Cara Membuat Blog Gratis: Memilih Blogging Platform

Sebenarnya ada banyak cara membuat blog gratis, mengingat ada banyak blogging platform (tempat membuat blog) yang mengijinkan kita untuk membuat blog gratis. Bahkan, di Indonesia sendiri ada beberapa blogging platform seperti DagDigDug dan BlogDetik yang menurut saya tidak terlalu bagus. Sementara itu, ada dua penyedia layanan blog gratis yang amat terkenal saat ini, yakni Blogger.com dan WordPress.com, juga telah memiliki tampilan berbahasa Indonesia yang memudahkan kita semua untuk membuat blog.

Meskipun blog yang akan anda buat nantinya gratis, anda sebaiknya tidak terlalu terburu-buru dalam memilih blogging platform. Beberapa blogging platform tidak memiliki fitur yang dimiliki oleh blogging platform lainnya. Misalnya saja, WordPress.com tidak memiliki fitur untuk meletakkan kode Javascript yang artinya anda tak dapat memonetisasi blog anda dengan iklan seperti Adsense, sementara beberapa blogging platform lokal amat kurang dari segi kestabilitasan server dan jika anda membuat blog di sana, hampir dapat dipastikan bahwa blog anda akan ikut hilang seiring dengan menghilangnya penyedia layanan blog gratis lokal tersebut.

Tutorial cara membuat blog gratis tentu saja akan sangat berbeda untuk tiap blogging platform, untuk itu anda perlu tahu mana blogging platform yang ingin anda pilih. Untuk mempermudah anda memilih blogging platform yang cocok, yuk kita amati keunggulan dan kelemahan dari tiap blogging platform yang ada.

Memilih Blogging Platform untuk Membuat Blog Gratis Anda

WordPress.com

WordPress merupakan salah satu 'mesin' pembuat blog terbaik. Sangat mudah untuk menulis, menambahkan gambar, meletakkan video, dan memiliki WYSIWYG editor default (menu peng-edit teks) yang sangat lengkap untuk ukuran sebuah layanan penyedia blog.

Tampilan yang dimiliki juga sangat user-friendly, ada panduan awal untuk menuliskan post pertama anda, dan banyak lagi yang memudahkan blogger pemula untuk memulai menciptakan blognya. Ketika saya berbicara tampilan, WordPress juga menyediakan banyak theme/template yang cantik untuk blog anda. Jadi... anda tak perlu khawatir mengenai tampilan blog anda. 😀

Nantinya anda akan memiliki subdomain .wordpress.com sebagai domain anda (contoh: syamsulalam.wordpress.com) dan anda dapat mengubahnya menjadi TLD domain (syamsulalam.com, misalnya) kapanpun dengan membayar upgrade sebesar $18.

WordPress memiliki kapasitas 3 GB space, dimana anda bisa meletakkan gambar maupun beberapa dokumen yang diijinkan secara gratis (anda perlu meng-upgrade layanan anda untuk memperbesar space dan jika anda ingin meletakkan file musik atau video). Layanan lain adalah statistik data web anda, penyaring komentar spam, dan banyak lagi.

Satu-satunya kelemahan penyedia layanan blog ini adalah karena anda tidak diijinkan untuk meletakkan javascript. Artinya, anda tidak akan dapat mendapatkan uang dari iklan yang diletakkan di blog anda. Umumnya penyedia jasa periklanan seperti Adsense membutuhkan anda untuk meletakkan kode mereka yang ada dalam bentuk javascript untuk menampilkan iklan di blog anda. Namun, anda masih punya keleluasaan untuk menjual produk orang lain sebagai affiliate (makelar) di blog WordPress anda.

Untuk tutorial cara membuat blog di WordPress.com, silahkan lihat di sini » http://www.syamsulalam.net/cara-membuat-blog-di-wordpress/

Blogger.com

Blogger merupakan penyedia layanan blog gratis favorit saya. Sama seperti WordPress, anda mendapatkan blog gratis dengan subdomain dari blogspot.com (misal: syamsulalam.blogspot.com). Blogger juga menyediakan ruang sebesar 2 GB di Picasa untuk gambar anda.

Penyedia layanan blog gratis ini memiliki beberapa keunggulan dibanding pesaingnya, WordPress.com. Yakni anda memiliki keleluasaan penuh atas theme anda (dapat dimodifikasi sesuka anda) dan blogger terintegrasi secara langsung dengan Adsense. Platform ini juga memiliki statistik data web yang tak kalah baik dibanding WordPress, dan secara keseluruhan memberikan lebih banyak keleluasaan.

Untuk tutorial cara membuat blog di blogger, silakan klik di sini » http://www.syamsulalam.net/cara-membuat-blog-di-blogger/

Bagaimana dengan Penyedia Layanan Blog Lain?

Meskipun blog yang ingin anda buat adalah blog gratis, anda pasti tidak ingin jika blog anda tiba-tiba lenyap begitu saja bukan? Bayangkan jika anda sudah membuat blog yang sangat bagus, dengan banyak pembaca, dan menghasilkan banyak uang, tiba-tiba hilang begitu saja karena perusahaan penyedia layanan blog anda ditutup, bangkrut, atau memiliki server yang tidak optimal sehingga blog anda tidak dapat dibuka lagi...

Jujur, saya tidak dapat membiarkan blog yang sudah saya besarkan dengan susah payah tiba-tiba hilang, oleh karena itu penting untuk memilih perusahaan yang sehat dan sudah berpengalaman sebagai tempat untuk meletakkan blog kita.

Blogger dimiliki oleh Google, sementara WordPress dimiliki oleh Automattic. Keduanya merupakan perusahaan yang sehat, sangat besar, dan memiliki server terbaik sehingga memungkinkan situs anda untuk dapat dibuka kapan saja tanpa kendala. Kemungkinan perusahaan tersebut untuk ditutup sangat kecil mengingat betapa sehatnya perusahaan mereka dan disitulah tempat anda sebaiknya mempercayakan blog gratis anda.

Cara membuat blog gratis adalah dengan mendaftarkan diri anda ke salah satu dari dua layanan penyedia blog tersebut, jadi tunggu apa lagi? Segera buat blog pertama anda di Blogger atau WordPress!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
daftar situs blog gratis
contoh browser internet
blog detik
daftar blog gratis
cara membuat blog di wordpress
membuat blog gratis
blogger sign in

2 thoughts on “Cara Membuat Blog Gratis: Memilih Blogging Platform

  1. kalau saya sih pengen buat blog wordpress, tapi yg gratisan gk punya fitur plugin. 🙁 … apa wordpress gratis memang gk punya fitur plugin ya?

  2. Sangat bermanfaat, kebetulan baru bikin blog dan tutorial ini meyakinkan saya bahwa apa yang saya lakukan telah benar dan sesuai dengan step-step yang diperlukan. Makasih ya….

Comments are closed.