Cara Membeli Hosting/Server di Hostgator (Shared Hosting)

Cara membeli hosting sebenarnya ada banyak, tergantung jasa hosting yang anda gunakan. Namun karena yang saya pribadi gunakan adalah hostgator, dan karena hostgator tak pernah sekalipun mengecewakan saya seperti beberapa jasa hosting murahan di Indonesia, tutorial cara membeli hosting ini saya khususkan untuk Hostgator.

Saran Untuk Anda yang Akan Membeli Hosting

Ingat, memiliki hosting yang berkualitas sangatlah penting, karena hosting yang sering down akan memengaruhi posisi anda di mesin pencari (search engine).

Cek seberapa banyak site anda down dalam satu bulan dengan menggunakan jasa ping gratis seperti Pingdom atau semacamnya. Jika anda mendapati uptime dari site anda kurang dari 99,5% maka sudah saatnya anda untuk pindah ke jasa hosting lain.

Anggaplah membeli hosting yang berkualitas sebagai investasi, jangan pelit, dan jangan ambil yang murah tapi tidak berkualitas.

Saya pribadi menggunakan Hostgator atau Bluehost. Namun untuk site yang besar dengan trafik tinggi dan jumlah halaman yang banyak, saran saya adalah VPS.net -- hosting yang menjadi rekomendasi pakar SEO dunia, Joost de Valk pemilik Yoast.com.

Alasan saya membeli hosting di hostgator dan sangat puas dengannya karena performa customer support Hostgator yang menakjubkan.

Ada kalanya hacker menggunakan site anda secara acak dan iseng -- melatih kemampuannya untuk meng-hack site yang lebih besar.

Ada kalanya juga kita secara tak sengaja merusak blog kita ketika sedang meng-edit theme. Saat itulah anda akan mengerti betapa pentingnya customer support dari suatu perusahaan hosting.

Dan tidak, saya tak dibayar untuk mempromosikan hostgator, ataupun saya memperoleh komisi dengan menawarkan kupon diskon pada anda (uang saya sudah banyak)...

Tutorial dari saya adalah tutorial lengkap (dan tulus) untuk menyewa hosting di hostgator plus bagaimana cara menghemat jutaan rupiah bersama mereka. Penasaran?

Langkah-Langkah Membeli Hosting di Hostgator

#1 Tentu saja kunjungi HostGator.com, kemudian klik tombol oranye besar "View Web Hosting Plan". http://hostgator.com

cara membeli hosting di hostgator picture

#2 Pilih menu 'Baby Plan' (anda tak ingin 'Hatchling Plan' karena hanya mengijinkan anda meng-host satu domain dan anda tak memerlukan private SSL & IP yang ditawarkan 'Business Plan'). Saran saya order minimal selama 3 tahun untuk mendapatkan harga termurah ($6,36/bulan diskon 20%). Klik tombol "Order Now".

cara membeli hosting di hostgator pilih paket

#3 Beli domain atau masukkan domain yang sudah anda miliki sebelumnya. Jika anda sudah memiliki domain sebelumnya, silakan masukkan nama domain anda di sini. Jika belum, anda bisa membelinya dari hostgator. Domain di Hostgator harganya hanya $15, harganya tidak beda jauh dengan jika anda membeli dari registrant lain, plus anda tak perlu pusing untuk mengubah name server-nya.

cara membeli hosting di hostgator memasukkan domain name picture

Jika Hostgator memberi anda tawaran kupon "SPRING", jangan ganti dengan yang lain. Memang banyak affiliate yang menawarkan kupon 1 sen hosting pada bulan pertama, namun biaya hosting akan lebih mahal di bulan-bulan berikutnya.

Jika anda ingin hosting yang murah dalam jangka panjang, pilih kupon default dari Hostgator, dan order yang lama.

Ini cara saya untuk menghemat minimal 1 juta rupiah dengan Hostgator dibandingkan pelanggan-pelanggan yang lain, saya menggunakan kupon "SPRING", order selama tiga tahun, mendapat harga $6,3/bulan.

Bandingkan dengan orang lain yang menggunakan kupon diskon satu sen untuk bulan pertama, tapi bulan kedua dan seterusnya bayar $9,5. Dalam tiga tahun (35 bulan x $3,2 = $112) dia membayar lebih mahal $112 dibanding saya...

#4 Masukkan data diri anda. Di sini anda dapat merubah paket atau siklus tagihan (billing cycle) anda. Saran saya, langsung beli selama tiga tahun. Dengan kupon 'SPRING' yang secara default ada, anda akan memperoleh harga yang sangat murah untuk hosting anda (sudah dilihat perhitungannya 'kan?)

cara membeli hosting di hostgator pilih billing cycle picture

Kemudian masukkan informasi tagihan anda (Billing Information). Pilih alternatif pembayaran anda, apakah menggunakan PayPal ataukah kartu kredit.

