Cara SEO Website dan Blog yang Benar untuk Ranking Tinggi di Google!!

Di post super lengkap kali ini, saya ingin bicara tentang cara SEO website dan cara seo blog yang benar untuk menjadikannya ranking satu di Google (atau minimal empat besar). ๐Ÿ˜€

Saya tahu SEO mungkin merupakan hal yang tak mudah (bahkan mungkin menakutkan) bagi kebanyakan dari anda mengingat banyaknya yang perlu dipelajari...

Lima tahun yang lalu ketika saya dulu baru memulai, bagi saya SEO itu sendiri memang terasa agak misterius.

Namun setelah beberapa tahun membuat website, me-ranking-nya, dan memiliki sistem sendiri untuk mendapatkan ranking tinggi di google secara terus menerus, saya paham bahwa sebenarnya ada sains di balik search engine optimization.

Sebelum saya mulai dengan penjelasan panjang lebar mengenai cara saya untuk men-SEO website-website saya dan menjadikannya rangking satu (atau setidaknya halaman satu empat besar) di Google, saya ingin bikin disclaimer dulu...

Bahwa dengan mengikuti panduan yang saya tulis ini, saya TIDAK GARANSI anda bisa mendapatkan ranking tinggi di Google.

cara seo website
Hasil yang akan anda dapatkan akan sangat bergantung dari pengalaman anda, insting anda, ilmu anda, dan uang yang anda punya di kantung anda untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan untuk dapat ranking tinggi di Google (yups, SEO KADANG tidak gratis).

Dan bahwa meskipun saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan informasi selengkap apapun untuk post ini, tetap saja saya yang agak pakar SEO ini TIDAK tahu semuanya.

Resiko untuk menggunakan informasi yang ada di halaman ini 100% ada di tangan anda.

Dan dengan disclaimer tersebut, yuk kita mulai panduannya...

Cara SEO Website & Blog Ala Syamsul Alam

Di panduan SEO kita kali ini, saya akan bicarakan teknik SEO ala saya.

Dan jujur, teknik saya lumayan kompleks -- anda mungkin banyak tidak mengerti beberapa istilah dalam panduan ini, dan proses optimisasi yang saya lakukan selalu saya dasarkan pada keyword research yang kuat, jadi tidak sembarangan optimasi.

Secara garis besar, ini yang biasanya saya lakukan:

  • Keyword Research, mencari keyword dengan potensi pencarian yang tinggi dan kompetisi rendah hingga sedang, penentuan keyword utama dan keyword-keyword pendukung, kemudian membuat skala prioritas.
  • On Site SEO, proses pembuatan situs dengan struktur berdasarkan hasil keyword research, pemasangan theme WordPress yang teroptimisasi dengan baik, peletakan elemen SEO seperti title tag, header tag, dan lain-lain yang berkaitan dengan keyword utama pada situs.
  • Off Site SEO, proses membangun backlink dan authority domain, meliputi membangun social profile di situs sosial populer, social bookmark, pembelian backlink PR tinggi, dan penggunaan backlink massal.

Dan yups, tiga hal itulah yang akan kita bahas di post kita kali ini...

#1 Keyword Research Sebagai Pondasi Rangking Tinggi

Hal pertama yang harus anda sadari adalah anda harus MEMILIH keyword terlebih dahulu, keyword dimana anda ingin situs anda rangking tinggi di Google.

belajar seo website

Anda sedari awal harus MENGERTI dengan JELAS, KEYWORD APA yang akan anda incar dan akan anda jadikan sebagai keyword utama untuk situs anda.

Anda TIDAK BISA ranking untuk semua keyword yang anda mau.

Sumber daya anda terbatas, sementara keyword yang anda ingin untuk situs anda bisa ranking tinggi mungkin sangat banyak, jadi anda harus PILIH beberapa keyword sebagai incaran awal anda.

Dan kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka harus punya keyword untuk diincar...

Jika anda sudah punya keyword untuk diincar, selamat anda sudah lebih baik daripada 50% internet marketer di luar sana.

Jadi, pikirkan masak-masak terlebih dahulu kira-kira anda mau buat situs tentang apa, tujuannya apa, siapa orang yang anda incar, dan apa kira-kira keyword yang bakal diketikkan oleh calon pengunjung anda di mesin pencari.

Contoh: Anda ingin buat situs untuk mempromosikan pelatihan pembuatan mie dan pembimbingan bisnis mie ayam milik anda, maka orang-orang yang anda cari adalah:

  • Karyawan yang tertarik dengan usaha sampingan,
  • Mahasiswa,
  • Pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis,
  • Ibu rumah tangga yang tertarik dengan usaha sampingan berjualan mie di halaman rumah,
  • dan lain-lain.

cara seo website
Mie hijau sehati...
Dari situ, anda mulai pikirkan apa kira-kira keyword yang bakal mereka ketikkan.

Misal,

  • "pelatihan usaha mie",
  • "peluang usaha sampingan modal kecil",
  • "prospek bisnis mie ayam",
  • "cara membuat mie ayam",
  • "analisis usaha mie ayam",
  • dan lain-lain (jadi ingat pelatihan Mie Sehati nya mas Eko.)

Hal kedua yang juga perlu anda sadari adalah bahwa keyword yang anda pilih harus memiliki tingkat kompetisi yang BISA anda TAKLUKKAN.

Ini SUPER PENTING...

Kebanyakan pemula cukup lugu untuk mengira bahwa situsnya bakal bisa ranking di keyword-keyword super kompetitif seperti "make money online", "credit repair", "buy guitar" atau keyword-keyword super kompetitif lainnya.

