Tutorial Dasar: Cara Membuat (Daftar) Akun di YouTube dan Pengaturan Channel

Okay, tutorial dasar kita kali ini akan bahas tentang cara membuat (daftar) akun di YouTube, plus cara pengaturan channel di YouTube.

Sebelum saya mulai bahas detil tentang cara bikin akun di YouTube, anda perlu tahu dulu alasan kenapa YouTube penting bagi bisnis anda.

Sekilas Tentang YouTube

Singkatnya, YouTube adalah tempat untuk berbagi video yang kita suka kepada semua orang yang kita ingin untuk melihatnya (video kita bisa kita atur agar hanya bisa dilihat oleh orang tertentu atau untuk publik).

Dalam YouTube kita bisa membuat YouTube channel kita sendiri.

Dan singkatnya, YouTube channel adalah seperti halaman utama apabila kita membuat blog. Namun channel YouTube tidak berisi tulisan, melainkan berisi menu dan link menuju ke video kita.

YouTube kurang lebih hampir sama seperti sebuah situs yang besar yang berisi ratusan ribu (mungkin lebih) blog-blog, dan channel YouTube kita adalah blog milik kita pribadi, yang bisa kita isi dengan video yang kita suka, dan dapat kita bagikan (share) kepada orang lain.

Saya pribadi menggunakan YouTube untuk meng-upload video (entah itu video tutorial atau video katalog) saya yang saya gunakan untuk mempromosikan situs-situs saya.

Dan, YouTube adalah cara super mudah untuk mendapatkan backlink sekaligus membuat situs anda atau diri anda lebih dikenal oleh banyak orang. 😀

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat channel YouTube ini, cara untuk mengupload video anda sendiri, dan apa saja persiapan yang diperlukan untuk melakukannya (anda hanya butuh komputer dan internet, yang saya yakin sudah anda miliki ketika anda membaca tutorial ini).

NOTE: Dalam tutorial ini, saya menggunakan windows 7 dan internet explorer, namun apabila anda menggunakan browser dan operating system yang lain, saya yakin caranya pun kurang lebih tetap sama.

Cara Membuat (Daftar) Akun di YouTube

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Langkah #1: Kunjungi YouTube dan Sign In

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah pergi ke www.YouTube.com.

Di sana, anda bisa sign in dan membuat channel ATAU akun baru jika anda tidak memiliki akun Google.

(NOTE: jika anda telah memiliki akun Gmail, maka itu artinya anda telah memiliki akun Google dan tak perlu membuat akun Google lagi).

Jika anda tidak memiliki akun Google, klik di tombol Sign In dan anda bisa membuat akun baru.

Jika anda telah memiliki Google akun (seperti misalnya pernah membuat akun di Gmail), silakan sign in langsung dengan memasukkan username dan password anda.

cara membuat akun youtube sign in

Langkah #2: Buat Google Akun Anda

Jika anda perlu untuk membuat akun Google baru, di halaman Sign In, klik link berbunyi Create an account di bagian bawah.

cara membuat youtube channel bikin akun

Dan anda akan diarahkan ke halaman dimana anda bisa mengisikan detil informasi anda di halaman yang berjudul Create your Google Account.

cara membuat youtube channel isi form

Isi form yang ada dengan data personal anda. Ikuti arahan yang ada di layar. Setelah selesai men-setup akun anda, anda bisa kembali ke halaman depan YouTube untuk mengatur channel anda dan meng-upload video.

Langkah #3: Setup Channel YouTube Anda

Setelah anda berhasil mendaftarkan akun anda, dalam kondisi sign-in, dan berada di halaman depan, anda bisa men-setup channel anda atau akun YouTube anda dari halaman depan YouTube.

Klik tombol Upload di bagian atas layar anda.

cara daftar youtube akun upload video

Layar akan muncul yang menjelaskan bahwa anda akan membuat sebuah channel dan sekaligus membuat profil di Google+. Layar ini juga akan meminta anda untuk mengisi informasi yang bisa diakses oleh publik ketika mereka pergi ke channel anda.

Masukkan data anda seperti nama anda, gender, tanggal lahir anda, upload foto anda jika anda mau, kemudian klik tombol Continue to upload.

cara membuat youtube channel pengaturan awal picture

Langkah #4: Upload Video Anda ke YouTube

Setelah anda meng-klik tombol Continue tadi, anda akan sampai di halaman dimana anda ter-log in dalam halaman channel anda, dengan username yang telah anda sediakan tampil di bagian pojok kanan atas.

membuat youtube channel halaman channel

Sekarang anda bisa meng-upload video ke channel YouTube anda dengan memilih file video yang ingin anda upload, atau tarik file yang ingin anda upload ke jendela upload.

cara setup channel youtube mengupload gambar picture

Atau alternatif lain adalah anda bisa merekam video secara langsung ke channel anda melalui webcam yang terhubung ke komputer anda.

membuat channel youtube rekam video

Langkah #5: Edit Video Anda (Opsional)

Setelah anda meng-upload video anda, anda juga bisa meng-edit video anda menggunakan fungsi video edit milik YouTube.

bikin channel youtube edit video

Langkah #6: Kustomisasi Tampilan YouTube Channel Anda

Untuk melihat halaman depan channel anda, klik gambar profil di bagian pojok atas layar anda. Akan muncul opsi menu di bagian bawah, dan anda dapat memilih My Channel di sana untuk sampai di halaman channel anda.

daftar akun youtube lihat channel

Anda juga Anda dapat menambahkan sentuhan akhir pada channel anda.

Contohnya: Anda bisa menuliskan penjelasan singkat tentang video channel anda, aliran dari video channel anda (misalnya: humor, pelajaran, game, dan lain sebagainya).

Anda bisa juga menambahkan link menuju web anda atau situs lain, dan juga menambahkan gambar background di channel anda.

cara daftar akun youtube edit channel picture

Setelah itu, anda bisa melihat bagaimana tampilan channel anda sekarang dengan meng-klik View as public pada halaman utama anda.

Anda juga bisa membuat lebih dari satu channel...

Jika anda ingin membuat topik lain untuk video anda atau ingin menampilkan jenis video lain (misal: video di channel utama ber-topik game dan video di channel lain ber-topik masakan), maka anda bisa tambahkan sebanyak mungkin channel yang anda mau dengan dengan username yang berbeda.

Anda hanya perlu membuat username baru dan tambahkan channel baru sekali lagi seperti instruksi di atas. 😀

Dan, begitulah cara membuat akun YouTube dan mengatur channel YouTube anda dengan mudah, selamat ber-YouTube ria!!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
login youtube
sign up youtube
cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang
cara membuat youtube channel
cara masuk youtube lewat hp
cara daftar youtube adsense
cara membuat video youtube

2 thoughts on “Tutorial Dasar: Cara Membuat (Daftar) Akun di YouTube dan Pengaturan Channel

Comments are closed.