Empat Cara Menghasilkan Uang di Internet yang 100% Pasti Menghasilkan

Satu hal yang saya tidak suka ketika memulai percakapan dengan orang yang baru saja yang saya kenal dan (saya asumsikan) lebih pemula dari saya, adalah karena mereka berpikir bahwa satu-satunya cara menghasilkan uang di internet adalah melalui Google Adsense.

"Ga pernah nyobain Google Adsense ta mas?", "Caranya biar di approve Google Adsense itu gimana sih mas?", "Kok ga ada tutorial tentang Google Adsense di blognya mas?"

Saya tidak tahu apa yang salah, saya sendiri penasaran kenapa banyak dari mereka (yang saya temui) selalu berasumsi bahwa cara untuk menghasilkan uang di internet adalah dengan Google Adsense.

Okay, daripada komplain tidak jelas, saya lebih baik buka sedikit wawasan untuk orang-orang seperti ini. Ada BANYAK sekali cara untuk menghasilkan uang di internet. Saking banyaknya saya sendiri sampai bingung. Tapi mari kita mulai saja.

Menurut saya, pada dasarnya ada empat kategori (kuadran) cara untuk menghasilkan uang di internet.

Kuadran 1: Product Creator

Product creator yang saya maksud di sini adalah pembuat produk. Ketika saya belajar di Warrior Forum, ini adalah hal yang paling banyak saya pelajari dan saya pahami sebagai cara paling sederhana untuk menghasilkan uang melalui internet.

Cara kerjanya sederhana, anda membuat produk -- entah itu produk digital ataupun produk fisik -- kemudian menjualnya lewat internet. Sederhana bukan?

Meskipun sederhana ada banyak yang bisa anda lakukan di kuadran ini.

Anda bisa membuat software pembuat maskot kemudian menjualnya di Warrior Forum seperti yang dilakukan saudara setanah air kita ini. Mas Reza (kalau tidak salah namanya) membuat produk spektakuler yang membantu kita untuk membuat maskot perempuan.

maskot perempuan picture

Contoh lain: jika saudara anda atau bahkan anda sendiri punya usaha pembuatan tas kostum atau tas replika, anda bisa menghasilkan banyak uang di internet dengan membuatkan toko online untuk menjualkan tas buatan anda. Seperti yang dilakukan situs ini: http://www.tasreplika.com/

Teman (cukup akrab) saya, Hangga Nuarta membuat situs yang menjual kaos bola. Produknya? Dia cari supplier dari Jakarta, pesan, kemudian di antar ke pembeli. Dia hanya modal toko online dan beberapa kaos (12 per jenis) untuk stok awal. Lihat sendiri situsnya di sini: http://bolavia.com/

Dan banyak lagi... anda bisa membuat plugin untuk WordPress? Anda bisa desain? Tahu cara instalasi dan mengoptimasi situs? Keahlian apapun yang anda miliki dan produk yang mungkin anda dan kenalan anda miliki, bisa anda jual di internet.

Lupakan menghasilkan beberapa sen atau beberapa dolar per hari dari adsense. Jika anda punya keahlian untuk mendesain, anda berpotensi menghasilkan puluhan hingga ratusan dolar per hari dengan memasarkan keahlian anda di tempat yang tepat (forum... ehem...).

Kuadran 2: Product Reseller

Tidak punya keahlian? Tidak bisa membuat produk anda sendiri? Tak punya kenalan? Tak masalah... Selama anda gunakan otak anda, tanpa produk pun anda bisa menghasilkan uang.

Sedikit pengetahuan buat anda. Tahukah anda bahwa harga gadget di luar negeri jauh lebih murah dibandingkan harga gadget di dalam negeri? Tahukah anda bahwa banyak orang rela menunggu 3 minggu hingga satu bulan untuk mendapatkan gadget impian mereka yang lebih murah 200 ribu hingga 500 ribu dari harga pasar?

