Tutorial Dasar: Cara Daftar Akun Twitter dan Cara Menggunakannya

Hari ini kita akan belajar singkat tentang bagaimana cara daftar akun Twitter plus bagaimana cara menggunakannya.

Sekilas pandang, saya juga tak tahu apa guna dari Twitter, dan apa tujuan dari situs ini dibuat. Namun, dibalik keanehan dari sistem microblogging milik Twitter ini, ternyata tersimpan potensi besar di Twitter untuk mendapatkan pengunjung, backlink berkualitas, dan interaksi dengan pelanggan anda.

Intinya, Twitter adalah situs sosial media yang mengijinkan penggunanya untuk membagikan apapun, entah itu teks, link, gambar, atau video tentang hal yang anda suka.

Twitter juga merupakan alat yang berguna untuk tetap up-to-date dengan berita terbaru, dimanapun anda berada, kapanpun hal tersebut terjadi, dan tentang apapun yang orang-orang alami.

Setiap status di Twitter dikenal dengan nama "tweet", dan anda harus selalu memperhatikan banyaknya kata yang anda ketikkan, karena anda tak boleh lebih dari jumlah kata tertentu -- yakni sebanyak 140 kata, termasuk hyperlink ke artikel, gambar atau video.

Untuk dapat menggunakan Twitter, anda harus mempunyai akun pengguna (user account), dimana pembuatannya 100% gratis. 😀

Hal yang anda butuhkan:

  • Sebuah komputer yang telah terhubung dengan koneksi internet. Jika anda membaca artikel ini, saya yakin anda sudah memiliki hal ini.
  • Sebuah akun email. Anda bisa buat gratis akun email anda di Gmail atau penyedia email gratis lainnya.

Kemudian, ikuti tahap demi tahap panduan cara membuat akun Twitter ini...

Cara Daftar Akun Twitter Super Simpel

    1. Pergi ke website Twitter, di mana anda dapat melihat sebuah form pendaftaran (sign-up form) di homepage.
    2. Isi nama lengkap anda, alamat email dan password di form yang tersedia. Kemudian tekan tombol "sign up for Twitter".

cara membuat akun twitter

    1. Twitter otomatis akan memberikan saran pada anda tentang "username" anda, berdasarkan nama yang anda berikan pada saat mengisi sign up form. Namun anda bisa mengubahnya dengan username lain yang anda inginkan.Jika Twitter menyetujui informasi yang anda berikan (username, email, password, dan lain-lain), maka warna hijau akan muncul di sebelah kotak yang perlu diisi.

      Jika tidak, garis merah akan kelihatan dan memberitahukan kepada anda untuk mengganti informasi yang anda berikan.

cara membuat akun twitter signup picture

    1. Dalam mengisi password, saya sarankan pada anda untuk TIDAK menggunakan password yang mudah ditebak, seperti misalnya hari ulang tahun anda atau nama anak anda.Kekuatan sebuah password anda akan dinilai oleh Twitter. Mengisikan sebuah password yang terlalu mudah seperti misalnya "12345" akan memunculkan perintah yang mengharuskan anda untuk membuat password baru yang lebih aman.
    2. Masukkan alamat email valid anda yang masih anda gunakan.Email adalah cara Twitter berhubungan dengan anda, ia menggunakan email anda untuk mengingatkan anda tentang "follower" baru anda, atau private messages yang mungkin tersedia untuk anda.

      Email anda tidak akan diberitahukan oleh orang lain yang mengunjungi Twitter anda, jadi anda bisa tenang mengisikan alamat email asli anda ke Twitter.

    3. Setelah anda menyelesaikan dan mengisi semua form dengan informasi yang diperlukan, click "Create my account".
    4. Twitter akan membawa anda dan memberikan pelajaran singkat melalui tutorial pendek tentang cara menggunakan Twitter, sekaligus memberikan saran ke anda tentang siapa yang sebaiknya anda "Follow" berdasarkan kontak di email anda dan akun orang terkenal di Twitter.NOTE: Follow adalah istilah di Twitter untuk akun yang anda ikuti update statusnya. Dengan mem-follow seseorang di Twitter, anda akan mendapatkan update tiap kali orang tersebut membuat Tweet baru.

      cara daftar akun twitter tutorial singkat picture

      Jika anda mengetahui username pengguna Twitter yang hendak anda follow seperti misalnya teman anda, nama perusahaan, atau nama organisasi (SyamsulAlamNet mungkin...), anda bisa masukkan username tersebut ke search box dan tekan tombol "Search".