Anda harus tahu bahwa di luar sana ada orang yang tak segan-segan mengeluarkan ratusan juta rupiah per tahun untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu posisi mereka di search engine.

Bagi mereka ratusan juta rupiah per tahun adalah kecil karena mereka mendapatkan milyaran rupiah per tahun dari ranking yang mereka miliki di Google.

Kesalahan dalam melakukan keyword research yang menjadikan anda mengincar keyword kompetitif akan menjadikan situs anda tanpa trafik untuk jangka waktu yang LAMA sekali...

Dan besar kemungkinan anda akan putus asa di tengah jalan tanpa pernah mendapatkan trafik seekor pun.

Anda bisa mengetahui apakah ada kompetisi untuk keyword tertentu dan seberapa keras kompetisi anda dengan cara melakukan pencarian sederhana di Google untuk keyword yang anda target.

Golden Rules: Jika ada banyak halaman yang teroptimisasi (keyword di title tag, URL, dan meta description), maka bisa dipastikan ada banyak kompetisi untuk keyword tersebut.

Untuk kerasnya persaingan anda bisa gunakan tools seperti Majestic SEO untuk menganalisis link profile dari situs saingan-saingan anda.

cara seo
*Saya jelaskan dengan amat detail hal ini di halaman case study saya dan di video tutorial tentang keyword research ini.

Hal ketiga yang harus anda tahu juga adalah bahwa keyword-keyword yang anda incar, selain memiliki kompetisi di tingkat yang bisa anda handle, juga harus memiliki potensi trafik yang menguntungkan buat anda.

Bukan berarti anda harus mencari trafik dengan monthly searches ratusan ribu per bulan, yang penting adalah bahwa trafik anda layak, dan trafik anda punya search intention untuk belanja sesuatu dari anda.

Ingat, SEO hanya sarana untuk mendapatkan trafik.

JANGAN hanya melakukan SEO hanya untuk ranking tinggi. Ranking tinggi untuk keyword bergengsi yang jarang dicari orang tidak apa, asal jangan sering-sering.

SEO anda harus berfokus pada keyword yang MENDATANGKAN TRAFIK... dan memiliki KUALITAS TRAFIK yang anda inginkan.

Alasan Kenapa Keyword Research itu Penting dalam SEO...

cara meningkatkan seo website

Keyword research penting karena jika anda payah dalam hal ini, perjuangan untuk mendapatkan banyak trafik akan SEPULUH KALI LIPAT lebih sulit.

Dalam setiap keyword research, saya selalu mencari minimal 2 keyword utama dan minimal 10 keyword pendukung.

Monthly search traffic dari semua exact keyword tersebut digabungkan harus lebih dari minimal 2.000 traffic.

Jika kurang saya akan cari keyword lagi sampai cukup.

Setelah itu, saya akan perhatikan kompetisi dan potensi trafik yang ada untuk masing-masing keyword.

Dari situ saya akan menentukan skala prioritas.

teknik seo website
Keyword-keyword yang paling mudah dan memiliki potensi trafik yang layak, bakal saya target terlebih daripada keyword yang lebih sulit.

Kemudian saya akan buat beberapa halaman pilar di situs saya untuk mentarget keyword-keyword mudah tersebut. Halaman pilar adalah halaman berisi artikel super powerful, lengkap, dan teroptimasi dengan baik untuk keyword-keyword gampang.

Artikel pilar seperti ini sangat disukai oleh Google dan akan sangat mudah ranking tinggi untuk keyword-keyword yang minim kompetisi selama anda melakukan on-page SEO dengan baik.

Dengan demikian saya akan memiliki initial traffic secara cepat, yang memungkinkan saya untuk membangun domain authority melalui LIKES dan TWEET serta memungkinkan saya untuk mendapatkan dana untuk membiayai proses SEO untuk keyword-keyword utama yang lebih sulit.

Bayangkan jika saya asal bikin situs tanpa proses keyword research yang lengkap, mungkin saya akan amat susah payah dalam mendatangkan beberapa pengunjung per hari.

Bahkan saya mungkin harus buat puluhan artikel hanya untuk mendapatkan beberapa puluh pengunjung per hari.

Oh iya, by the way, tools yang saya pakai untuk keyword research tak lain dan tak bukan hanyalah Google Keyword Tools (sekarang sudah ganti jadi Google Keyword Planner)

#2 On Site Optimization Sakti untuk Rank Tinggi

Ada banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam on site optimization, tapi anda tidak perlu tahu semuanya...

Anda hanya perlu tahu beberapa yang paling penting.

Tiga hal yang menurut saya paling utama dalam proses ranking tinggi di search engine adalah relevansi, user experience, dan crawlability (indexation).

cara promosi website
Relevansi itu 95% dari SEO...
Relevansi, tugas mesin pencari itu sederhana.

...Memberikan hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengunjung...

Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci "Jackie Chan", tentu Google ingin menampilkan situs-situs tentang Jackie Chan di halaman pencariannya.

Jika Google gagal melakukan hal tersebut, tentu pencari bakal kapok menggunakan Google dan bakal beralih ke Bing.

Dengan teori ini maka anda bisa membuat halaman situs anda ranking lebih tinggi di Google dengan cara menampilkan sinyal-sinyal relevansi kepada Google dengan meletakkan keyword yang anda incar di tempat-tempat yang diperhatikan oleh Google.

Tempat-tempat ini misalnya adalah URL, heading, title tag, meta description, image alt tag, dan lain-lain...

*Saya sempat bahas hal ini secara detail di sini, Cara Melakukan On Page SEO.