Jika anda memilih PayPal, anda akan membayar di halaman selanjutnya. Kemudian, tentu saja klik tombol oranye besar di bawah yang berbunyi "Create Account".

cara menyewa hosting di hostgator masukkan billing information picture
cara membeli hosting di hostgator klik tombol create account picture

#4a Bayar hosting anda. Jika anda menggunakan PayPal, anda akan memiliki opsi untuk membayar hosting anda satu kali ini (Pay Now) atau berlangganan (Subscribe) untuk pembayaran otomatis.

cara membeli hosting di hostgator subscribe atau buy now picture

Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman pembayaran PayPal, login dengan akun anda, bayar, setelah Hostgator mengkonfirmasi pembayaran anda (terjadi secara otomatis), email tentang informasi akun dan detail login ke hosting anda akan dikirim kepada anda.

cara membeli hosting di hostgator waktunya bayar dengan PayPal picture

Jika anda kontrak cukup lama dengan Hostgator, akan ada orang support team Hostgator yang telpon ke anda, berterimakasih, dan menanyakan apakah ada yang bisa mereka bantu...

Wow! Saya juga kaget ketika pertama kali mereka telepon, karena tiba-tiba ada yang menyapa saya dalam bahasa inggris lewat telpon. Saya 'kan tidak siap... hahaha....

Sisanya tinggal login ke cpanel anda menggunakan detail yang di email kan kepada anda. Dan... selamat menikmati hosting anda!

Ingat, jika anda punya pertanyaan, atau ingin menceritakan pengalaman anda menyewa hosting yang tak kalah seru dibanding saya, sampaikan di kotak komentar. Saya akan coba jawab pertanyaan anda di post-post selanjutnya...

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
cara membeli domain di google
cara membeli domain gratis
cara membeli domain dan hosting gratis
cara membeli hosting dan domain di rumahweb
cara membuat website setelah memiliki domain
cara beli domain di rumahweb
cara membeli domain dan hosting di idwebhost
cara membeli domain di idwebhost

30 thoughts on “Cara Membeli Hosting/Server di Hostgator (Shared Hosting)

    1. saya mau pake step by step tutornya sekalian buka hostgatornya masa selalu ilang dari screen satu muncul satunya ilang gimana cara supaya dua2 bisa ada di screen sdkan sdh saya minimize. Thank you. You are a big help and very nice person. GBU

  1. bukan kah kupon ada 2 macam yang di keluarkan dari Affiliate, diskon di bulan pertama yaitu hanya membayar $0.01 kemudian bulan berikutnya dengan biaya normal $9.95 (baby plan) atau Kupon yg kedua adalah diskon sktr 20% dari harga normal.

  2. Mantap Boss..Tapi Sayang Ga Pux Rek PP
    Klw boleh tahu…buat dot.net Ongkosx Brp boss

    Sms Ya Nope Di Kolom Web

    *komen saya edit karna gravatar nya tidak pantas.

  3. mas alam, klo kita udah pnya domain trus mo pindah hosting ke hostgator apa aja yg diperlukan?
    trus nunggunya brp lama ya?

    1. Klo udah punya domain bisa langsung dipake untuk pindah hosting ke hostgator.

      Nunggunya biasanya ga sampe 24 jam (biasanya jauh lebih cepet).

      Pergi ke add domain di hostgator, masukin domain kita.

      Di DNS Settings nya domain kita, tunjuk aja NS nya ke server hostgator.

      Informasi NS tau kan nyarinya di mana? (NS itu nameserver by the way…)

      Klo ada yang kurang jelas, tanya aja lagi, okay!

  4. Mas, kalau beli paket 3 tahun berarti bayarnya langsung 3 thn ya? gak dikredit 3×12 bln?
    Kalau yg dikredit per bulan itu yg paket – baby – ada gak? meskipun kita pilih yg 3 thn? supaya bayarnya tiap bulan tapi harganya murah.
    Bagaimana cara bayar pakai Kartu Kredit? Maksudnya kalau sudah expired kartunya, cara perbaiki di hostgatornya gimana? Trims.

    1. kalau beli paket 3 tahun itu berarti bayarnya langsung tiga tahun, dan itu satu-satunya cara agar bisa dapat murah.

      Jika pake kupon, kupon apapun, setahu saya hanya berlaku untuk satu kali pembayaran yang pertama kali itu. Oleh karenanya, biar bisa dapat langsung murah ya harus beli dengan tempo yang panjang pertama kali. Klo pake yang cicil cuman di diskon yang pembayaran pertamanya, sisanya harga normal yang meski murah, tapi agak mahal.

      Bayar pake kartu kredit melalui paypal bisa kok. Bayar aja dengan cara masukin detil kartu kita di halaman pembayaran paypal. Tapi jangan pilih yang subscribe, melainkan pake buy now. Terus ntar klo dah hampir expired akun kita, kan kita diingetin, nah saat itu bisa bayar pake kartu kredit lain.

      Tapi inget jangan pake vcc klo bayar paypal. Beresiko. Mending pake kartu kredit asli.

