Cara Membuat Toko Online yang Saya Tahu

"Cara membuat toko online" ternyata topik yang cukup populer untuk beberapa dari anda. Kenapa saya tahu?

Karena beberapa hari yang lalu anda mungkin menerima email dari saya yang tanya kabar anda. Ada yang menjawab dengan jawaban sekedarnya, ada yang ngajakin ngobrol, ada juga yang tanya serius.

Hari ini saya mau menanggapi yang bertanya serius, "Cara bikin toko online itu gimana sih?"

*UPDATE!! Sekarang saya sudah buatkan eCourse GRATIS yang akan mengajarkan anda hampir semua yang anda butuhkan untuk membuat toko online profesional anda.

Klik di sini: Video Cara Membuat Toko Online Gratis ยป

Ada beberapa alternatif membuat toko online yang saya tahu, tapi agar anda mudah mengingat dan memilihnya, saya hanya akan menjabarkan DUA cara yang paling populer.

Post ini bukan tutorial post, saya hanya akan memberi alternatif pada anda -- tutorialnya bisa anda cari di internet, atau mungkin akan saya buatkan nanti kalau saya sempat.

Saya mungkin juga akan buatkan video tutorialnya juga, gratis untuk yang subscriber Facebook Syamsul Alam dot Net, karena saya tahu anda mungkin baru bisa mengerti setelah melihat cara membuatnya dengan mata kepala anda sendiri.

Anyway, berikut ini cara sederhana untuk membuat toko online:

Cara Buat Toko Online di Blogger (Gratis)

Sebenarnya apa sih toko online itu? Toko online itu pada dasarnya 'kan hanya sebuah halaman di internet yang menampilkan gambar produk kita, deskripsi produk, dan cara untuk memesan. Oleh karena itu kita sebenarnya bisa sekali membuat toko online hanya dengan media blog di Blogger.

UPDATE: Tutorial lengkap cara membuat toko online di blogger telah tersedia.

Lengkap dengan gambar tiap langkah plus theme toko online blogspot canggih GRATIS! Klik di sini ยป http://www.syamsulalam.net/tutorial-cara-membuat-toko-online-di-blogger/

Caranya mudah sekali. Buat blog gratis di Blogger, buat post baru dengan judul nama produk anda, isikan deskripsi produk yang anda jual di bagian post, harga produk anda, dan jangan lupa sertakan gambar produk anda. Setelahnya berikan saja cara untuk mengontak anda. Bisa melalui telepon, bisa melalui email, terserah anda.

Biasanya mereka akan telpon untuk tanya-tanya dulu tentang produk anda. Tanya tentang cara bayarnya, dikirim pakai jasa pengiriman apa, biasanya berapa lama, dan lain-lain. Pikirkan saja lima pertanyaan yang mungkin akan sering ditanyakan dan buatkan halaman baru di blog gratis anda untuk halaman F.A.Q. agar jumlah pertanyaan seperti ini berkurang.

Sistem toko online yang seperti ini saya gunakan untuk berjualan produk fisik yang pemiliknya tidak begitu mengerti cara mengoperasikan website. Contohnya ayah saya. Situs saya yang menjual perlengkapan peternakan lele (http://belilele.com) pun menggunakan sistem simpel ini.

Cukup efektif menurut saya, karena setiap hari selalu ada telepon dari orang yang tidak sengaja mampir di toko online tersebut. ๐Ÿ˜€

Ini cara simpel yang para pemula pun pasti bisa. Hampir tidak ada learning curve kecuali hanya cara mengoperasikan Blogger. Jika yang anda inginkan adalah order melalui telepon yang melimpah, silakan gunakan cara ini...

Memang tampilan situs anda tidak akan terlalu profesional, navigasi situs anda terbatas, anda tak memiliki kemampuan kontrol yang baik atas konten-konten anda, dan banyak lagi... tapi tentu saja itu konsekuensi dari melakukan cara gratisan -- tidak bisa tampil sebagai profesional.