Contohnya adalah post ini, keyword yang saya incar untuk post ini adalah "cara SEO website". Anda bisa lihat sendiri 'kan URL saya, title tag saya, heading saya, dan lain-lain yang sengaja saya buat mengandung kata kunci "cara SEO website"?

cara seo blog search engine optimization indonesia
Jika pengunjung benci situs anda, mereka akan langsung pergi setelah mereka sampai...
User experience, di masa kini, mesin pencari sudah cukup canggih hingga bisa mengenali mana situs yang menyediakan user experience baik, dan mana yang menyediakan user experience yang buruk.

Beberapa indikasi yang Google gunakan untuk menentukan user experience yang dihasilkan dari suatu situs adalah kecepatan loading situs tersebut, bounce rate, kualitas konten, outbound dan inbound link ke halaman yang relevan, dan porsi iklan dalam halaman.

Pertama adalah kecepatan situs anda.

cara daftar seo

Simpel saja, semakin lambat suatu situs, maka semakin rendah posisinya di search engine.

Spider akan lebih malas meng-crawl karena situs yang berat dan lambat menghabiskan banyak resources, dan akhirnya adalah penurunan ranking...

Itu alasan meskipun ada banyak theme WordPress yang gratis di luar sana, saya hanya percaya pada penyedia theme yang benar-benar profesional dan tahu yang ia lakukan.

Saya pribadi hanya menggunakan WooThemes gratis, jika saya suatu saat berniat untuk investasi pada theme premium suatu hari nanti, saya akan pilih Genesis atau Thesis karena saya tahu dua framework tersebut dibuat untuk kecepatan situs yang tinggi.

cara seo website bounce rate

Yang kedua adalah bounce rate, semakin tinggi bounce rate anda, maka semakin rendah skor anda di mata Google. Average page views per visit anda juga berpengaruh lho, semakin sedikit, semakin rendah skor anda di mata Google.

Di sisi lain, semakin rendah bounce rate anda, maka semakin tinggi posisi anda di Google.

Bagaimana Google tahu bounce rate anda? Pertama dari Google Analytics (jika anda memasangnya), dan kedua dari pengunjung yang menekan tombol "back" di browser mereka SEGERA setelah mereka sampai ke situs anda.

Ketiga adalah inbound dan outbound link ke halaman relevan.

Google mengasumsikan bahwa situs dengan banyak link ke artikel lain yang relevan merupakan salah satu indikator user experience yang bagus.

Tentu saja, karena dengan inbound link dan outbound link ke halaman yang relevan, user bisa mencari tahu lebih banyak tentang suatu topik dengan lebih mudah.

Para pemula sering salah paham dan mengira bahwa semakin banyak link yang keluar dari situsnya, maka semakin buruk posisinya di Google.

Padahal jika yang ia link merupakan halaman yang relevan, justru hal sebaliknya lah yang terjadi...

Dan yang terakhir adalah porsi iklan dalam halaman.

Iklan yang memakan 80% layar monitor tentu saja menyediakan user experience yang buruk, dan itu sebabnya Google sekarang mulai menurunkan posisi situs-situs yang memenuhi halamannya dengan iklan.

Crawlability dan Indexation, hal ini agak teknis untuk dijelaskan, jadi saya agak malas, tapi intinya adalah kemudahan situs anda untuk di crawl oleh Google spider.

Situs yang mudah di crawl, maka akan mudah juga bagi Google untuk menyimpan data tentang situs tersebut di database Google sehingga mempermudah proses indeksasi.

Semakin mudah suatu situs untuk ter-index, maka semakin besar kemungkinan suatu situs muncul di halaman pencarian Google.

Halaman yang sulit di jangkau oleh Google tentu saja akan lebih jarang ter-crawl yang pada akhirnya akan memiliki posisi yang kurang baik di halaman hasil pencarian.

Di sisi lain halaman yang bisa di crawl dengan baik dan tanpa error akan lebih bagus nilainya di mata Google sehingga berpotensi untuk mengalami kenaikan ranking.

Intinya kurang lebih seperti itulah, untuk mencari tahu error dalam situs anda, crawlability status dari situs anda, broken link, dan lain-lain, anda bisa gunakan Google Webmaster Tools untuk menganalisisnya.

Sekarang kita akan bicara tentang off site optimization...

#3 Off Site Optimization, Rumus Backlink Personal Saya

Jujur saja, jika anda bisa menerapkan dua jurus yang barusan saya share di atas secara sempurna, anda bisa ranking tinggi untuk 80% keyword dengan kompetisi rendah hingga sedang di luar sana.

Tapi kadang mungkin dua hal itu saja tak cukup.

Anda seringkali membutuhkan sedikit dorongan dari elemen off site optimization untuk membantu anda ranking tinggi -- lebih tinggi daripada pesaing anda -- untuk keyword yang lebih kompetitif.

Sebenarnya topik mengenai off site optimization atau yang lebih populer dengan istilah backlinking ini adalah topik yang sangat LUAS sekali, saking luasnya saya sampai harus buatkan satu report khusus yang membahas satu topik ini sendiri secara mendetail.

Tapi okelah, yuk kita coba bahas sekilas tentang off site optimization di post kita hari ini...

Saya pribadi menetapkan rumus untuk off site optimization ini:

{(KUANTITAS x KUALITAS) + RELEVANSI} x JUSTIFIKASI
Artinya:

  • KUANTITAS adalah jumlah link yang anda bangun,
  • KUALITAS adalah kualitas dari link yang anda bangun, berasal dari mana, berapa PR nya,
  • RELEVANSI adalah kesesuaian topik dari halaman link berasal dengan halaman anda yang di link,
  • dan JUSTIFIKASI adalah hal-hal yang menjadikan link anda tersebut masuk akal untuk terjadi.

