Masukkan Email Anda untuk...
GRATIS Update Konten Ekslusif!!

Cara Bisnis Online (Trik Ampuh Meng-Online kan Bisnis Anda, Apapun Itu!)

Diposkan pada 22 November 2012 oleh Syamsul Alam. Print artikel atau beri komentar.

Banyak yang mencari blog ini dengan keyword “Cara Bisnis Online” (salah satunya mungkin anda).

Oleh karenanya sekalian saja saya buatkan artikel super lengkap mengenai bagaimana cara yang bisa anda lakukan untuk meng-online kan bisnis yang anda miliki…

Pertama, entah anda karyawan, mahasiswa, atau pebisnis lokal kecil, anda BISA meng-online kan bisnis konvensional yang anda miliki untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, order, dan memperbesar kesempatan anda untuk membesarkan bisnis yang anda miliki.

Dan kebanyakan upaya peng-online-an usaha bisnis anda ini bisa anda lakukan dengan gratis dengan bantuan situs besar seperti Facebook, Blogger, maupun Multiply.

Cara Memulai Bisnis Online

cara bisnis online komputer picture

Tak peduli anda pemula atau bukan dengan komputer dan internet, anda bisa membuat bisnis online anda.

Kenapa? Karena saya sudah buatkan tutorialnya lengkap di sini: http://www.syamsulalam.net/video-tutorial

Cara bisnis online untuk pemula maupun yang sudah veteran dan sering bikin website seperti saya sebenarnya sama saja.

Pertama, miliki produk atau apapun yang ingin anda tawarkan (niat anda baca post ini untuk meng-online-kan bisnis anda, ‘kan? Jadi saya asumsikan anda sudah punya produk anda sendiri).

Produk anda bisa berupa apapun, baju korea, peralatan ternak lele, jasa pembuatan skripsi, mebel jepara, baju muslim, batik madura, atau apapun.

Kedua, jadikan produk anda tersebut BISA dibeli secara online, melalui internet.

Yang agak teknis adalah yang langkah ke dua ini….

Anda perlu membuat online shop atau situs atau apapun untuk meletakkan produk anda sehingga bisa dibaca, dilihat, dan dibeli oleh orang lain melalui internet.

Dan hei, tahukah anda bahwa di blog bisnis ini ada kursus online gratis dimana anda bisa belajar cara membuat toko online?

Yups… Klik di sini: http://www.syamsulalam.net/ecourse/toko-online

Bisakah Saya Membuat Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Sama Sekali?

Jawabannya BISA.

Tapi demi kebaikan anda, saya sarankan anda untuk tidak menggunakan cara gratisan ini karena meski anda merasa lebih murah di awal, namun sebenarnya anda menghabiskan lebih banyak uang karena akan sangat menghabiskan waktu anda.

Waktu yang sebenarnya bisa anda habiskan untuk melakukan promosi bagi situs anda sehingga mendapatkan lebih banyak pengunjung malah jadi harus dihabiskan untuk memperbaiki situs anda, menambahkan gambar, memperbaiki tampilan, dan lain-lain.

Belum lagi toko online gratisan tidak memiliki fitur sebagus atau secanggih toko online premium yang dibuat dengan WordPress di hosting anda sendiri.

cara bisnis online www company picture

Dan tampilan toko online gratisan kurang bisa anda atur semau anda. Belum lagi nama domain anda yang jadi harus ada embel-embel blogspot atau multiply-nya, menjadikan toko online anda lebih sulit untuk dipercaya.

Coba bandingkan nama toko online ini:

  • ManetBoutique.com dengan ManetButique.Blogspot.com
  • KoleksiMuslim.com dengan KoleksiMuslim.Blogspot.com
  • BatikMadura.com dengan BatikMadura.Multiply.com

Ugh… selain panjang dan sulit diingat, juga tidak memberikan kesan keren. Sementara yang akhiran .Com terlihat beberapa kali lipat lebih profesional.

Bagi anda yang tetap ngeyel, saya akan tetap berikan penjelasan tentang cara bisnis online shop (bisnis online menggunakan toko online) dengan bantuan Facebook, Multiply, dan Blogspot — sebentar lagi di bawah ini.

