Tutorial Dasar: Cara Upload Video Ke YouTube dan Fungsi Singkat

YouTube adalah situs video sharing yang ditemukan pada Febuari tahun 2005, dan sekarang telah dimiliki oleh Google.

YouTube merupakan situs untuk menonton dan berbagi video secara gratis. Amat mudah bagi anda untuk mencari video yang ingin anda lihat, sekaligus untuk meng-upload video anda sendiri untuk anda bagikan kepada orang lain.

Saya pribadi menggunakan YouTube sebagai media sindikasi untuk memastikan konten yang saya buat tersebar ke sebanyak mungkin tempat dan dilihat oleh lebih banyak orang. Anda bisa gunakan video YouTube sekedar untuk bersenang-senang atau dapatkan backlink dan pengunjung seperti yang saya lakukan.

Dalam artikel kali ini, saya akan jelaskan secara singkat tentang cara meng-upload video ke YouTube sekaligus jelaskan pada anda secara singkat tentang fitur yang dimiliki oleh Youtube. Sebelum membaca tutorial ini, pastikan anda telah memiliki akun YouTube terlebih dahulu.

Berikut ini adalah hal yang perlu anda persiapkan sebelum anda meng-upload video ke YouTube:

  • Video dalam format yang dapat diterima oleh YouTube.
  • Komputer dengan koneksi internet.
  • Akun YouTube atau Gmail.

Tutorial ini dibuat menggunakan Windows 7 dan browser Internet Explorer 10. Jadi, mungkin ada sedikit perbedaan dengan anda jika misal anda menggunakan OS lain (Mac misalnya) atau browser lain (Mozilla misalnya). Tapi saya yakin kurang lebih tahapannya sama...

Cara Upload Video ke YouTube

    1. Sebelum anda meng-upload, anda harus pastikan bahwa video yang akan anda upload (unggah) ke YouTube ada dalam format yang diterima oleh YouTube. Format yang diterima oleh YouTube adalah:
      • AVI (Audio Video Interleaved)
      • 3GP (Cell/mobile phones)
      • MOV (Mac)
      • MP4 (IPod/PSP)
      • MPEG or MPG (Motion Picture Experts Group)
      • FLV (Adobe Flash)
      • M4V (h.264)
      • WMV (windows Media Video)
      • WEBM (HTML 5)

      Jika video anda ada dalam salah satu format tersebut, maka video anda bisa di-upload, jika tidak dalam format tersebut, maka mungkin anda tak bisa meng-upload-nya.

    2. Setelah itu, buka www.YouTube.com di browser anda.cara upload video youtube website

      Setelah sampai di halaman depan YouTube, silahkan Sign In dengan menekan tombol Sign In biru di pojok kanan atas.

      Ingat untuk Sign In menggunakan akun Gmail.com anda (Gmail anda akan terintegrasi dengan YouTube dan produk-produk Google lainnya). Berikut ini adalah tutorial cara membuat akun Gmail (untuk anda yang barangkali belum memilikinya).

cara upload video youtube account

    1. Setelah anda dalam keadaan Sign In, klik tombol Upload di bagian kanan kotak pencarian.

cara upload video youtube upload

    1. Anda akan dibawa ke halaman dimana anda bisa memilih file video yang ingin anda upload. Dari layar ini, anda juga memiliki pilihan untuk merekan video langsung dari webcam anda, atau membuat video slideshow langsung dari YouTube.Tapi berhubung tutorial ini tentang cara meng-upload video yang telah anda miliki ke YouTube, kita akan fokus ke opsi pertama.

      Pilih file video anda dengan meng-klik text "Select files to upload" atau tarik file video anda ke halaman upload YouTube.

cara upload video youtube select files

    1. Setelah anda memilih file video yang anda inginkan untuk anda upload, secara otomatis video anda akan ter-upload.Sementara video anda sedang ter-upload, anda dapat memberi judul pada video anda, mengisikan deskripsi dari video anda di kolom deskripsi, memilih tags yang cocok untuk video anda, dan mengatur license settings (dalam sebagian besar kasus, biarkan setting ini dalam kondisi default).

      Kolom Deskripsi: di sini, anda bisa mengisikan informasi tentang video yang anda upload tersebut. Deskripsi yang anda tulis akan muncul di bagian bawah video. Deskripsi akan memberikan informasi yang lebih lengkap kepada penonton anda nantinya daripada hanya sekedar judul.

      Tags: berguna untuk memudahkan pencarian bagi pengguna YouTube untuk dengan mudah menemukan video anda. Bila anda misal membuat video tentang memasak, mengisi tags tentang kata kunci yang berkaitan dengan memasak, dan ada video lain menggunakan tags yang kurang lebih sama, maka video anda mungkin muncul di bagian "Recommended Videos" di sidebar.

      Privacy Settings: pastikan anda pilih privacy settings (pengaturan privasi) secara hati-hati. Pilihan yang berbeda akan mempengaruhi akses orang terhadap video anda.

      Public video berarti video anda dapat dicari dan dilihat oleh semua orang.

      Unlisted video berarti video anda dapat dilihat namun tidak akan muncul di hasil pencarian. Hanya orang-orang yang mengetahui link menuju video anda yang dapat melihatnya, namun mereka tetap dapat membagikan link video tersebut ke orang lain tanpa sepengatahuan anda.

      Private video berarti video anda hanya dapat dilihat oleh anda dan orang-orang yang anda kehendaki untuk melihatnya. Orang lain harus login untuk memastikan bahwa mereka memiliki akses dari anda untuk dapat melihat video tersebut. Anda dapat membagi video ini ke orang-orang khusus melalui Google plus, Facebook, atau Twitter.

cara upload video complete

  1. Apabila proses upload telah selesai, YouTube akan mengirimkan email notifikasi tentang proses upload video. Dan anda dapat membagi video tersebut ke siapapun yang anda mau. Apabila anda tidak ingin menerima email notifikasi dari YouTube, anda dapat memilih untuk tidak menerimanya dengan menekan tombol Opt Out pada halaman email settings (pengaturan email).

Dan, yah... meng-upload video anda ke YouTube memang semudah itu. Amat mudah, tapi bisa jadi pengungkit besar untuk mempromosikan produk atau diri anda di internet. Percaya saya, saya sudah membuktikannya. 😀

Sekian tutorial kali ini, terima kasih telah membaca sampai sini, salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
upload video ke youtube
upload video ke youtube dapat uang
cara upload video ke youtube dengan cepat
cara upload video ke youtube lewat hp samsung
cara upload video ke facebook
cara mengupload video ke youtube dan mendapatkan uang
cara upload video smule ke youtube

One thought on “Tutorial Dasar: Cara Upload Video Ke YouTube dan Fungsi Singkat

Comments are closed.