Dua Alasan Mengapa Anda Perlu Nama Domain dan Server Sendiri untuk Bisnis Online Anda

Setiap website profesional pasti memiliki domain sendiri dan di host di server milik mereka sendiri. Jika anda ingin menjadi profesional juga, berinvestasilah pada domain dan server anda sendiri. Jangan jadi orang pelit, setiap bisnis baik offline maupun online membutuhkan investasi.

Sekilas Info Tentang Nama Domain & Server

Okay, nama domain (domain name) adalah 'nama' dari situs atau blog milik anda. Misal, blog yang sedang anda baca saat ini memiliki domain "syamsulalam.net". Itu adalah 'nama' yang anda ketik di URL address browser anda ketika anda ingin mengunjungi blog ini.

Sementara itu, 'hosting' atau 'server' adalah 'tempat' dimana saya bisa 'meletakkan' blog atau situs saya agar dapat diakses 24 jam penuh. Anda butuh komputer yang menyala terus, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, untuk memastikan situs anda dapat dikunjungi oleh siapapun kapanpun.

Pada kenyataannya, kita tidak dapat membuat komputer kita menyala terus 24 jam dalam sehari, oleh karena itu kita menggunakan/menyewa jasa hosting untuk 'meletakkan' situs kita sehingga dapat dikunjungi oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun selama ada koneksi internet.

Setelah mengerti apa itu domain name dan apa itu hosting, sekarang mari kita bicara biaya untuk memiliki domain name dan server ini.

Biaya Memiliki Nama Domain dan Server Sendiri

Domain saat ini biasanya dijual dengan harga sekitar $15 (Rp 150.000) per TAHUN, bisa kurang, bisa lebih tergantung tempat anda membelinya. Untuk keperluan artikel ini, kita anggap harga domain $15 per tahun.

Sementara itu, harga sewa server yang bagus (sangat jarang down - proven uptime 99,9%) itu rata-rata $10 (Rp 100.000) per BULAN atau $120 (Rp 1.200.000) per TAHUN (tentu saja bisa lebih murah, tergantung tempat anda beli dan diskon yang ada).

Artinya anda perlu untuk investasi sebesar Rp 1.350.000 untuk menjalankan bisnis anda selama SATU TAHUN (sangat murah dibandingkan bisnis offline, sewa ruko di Sidoarjo saja butuh puluhan juta per tahun).

Namun jika anda punya uang berlebih, saran saya langsung investasi untuk minimal 3 tahun. Artinya beli domain dalam jangka waktu 3 tahun dan sewa server langsung 3 tahun, karena selain anda biasanya mendapatkan potongan harga yang besar, harga domain dan server akan secara alami merangkak naik seiring dengan berjalannya waktu, PLUS search engine secara umum menganggap situs dengan domain yang lama masa expired-nya sebagai situs yang lebih dapat dipercaya (trustworthy).

Alasan Sebenarnya Mengapa Domain dan Server Sendiri itu Penting

Domain dan server yang anda miliki akan memberikan anda keleluasaan untuk melakukan apapun dengan situs anda. Dengan blogger dan wordpress.com, anda hanya bisa membuat blog. Sementara dengan multiply, anda hanya bisa membuat toko online yang tidak terlalu bagus...

Alasan lain yang tak kalah penting adalah bahwa situs anda tidak akan dihapus secara sepihak oleh pihak ketiga (blogger.com atau wordpress.com misalnya) karena alasan apapun. Anda perlu tahu bahwa akhir-akhir ini blogger dan wordpress secara aktif menghapus blog yang ditengarai melakukan spam, melanggar T.O.S, atau terlalu agresif dalam melakukan SEO.

Dengan memiliki domain dan server sendiri, situs anda tak akan dapat dihapus oleh siapapun karena anda tak perlu mematuhi aturan siapapun :D.

Selain itu, domain yang profesional, memberikan rasa percaya yang lebih bagi pengunjung anda untuk mengikuti instruksi yang anda berikan (misal: membeli produk atau menggunakan jasa anda).

Situs dengan domain yang terlihat profesional dan hosting yang dapat diandalkan (jarang sekali down) akan memberikan dampak positif di search engine (Google), dipercaya oleh pengunjung anda, dan menghasilkan banyak uang kepada anda 😀 (semoga).

Apapun keuntungan yang anda inginkan dari memiliki nama domain dan server sendiri, domain name dan server yang anda miliki dapat anda gunakan untuk membuat apapun situs bisnis yang anda inginkan. Entah itu toko online, situs berita, blog yang terkenal, review site, forum, dan banyak lagi jenis situs dimana anda bisa mendapatkan lebih banyak uang dibandingkan investasi yang anda keluarkan!

Jadi, apakah anda sudah memiliki domain dan server sendiri atau masihkah anda menumpang di blogger.com, wordpress.com, dan multiply.com? Bagikan di kotak komentar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
pengertian sub domain
pengertian domain dan hosting
contoh domain
pengertian hosting
jenis jenis domain
macam macam domain
pengertian website dinamis

3 thoughts on “Dua Alasan Mengapa Anda Perlu Nama Domain dan Server Sendiri untuk Bisnis Online Anda

  1. Sy sudh punya domain dan hosting sendiri dan aman2 saja dr wordpress.com tetapi kena hack. klihatannya yg nge-hack teman2 indonesia sendiri. sedih saya, padahal itu hasil pertama saya coba2 dan praktek bikin web setelah ikut blajar di bogor. sampai sekrg sy gak tahu hrs bagaimana?! brngkali mas syamsul bisa bantu. terima kasih.

    1. wah??! kok bisa kena hack itu gimana ceritanya??

      hm… saya ga tahu saya bisa bantu apaan. tapi kalau beneran kena hack saya rasa bisa minta support dari perusahaan hosting yang mas shar pake untuk membantu mas mengatasi hal tersebut. 😀 Good luck ya mas…

Comments are closed.