Tutorial Dasar: Cara Membuat Akun Google Plus (Google+)

Di tutorial dasar kita kali ini, kita akan bicara tentang cara membuat akun Google Plus.

Sekilas Tentang Google Plus

Google plus (Google+) adalah social network baru yang dibuat oleh Google, dan dengan sangat cepat menjadi amat populer. Dalam beberapa minggu dibentuknya, Google+ telah memiliki lebih dari 10 juta user, dan angka ini terus berkembang.

Meski demikian, Google+ masih relatif sepi jika dibandingkan dengan Facebook atau social network lain seperti Twitter, sehingga mungkin akan jarang anda temukan teman anda di sana.

Walau sepi, Google+ memberi banyak fitur untuk blogger dan praktisi SEO seperti saya, misalnya fitur Google authorship (baca: cara membuat Google authorship), sehingga relatif penting untuk dimiliki untuk membuat situs anda tampil mencolok di hasil pencarian.

Tapi, tak peduli dengan sejarah Google+ atau fungsinya, post kali ini kita akan bicara tentang cara membuat akun Google+.

Hal yang Anda Perlukan

  • Akun email untuk membuat Google account (anda tak perlu hal ini jika anda sudah memiliki akun Gmail karena ketika anda membuat akun Gmail, anda otomatis sudah memiliki Google account).

Langkah Pembuatan Akun Google Plus

Langkah #1: Kunjungi Situs Google+

Pergi ke situs Google+ dan anda akan lihat teks biru yang berbunyi: Sign in dan tombol biru yang berbunyi: Join Google+.

cara membuat akun google plus homepage

Langkah #2: Buat Akun atau Sign In

Jika anda sudah memiliki Google account (dengan memiliki akun Gmail maka anda telah memiliki Google account), maka anda hanya perlu klik tombol Sign In. Namun, jika anda tak memiliki akun Google, maka klik tombol Join Google+.

Langkah #3: Sign Up untuk Google Account

Setelah anda meng-klik tombol Join Google+, anda akan diarahkan ke halaman sign-in, namun klik tombol merah di bagian atas yang berbunyi: SIGN UP.

cara membuat akun google plus sign up picture

Langkah #4: Buat Akun Google Anda

Anda akan diarahkan ke halaman bernama "Create a new Google Account", dimana anda perlu mengisikan nama anda, username yang anda pilih, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan alamat email lain.

Ikuti saja instruksi yang ada di layar dan ingat untuk centang Terms and Condition Google.

cara bikin akun google plus awal picture

Langkah #5: Klik Tombol Next Step

Ketika anda telah mengisi semua kolom isian yang ada dalam form dan sudah men-centang terms of service, klik tombol Next Step.

Langkah #6: Lanjut Pembuatan Google+

Anda akan dibawa ke halaman lain yang mengkonfirmasi alamat email baru anda. Klik tombol biru berbunyi Continue to Google+.

cara membuat akun google plus continue picture

Langkah #7: Isikan Detil Akun Google+

Anda sekarang akan dibawa ke halaman dimana anda bisa mengisikan profile public anda seperti nama dan gender. Pastikan keduanya benar dan upload foto tentang diri anda.

cara bikin akun google plus isi nama picture

Ikuti instruksi di halaman, setelah anda selesai, klik tombol Upgrade berwarna biru di bawah.

cara bikin akun google plus upgrade picture

Langkah #8: Cari Teman di Google+

Anda kemudian bisa mencari orang yang anda ketahui dan telah menggunakan Google+. Anda bisa mencari mereka berdasarkan alamat email, universitas, atau nama.

Alternatif lain adalah dengan memilih untuk mencari kontak yang anda mungkin sudah miliki di akun Yahoo! atau Hotmail anda.

cara membuat akun di google+ add friend picture

Ketika anda selesai mencari kontak, atau jika anda ingin men-skip langkah ini, klik tombol Continue di bagian bawah screen.

Langkah #9: Ikuti Orang atau Halaman Terkenal

Google akan memberikan anda daftar orang dan halaman yang mungkin menarik bagi anda untuk anda follow.

Anda bisa memilih untuk meng-klik tombol Follow yang ada di sebelah bagian yang menarik bagi anda dan kemudian meng-klik Continue, atau men-skip langkah ini dan langsung meng-klik Continue.

mem follow orang terkenal di google plus picture

Langkah #10: Perjelas Profil Anda

Anda kemudian akan diberi pilihan untuk melebarkan atau memperjelas data profil anda untuk meliputi tempat kerja anda dan pendidikan anda, yang akan membantu pengguna lain untuk menemukan anda ketika mereka tengah mencari anda. Ketika anda sudah mengisikan semua informasi yang anda inginkan, klik Finish.

isi deitl google plus profile anda picture

Langkah #11: Tambah Foto Kover

Pada awal 2013, Google plus memperkenalkan cover photo yang lebih besar (cover photo = foto yang berada di atas profile anda).

Untuk menambahkan cover photo ini, pergi ke profile anda, klik tombol Update yours now.

google plus photo cover update picture

Jendela berisi galeri gambar akan muncul. Pilih salah satu atau upload gambar anda sendiri.

google plus akun galeri gambar picture

Setelah anda pilih salah satu gambar atau upload gambar anda sendiri, anda akan sampai pada halaman dimana anda bisa pilih bagian mana dari gambar tersebut yang akan menjadi photo cover anda.

Select dengan mouse yang ingin anda pilih, kemudian klik Save setelah anda selesai.

google plus akun select gambar picture

Dan halaman profile anda kini telah memiliki photo cover sendiri yang keren!

cara membuat google plus akun baru picture

Langkah #12: Akun Google Plus Anda Selesai!

Akun anda selesai di buat! Gampang bukan?

Kini anda bisa jelajahi akun Google plus anda, update status seperti di Facebook, update info profile anda, atau cari teman baru di sana.

Selamat ber Google plus ria!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
buat akun gmail bbm
sign up gmail
buat akun yahoo
buat akun bbm
buat email yahoo lewat hp
buat akun facebook
buat email facebook
daftar email baru

4 thoughts on “Tutorial Dasar: Cara Membuat Akun Google Plus (Google+)

  1. Thanks buat tutorial-nya mas.. 🙂 Saya kira ini cukup berguna buat orang yang baru mulai, jadi gak salah-salah saat buat-nya…

    Kalo bisa post kayak gini bisa ditambah mas, dan saya harap mas Alam mau lebih sering update post-post keren.

    Ditunggu post berikutnya mas! 😀

  2. tutorialnya saya save terima kasih, maaf mas syamsul saya komen disini alamatnya saya lupa mau ebook cara masuk pejwan, tolong kirim ke email saya cara pembayaran dan biayanya trims

Comments are closed.