Masukkan Email Anda untuk...
GRATIS Update Konten Ekslusif!!

Cara Berbisnis Online (dalam Tiga Langkah yang Cepat & Pasti)!

Diposkan pada 02 October 2012 oleh Syamsul Alam. Print artikel atau beri komentar.

Hari ini saya ingin nulis dikit tentang cara berbisnis online versi saya.

Sebelumnya, saya mau kasih tahu anda bahwa post ini dibuat bukan oleh blogger pemula yang menulis untuk mendapatkan trafik, melainkan oleh saya yang sudah malang melintang di dunia bisnis online selama kurang lebih 5 tahun, oleh karenanya saya ingin anda perhatikan serius apa yang saya tulis di bawah ini.

Cara Berbisnis Online dalam Tiga Tahap

cara berbisnis online

Seperti yang selalu saya bilang, bisnis online itu kurang lebih sama saja dengan bisnis normal di dunia nyata.

Setiap bisnis itu mendapatkan uang dengan cara menukarkan value yang ia miliki dengan aset (uang) orang lain.

Dan bisnis itu, di mana-mana butuh tiga hal:

  • Penawaran (produk atau jasa)
  • Pengunjung (trafik atau views)
  • Konversi (kemampuan untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli)

Contoh gampang adalah restoran dan/atau jasa laundry…

Mereka punya penawaran berupa makanan dan jasa laundry.

Mereka memilih tempat dimana banyak pengunjung (tidak mungkin restoran buka di sebelah kuburan).

Dan mereka berusaha untuk mengkonversi dengan menawarkan harga yang kompetitif, rasa yang enak, layanan yang cepat, menu yang variatif, dan lain-lain.

Hal yang sama juga berlaku pada bisnis online atau bisnis apapun yang waras.

Anda pasti tahu bahwa tidak ada jalan sukses yang mudah, dan meskipun ada banyak keunggulan dalam bisnis online, bukan berarti bisnis ini mudah.

Kembali ke topik, mari kita bahas satu persatu tentang cara berbisnis online dalam tiga langkah ini.

Elemen Bisnis Online #1: Penawaran

cara berbisnis online

Anda harus pastikan bahwa anda punya sesuatu untuk ditawarkan pada orang lain. Sesuatu yang bisa anda jual. Hal ini bisa berupa produk dan jasa.

Jika anda blogger, yang anda jual sebenarnya adalah potensi klik atau pengunjung yang bisa pengiklan anda dapatkan. Namun jika anda tidak atau belum punya keahlian untuk menghasilkan pengunjung ribuan orang per hari ke situs anda, saya sarankan anda cari hal lain untuk ditawarkan.

Saya pribadi tidak menjual slot iklan, karena saya bukan ahli dalam mendatangkan trafik. Tapi saya tetap bisa mendapatkan uang dari internet (bisnis online saya) karena saya punya produk.

Jika anda mengikuti saya cukup lama, anda pasti juga tahu kalau saya berjualan peralatan ternak lele dan baru-baru ini mencoba berjualan baju korea.

Teman saya menjual jersey (kaos bola), teman saya yang lain lagi berjualan baju batik trendi, dulu pernah ada teman saya di Jawa Barat yang berjualan sepatu futsal. Saya punya banyak teman yang menawarkan jasa konsultasi SEO, dan dulu saya pernah menjual jasa pembuatan toko online.

Dengan memiliki produk atau jasa, trafik atau pengunjung yang sedikit tidak masalah karena anda akan tetap menghasilkan uang.

Setelah anda memiliki produk, anda perlu tempat untuk meletakkan produk anda dalam sebuah ‘tempat’ di internet.

Untuk melakukan hal ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, anda bisa membuat website anda sendiri (bisa berupa website profesional atau blog gratis di Blogger), atau dengan menumpang tempat di Facebook, TokoBagus.com, dan lain-lain. Saya jelaskan secara detail di post ini: Bisnis Online Tanpa Modal.

Jika anda ingin tutorial video tentang cara bikin website, silakan lihat halaman ini: Video Tutorial Bisnis Online.

Jika karena suatu alasan anda tidak punya produk atau jasa yang bisa anda tawarkan, anda bisa mencari kenalan atau saudara atau teman atau siapapun yang memiliki produk, dan tawarkan kerja sama (ini hal yang saya lakukan dengan ayah saya untuk situs BeliLele.com saya).

