Masukkan Email Anda untuk...
GRATIS Update Konten Ekslusif!!

Tutorial Dasar: Cara Membuat (Daftar) Akun LinkedIn dan Gunanya

Diposkan pada 29 January 2014 oleh Syamsul Alam. Print artikel atau beri komentar.

Tutorial dasar kita kali ini akan membahas tentang LinkedIn, khususnya tentang bagaimana cara membuat akun di LinkedIn.

Secara amat sederhana, LinkedIn ini kurang lebih adalah social media (seperti Facebook) yang secara khusus diperuntukkan untuk profesional.

Guna dari website ini adalah untuk mempertemukan seorang ahli atau profesional (contoh: arsitek atau kontraktor atau dokter atau profesional di bidang apapun) dengan profesional lain atau pebisnis lain.

LinkedIn merupakan tempat yang sempurna bagi para profesional untuk menunjukkan ketrampilan atau portofolio dari project yang pernah ia kerjakan untuk membangun relasi dan kesempatan berbisnis dengan profesional lain.

Singkatnya, website ini mempertemukan kedua belah pihak (seorang profesional dengan pebisnis atau sebalikan) yang saling membutuhkan.

Untuk bergabung di LinkedIn ini, ada beberapa langkah yang harus dilalui. Dan anda tak harus menggunakan desktop atau laptop untuk daftar, karena beberapa aplikasi LinkedIn bisa diinstal di smartphone atau tablet sehingga proses registrasi bisa dilakukan pada selain desktop atau laptop.

Sebelum masuk ke LinkedIn, pastikan anda sudah memiliki email aktif (lihat cara membuat akun email via Gmail) dan biodata diri lengkap dengan keahlian yang anda kuasai.

Dan, yuk langsung kita mulai saja tutorialnya…

Cara Membuat Akun LinkedIn

  1. Silakan buka halaman depan LinkedIn di: http://www.linkedin.com
  2. cara daftar linkedin homepage

  3. Untuk membuat akun baru, anda akan diharuskan untuk melakukan registrasi. Di bagian depan, ada beberapa kotak yang bisa diisi, isikan nama depan dan nama belakang anda, alamat email, dan password. Setelah semua kotak terisi, klik Join Now.
  4. cara daftar linkedin homepage 2

    NOTE: Alamat email di atas bukan alamat email saya.

  5. Selanjutnya, anda harus melengkapi profil anda terkait dengan asal negara, kode pos, dan pekerjaan anda. Dalam kotak pekerjaan, anda bisa memilih apakah anda “sudah bekerja”, sedang “mencari pekerjaan”, atau seorang “pelajar”. Jika sudah terisi semua, klik tombol “Create my Profile“.
  6. cara daftar linkedin create profile

  7. Anda akan sampai di halaman pertama proses registrasi (step 1). Dalam halaman ini, anda akan diminta memasukkan alamat email serta password pilihan anda. Setelah itu, klik tombol Continue.
  8. cara daftar linkedin log in

  9. LinkedIn akan menganjurkan anda untuk menemukan orang-orang yang anda kenal yang telah lebih dahulu mendaftarkan diri di LinkedIn.
  10. Selanjutnya, akan ada pesan yang menganjurkan anda untuk memilih “business influence” jika anda mau. Namun, anda bisa men-skip pesan ini jika anda tak ingin.
  11. Anda telah melakukan registrasi dan anda bisa melihat halaman LinkedIn anda dengan meng-klik tombol “See your new homepage“.
  12. Di halaman homepage anda, akan ada perintah untuk melakukan konfirmasi alamat email anda — sebuah email pesan yang berupa konfirmasi telah dikirimkan oleh LinkedIn ke alamat email anda, jadi silakan cek dan klik link konfirmasi yang ada di dalamnya.
  13. cara daftar linkedin confirm email address

  14. Anda baru bisa mengatur halaman profil anda di LinkedIn setelah anda melakukan verifikasi email, klik di tombol “Profile“.
  15. cara daftar linkedin your located

  16. Halaman LinkedIn anda telah jadi, tapi seperti yang bisa anda lihat, tak ada informasi apapun di halaman profile anda. Jadi yuk kita tambahkan detil tentang diri kita di halaman ini. Klik tombol “Edit Profile” untuk mengisi detil profil anda.
  17. cara daftar linkedin edit profile

  18. Sekarang anda mulai bisa membangun profil anda seperti mengisikan biodata anda, CV (curriculum vitae), pengalaman kerja, ketrampilan yang anda miliki, dan lain sebagainya.