  5. wah, betul-betul penjelasan profesional tentang membeli hosting. Saya jadi ingin membangun kerajaan wordpress juga nih. Takut blogspot saya hilang 🙁

  6. sy mau tanya..sy punya 4 domain namecheap. saat pertama kali daftar hostgator sy masukan 1 domain, seterusnya pembayaran, dll..berhasil. namun sy tdk sengaja mengklik add new package, lalu timbul invoice sebesar 7, sekian dollar. tadinya niat sy mau tambah domain yg lain. karna hostgator kirim email harus bayar dlk wktu lima hari atau acc sy di suspend… akhirnya sy bayar.
    saat ini untuk 3 domain selanjutnya sy dibantu teman dan berhasil.
    anehnya, sebelum sy bayar yg 7 dollar, salah satu domain sy statusnya pending. setelah sy bayar berganti jd aktif. sy jd bingung, padahal paket sy baby yg unlimited domain. apakah bulan depan sy hrs bayar 9,9 + 7, sekian dollar?
    mohon bantu penjelasannya, trims

    1. bilang aja sama support nya klo salah pencet tombol. Bilang kalau pingin membatalkan yang $7.

      Lain kali ingat yah, jika ingin menambahkan domain, gunakan tombol add on domain di cPanel, bukan tombol yang lain. Selama anda jalin komunikasi yang baik dengan supportnya hostgator, pasti masalahnya selesai. Good luck!

      1. thx
        segera meluncur.
        btw, selain chat ada email tim supportnya ga, kok sy cari ga ada.
        trus kalau sy sudah bayar, ada kemungkinan refund ga, soalnya secara logika sy bayar dobel.

        1. saya kurang tahu mas Bonnie, selama ini saya tidak pernah mengalami hal seperti itu yang menyebabkan saya butuh refund, jadi saya tidak pernah coba.

          Seingat saya sih ada, coba ditanyakan ke support team nya hostgator.

          Email support nya hostgator support@hostgator.com barangkali? Saya juga biasanya ngobrol via chat biar cepat. Semoga jawaban saya membantu. Salam senyum… 😀

  7. thx atas jwbnnya.
    sekalian tanya yg lainboleh kan…
    sy baru bikin 4 website autoblog amazon, bru seminggu, rencana mau tgu smpai sebulan dulu utk di index n review sm om g. bln kedua bru cari trafik n backlink…kira2 pakai metode apa yg bagus untuk mencari atau naikin trafik?

  8. bos, numpang tanya nih, saya sudah punya domain di name cheap, saya sudah beli hosting di hostgator, tapi pas mau login di cpanel hostgator kok susah banget, password yang dipakai yang mana sih, yang di welcome email itu atau password waktu pertama kali bikin akun? makasih ya bos atas jawabannya

    1. Ada dua password klo kita punya hosting. Password untuk login cpanel dan yang satu lagi login untuk dashboard client yang isinya informasi tagihan, support, dan lain-lain.

      Di welcome email seharusnya ada info nya, pass dan user untuk cpanel anda apa. Sementara itu, pass dan user untuk login dashboard client apa. Selamat mencari! 😀 Good luck!

  9. dear mas Syamsul Alam

    bolehkah saya minta tolong solusinya.

    saya mau menutup acoun saya di hostgator yang dulu saya menyewanya menggunakan kartu kredit, karena domain saya sudah tidak digunakan lagi. dan. dan kemarin saya dikonfirmasi oleh bank bahwa ada transaksi oleh hostgator senilai $119.4. apakah transaksi itu bisa dibatalkan dan uangnya dikembalikan ke saya. bagaimana caranya.

    atas bantuan mas Syamsul saya haturkan banyak terima kasih.

    Edi Iskandar
    081218033335

    1. Gini mas Edi,

      Setahu saya sih uang yang sudah di hostgator ga bisa balik. Tapi saya jujur ga tahu, coba tanyakan sama CS nya hostgator.

      Mas Edi bisa menutup akun hostgator yang mas Edi punya, setelah di tutup, akun mas Edi tidak akan di bill lagi. Tapi mas harus ngisi formulir apa gitu untuk bisa nutup akun. Konsultasikan saja sama CS nya hostgator, dibantu kok.

      Kalau saya jadi mas Edi, saya akan bayar akun tersebut, terus saya tutup akunnya. Rasanya gimana gitu sudah pesen tapi uang ditarik lagi. Good luck yah mas…

  10. Dari dulu pengen punya hosting di Hostgator.. tapi belum pernah coba… tapi dari artikel diatas nanti bisa jadi acuan jika saya mau punya hosting di hostgator.. terima kasih mas.

  11. Mau tanya… Saya nggak punya paypal verify tapi teman saya punyanya verify jika saya isi saldo PP punya teman dengan membeli melalui jasa pengisian PP. Apakah bisa saya gunakan untuk membeli hosting?. sementara ini untuk pemindahan hosting lama ke yang baru. apakah ada permasalahan nantinya.

  12. mas, saya tertarik pengen punya hosting di hostgator tapi saya ga punya PP sama kartu credit, trz gimana caranya supaya saya bisa punya hosting??? atau mas tau cara yang lain?? makasih

Comments are closed.