      Dari sana, anda akan dapatkan hasil pencarian berupa orang atau organisasi yang anda mungkin maksud. Jika anda mengenali seseorang atau organisasi dari hasil pencarian tersebut dan ingin anda follow, klik tombol "Follow" disebelah hasil pencarian mereka.

    5. Setelah anda menambahkan cukup orang dan pergi ke langkah selanjutnya, anda akan sampai ke timeline anda (biasa disebut dengan "Twitter stream").Twitter stream ini akan menunjukkan tweets dari akun yang anda follow ketika mereka mem-posting-nya.

      Daftar yang terdapat pada menu "Worldwide Trends" menunjukkan apa yang saat ini menjadi populer di Twitter, tidak saja dari akun yang kita follow, melainkan dari semua yang akun yang ada di Twitter.

      Anda dapat memilih tren dari negara mana yang ingin anda munculkan di menu ini dengan cara meng-klik "Change", dan memilih area atau negara atau daerah yang paling sesuai dengan anda.

      cara daftar akun twitter world tren picture

      Untuk melihat detil dari akun spesifik yang anda follow, klik nama akun tersebut, atau gambar di sebelah nama akun tersebut, maka informasi tentang profil akun tersebut akan muncul.

cara daftar akun twitter profil info picture

    1. Dalam Twitter, ada tiga istilah yang anda gunakan untuk berhubungan dengan akun Twitter lain.Istilah tersebut adalah mention (orang menyebut nama Twitter anda di Tweets mereka), followers (orang yang berlangganan tweets anda), dan retweets (orang lain menyebarkan tweets anda ke follower mereka).

      Mentions, followers, dan retweets, akan muncul di menu "Connect" di halaman Twitter anda.

      cara daftar akun twitter connect picture

      Atau anda bisa senantiasa ter-update dengan berita terbaru dan cerita populer di Twitter dengan menu "Discover".

      cara daftar akun twitter discover

    2. Anda bisa meng-edit informasi profile anda, membuat dan memilih gambar baru sebagai avatar anda, atau bahkan merubah background page Twitter anda kapan saja, dengan meng-klik pada dropdown menu di sebelah kanan atas di halaman mana saja, dan pilih "View my profile page".

cara daftar akun twitter edit profile

  1. Anda juga bisa meng-edit profile anda dengan meng-klik "Edit your profile" pada bagian kanan atas monitor anda.Meng-edit bagian ini dan mengisikan hal personal tentang diri anda mengijinkan anda untuk memberitahu calon follower anda sedikit tentang anda, meliputi "Location" (lokasi) anda, situs anda, dan bio singkat yang menjelaskan siapa anda dan apa saja hal-hal yang anda sukai.

    Dan ingat untuk meng-klik tombol "Save" jika anda sudah selesai meng-edit bagian ini.

Dan... selesai! Itu tadi adalah cara daftar akun Twitter dan sekilas tentang cara menggunakan akun Twitter baru anda beserta ragam fiturnya.

Ada yang ingin anda tambahi? Silakan komentar di bawah dan ingat untuk follow @SyamsulAlamnet di Twitter!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: SEO & FB Ads Combo - Iklan Murah & Efektif dengan SEO & FB Ads!!

Kalau ada iklan termurah dan terefektif sedunia, maka salah satunya adalah FB Ads retargeting. Pelajari cara men-target ulang pengunjung web anda dan menggandakannya berkali lipat di Report Premium ini. Beli seharga Rp 147.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 147.000 |
Tak ada tags untuk post ini.
daftar twitter lewat hp
twitter sign up
login twitter
cara menggunakan twitter
contoh email twitter
masuk twitter
twitter search
download twitter

One thought on “Tutorial Dasar: Cara Daftar Akun Twitter dan Cara Menggunakannya

Comments are closed.