Saya akan beri tahu anda sebuah tempat dimana anda bisa dapatkan gadget bagus, second, dengan harga murah (setengah juta hingga satu setengah juta lebih murah).

Ebay.

Yups... anda bisa dapatkan gadget yang dijual seharga 6 juta dengan harga $400 di sana. Mau beli iPad 3 murah? Mau cari iPhone terbaru? Cari di Ebay, beli, tunggu 4 minggu untuk pengiriman, kemudian jual lagi di Indonesia dengan harga dibawah harga pasar dan masih untung.

Dimana dan gimana cara jualnya? Post aja di TokoBagus.com atau Berniaga.com. Gitu aja kok repot...

Cara lain yang populer adalah dropshipping. Saya punya banyak teman yang menjual kaos melalui Ebay. Apakah mereka membuat kaos mereka sendiri? Tidak. Apakah mereka yang mengantar kaosnya? Juga tidak...

Yang mereka lakukan hanya meriset trend, kemudian membuatkan desain kaos, jika ada pembeli, mereka akan pesan ke situs dropshipper untuk mengantarkan kaos tersebut ke pembeli. Teman-teman saya mendapat puluhan hingga ratusan ribu rupiah per kaos yang terjual. Semata-mata hanya dari selisih antara harga listing dan harga asli kaos.

Satu lagi cara menghasilkan uang di internet dengan reselling product.

Tahukah anda bahwa ada banyak produk digital dengan hak jual kembali (resell rights) di luar sana yang bisa anda peroleh gratis dengan legal?

Anda bisa cari produk-produk tersebut, buatkan sales letter nya, upload produknya di server anda, tambahkan tombol 'beli' di sales letter anda, pasarkan di tempat yang tepat, dan dapatkan ratusan ribu rupiah melayang ke akun PayPal anda semi otomatis.

Tentu saja yang beginian akan saya jelaskan lebih detail bagi member Premium Membership. 😀 (tapi tolong ingatkan yah... karena saya pelupa.)

Kuadran 3: Affiliate Marketer

Affiliate itu istilah mudahnya adalah makelar. Anda menjualkan barang milik orang lain, dan anda mendapatkan komisi untuk penjualan atau performa yang anda lakukan.

Ini berbeda dengan menjadi product reseller. Kenapa? Karena anda hanya mendapat komisi. Anda tidak perlu melakukan customer service (hal ini dilakukan oleh vendor anda) dan anda tak memiliki akses terhadap data dari kustomer yang anda bawa.

Cara para affiliate marketer untuk mendapatkan uang juga sangat sederhana. Mereka hanya perlu membawa sebanyak mungkin trafik ke halaman vendor.

Beberapa affiliate marketer juga mencoba meyakinkan calon pembeli untuk menjadi pembeli dengan membuat ulasan (review) yang isinya berupa perbandingan (comparison) terhadap produk dalam satu industri tertentu...

Beberapa juga membuat agar pengunjung situsnya mau melakukan tindakan tertentu (seperti mengisikan alamat email dan/atau alamat rumahnya untuk suatu insentif), affiliate marketer seperti ini adalah yang memperoleh komisi berdasarkan performa atau kinerjanya dalam mendapatkan data calon pelanggan (istilah internetnya CPA -- Cost Per Action).

Jika anda tertarik untuk menjadi affiliate marketer, hal pertama yang harus anda lakukan tentu saja join ke affiliate network terlebih dahulu.

Kemudian menentukan strategi anda dalam proses pemasaran produk yang sedang anda promosikan sebagai affiliate.

Strategi-strategi tersebut bisa jadi,

  1. Membuat situs yang khusus mengulas (review) produk-produk dalam industri tertentu.
  2. Membuat Facebook fan page dalam satu ceruk pasar (anjing chihuahua misalnya) kemudian mem-post produk terkait sebagai rekomendasi.
  3. Membuat situs yang isinya perbandingan dari produk-produk dalam industri tertentu.
  4. Membuat situs yang berisi informasi khusus mengenai produk, perusahaan dibalik suatu produk, dan segala detail pada produk-produk dalam industri tertentu.
  5. Membuat situs yang menyediakan perbandingan harga dari satu produk yang dijual di berbagai tempat dan membantu calon pembeli untuk mendapatkan deal termurah.
  6. dan lain-lain....

