Bisnis Online Tanpa Modal, Mungkinkah? Gimana Caranya?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan, "bisakah bisnis online tanpa modal?"

Saya tak ingin berbohong pada anda, dan akan saya jelaskan dengan detil penjelasannya di bawah, tapi jawaban singkat saya adalah... BISA & TIDAK BISA.

Jika yang anda maksud dengan bisnis online tanpa modal adalah tanpa uang sepeserpun, jelas tidak bisa -- anda harus bayar untuk bisa berinternet, beberapa ISP malah mengenakan biaya yang tidak murah agar anda bisa memiliki koneksi yang layak.

Tapi jika yang anda maksud dengan bisnis online tanpa modal adalah bisnis di internet yang gratis, maka tentu saja ada caranya -- meski ada juga kelemahannya. Mari kita bahas satu-satu.

Sebelumnya, saya ingin tanya pada anda, apa maksud dari kata 'bisnis' bagi anda?

Apakah 'bisnis' bagi anda bermakna mendapatkan uang hanya dengan duduk diam di internet? Bermakna menghasilkan uang tanpa memberikan nilai ke masyarakat? Bermakna menghasilkan uang banyak dengan cara membodohi orang lain dengan membeli 'software penghasil uang'?

Jika itu maksud 'bisnis' anda, maka saya bisa pastikan bahwa akhir dari bisnis anda adalah perasaan kecewa karena ditipu, kemiskinan, kebangkrutan. Hal yang anda panggil 'bisnis' itu mungkin akan memberi anda beberapa juta dalam waktu singkat (mungkin juga memberi anda nol rupiah seumur hidup anda), tapi uang itu tak akan bertahan lama.

Hal yang anda sebut 'bisnis' ini akan hilang dalam beberapa bulan ke depan....

Tapi jika yang anda maksud bisnis adalah dengan memberikan nilai pada masyarakat, bisnis asli yang tidak tergantung pada Google secara jangka panjang, bisnis yang membuat pelanggan anda mau untuk kembali dan terus membeli dari anda, maka saya doakan kesuksesan yang banyak untuk anda...

So, yuk kita lanjutin diskusinya sama-sama...

Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Dalam bisnis online, anda jelas butuh presence di internet. Anda jelas butuh 'tempat' dimana anda bisa menjual produk atau jasa anda. Dan anda beruntung sekarang ini, karena ada banyak sekali tempat bagi anda untuk menjual produk atau jasa anda secara gratis.

Bisnis Online Tanpa Modal dengan Facebook

bisnis online tanpa modal Facebook

Beberapa di antaranya yang sekarang ini cukup populer adalah Facebook! Yups, Facebook! Mudah saja, buat 'page' di Facebook tentang usaha anda, beritahukan teman-teman anda tentang Facebook page anda, suruh mereka nge Like Facebook page anda, dan gunakan Facebook page tersebut untuk mempromosikan produk anda.

Anda memang harus berhati-hati karena Facebook adalah platform sosial. Orang pergi ke Facebook bukan untuk berbelanja, tapi untuk update status mereka, berkomentar terhadap hal-hal menyenangkan yang dilakukan teman mereka, main game, chatting, dan lain-lain.

Tapi jika produk yang anda jual unik, banyak disukai teman anda, dan anda melakukannya dengan cara yang tidak keterlaluan, maka anda bisa harapkan hasil yang memuaskan dari usaha anda.

Saya punya teman, mahasiswi Unair juga, se universitas dengan saya -- yang menjual baju korea melalui Facebook. Benar, dia tidak bisa membuat toko online (itu alasan ia menggunakan Facebook), dan benar temannya tidak begitu banyak. Tapi dari teman yang tidak terlalu banyak pun ia bisa menghasilkan banyak uang dari pembeli tetap yang ketagihan dengan update baju korea terbaru dari dia.

