Cara Membuat Blog di Blogger

Ada banyak tulisan mengenai cara membuat blog gratis menggunakan blogger.com, jadi saya tak akan menghabiskan waktu saya untuk menuliskan tutorial baru untuk anda. Toh, pada dasarnya sama saja, cara membuat blog di blogger itu gampang, selama anda bisa mengikuti instruksi yang ada di bawah ini.

Tutorial berikut ini adalah bagian dari seri 'Cara Membuat Website'. Artikel ini saya ambil tanpa sunting (saya hanya sunting salah ketiknya saja dikit-dikit) dari guru blogger Indonesia yang sudah sangat terkenal, Kang Rohman.

Cara Membuat Blog di Blogger

Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah blogspot atau blogger, dimana ketika mendaftar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh: contohsaja.blogspot.com

Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogger di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohsaja.blogspot.com di ubah menjadi contohsaja.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogger ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com

Membuat Email

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan baca terlebih dahulu postingan cara membuat email gmail.

Cara Daftar Blog di Blogger.com

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami.
    pilih bahasa
  3. Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandi gmail anda (akun email anda bisa untuk login ke blogger).
    login gmail
  4. Isilah formulir yang ada:
    1. Nama tampilan: isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog anda.
    2. Jenis Kelamin: pilih sesuai dengan jenis kelamin anda, misal : pria.
    3. Penerimaan Persyaratan: Beri tada ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak blogger. Saran: sebaiknya anda membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar anda tahu dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.
    4. Klik tanda panah bertuliskan "Lanjutkan"lanjutkan membuat blog
  5. Klik tombol “Blog Baru”.
    buat blog baru
  6. Isilah formulir:
    1. Judul: Isi dengan judul blog yang di inginkan, misal : Coretan sang penghayal
    2. Alamat: isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan.
    3. Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali).
    4. Lanjutkan dengan klik tombol "Buat blog!".buat blog
    5. Sampai disini blog anda telah berhasil di buat.
  7. Untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda langsung posting sembarang saja. Klik tulisan "Mulai mengeposkan".
    mulai posting
  8. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol "Publikasikan".
    publikasikan
  9. Silahkan lihat blog anda dengan klik tombol "Lihat Blog"
  10. Selesai.

Kini blog anda telah tercipta dan dapat di buka di berbagai belahan dunia. Umumkan pada teman-teman anda bahwa anda kini telah mempunyai blog.

Sumber: http://www.krtutorplus.com/2007/04/bikin-blog.html

Resiko Membuat atau Memiliki Blog di Blogger

Akhir-akhir ini, layanan pembuatan blog gratis di blogger.com banyak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebagai blog spam. Oleh karena itu Google mulai secara aktif menghapus blog-blog yang menurut mereka merupakan blog spam. Anda harus berhati-hati jika melakukan SEO pada blog yang di host di blogger, karena bisa jadi blog anda dihapus karena ditengarai melakukan spam.

Beberapa rumor juga mengatakan bahwa sebenarnya blogger.com melakukan tindakan penghapusan blog karena mereka mulai kehabisan space yang dapat dialokasikan untuk blog gratis. Anda harus mengerti bahwa meskipun anda membuat blog di blogger secara gratis, pada kenyataannya dibutuhkan biaya untuk menjaga agar blog anda tetap berada di internet. Entah itu biaya server maupun bandwidth.

Google mungkin secara aktif menghapus blog untuk membebaskan lebih banyak space sehingga pengeluaran yang dikeluarkan untuk layanan blog gratis ini tidak melebihi pemasukan yang Google dapatkan.

Apapun alasannya, hal ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi anda untuk memiliki site yang anda host di server anda sendiri, yang dapat anda backup ke cloud yang anda miliki, dan anda memiliki keleluasaan penuh atasnya.

Mungkin lebih mahal, tapi jika anda serius dalam bisnis internet, mau tidak mau anda harus berinvestasi di hal yang tepat. Dan salah satu hal tepat itu adalah memiliki website yang sepenuhnya anda kelola sendiri.

Salam pintar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
http blogger com
cara membuat blogger untuk pemula
cara membuat blog di google
cara buat blog lewat hp
cara membuat blog di wordpress
apa itu blog
cara membuat blog di android
contoh blog

10 thoughts on “Cara Membuat Blog di Blogger

  1. Mas Alam, mau nanya nih. Bgmn cara detilnya merubah nama domain dari blogspot dot com menjadi dot com? atau dari webnode dot com menjadi dot com? terima kasih, matur nuwun..

    1. setahu saya tidak bisa menyimpan video di blog. menyimpan bisa di youtube trus bisa di embed di blog.

Comments are closed.