Dan bagi anda yang merupakan pembaca cerdas saya yang tidak ngeyel, dan tahu bahwa berinvestasi di bisnis anda adalah hal baik untuk diri sendiri, dan punya mindset yang bagus dengan tahu bahwa kerugian dalam bisnis adalah hal yang biasa dan wajar…

Maka saya punya kursus online cara membuat toko online di WordPress gratis untuk anda » http://www.syamsulalam.net/ecourse/video-tutorial (dan anda tidak harus melanjutkan membaca post ini).

Cara Bisnis Online di Facebook

Ada beberapa cara yang saya tahu dan biasa digunakan oleh orang lain untuk menjadikan Facebook sebagai tempat untuk berbisnis online (entah itu untuk promosi atau sebagai toko online).

Cara Berbisnis Online di Facebook #1 – Facebook FanPage

Yups, yang anda lakukan adalah anda membuat Facebook fanpage atas produk atau website atau jasa anda, kemudian anda mempromosikannya entah itu di blog anda, di situs anda, menggunakan Facebook ads, mengajak teman anda untuk LIKE, menyelenggarakan kontes (hanya yang LIKE yang boleh ikut), dan lain-lain.

Kemudian secara berkala anda update status di Fan Page anda yang intinya mengingatkan para fans anda bahwa anda punya produk untuk mereka beli (plus jangan lupa bangun interaksi dengan mereka agar mereka tidak bosan).

Untuk anda yang memiliki online shop baju, anda bisa update model terbaru dari baju anda yang baru saja anda tambahkan di toko online ke Facebook page anda.

Sertakan juga harga dan cara untuk menghubungi sehingga jika ada yang tertarik dengan produk anda, mereka bisa langsung pesan tanpa harus mengunjungi situs anda!

Cara #2 Berbisnis Online di Facebook – Online Shop Apps

cara bisnis online cart picture

Meski Facebook page udah berubah wajah menjadi Timeline, anda tetap bisa bikin online shop (toko online) langsung di halaman Facebook anda.

Saya belum ada tutorial tentang hal ini, tapi dari pencarian singkat di Google saya yakin anda pasti bisa menemukan satu tutorial yang cocok untuk anda.

Salah satu apps yang mengijinkan kita bikin online shop di Facebook yang saya tahu adalah dengan apps Fanpage Toolkit.

Anda bisa sign up free untuk satu toko online, dan apps ini support hingga 10 produk. Proses pembayaran menggunakan kartu kredit.

Saya yakin ada alternatif lain yang lebih cocok untuk pasar Indonesia yang lebih suka membayar dengan transfer antar rekening bank, tapi itu bakal saya bahas lain kali ketika saya ada waktu.

Cara Bisnis Online dengan Blogger

Jika anda suka menulis, ada cara untuk mendapatkan uang dari blog yang anda miliki.

Bukan model bisnis yang baik, sangat menghabiskan banyak waktu, tapi hal ini akan membuat anda belajar banyak hal tentang cara mempromosikan situs anda.

Jika anda sudah punya produk sendiri, dan ingin menggunakan blogger sebagai tempat untuk membuat toko online anda, atau menggunakannya sebagai sarana mempromosikan bisnis online anda, saya sudah buatkan post tutorial untuk anda di sini: Cara Membuat Toko Online di Blogger

Tetap ingat bahwa ini bukan cara ideal, karena ada banyak batasannya.

Jauh lebih baik bagi anda untuk bikin toko online profesional di WordPress seperti yang sempat saya sebut di permulaan post ini… (Ini link nya seandainya anda lupa: http://www.syamsulalam.net/ecourse/toko-online)

Kesimpulan Post Cara Bisnis Online Kita Kali ini…

Memulai bisnis online anda sendiri itu mudah.

Plus anda sekarang sudah paham gambaran tentang bagaimana cara bisnis online (meng-online-kan bisnis yang anda punya) itu.

Dan yang baru saja saya jabarkan adalah cara bisnis online gratis, yang benar-benar tanpa modal besar, dan yang anda perlukan untuk memilikinya hanyalah kemauan untuk membuatnya (plus domain dan hosting jika anda ingin yang profesional).

Investasi yang sangat murah sekali untuk kesuksesan bisnis online anda, apapun itu.

Dan jika anda suka dengan post saya ini, ingat untuk komentar dan LIKE Facebook page saya.

Saya akan sangat menghargainya…

Pertanyaan apapun, tanyakan juga di kotak komentar di bawah ini. Saya membaca semua komentar yang ada.

Sekian dari saya, semoga sukses selalu menyertai anda!

Print Friendly
Tak ada tags untuk post ini.