    Klik masing-masing item yang ada di halaman profil tersebut, ada beberapa item yang bisa dipilih seperti pengalaman, pendidikan, hobi, dan biodata diri — isikan informasi profile anda sesuai judul item yang ada.

    Setelah anda yakin bahwa anda sudah mengedit profil dengan benar, anda bisa mengakhiri dengan mengklik Done Editing.

  19. cara daftar linkedin done editing

  20. Untuk mencari seseorang yang mungkin anda kenal atau orang yang pernah melakukan kerjasama dengan anda di LinkedIn, klik tombol “Network” yang berada di bagian atas website dan kemudian klik “Add Connection“.
  21. cara daftar linkedin add connections

  22. Setelah anda mengisikan profil anda dan menambahkan beberapa koneksi, anda bisa mulai meng-endorse profesional lain yang anda kenal atau anda bisa minta orang lain yang anda tahu untuk meng-endorse anda sesuai dengan keahlian yang anda miliki.

    Endorse adalah sistem di LinkedIn yang kurang lebih sama seperti Suggest a Friend di Facebook. Bedanya, LinkedIn juga menggunakan sistem ini untuk memastikan bahwa anda memiliki skill seperti yang anda tunjukkan di halaman profile anda.

    Anda mungkin akan mendapatkan permintaan dari orang lain untuk menambahkan dirinya pada jaringan atau list anda. Dalam hal ini, anda bisa memutuskan apakah anda ingin terkoneksi dengannya atau tidak setelah anda melihat profil orang tersebut.

    Kegunaan utama dari website ini memang untuk saling terkoneksi antara profesional satu dan yang lainnya sehingga bisa saling mengenal satu sama lain dengan harapan terjalin hubungan bisnis baru antara para profesional ini.

Dan… yah… itu tadi kurang lebih bagaimana cara daftar LinkedIn sekaligus sekilas tentang fungsi dari situs ini.

Seperti situs social network lain, halaman homepage dan halaman registrasi mereka sering berganti sehingga mungkin screenshot yang ada di tutorial ini tidak sama persis dengan yang anda nanti temui saat anda membuat akun LinkedIn anda.

Tapi, saya yakin kurang lebih begitulah cara daftar LinkedIn, setelah anda nanti ter-daftar, ingat untuk add akun LinkedIn saya di sini: http://id.linkedin.com/in/syamsulalam

Salam senyum!

Print Friendly
Tak ada tags untuk post ini.

Terima kasih karena sudah mampir di blog ini. Saya suka anda karena anda telah mengunjungi blog ini! Dan jika karena suatu alasan anda juga suka dengan saya (atau blog saya), anda dapat memberi tahu saya dengan meng-klik tombol "LIKE" di samping... Thanks!

Tentang

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Anda bisa menemui saya di Facebook, Google+, atau Twitter saya.

Suka Artikel ini? Dapatkan Update GRATIS via Email!

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

Suka Video Tutorial Kami? Dapatkan Update Video Baru GRATIS via Email!!

Masukkan Email Anda

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

6 Komentar untuk “Tutorial Dasar: Cara Membuat (Daftar) Akun LinkedIn dan Gunanya” Suka dengan Post ini? Ada Pertanyaan? Ayo Komentar!

*Ada kejutan SUPER menarik untuk anda yang baru PERTAMA KALI komentar di blog ini! Komentar sekarang juga dan anda akan dapatkan kejutannya SEGERA setelah anda selesai berkomentar...

  1. alfadani February 3, 2014 at 3:12 AM #

    mantabbb artikelnya mas syamsulalam, thanks for the article, very useful

  2. Nurdermawan March 8, 2014 at 6:03 AM #

    Mas, syamsul saya sama teman2 blogger lagi lomba SEO, kalo untuk supaya menangin kata kunci yg paling efektif pake SEO onfage apa offfage?

    • Syamsul Alam June 24, 2014 at 11:02 PM #

      Dua-duanya…

  3. Widhiyo March 20, 2014 at 1:55 PM #

    Salam Kenal, penjelasannya sudah lengkap dan jelas. Coba bisa ditambahkan cara menulis artikel di Lindkedin. Terimakasih

  4. rizal April 11, 2014 at 4:23 PM #

    aku udah daftar mas..
    lumayan buat promosi blog :D

  5. Salman Al Farisi April 14, 2014 at 12:00 PM #

    Suka banget sama penjelasannya, mudah dimengerti Thanks mas

X
BARU: Cara Saya Rank Halaman Satu di Google! Klik di sini »
¤