Cara Membuat Site Profesional dengan WordPress Self Hosting

Saya tahu dari pencarian singkat di Google, masih sedikit tutorial yang menjelaskan cara membuat site profesional dengan WordPress Self Hosting (kalaupun ada). WordPress self hosting (di download secara gratis dari http://www.wordpress.org kemudian di host di server anda sendiri) berbeda dengan WordPress.com.

Keuntungan Menggunakan WordPress Self Hosting

WordPress.com adalah WordPress yang di host di server WordPress.com, sehingga anda memiliki keterbatasan terhadap site anda. Setahu saya, di WordPress.com, anda tak bisa meletakkan iklan, tak bisa meletakkan Javscript, tak bisa membuat yang selain blog, dan anda terikat dengan TOS yang dimiliki WordPress.com sehingga blog anda bisa di hapus kapan saja oleh WordPress.com ketika anda melanggar TOS tersebut.

Sementara itu WordPress.org adalah situs yang menyediakan CMS WordPress yang bisa anda download dan host di server anda sendiri, yang artinya anda dapat mengubah blog anda menjadi apapun, membership site, toko online, situs perusahaan, forum, dan banyak lagi... anda memiliki akses ke database, anda dapat mengubah theme dan tampilan site anda sesuka hati (jika anda tahu caranya), anda bisa meletakkan sebanyak mungkin iklan, menambahkan beragam fitur ke situs anda, semau anda tanpa terikat TOS siapapun (kecuali TOS perusahaan hosting yang anda gunakan).

Dikarenakan kemampuan kostumisasi yang hampir tanpa batas itu, banyak situs profesional yang menggunakan WordPress self hosting sebagai CMS mereka. Oleh karena itu juga, jika anda ingin serius dalam bisnis online, sebaiknya anda juga mulai menyewa hosting dan mendaftar domain agar bisa menginstal WordPress di server anda.

Perhatian: Sebelum anda dapat menginstal WordPress di server anda sendiri, tentunya anda harus punya hosting dan domain terlebih dahulu. Keduanya juga harus sudah terintegrasi. Jika anda tidak tahu cara membeli hosting, membeli domain, dan mengintegrasikan domain dan hosting yang anda punya, anda bisa lihat tutorialnya di sini:

Saya berani jamin bahwa jika anda mengikuti semua yang saya tunjukkan dalam tutorial ini, anda akan dapat membuat blog sendiri menggunakan WordPress di server anda sendiri, dan jujur saja, membuat blog di server sendiri sama mudahnya dengan membuat blog di blogger atau wordpress.

Cara Instal WordPress Self Hosting dengan Fantastico

#1 Login ke cPanel anda (biasanya adalah nama-site-anda.com/cpanel).

cara instal wordpress self hosting picture

Cari ikon Fantastico yang terlihat seperti ini:

cara instal wordpress self hosting picture

Kemudian klik ikon tersebut.

#2 Klik "WordPress" di sidebar Fantastico, kemudian klik "New Installation".

cara instal wordpress self hosting picture
cara instal wordpress self hosting picture

#3 Isikan detail yang diperlukan. Pilih domain tempat anda menginstal site anda, masukkan nama direktori tempat anda ingin menginstal WordPress (kosongi jika anda ingin meletakkan site anda di domain anda), masukkan username, password yang anda inginkan, nickname yang anda mau, email anda, nama site anda, dan deskripsi dari site anda.

cara instal wordpress self hosting picture
cara instal wordpress self hosting picture

Klik tombol "Install WordPress".

#4 Klik "Finish Installation", dan proses instalasi situs anda dengan menggunakan WordPress self hosting telah selesai. Anda bisa mengunjungi situs anda sekarang.

cara instal wordpress self hosting picture

Setelahnya, anda bisa meng-email detail instalasi yang baru saja anda lakukan ke email anda di sini. Masukkan email anda di form setelah kalimat "Email the details of this installation to".

cara instal wordpress self hosting picture

Karena situs saya tadi saya instal di domain syamsulalam.net dan direktori tutorial, maka situs saya dapat diakses dengan alamat syamsulalam.net/tutorial.

cara instal wordpress self hosting picture

Untuk alamat dashboard dimana anda bisa mengkonfigurasi site anda, menulis post baru, menambahkan halaman, dan lain-lain, tambahkan saja wp-admin di belakang alamat site anda. Contoh: syamsulalam.com/tutorial/wp-admin

cara instal wordpress self hosting picture

Selesai, begitulah cara menginstal WordPress self hosting dengan Fantastico!

Update: Tidak semua orang memiliki Fantastico di control panel hosting mereka. Beberapa menggunakan Softaculous seperti http://jembelisme.com. Oleh karena itu saya akan update artikel ini dengan tutorial keren dari Jembelisme.com tentang cara membuat WordPress self hosting menggunakan Softaculous.

Cara Instal WordPress Self Hosting dengan Softaculous

1. Buka Cpanel Hosting Anda. Selanjutnya klik ikon Softaculous.

cara membuat site dengan WordPress self hosting dengan softaculous

2. Setelah itu, halaman softaculous akan terbuka. Klik menu Blogs > WordPress.

cara membuat site dengan WordPress self hosting dengan softaculous

3. Selanjutnya klik Install.

cara membuat site dengan WordPress self hosting dengan softaculous

4. Selanjutnya akan muncul formulir isian seperti berikut:

cara membuat site dengan WordPress self hosting dengan softaculous

5. Setelah Anda mengisi form tadi dengan benar, silahkan klik tombol install.

6. Softaaculous akan memproses data Anda.

cara membuat site dengan WordPress self hosting dengan softaculous

7. Instalasi selesai.

cara membuat site dengan WordPress self hosting dengan softaculous

8. Sekarang blog Anda telah jadi. Anda dapat masuk ke dashboard menggunakan username dan password yang Anda isikan tadi

Nah, itu tadi cara membuat blog wordpress self-hosting menggunakan softaculous. Cepat, mudah, dan instan. Selamat mencoba!

Sumber: http://jembelisme.com/cara-membuat-blog-wordpress-self-hosting.html

Dan, semudah itulah cara untuk menginstal WordPress di server anda. Jika ada kesulitan dalam pembuatan site dengan WordPress self hosting ini, jangan sungkan untuk tanya di kotak komentar. Saya akan coba jawab di post selanjutnya.

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
wordpress.org hosting
is wordpress.org free
wordpress.org vs wordpress.com difference
wordpress.org tutorial
self hosted blog platforms
self hosting website
wordpress.org cost
wordpress.org sign up

7 thoughts on “Cara Membuat Site Profesional dengan WordPress Self Hosting

  1. mas kalo blog saya self hosting yang profesional. ini blog saya friendshacker.com sudah profesional blm??? kalau sudah tau jawabanya kirim aja sms ke 082156633337. pakai nama ya mas

    1. thanks banget atas pengingatnya mmas munir. akan saya lihat dan betulkan sesegera mungkin yang rusak. thanks sekali lagi… 😀

  2. WordPress memang menjadi andalan bagi mereka yang ingin membuat website, dengan fasilitas plugin yang begitu banyak sehingga lebih dapat meningkatkan optimasi dalan sebuah blog. sangat menarik terima kasih.

Comments are closed.