Setelah menentukan strategi yang anda inginkan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset produk dan/atau riset keyword, untuk memastikan bahwa anda punya kesempatan untuk menjual produk dengan komisi yang cukup dan dengan keyword yang anda target terkait produk anda masih memiliki kesempatan untuk dikuasai.

Kuadran 4: Advertising Space

Ini saya letakkan di kuadran terakhir karena (bagi saya) menghasilkan trafik adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Dan kuadran ini berkutat seluruhnya pada upaya-upaya untuk menghasilkan trafik.

Sebenarnya cara kerjanya sederhana. Anda mendapatkan sebanyak mungkin trafik ke situs anda. Kemudian, anda menyewakan spot di situs anda bagi mereka yang ingin mendapatkan sebagian trafik anda.

Anda bisa menjadi kartunis yang membuat kartun-kartun lucu, situs berita dengan banyak berita, situs humor dengan ribuan humor, situs resep dengan ribuan resep dari berbagai negara, dan lain-lain...

Kemudian menyediakan advertising slot seperti banner ads, contextual link ads, dan lain-lain, entah itu melalui third party (seperti Google Adsense misalnya) atau mandiri.

Ini tidak akan saya jelaskan karena mungkin anda lebih tahu daripada saya, hahahaha....

Okay... jadi saya rasa itu saja yang saya publish hari ini. Ketika membuat post ini, saya jadi sadar bahwa sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang di internet.

Satu kuadran yang saya lupa adalah Service Provider, yang mungkin akan saya tambahkan di post ini kapan-kapan, ketika saya lagi mood. Hahaha...

Jika anda menyukai post ini, saya minta tolong untuk 'Like' post ini di Facebook dan 'Share'. Kenapa? Agar teman-teman anda yang lain juga bisa mendapat manfaat dari artikel ini.

Thanks sekali lagi, jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kotak komentar! Salam pintar.

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
cara mendapat uang dengan cepat dan halal
cara mendapatkan uang tanpa modal
cara menghasilkan uang dari rumah
cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal
cara mendapatkan uang dengan mudah
cara dapat uang banyak
cara cepat mendapatkan pekerjaan

9 thoughts on “Empat Cara Menghasilkan Uang di Internet yang 100% Pasti Menghasilkan

  1. artikelnya sangat bermanfa’at bagi saya yg masih pemula.
    thanks dan update terus yaa……..semoga sukses

  2. Banyak yang begono yang begini tapi ga ada hasilnya
    aku jadi bingung ka
    menurut kaka yang mana yang tepat untuk bisa dapat penghasilan dari internet tingkat pemula seperti aku..?

    Salam Bloger

  3. mas SyamsulAlam apa anda membuka peluang bagi yang mau menjadi affilate marketing PROFESIONAL ?
    *yang detail,terperinci dan bisa bertanya(jika ada kesalahan&terhambatnya pemahaman pembelajaran bagi siPemula Marketer)!
    *terntunya yang berbayar

    1. sementara ini tidak dulu deh mas Ahmad, masih sibuk, hahahaha….

      segera setelah saya selesai kuliah, tinggal di rumah saya sendiri, dan lebih tidak sibuk, saya mungkin bisa ngajarin banyak untuk banyak orang juga. Tunggu aja yah… 😀

  4. salam kenal bro syamsul,
    sy dah baca baca web-nya, bagus lho, jd pengen belajar ne..
    gmana caranya, eh iya kalo kt mau join di warrior forum itu
    berbayar to,, heee, kirain gratis..
    salam

Comments are closed.