Jika masih tak punya produk, anda mungkin bisa pertimbangkan join premium membership saya di mana saya jelaskan di post premium saya: Cara Rahasia Mencari Produk Harga Grosir untuk Toko Online Anda.

Jika anda tak ingin memiliki produk sendiri, anda bisa pertimbangkan untuk menjadi affiliate (makelar online) dan gabung affiliate network.

Sayangnya sampai saat ini belum ada affiliate network yang layak di Indonesia sejauh yang saya tahu. Jika anda tertarik menjadi affiliate, anda terpaksa harus join affiliate network global seperti Amazon, Clickbank, dan lain-lain dan menjual ke pasar global. Keahlian berbahasa inggris untuk menjual produk menjadi diperlukan.

Anyway, seandainya anda tertarik anda bisa cek video saya tentang cara daftar affiliate network: Video Tutorial Belajar Bisnis Online.

Elemen Bisnis Online #2: Pengunjung

cara berbisnis online orang

Menurut saya ini adalah hal yang relatif paling sulit. Karena kontrolnya terletak di luar tangan kita dan ada banyak hal yang mempengaruhi. Namun, saya akan coba jelaskan semua cara mendapatkan trafik yang bisa anda coba.

Jika anda menggunakan situs seperti TokoBagus.com, Facebook.com, atau menggunakan forum sebagai tempat anda untuk memajang produk atau jasa anda, maka sebenarnya secara default sudah ada pengunjung yang akan melihat penawaran anda.

Yang anda perlukan hanya tinggal memaksimalkannya.

Namun jika anda menggunakan website anda sendiri, maka anda perlu tambahan cara lain, karena orang tak akan mampir ke situs yang mereka tidak ketahui — oleh karenanya situs anda harus bisa ‘dilihat’ oleh orang lain sehingga bisa dikunjungi.

Search Engine

Cara pertama yang sering digunakan orang adalah dengan mencoba me-listing situs mereka ke mesin pencari (search engine seperti Google).

Secara default sebenarnya blog anda (Blogger ataupun WordPress) sudah melakukan ping ke search engine untuk memastikan bahwa situs anda ter-index oleh search engine.

Namun tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan hal tersebut sehingga tidak hanya ter-index, melainkan situs anda juga tampil di ranking tinggi di mesin pencari pada kata kunci yang anda inginkan. Hal inilah yang sering dipanggil Search Engine Optimization (SEO).

Pembahasan tentang SEO merupakah cakupan lain di luar post ini, jika ingin informasi lebih lanjut, anda bisa cek video saya: Video Tutorial Belajar SEO. Scroll sampai bagian yang membahas tentang SEO.

Cara Lain Mendapatkan Pengunjung Selain Search Engine

Manfaatkan situs lain, anda bisa menggunakan Facebook.com untuk mempromosikan post atau produk anda, membagikan situs anda ke situs seperti Digg.com atau StumbleUpon.com, buat banyak video dan promosikan melalui YouTube.com, DailyMotion.com, Vimeo.com dan lain-lain, berkontribusi di blog atau situs orang lain, promosi di forum, dan banyak lagi…

Ada sangat banyak cara mendapatkan trafik, saya tidak akan membahas semua cara karena terlalu banyak.

Namun ingat, jika anda punya produk atau jasa (bukan sekedar blogger dengan modal hanya tulisan), tidak butuh pengunjung ribuan untuk pendapatan jutaan rupiah per bulan. :D Biasanya trafik dari search engine dan kenalan anda sudah cukup.

Elemen Bisnis Online #3: Konversi

cara berbisnis online arrow

Ini adalah aspek yang paling menyenangkan dari bisnis. Mengubah pengunjung menjadi pembeli. Dan yang menarik dari bisnis online adalah kurang lebih anda bisa mengotomatisasikan hal ini.

Jika anda berjualan produk informasi seperti saya, anda pasti familiar dengan payment processor bernama PayPal.

Anda bisa membuat tombol beli menggunakan PayPal, dimana setelahnya anda tak perlu melakukan apapun untuk menangani transaksi (karena PayPal sudah secara otomatis menangani pembelian dan mengantarkan pembeli anda ke produk yang ia beli).