Yuk kita bahas satu-satu...

rumus seo
Rumus saya tidak seruwet rumus ini...
Secara sederhana, semakin banyak link yang mengarah ke situs anda, maka semakin baik posisi anda di search engine (KUANTITAS = positif).

Tapi di saat yang sama jika link yang mengarah ke situs anda adalah dari situs dewasa atau situs spam (KUALITAS = negatif), ya bisa-bisa situs anda malah kena penalty dari Google (positif x negatif = negatif).

KUALITAS dari link yang anda dapatkan sangatlah penting, karena meski anda bisa mendapatkan sedikit link, jika link tersebut berkualitas, maka hasilnya akan tetap positif.

Semakin banyak link dari sumber berkualitas yang anda miliki, maka semakin tinggi kepercayaan Google terhadap domain anda sehingga anda bisa lebih mudah ranking untuk keyword apapun yang anda mau.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan penurunan ranking meskipun anda sudah membangun link ber KUALITAS adalah adanya KUANTITAS negatif yang disebabkan karena link menuju situs anda di lepas oleh pemilik situs.

Hal ini merupakan negative link velocity yang menyebabkan penurunan ranking, kecuali anda menggantinya dengan link baru dengan KUALITAS yang kurang lebih sama.

Jika situs yang me-link ke situs anda RELEVAN, maka akan semakin tinggi poin relevansi situs anda, yang menyebabkan anda untuk ranking lebih tinggi di Google untuk kata kunci yang anda incar.

Bahkan meski link yang anda bangun berada di situs yang TIDAK relevan dengan situs anda, selama KUALITAS nya positif, maka anda tetap akan mendapatkan manfaat (tapi tentu tak sebanyak link dari situs relevan).

Tapi, ada satu faktor yang tak boleh dilupakan.

Hal tersebut adalah JUSTIFIKASI.

Meskipun anda memiliki banyak link dari berbagai sumber berkualitas (mass link dari press release misalnya), tapi jika tak masuk akal, tetap saja akan menaikkan bendera merah dari Google.

Contoh: Domain baru dibeli kemarin sore tapi tiba-tiba sudah mendapatkan 10.000 link dari press release, article directory, blog, dan lain-lain.

Tentu saja hal ini akan menimbulkan kecurigaan dari Google sehingga situs anda bakal kena sandbox untuk manual review dari staff Google.

Fiuh, yuk sekarang kita bahas beberapa hal yang memungkinkan kita untuk membangun link dengan KUANTITAS, KUALITAS, RELEVANSI, dan JUSTIFIKASI...

Untuk KUANTITAS, saya rasa mudah saja ya 'kan... bangun link sebanyak mungkin, dari sebanyak mungkin sumber.

Gampang 'kan?

Untuk hal ini anda bisa bangun mass link dari situs social bookmark, situs wiki, blog comment, dan lain sebagainya. Anda bisa bangun backlink tipe ini dari 90% penyedia jasa SEO di luar sana...

Jika anda ingin belajar lebih banyak tentang membangun backlink tipe ini, anda bisa pelajari di report saya yang ini: http://www.syamsulalam.net/p/lbm/

Untuk KUALITAS, pastikan anda membangun link dari situs-situs yang dipercaya oleh Google (authoritatif) atau memiliki link profile yang bagus.

Salah satu ciri situs autoritatif yang dipercaya oleh Google adalah situs EDU atau GOV atau situs APAPUN yang memiliki PR lebih dari 7.

Saya pribadi membangun link dari YouTube, Facebook, Twitter, blog-blog dengan PR tinggi (3+), blog comment dari halaman-halaman ber PR lebih dari 1, dan social bookmark dari domain yang PR 6 ke atas...

Hal tersebut akan memastikan saya memiliki link hanya dari sumber yang berkualitas.

Dari sini anda mungkin bertanya, tapi 'kan sulit untuk membangun banyak link dari sumber-sumber berkualitas?

Dan anda benar!

Itu alasan kita menggunakan teknik backlink yang tepat seperti link pyramid dan lain-lain. Kita membangun link menuju halaman berkualitas kita dari sumber-sumber yang tidak begitu berkualitas.

Contoh, membangun banyak link dari sumber-sumber kurang berkualitas menuju halaman YouTube yang me-link ke situs kita.

Dengan demikian, situs kita akan mendapatkan manfaat dari backlink yang kurang berkualitas tersebut tanpa mengotori link profile kita.

NOTE: Saya jelaskan hal ini dengan lebih lengkap di sini: http://www.syamsulalam.net/p/slg/

Jika anda kurang jelas dengan hal ini, ada baiknya anda mengerti teori dibaliknya terlebih dahulu.

Video di bawah ini akan jelaskan tentang teori Link Juice dan Link Transferal yang penting bagi anda untuk mengerti hal ini...

Jelajahi YouTube channel saya untuk lebih banyak video...
RELEVANSI? Itu mudah, beri link ke halaman situs anda dari halaman yang bertopik kurang lebih sama.

Misal, untuk halaman situs tentang kucing, saya membuat video YouTube tentang kucing, dan membangun link dari situ.

Saya tak akan meletakkan link ke halaman tentang kucing dari video YouTube tentang anjing.

Simpel kan...

Untuk JUSTIFIKASI, jika saya membangun banyak link ke suatu halaman, saya juga akan pastikan bahwa halaman tersebut memiliki cukup banyak LIKE dan TWEET.

Hal ini akan membuat halaman saya terlihat populer, dan terlihat WAJAR jika mendapat banyak link.

Cara lain untuk menerapkan justifikasi adalah membangun backlink secara PERLAHAN pada domain baru, dan mulai lebih agresif pada domain yang lebih tua...

