Masukkan Email Anda untuk...
GRATIS Update Konten Ekslusif!!

Tutorial Dasar: Cara Daftar Akun Pinterest dan Penggunaan Singkat

Diposkan pada 30 January 2014 oleh Syamsul Alam. Print artikel atau beri komentar.

Pinterest adalah sebuah virtual pinboard dimana anda bisa mengatur dan membagikan gambar-gambar yang menarik perhatian anda di internet.

Anda bisa gunakan pinboards di Pinterest sebagai inspirasi untuk misal rencana pernikahan anda, rencana untuk mendekorasi ulang rumah menjadi gaya tertentu, mencari jenis fashion yang anda sukai, mengatur resep masakan kesukaan anda yang anda temukan di internet, membagikan gambar tentang sesuatu yang anda suka, dan masih banyak lagi.

Di Pinterest, anda juga bisa menjelajah pinboards buatan orang lain dan dari sana, anda bisa temukan sesuatu untuk inspirasi tentang suatu hal dari kesukaan orang lain yang kebetulan sama dengan kita.

Dalam bahasa super sederhana, Pinterest kurang lebih adalah situs yang menyediakan jasa berbagi konten (kurang lebih sama seperti situs social bookmark seperti Digg), namun dalam bentuk ‘pin’ yang bisa di pin oleh penggunanya di pinboard. Dan anda bisa temukan lebih banyak tentang situs ini di halaman Pinterest about.

Pinterest dibuka untuk umum pada Agustus 2012. Dan, sekarang anda bisa mulai membuat akun di Pinterest dan menggunakannya sebagai salah satu media promosi anda.

Jika anda pernah belajar sesuatu tentang SEO di blog ini, anda pasti tahu bahwa salah satu favorit saya adalah menggunakan social media sebagai alat untuk membangun trust di mata Google, jadi anda bisa manfaatkan tutorial ini untuk melakukan hal yang sama dengan saya.

Persiapan yang anda perlukan untuk membuat akun Pinterest adalah sebuah komputer dengan akses internet.

Tutorial ini menggunakan PC dengan Windows 7 dan internet explorer 8, tetapi saya yakin kurang lebih tahapan dalam proses ini sama meskipun jika anda menggunakan OS dan browser yang lain.

NOTE: Screenshot yang saya sediakan mungkin berbeda dengan yang akan anda temui, karena situs social media memang punya kecenderungan untuk mengganti tampilan halaman sign up mereka untuk tujuan eksperimen mendapatkan sebanyak mungkin sign up. Tapi saya yakin secara konsep kurang lebih masih sama.

Dan, yah… langsung saja ke tutorialnya.

Cara Daftar Akun Pinterest

Ikutin tahapan-tahapan berikut ini dalam menggunakan Pinterest:

  1. Pergi ke http://www.pinterest.com/ dan klik tombol “Join Pinterest
  2. cara bikin akun pinterest join

  3. Anda akan diminta untuk meng-klik beberapa gambar yang anda suka. Jadi, silakan klik beberapa gambar yang anda suka dan baru setelah itu tombol “Continue” akan tampak. Klik tombol tersebut.
  4. cara bikin akun pinterest like

  5. Pinterest mungkin membutuhkan anda untuk memiliki akun Facebook atau akun Twitter untuk menyelesaikan proses registrasi, jadi pastikan anda sudah memiliki salah satu dari dua akun tersebut dan gabung LinkedIn dengan cara login ke salah satu social media tersebut.

    Setelah anda berhasil menyelesaikan pendaftaran anda nanti, anda bisa langsung menggunakan akun Pinterest anda sepenuhnya dengan login menggunakan alamat email anda. Tapi itu nanti, sekarang pastikan anda memiliki akun Twitter atau Facebook terlebih dahulu.

  6. cara bikin akun pinterest connect

  7. Setelah itu, silakan klik tombol “Facebook” atau “Twitter
  8. Anda akan sampai di halaman yang meminta anda untuk memasukkan user name anda, alamat email, dan password yang anda inginkan. Setelah anda mengisi semua form yang ada dan tak ada error, klik pada tombol “Create account“.
  9. cara bikin akun pinterest account

  10. Pinterest akan memandu anda untuk mulai menggunakan Pinterest dengan meminta anda untuk memilih beberapa hal yang anda suka, sehingga Pinterest bisa memberi suggestion pada orang-orang untuk mengikuti anda.
  11. cara bikin akun pinterest follow

    Nantinya, anda dapat meng-”unfollow” seseorang atau siapapun yang anda inginkan atau anda rasa perlu dengan mudah, anda hanya perlu klik tombol “Unfollow” pada nama mereka. Apabila anda telah siap ke langkah berikutnya, klik tombol “Create Boards“.

    cara bikin akun pinterest board

  12. Pinterest juga akan memandu anda dengan memberi anda form dimana anda bisa mengisikan lima nama atau judul untuk virtual pinboards anda nanti. Isikan tema, nama, atau judul virtual pinboard anda di sini. Untuk referensi, anda juga bisa melihat daftar ide pinboard yang umum digunakan di bagian kanan.
  13. cara bikin akun pinterest pinboard

  14. Lebih lanjut tentang virtual pinboard ini, anda tidak harus menggunakan semuanya. Nantinya, anda dapat merubah judul pinboard dan menggunakan pinboard tersebut semau anda.