Tapi tenang saja, di Indonesia kebanyakan pembeli tidak begitu peduli tampilan situs anda. Yang penting anda mengantar barang anda tepat waktu dan anda ramah ketika bicara, maka pembeli akan balik membeli lewat toko online anda lagi. Kenapa saya tahu? Karena pengalaman bung!

Cara Membuat Toko Online di WordPress Self Hosting (Berbayar)

Ini adalah cara favorit saya. Tampilan toko online anda bisa jadi sangat profesional dan anda bisa dengan mudah mengelola produk yang ada di toko online anda.

Ada dua cara membuat toko online di WordPress yang saya gunakan, pertama adalah menggunakan WooCommerce + WooThemes, yang kedua adalah menggunakan MarketPress -- kalau dipikir-pikir, saya sebenarnya jarang pakai MarketPress, saya lebih suka WooFramework sebagai tempat bekerja dibanding yang lain. ๐Ÿ˜€

Kenapa saya suka WooFramework? Karena proses pembuatannya mudah. Install WooCommerce, install WooThemes toko online, integrasikan dengan WordPress SEO by Yoast, dan jadilah toko online super powerful dalam 15 menit.

Seperti yang saya bilang, tidak ada tutorial di post ini. Tapi ini link dan gambar untuk referensi:

cara membuat toko online woothemes picture

WooThemes Home Page
cara membuat toko online woothemes gallery picture

WooThemes Theme Gallery - Anda bisa lihat theme toko online nya yang cantik-cantik kan?
cara membuat toko online woothemes more gallery picture

Lebih banyak lagi WooCommerce Theme...
cara membuat toko online wootique picture

Salah satu theme WooCommerce yang gratis, Wootique (nama yang aneh, saya tahu).
Link: WooCommerce + WooThemes (http://www.woothemes.com)

Gimana? Sudah ada ide untuk toko online anda? Apa yang akan anda jual? Menggunakan CMS apa (blogger atau WordPress)? Bagikan di kotak komentar!

P.S: Jika anda ingin video tutorial cara membuat toko online gratis, silakan klik LIKE dibawah, nanti akan saya kirim Facebook Private Message ketika videonya sudah jadi. Thanks!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
cara membuat toko online gratis dengan wordpress
cara membuat toko online dengan blogspot
cara membuat toko online di facebook
cara membuat website toko online sendiri
buat toko online gratis selamanya
cara membuat toko online gratis di facebook
cara membuat website toko online dengan php
cara membuat website toko online dengan dreamweaver

11 thoughts on “Cara Membuat Toko Online yang Saya Tahu

    1. yang woothemes gratisan ada kok. Klo yang perlu di bayar, cuman hosting ama domainnya. Selebihnya, woocommerce dan woothemes gratis.

      Banyak kok theme gratis di woothemes yang bagus buat toko online… ๐Ÿ˜€

      1. Selamat pagi anak muda yang hebat…Saya punya masalah karena saya adalah benar2 gaptek…Saya kan sudah membuat dua ( 2) website toko online pada jasa pembuat website toko online….Kemudian setelah toko online saya selesai, saya diberi panduan/ ebook via emai saya , yang isinya untuk menata toko online & menginput produk ( baju2) ke website toko online saya yg baru ini…Pihak pembuat website meminta saya selalu menghubungi mereka setiap kali menemui kendala….Nah , masalahnya adalah saya kan bosan jika harus bolak balik menghubungi mereka terus menerus…Dan juga jadi pusing, karena saya memang gaptek…Apakah anak muda yang hebat ini dapat membantu saya melakukan input produk & sekaligus memasukkan data yg perlu di edit atau ditambah , yang semuanya sudah ada panduanya secara lengkap yang saya dapat dari pembuat website toko online saya tersebut…Ada lagi pertanyaan saya, yaitu kira2 berapa fee untuk semua bantuan anda ini ?Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak…saya menunggu balasan anda…

        1. Terima kasih atas pujiannya, tapi tidak terima kasih. ๐Ÿ˜€ Saya juga amat sibuk. ๐Ÿ˜€

Comments are closed.