Kenapa? Karena WAJAR bagi halaman yang populer untuk memiliki banyak link, WAJAR juga jika situs dengan domain yang lebih tua memiliki banyak link...

Sementara KURANG WAJAR jika halaman tidak populer memiliki banyak link, dan KURANG WAJAR jika situs baru sudah memiliki ribuan backlink dalam beberapa hari....

Intinya, jika anda membangun link, bangunlah dengan cara yang aman, teknik yang benar, terlihat NATURAL dan LOGIS.

Saya bahas sangat BANYAK sekali dengan SANGAT DETAIL tentang teknik membangun link yang benar, aman, natural, dan logis, plus teknik-teknik super sakti di report saya nanti...

So, jika anda tertarik belajar lebih jauh, stay tune okay!

NOTE: Report ini kini sudah ada, berisi amat banyak teknik sakti saya untuk membangun backlink dan banyak lagi.

Dapatkan report nya di sini: http://www.syamsulalam.net/p/slg/

SEO Bukan Lagi Misteri...

Setelah membaca sampai sejauh ini, bagaimana menurut anda?

Saya harap anda sudah ada gambaran tentang apa yang harus anda lakukan untuk membuat situs atau halaman anda ranking satu di Google untuk kata kunci yang anda incar.

Saya juga berharap, jika anda sempat pernah berpikir bahwa SEO adalah misteri, sekarang anda paham bahwa SEO hanyalah sebuah cara untuk menjadikan situs kita sebagai situs yang paling relevan di antara situs-situs lain.

Yang anda perlukan sekarang adalah:

  • Keyword research yang ciamik untuk mencari keyword ideal yang harus anda incar,
  • On site optimization yang benar dengan meletakkan keyword incaran anda di tempat yang tepat dan memperhatikan desain dan kecepatan situs anda,
  • Plus beberapa backlink untuk menguatkan posisi anda dari situs yang berkualitas dan relevan dengan topik situs anda.

Jika anda ingin informasi super keren seperti ini lagi, pastikan bahwa anda LIKE Facebook fan page saya, dan jadi subscriber saya dengan memasukkan alamat email anda di kotak di bawah artikel ini.

Ada pertanyaan? Tanyakan di kotak komentar! Suka dengan post ini? Share dengan yang lain!

Selamat ber-SEO ria!!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
seo website gratis
tutorial seo untuk pemula
belajar seo
tutorial seo lengkap
seo tutorial
cara seo
tutorial seo lengkap gratis
seo google

100 thoughts on “Cara SEO Website dan Blog yang Benar untuk Ranking Tinggi di Google!!

  1. wah makasih benar mas syasul alam salam kenal aja … dan yang saya pengen tau kenapa rahasia kaya gini kok di sebar-sebarin, gak takut kesaingan orang lain… makasihhh atas bibingannya….
    mohonn anda kasih tau ilmu kami sebanyak-banyaknya agar kami juga jadi lebih jagooo…

    1. saya ga takut karna meski ngikutin guide saya belum tentu anda jadi lebih jago daripada saya, hehehehe… peace. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜›

  2. Lengkap banget informasinya mas. Saya sedang berusaha membangun link dari berbagai sumber. Susah sekali menemukan blog dengan PR yang lebih dari satu. Kalau create backlink dari blog yang PR nya kecil atau n/a, tidak apa-apa kan mas? Terima kasih informasinya.

    1. Saya pribadi akan lebih selektif untuk situs utama saya. Saya tidak akan berani menggunakan banyak blog dengan halaman PR 0 atau PR n/a untuk blog comment.

      Di report saya nanti akan saya ajarkan bagaimana cara mendapatkan link PR tinggi (PR3-5) dengan mudah (dofollow lagi)…

  3. salut buat mas syamsul… bener-bener artikel bermanfaat… mengulas seo secara detail plus pake bahasa sederhana yg mudah dimengerti… semoga artikel ini bisa mencerahkan buat yg ms bingung ttg seo… ditunggu artikel yg lainnya…

  4. Namun, SEO masih tetap misteri. Artinya, kita tidak tahu algoritma sesungguhnya dan merupakan rahasia perusahaan. Tapi setidaknya, Kita bisa menduga-duga berdasarkan pedoman yang ada.

    Lagi pula, semisal ada dua situs yang melakukan optimasi sama persis, yakinlah akan ada nomor 1 dan 2 di SERPs.

    Informasi dasar yang bagus untuk pemula.

  5. untuk onpage seo saya biasanya pake plugin dan hasilnya lumayan baik sejauh ini. Offpage agak lebih sulit, saya lebih suka ngomen di blog yang saya anggap authority seperti blog ini ๐Ÿ™‚ Selamat artikelnya sanagt lengkap saya membayangkan bisa seminggu kayaknya kalau saya buat artikel dengan kualitas seperti tulisan mas Syamsul Alam.

  6. Salam Kenal mas !
    saya baru pertama sekali datang berkunjung ke website ini. Masih dalam tahap belajar SEO nih mas ๐Ÿ™‚ hehehe.

    Terkejut membaca artikel ini, karna ulasannya cukup luas dan semua pun di bahas.

    Sukses ya mas !

    Oh iya terima kasih ilmu ilmu nya mas ๐Ÿ™‚ heheheh, apalagi rumus rumus nya tadi, masih sedikit paham deh, tapi sudah cukup baik ๐Ÿ™‚ heheheh

    Silahkan berkunjung mas ke website saya ๐Ÿ™‚ hehehe

  7. Antara SEO dan Keyword bagi pemula seperti saya masih abu-abu di dalam fikiran saya. Mungkin perlu belajar lebih banyak agar mudah dipahami…!

