk mahasiswa
bisnis online untuk mahasiswa

2 thoughts on “Dua Ide Bisnis Melalui Internet dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Comments are closed.