Bisnis Online Tanpa Modal dengan Blogger (Blogspot)

bisnis online tanpa modal blogger

Alternatif lain adalah dengan menjual produk atau jasa anda menggunakan blog (di Blogger). Tentu saja hasilnya tidak akan se-profesional toko online buatan saya (BelanjaBajuKorea.com), tapi minimal sekarang anda mengijinkan orang untuk menemukan toko online anda, dan sekarang anda punya kemungkinan untuk menghasilkan uang dari situs baru anda tersebut.

Bagaimana cara mudah membuat 'toko online' di blogger atau blogspot? Buat saja post yang berisi gambar produk anda, dengan deskripsi singkat, harga dan informasi pembayaran. Detilnya bisa anda lihat di sini » Cara Membuat Toko Online yang Saya Tahu.

Jika Tak Punya Produk Untuk Bisnis Online?

Jika anda tidak punya produk untuk dijual, ada dua cara -- cari teman, keluarga, istri, kenalan, atau siapapun yang punya produk, dan tawarkan kerja sama dengan mereka. Jika anda berhasil menjual, anda bisa minta komisi. Atau anda pesan dari mereka dan jual dengan harga lebih di internet.

Cara lainnya adalah dengan join affiliate network. Anda bisa menerjang pasar global, bergabung dengan affiliate network, dan menjual produk dari Amazon.com, Clickbank.com, CJ.com, dan sejenisnya.

Tentu saja jika cara ini yang anda incar, anda harus bisa berbahasa inggris, membuat ulasan produk, dan lain-lain... Tapi jika anda benar-benar mau ya tidak ada salahnya di coba.

Ide Lain untuk Bisnis Online Tanpa Modal Anda...

Jika anda punya jasa atau produk untuk dijual dan ingin cara lain untuk memasarkan produk dan jasa anda tanpa situs dan Facebook, anda bisa gunakan forum. Join saja di Kaskus atau forum-forum yang sesuai dengan ceruk pasar anda. Cari kenalan di sana, buat teman, dan promosikan produk anda. Tentu saja dengan cara-cara yang semestinya agar anda tidak di ban oleh moderatornya...

Dan hei, produk anda bisa di jual di situs-situs seperti TokoBagus.com, Berniaga.com, dan situs-situs iklan semacamnya. Saya kenal teman yang menjualkan spare part mobil melalui situs-situs tersebut, dan ia sangat sukses sampai-sampai ia berani membayar orang untuk 'meletakkan' produknya di situs tersebut.

Tentu saja ia bisa listing sendiri, toh gratis... tapi ia tak ingin menghabiskan waktunya nge listing dan malah membayar orang... Ini bukti bahwa hanya dengan me listing produknya di situs-situs tersebut, ia mendapat banyak order sehingga bisa bayar orang 'kan?

Dan sebenarnya saya yakin ada banyak cara lagi, tapi saya tidak tahu semuanya... hehe... Intinya, selama anda punya produk atau keahlian, anda bisa mulai bisnis di internet. Tanpa modal lagi... tapi tentu saja jika anda ingin lebih sukses, membangun nama anda sendiri, menginginkan 'kendali' yang lebih dari bisnis online anda di internet, anda harus mulai investasi -- demi kebaikan anda.

Oh iya, jika ingin belajar tentang bisnis online lebih jauh secara gratis, silakan lho... Saya punya halaman video tutorial untuk anda yang ingin belajar. Cek di sini » Video Tutorial Belajar Bisnis Online.

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
usaha online shop
usaha yang menguntungkan saat ini
peluang usaha adalah
peluang usaha dengan modal kecil
usaha yang menguntungkan di desa
peluang usaha sampingan
peluang bisnis rumahan
usaha kecil yang menguntungkan

4 thoughts on “Bisnis Online Tanpa Modal, Mungkinkah? Gimana Caranya?

  1. Mz tolong kasi tau dmn sy bisa kerja part time online betulan klo bisa tnpa modal dan benar2 dibayar tapi tanpa menipu/merugikan orang lain..
    Karena saya memang btuh penghasilan tambah..
    Makasi infonya y..
    Makasi juga sudah bagi2 ilmu..
    Kl boleh bls d email y,makasi

Comments are closed.