  8. Terima kasih atas info nya . .
    saya masih kurang paham yg back link itu kaya apa bisa jelaskan yang simpel .

  9. salut abis ni artikelnya hehehe makasih banyak harus banyak berlajar sama mas syamsul ni biar web ane maju

    1. Sip, silakan belajar sesuka mas. ๐Ÿ˜€ saya seneng kalau bisa membantu. salam senyum… ๐Ÿ˜€

  10. Tulisan yang sangat bermanfaat, kalau ada ebooknya sepertinya akan semakin mantap Mas. Maklum, saya agak susah memahami suatu ilmu jika harus membacanya secara online. Capek aja nyecroll keatas kebawah terus, wkkwkw… Btw, salam kenal dari Pontianak ya. Trims…

  11. Luar bisa sekali bos ilmunya, walau saya baca sampai sedikit ngatuk tp sangat membantu sekali untuk kita2 yang sedang belajar tentang seo,

    Sederhana tetapi bisa dipercaya? super sekali

    ๐Ÿ™‚

  12. wah.. ini baru mantap… saya diajari mulai dasarnya juga mau… soalnya masih gaptek nih mas… suwun..

  13. pengen tanya sob apa umur atau usia blog berpengaruh dengan muncul tidaknya artikel pada halaman pertama di google..?soalnya semua artikel ane kok tidak ada yang tampil di halaman pertama di google..masalahnya blog saya kira-kira baru berumur 1 bulan..kalau sobat berkenan mohon tinjau blog saya ini kira-kira pengoptimalan apa yang kurang..mohon pencerahanya..InsyAllah saya akan mampir kembali ke blog sobat..terimakasih..

    1. usia blog berpengaruh dengan muncul tidaknya artikel di halaman pertama google. ada banyak yang harus dipertimbangkan jika suatu artikel tidak ada di halaman pertama google.

    1. Video nya ndak rusak kok mas, saya sekarang klik tombol play baik-baik saja kok. ๐Ÿ˜€ Di coba lagi yah. ๐Ÿ˜€ Salam senyum…

  14. thanks mas….
    saya sudah mempraktekannya tp tetep aja gak bisa di hal pertama google

    mohon bantuan nya mas . di seo competition
    dengan keyword :
    telkomsel flash koneksi internet piliha anak sekolah
    kartu as gratis bicara dan sms sepuasnya khusus member sekolah

    1. untuk kontes seo mungkin kompetisi lebih sulit… tapi seharusnya sih masih bisa kalau hanya rank halaman #1 doank. mungkin mas kalah di backlink?

      1. ane juga susah untuk posisi pertama, awalnya bisa berada bisa berada di posisi pertama namun setelah blog lain publish dengan keyword kaya’ artikel ane malah nongkrong di posisi 3-4. greget liatnya mas.. setelah perhatikan dengan baik kemungkinan besar ane kalah dalam segi backlink, tapi syukurlah karena bisa tampil di halaman pertama dengan keyword yang dituju.

        rasanya gk ada bosannya baca post mas alam diatas..!

  15. Sala kenal mas..ilmunya super sekali mas, sy NEWBIE banget di internet marketing apalagi SEO ;(, tp setelah membaca dan melihat dari tutor mas Alam sya jadi tamb semangat. salam super buat mas alam, mohon bimbingan nya. ๐Ÿ™‚

  16. alhamdulillah nemu website keren ini, tips yg anda berikan sngatlah berguna, terutama bagi saya yg benar-benar Newbie tentang SEO. Karena saya baru mulai untuk mencobanya, meskipun sedikit bingung dari beberapa kata yg ada di atas, tapi saya akan mencoba dahulu. terimakasih.

  17. Mantaps banget penjelasan dari Mas Syamsul Alam, yang sudah menjelaskan dengan panjang lebar dan mantaps.

    Makasih sharenya mas

  18. Terima kasih atas Artikelnya ya sob, terus terang sampai saat ini pun saya masih bingung tentang bagaimana caranya agar artikel menjadi nomor satu, sudah berbagai cara saya lakukan termasuk cara yang sobat paparkan, namun belum ada hasil yang maksimal,..entahlah sob

  19. untuk berebut Keyword Research Sebagai Pondasi Rangking Tinggi yang banyak di pake orang gimana bro?

  20. Ternyata pusing juga sob…………ilmu SEO, tapi dengan andanya artikel-artikel dari sobat semua akhirnya saya gak jagi patah semagat karena untuk pemula seperti saya ini harus extra waktu untuk belajas SEO…terima kasih banyak sob.atas bantuanya…….maju terus kami tunggu info-info yang lebih hebat lagi.

  21. terima kasih atas informasinya mas syamsul alam… saya sudah mencoba tips yang mas syamsul alam berikan dan sedang mengunggu proses… kalau soal backlink, sekarang saya duah cukup mengerti, terima kasih mas alam atas informasi cara seo ini! update terus website ini ya, agar saya dapat melihat artikel seo ampuh yang lainnya!

    oya, dari yang saya lihat dari berbagai sumber, kalau backlink nofollow itu nilainya sangat kecil, apa benar? soalnya kebanyakan sosial media kan mendofollowkan link keluarnya. mohon jawabannya?

  22. mas, saya liat video seo anda di youtube..
    saya salut sama mas, makasih tutorialnya walaupun saya pemakain blogger setidaknya saya tau researc keyword ..
    makasih mas

    1. saya agak setuju. tapi konten yang bagus tidak cukup. kita butuh memasarkan konten kita juga. ๐Ÿ˜€ salam senyum. thanks karena udah mampir.