    Pinterest membiarkan anda membuat sebanyak mungkin virtual pinboard sebanyak yang anda mau atau yang anda butuhkan, dengan tujuan agar gambar, video, atau item yang lain yang mereka sarankan pada anda tidak tercampur menjadi satu dalam satu pinboard, melainkan berada tersebar ke tiap judul atau topik pinboard yang sesuai.

    Jika misal anda nanti memiliki hobi baru, anda bisa membuat board baru untuk hal tersebut. Ketika nanti anda browsing di internet, melihat gambar tentang suatu topik baru yang aneh (vocaloid misalnya) dan anda suka tentang hal tersebut, anda bisa membuat pinboard baru tentang topik baru tersebut.

    Intinya, anda bisa buat pinboard baru dalam topik apapun yang anda ingini.

    Pinterest secara umum digunakan sebagai bookmark online dalam bentuk gambar. Ketika misal anda melihat sebuah resep online yang ingin anda coba nanti, tinggal masukkan saja ke pinboard topik “Resep Terbaik” untuk anda lihat nanti.

  15. Pinterest akan memberikan anda sebuah tombol kecil “Pin It” yang bisa anda letakkan di bookmarks bar di browser anda (entah itu Safari, Firefox, Google Chrome atau Internet Exploner). Tombol ini akan berguna untuk mem-”bookmark” suatu gambar di internet sehingga bisa anda buka nanti.

    Untuk meng-instal tombol Pinterest “Pin It” di Internet Explorer, silakan ikuti instruksi berikut ini (lihat screenshot):

    cara bikin akun pinterest pin it

    Intruksi yang anda lihat akan menyesuaikan sesuai browser yang anda gunakan.

    Contoh, jika anda mengakses Pinterest menggunakan Firefox, maka instruksi yang ada akan mengenai cara menambah tombol “Pin It” di toolbar bookmark Firefox anda.

    Ketika nanti anda menemukan gambar atau video yang ingin anda masukan ke pinboard (bookmark), anda hanya perlu klik tombol “Pin It” di toolbar browser anda dan pop-up akan muncul, menanyakan pinboard mana yang akan anda pilih dari pinboard-pinboard yang anda miliki, atau apakah anda ingin membuat pinboard baru, kemudian anda bisa deskripsikan “pin” tersebut dalam 500 kata atau kurang.

  16. cara bikin akun pinterest add

Dan yah… kurang lebih begitulah cara daftar Pinterest dan sekilas tentang cara menggunakannya untuk mem-”pin” gambar atau video kesukaan anda di internet.

Pinterest lebih kompleks daripada kelihatannya, jadi mungkin akan ada post susulan tentang fitur lebih lanjut mengenai Pinterest ini. Tapi, sementara ini sekian dulu, okay!

Pinterest board amat mudah rank di Google, jadi anda bisa gunakan Pinterest untuk me-rank gambar produk anda di Google. Tapi, itu juga untuk lain waktu. :D

Sekian dari saya untuk hari ini, salam senyum!

Print Friendly
Tak ada tags untuk post ini.

Terima kasih karena sudah mampir di blog ini. Saya suka anda karena anda telah mengunjungi blog ini! Dan jika karena suatu alasan anda juga suka dengan saya (atau blog saya), anda dapat memberi tahu saya dengan meng-klik tombol "LIKE" di samping... Thanks!

Tentang

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Anda bisa menemui saya di Facebook, Google+, atau Twitter saya.

Suka Artikel ini? Dapatkan Update GRATIS via Email!

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

Suka Video Tutorial Kami? Dapatkan Update Video Baru GRATIS via Email!!

Masukkan Email Anda

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

3 Komentar untuk “Tutorial Dasar: Cara Daftar Akun Pinterest dan Penggunaan Singkat” Suka dengan Post ini? Ada Pertanyaan? Ayo Komentar!

*Ada kejutan SUPER menarik untuk anda yang baru PERTAMA KALI komentar di blog ini! Komentar sekarang juga dan anda akan dapatkan kejutannya SEGERA setelah anda selesai berkomentar...

  1. Ari February 5, 2014 at 10:32 AM #

    Baru kali ini kunjungi website mas syamsul. pertama kali sering melihat di youtube dan facebook akirnya sekrang berkunjung juga. Artikelnya sangat menarik dan membantu sekali terima kasih tips2nya

  2. Teguh March 4, 2014 at 8:40 AM #

    saya pernah membaca tenatng sebuah website yang mendapat ribuan visitor dari pinterest,,,dan dimonetasi dengan ppc..pertanyaan saya efektifkah metode tersebut brother alam..thanks

  3. budie April 23, 2014 at 11:11 AM #

    banyak ilmu yang bisa diambli dari blog mas alam ini,, saya banyak belajar dari blg ini maupun dari youtube mas alam.

X
BARU: Cara Saya Rank Halaman Satu di Google! Klik di sini »
¤
More in Tutorial
Tutorial Dasar: Cara Membuat (Daftar) Akun LinkedIn dan Gunanya
Close