Itu hal yang paling utama dari mengubah pengunjung menjadi pembeli, yaitu memiliki cara agar pengunjung bisa membeli dari kita. Jika kita memiliki produk dan trafik yang berlimpah, tapi kita tak memberi informasi tentang cara membeli, mereka tak akan membeli dari kita. Sesederhana itu.

Jika anda menjual produk fisik atau jasa secara online, anda bisa menerima pembayaran secara transfer. Pastikan anda mencantumkan cara pembayaran dan cara agar calon pembeli anda bisa mengkonfirmasikan pembayarannya pada anda.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konversi adalah dengan mengkomunikasikan sebaik mungkin produk anda. Anda bisa belajar lebih banyak tentang hal ini dengan mengikuti pelatihan sales (saya belajar dari audio Sales Revolution-nya pak Tung Desem Waringin), atau belajar copywriting.

Dan karena topik mengenai konversi ini juga sangat luas, saya rasa pembahasannya akan membutuhkan satu post tersendiri (post ini sendiri sudah lebih dari 1000 kata).

Resep & Cara Berbisnis Online?

cara berbisnis online checkmark

Anda sekarang sudah tahu resep saya berbisnis online.

Sangat sederhana, jadi jangan dipersulit dan diperumit. Anda sudah mengerti semua kepingan puzzle nya, kini saatnya anda untuk melakukan semua yang anda bisa untuk segera me-launch bisnis online anda — apapun itu.

Demikian dari saya, semoga bermanfaat! Salam pintar!

P.S: Jika anda meng-share atau meng-Like artikel ini, teman anda akan sama terbantunya seperti anda. Anda mungkin dapat pahala dengan melakukannya. Jadi, tolong share dan like post ini dengan tombol di samping (atau di bawah). Thanks!

Print Friendly

Terima kasih karena sudah mampir di blog ini. Saya suka anda karena anda telah mengunjungi blog ini! Dan jika karena suatu alasan anda juga suka dengan saya (atau blog saya), anda dapat memberi tahu saya dengan meng-klik tombol "LIKE" di samping... Thanks!

Tentang

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Anda bisa menemui saya di Facebook, Google+, atau Twitter saya.

Suka Artikel ini? Dapatkan Update GRATIS via Email!

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

Suka Video Tutorial Kami? Dapatkan Update Video Baru GRATIS via Email!!

Masukkan Email Anda

*Masukkan email anda di form di atas. Masukkan CAPTCHA agar saya tahu anda bukan robot. Dan ingat untuk cek inbox anda untuk verifikasi. :D

Tags: , , , , , , ,

2 Komentar untuk “Cara Berbisnis Online (dalam Tiga Langkah yang Cepat & Pasti)!” Suka dengan Post ini? Ada Pertanyaan? Ayo Komentar!

*Ada kejutan SUPER menarik untuk anda yang baru PERTAMA KALI komentar di blog ini! Komentar sekarang juga dan anda akan dapatkan kejutannya SEGERA setelah anda selesai berkomentar...

  1. budiyanto (gratisan hasil juta'an) October 15, 2012 at 7:06 AM #

    infonya sngat bermanfa’at sekali buat saya,jadi pengen mempelajari lebih lanjut tentang bisnis online nih……

    thanks ya mas….

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mungkin Anda Tertarik Belajar Bisnis Online Gratis dengan Syamsul Alam ? | Reza Akhmad Syahbana - July 21, 2013

    [...] Mungkin untuk pemula seperti saya pasti akan terasa bingung ketika berkecimpung pertama kali di bisnis online. Saya sangat yakin anda bingung dengan hal-hal apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan ketika memulai bisnis online. Berdasarkan pengalaman saya, anda pasti akan mencari di google bagaimana belajar bisnis online itu. Tahukah anda ? Saat anda membuka halaman google mengenai bisnis online, anda pasti akan kebingungan sendiri karena banyak website yang membahas itu dan anda akan membuang waktu anda dengan membuka website tersebut satu persatu. Saya hanya menyarankan untuk Stop !! Sudah saatnya anda untuk mengetahui dimana tempat belajar bisnis online paling asyik. [...]

X
BARU: Cara Saya Rank Halaman Satu di Google! Klik di sini »
¤
More in Bisnis Online
Bisnis Online Tanpa Modal, Mungkinkah? Gimana Caranya?
Close