  23. bisa di share ga mas, blog yang pr diatas 3 buat backlink blog kita…

    saya juga mau tanya; cara situs ini dapat backlink dari situs yang ber page rank diatas 3 seperti agview dot com, stopthedeathtax dot org, tauschproject dot org… caranya gimana ya…?? dapat backlink dari situs tsb gratis atau bayar?

    terima kasih jawabannya..

  24. mas syamsul alam, terima kasih ya bagi bagi ilmuya, beberapa bulan terahir ini saya sering berkunjung ke youtube mas syamsul dan download tutoria-tutorial gratisnya, rata rata ilmu ilmu yang dibagi ke kami sangat berguna. saya doakan mas syamsul semaki sukses dan jadi pakar SEO indonesia ya.. amin

  25. mas syamsul alam, terima kasih ya bagi bagi ilmuya, beberapa bulan terahir ini saya sering berkunjung ke youtube mas syamsul dan download tutoria-tutorial gratisnya, rata rata ilmu ilmu yang dibagi ke kami sangat berguna. saya doakan mas syamsul semaki sukses dan jadi pakar SEO indonesia ya.. amin.. salam senyum

  26. Mantab mas Syamsul artikel nya. Membacanya menjadikan saya seperti anak TK lagi dalam per SEO an. Yang saya pahami selama ini adalah yang penting banyak link dari situs lain ke website kita, tapi ternyata? ini barangkali sehingga utk beberapa keyword pada situs saya drop. Rupanya saya harus byk belajar & bekerja lebih keras lagi. Syukrn

  27. Sebelumnya saya kebingungan dengan cara2 pasang backlink, (maklum newbie :D). Tapi setelah saya liat video mas syamsul tentang SEO off page saya jadi ngerti cara2 membuat backlink itu gimana. makasih mas videonya

    sukses selalu ..

  28. saya baru saja liat video tentang gravatar ๐Ÿ˜€
    dan mau saya coba komen di artikel ini,,,

    terima kasih mas syamsul tentang video nya yang sangat bermanfaat sekali,, terutama bagi newbie seperti saya ๐Ÿ˜€

    salam sukses

  29. Terimakasih gan sudah berbagi Artikel seputar tips SEO Untuk Website , masih belajar tentang seo website milik saya. semoga dengan blog agan syamsulalam.net bisa meningkatkan jumlah kunjungan web . sekali lagi terimakasih banyak , salam sukses dan salam kenal mas , mohon juga bimbingannya ๐Ÿ˜€ berharap klo boleh tau fb nya apa ya saya sudah like fp-nya

  30. wah bagus mas artikelnya, tapi saya masih kurang paham masalah crawling dari google sendiri. besar mana ya mas pengaruhdari baclink web2 besar dengan membuat aritkel yang continue? karena saya masih bingung. terimakasih. mohon bantuannya

  31. Thanks ilmunya mas,
    Ada 1 website saya saat ini, tepat hari ini PR naik dari 2 menjadi 4. Namun trafik sejak 3 bulan naik turun drastis seperti pelana kuda disebabkan serp yang naik turun juga. Apakah hal tersebut pengarus dari update PR atau backlink yang hilang?

  32. mas, sebelumnya terimakasi banget udah mau berbagi ilmunya yang sangat bermanfaat.
    mas, saya mau nanya, klo misal kita mau nembak suatu keyword, misal “mobil murah”

    apakah semua artikel yang kita tulis harus mengandung judul “mobil murah”? misal “daftar harga MOBIL MURAH”, “Tips memilih MOBIL MURAH berkualitas”

    trs setingan di plugin yoast, fokus keywordnya “mobil murah” semua? ato gmn? jujur saya masih bingung tentang penerapan keyword di artikel

    makasi mas..moga2 rejekinya tambah berkah ๐Ÿ™‚

    1. Misal kita mau nembak keyword “mobil murah”, dedikasikan SATU halaman di situs kita yang nembak keyword tersebut.

      Halaman lain di situs kita nembak keyword lain yang ada kaitannya dengan kw tersebut (seperti: “dealer mobil bekas murah”, “tips membeli mobil”, “hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil”, dlsb), dan nge link ke halaman utama yang nembak kw “mobil murah” itu tadi…

      Semoga sudah tidak bingung lagi. ๐Ÿ˜€ Salam senyum!

      1. wah, makasi banyak mas, cepet banget jawabnya, hehehe…

        Ooo..gitu, iya skrng uda ada gambarannya
        jadi yang dimaksud dengan SATU halaman itu sama dengan SATU artikel?
        brarti ga boleh ya, klo kita punya 5 artikel fokus keyword di plugin yoast nya “mobil murah” semuanyaaaa?

        doain ya mas, bisa dapet rejeki yang lbh, saya msh newbi banget. klo saya ada uang yg lebih, pengen bgt gabung di premium membernya mas samsul. gratisannya aja udah keren, berbayarnya pasti superrrrr kereeeen *moga2 pas ada duit, harga premium membernya belum naik lagi,hehe* ๐Ÿ˜€

  33. Saya sangan senang berada di sini, bagaikan burung yang singgah kedalam sangkarnya, terima kasih mas alam, thx u untuk artikel yang membuat hati saya damai

  34. terimakasih ilmunya gan sangat bermanfaat.. khususnya bagi saya yang baru saja belajar seo.. sudah 2 minggu menseoan blog, tpi sampai skrng belum ada efeknya.. apakah pelu aktu berbulan bahkan bertahun tahun? apa karena saya hanya menggunakan cara gratis ya, kan seperti yg mas bilang seo terkadang gak gratis..