Terima kasih karena sudah mampir di blog ini. Saya suka anda karena anda telah mengunjungi blog ini! Dan jika karena suatu alasan anda juga suka dengan saya (atau blog saya), anda dapat memberi tahu saya dengan meng-klik tombol "LIKE" di samping... Thanks!

Tentang

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Anda bisa menemui saya di Facebook, Google+, atau Twitter saya.

Suka Artikel ini? Dapatkan Update GRATIS via Email!

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

Suka Video Tutorial Kami? Dapatkan Update Video Baru GRATIS via Email!!

Masukkan Email Anda

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

10 Komentar untuk “Cara Bisnis Online (Trik Ampuh Meng-Online kan Bisnis Anda, Apapun Itu!)” Suka dengan Post ini? Ada Pertanyaan? Ayo Komentar!

*Ada kejutan SUPER menarik untuk anda yang baru PERTAMA KALI komentar di blog ini! Komentar sekarang juga dan anda akan dapatkan kejutannya SEGERA setelah anda selesai berkomentar...

  1. BUDIONO January 5, 2013 at 5:51 PM #

    Saya suka baca artikel anda, dan saat ini saya lagi mempelajari cara bisnis online ( produk saya pigura kayu ) dg harga murah sekali design bagus …………….. kata saya sich !!!

  2. Syamsul Alam January 10, 2013 at 3:19 AM #

    Good luck dengan belajarnya. Saya doakan bisnis pigura kayu mas Budiono sukses. Amin…

  3. gunawan February 12, 2013 at 12:31 PM #

    ijin nyimak ya bossssss…. masih muda sdh inovatifffffff top dahhhhh….

  4. evinda February 19, 2013 at 9:10 AM #

    aku masih belum paham mengenai bisnis online…
    bagaimana cara menyairkan uaangnya?
    tolong d jelaskan..karena saya ingin sukses d bisnis online tapi saya masih pelajar…

    trim…akasih….

    • Syamsul Alam February 19, 2013 at 9:58 AM #

      Kalau dik Evinda tertarik untuk membangun toko online sendiri, dik Evinda bisa menerima pembayaran melalui rekening bank. Uang akan ditransfer sebelum barang dikirim. Ini adalah cara yang paling simple, syaratnya dik Evinda hanya perlu rekening bank agar bisa dibayar, produk untuk dijual, dan toko online sebagai tempat berjualan.

      Jika dik Evinda ingin berbisnis online dengan cakupan yang lebih luas dan butuh untuk menerima dollar sebagai mata uang untuk pembayaran, dik Evinda bisa register akun di paypal. Dengan paypal dik Evinda bisa menerima pembayaran dari siapa saja yang juga memiliki akun tersebut dan dari kartu kredit.

      Cara mencairkannya tinggal di withdraw ke bank lokal, dalam 2 – 3 hari kerja akan masuk ke bank dan bisa ditarik tunai.

      Moga-moga jelas yah penjelasannya… :D

  5. Galih Purnomo February 20, 2013 at 9:10 AM #

    Mf mungkin pertanyaan saya nyimpang dari tutorial, tapi yang pastinya saya sangat tertarik dengan tutorial ini, namun apa daya bahwa saya adalah pemula yang belum mengenal wordpress, namun saya terbiasa dengan blogspot sebab itu menurut saya hal sangat mudah, bisakan mas syamsul memberika sebuah video tutorial dalam pembuatan toko online untuk platform blogspot. terima kasih.

  6. Yunar April 14, 2013 at 10:03 PM #

    Excellent, setiap tulisan nya selalu menjelaskan dengan detail (jadinya panjang) membuat pembaca nya betah. Saya sendiri kagum dengan gaya menulis mas Syamsul.

  7. frio firmansyah May 13, 2013 at 2:38 PM #

    bisnis pertama saya dan sampe skrng masih lancar mas…bisnis jual sambel pecel…
    saya beli sambel pecel di http://www.sambelpeceltop.blogspot.com lalu saya jual ulang di facebook dan twitter.
    Alhamdulillah sangat laris dan untung…hehehe

  8. tyas August 3, 2013 at 11:03 AM #

    salkomsel….
    mas,mohon dibantu dong…aku akan buka toko online.disitu rencana saya mau jual susu kambing.
    gmna cara buat blogatau situsnya??
    thx for attn and reply.

    salam,
    tyas

More in Bisnis Online
Cara Memulai Bisnis Online Anda Secepatnya…
Close