  35. Master syamsul alam memang di juluki sebagai master ๐Ÿ™‚ penjelasanya akurat dan mudah di pahami. Makasih yah saya sudah beberapa kali mengunjung website mas karena membanjiri google hehe ๐Ÿ™‚

  36. dasyat gan artikelnya, membuka kepala saya tentang SEO, saya tanya bagaimana cara google perbarui/ update pagerank-nya, apakah ada jangka waktunya atau tidak.

  37. SEO memang rumit kelihatannya, apalagi buat saya yg part timer dan baru 2 minggu belajar internet marketing, hehe… Tapi saya yakin, lama2 juga akan familiar dan terbiasa dgn urusan seperti ini. Terima Kasih Syamsul Alam yg sudi berbagi ilmu secara gratis… SUKSES

  38. Wah, Panjang bgt penjelasannya Brow, jadi pusing. ๐Ÿ™‚
    Tapi Makasih dah bagi kan Infonya, semoga bisa di praktekkan,….

  39. wah,saya begitu kagum dengan yang anda jelaskan di atas begitu rinci.memang ilmu SEO itu tidak pernah habis untuk di pelajari.. salam kenal bang..

  40. Terima kasih mas alam,
    artikel ini sangat membantu bagi para pemula SEO.

    yang tadinya tidak tahu akhirnya tahu kalau ada istilah on site dan off site,

    ini pertama kalinya saya mampir kesini,

    terus posting artikel-artikel yang bermanfaat mas, biar mampir kesininya rajin.

  41. Untuk memahaminya memang harus pelan2, tapi menarik sekali, beruntung menemukan web ini. mau tanya : sebenarnya bikin keyword itu idealnya berupa kalimat atau cuma 1 atau 2 kata saja? trus disebutkan kalau web kita susah dibuka (lama loadingnya) maka rank kita akan turun. Nah bagaimana cara mengatasi lemotnya situs kita kalau dibuka? ini lagi saya alami, web toko online saya kalau dibuka lamaaa.. terima kasih jawabannya.

  42. terima kasih mas syamsul, artikel yang bermanfaat buat tambahan ilmu saya tentang seo yang sedang tahap pembelajaran, maklum pemula di internet.

  43. Salam Kenal Mas Syamsul Alam , saya salah satu penggemar artikel anda, baik di youtube maupun di website yang dahsyat ini,, saya masih awam dan belajar dari bawah dalam hal seo, karena saya menjual bibit durian kaki tiga sebagai durian terbaik dunia saat ini, .. dijual online dan dikirim ke seluruh indonesia walau hanya pesan 2 batang saja,, tentu ini untuk membantu saya pribadi dan para petani dan pemilik kebun di Indonesia,, alhamdullilah sekarang banyak sekali ilmu ilmu anda yang saya terapkan dan memperkuat traffic seo saya,, saya sangat berterima kasih atas ilmunya,, dan tentu saja semua masyarakat indonesia akan banyak berdoa buat kesuksesan anda ,, salam hormat dan salam kenal mas,,, sukses selalu,,

  44. Hii Shamsul Alam…saya mau minta bantuan sama bapak bagaimana carapromosi kan website supaya lebih tinggi rangkingnya trima kasih terima ksih Adi

  45. kalau bicara tentang seo gak ada habisnya yah mas, saya masih belajar tentang seo dan ada yang ingin saya pertanyakan:
    1. kalau di lihat dari keyword density, bagusnya perentase(%) keyword itu berapa?
    2. apa persentase(%) density dari keyword perlu di perhatikan juga?
    3. satu lagi, ada cara buat ngurangin speed situs kita gak yg ampuh :p

    salam kenal dan makasih mas sebelumnya. ๐Ÿ™‚

    1. 1. ga usah dipedulikan hal ini, tapi klo mau peduli, saya biasanya 1% – 2%.
      2. ga perlu, tulis secara alami aja.
      3. install w3cache plugin

  46. terkadang saya masih bingung apakah ilmu SEO saya sudah benar , karna saya terlalu banyak menangkap informasi tentang SEO , saya tidak punya acuan belajar SEO . seperti yang kita tahu , Ilmu SEO di Dunia Maya ini hampir tidak ada yang gratis !!! ada yang gartis tapi itu tidak memberikan semua informasi yang sebenarnya tentang seo, hanya sebagian!!
    apa yang harus saya lakukan??
    jika mas alam ada di posisi saya apa yang mas alam lakukan ?????

  47. mas sy sudah membuat web 3 thn yang lalu, tetapi web saya selalu di bawah dan bgmana carannya menjadikan no, 1

  48. artikel yang top mas syamsul, tertarik juga jadi member premium. karena SEO penting juga untuk kemajuan usaha kita.YAKUSA

  49. Sangat detail dan lengkap tapi karena masih pemula akhirnya saya malah bingung. Intinya sih mau cari tau KEYWORD. Thanks pencerahannya

  50. Terima kasih atas infonya mas, sangat membantu saya sebagai seorang pemula untuk lebih tahu apa itu SEO..

    Salam Sukses

    Cekgu

  51. kak ak sudah transfer kakak 397.000. tapi hp kak di sms koq gak masuk ya.. saya tlp juga gak diangkat. gimana ini kak saya minta tanggung jawabnya ya kak

      1. Saya sudah lihat, betul ada pembayaran atas nama mas/mbak fenny ke BCA saya. Minta alamat email nya yah dan nomor telepon yah, jadi bisa saya kasih detil loginnya. ๐Ÿ˜€ Trims!

  52. mantab sekali ilmunya, padahal kata yang saya ketik di google beda jauh sama judul artikelnya, tapi hasil dari google, artikel ini masuk di urutan teratas ๐Ÿ˜€

Comments are closed.