Tujuh WordPress Plugin Wajib Install (untuk SyamsulAlam.net)

Saya punya banyak blog yang dibuat dengan wordpress self hosting. Itu mungkin bukan rahasia lagi. Tapi ada tujuh plugin yang selalu saya instal di semua blog-blog saya. Singkat saja, plugin-plugin tersebut membantu situs saya bekerja secara optimal. Dan tanpa plugin-plugin ini, mungkin saya akan menghabiskan banyak sekali waktu untuk mendapatkan subscriber dan trafik.

Jadi langsung saja ke daftar tujuh plugin wajib instal di blog WordPress.anda:

1. WordPress SEO

Anda pernah dengar WordPress plugin yang satu ini? Ini adalah SEO plugin terbaik yang pernah saya temui. Saya sudah pernah mencoba All in One SEO Pack dan Platinum SEO, tapi tidak ada dari kedua plugin itu yang menyamai kecanggihan WordPress SEO buatan Yoast ini.

Saya tak akan jelaskan apa saja kelebihannya dibanding plugin SEO gratis sejenis, penjelasan panjang lebar nanti saja untuk post review tentang plugin ini. Tapi yang jelas, jika anda tidak menginstal plugin ini, maka anda sama saja dengan membuang pengunjung dari search engine.

Jika anda ingin tahu lebih jelas tentang plugin ini, silakan klik di sini »

2. Jetpack by WordPress.com

Saya suka Jetpack karena hanya dengan menginstal satu plugin, saya mendapat banyak fungsi sekaligus. Mulai dari stats atau hit counter, fasilitas untuk dengan mudah meng-embed video, sampai fungsi untuk menambahkan rumus matematika di blog saya.

Ada banyak yang ditawarkan oleh Jetpack untuk blog anda. Yang diperlukan hanyalah akun WordPress.com dan anda bisa menikmati semua itu.

Beberapa orang tidak suka Jetpack karena plugin ini secara otomatis menginstal banyak fungsi yang tidak begitu diperlukan, tapi menurut saya tidak masalah -- jika kita tidak menginginkan suatu fungsi tertentu dari Jetpack, kita bisa men-disable nya.

Ini adalah plugin wajib instal kedua saya, karena dengan menginstal plugin ini saya tidak usah repot-repot mengurusi Google Analytics.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut »

3. PubSubHubBub

Saya tahu, nama yang lucu untuk sebuah plugin. Tapi ini adalah plugin yang sangat powerful untuk memerangi scraper site yang dengan seenaknya meng-copy isi situs anda tanpa ijin terlebih dahulu. Anda mungkin kesal karena terkadang situs yang menyalin isi blog anda malah memiliki rank lebih baik di search engine dibandingkan situs anda.

PubSubHubBub menawarkan cara baru yang lebih baik dalam menotifikasi search engine ketika ada artikel baru dari situs anda. Dengan ini, search engine menyimpan data tentang artikel anda terlebih dahulu -- sehingga jika ada situs yang menyalin situs anda tanpa ijin anda akan dianggap oleh search engine sebagai duplicate content dan situs anda tetap bertengger di tempat yang semestinya.

Plugin yang wajib instal untuk para penulis blog original seperti saya. Jika ingin info lebih lanjut, klik di sini »

4. W3 Total Cache

Saya harus akui bahwa plugin ini tidak selalu saya instal di semua situs saya, tapi 4 dari 5 kesempatan, saya pasti menginstal plugin ini.

Kecepatan situs memegang peranan penting dalam posisi di search engine. Optimasi off-site seperti membangun backlink terkadang tidak cukup. Meski backlink kita banyak, jika situs kita butuh lebih dari 10 detik untuk di load, maka jangan salahkan pengunjung anda jika mereka menutup browser atau menekan tombol 'back' sebelum sempat membuka situs anda.

Dan bounce rate yang tinggi menjadi indikator bagi Google untuk menendang situs anda -- semata karena Google mengasumsikan situs dengan bounce rate tinggi tidak relevan.

W3 Total Cache membantu anda menyelesaikan masalah tersebut dengan menyediakan cache dari halaman anda dan menyimpannya di komputer pengguna. Hal ini membuat halaman kedua, ketiga, dan seterusnya yang dibuka dari situs anda dapat ditampilkan lebih cepat karena telah disimpan di dalam browser dalam bentuk cache.

Jika anda menginstal banyak plugin, blog akan akan menjadi lebih lambat, itu lumrah. Dan plugin ini adalah obatnya...

Tertarik menginstal plugin ini? Klik di sini untuk lebih jelasnya »

5. Google XML Sitemap & Google XML Sitemap for Videos

Kenapa dua plugin ini dijadikan dalam satu pembahasan? Karena plugin ini menghadirkan fungsi yang mirip -- meski untuk format konten yang berbeda.

Google XML Sitemap membantu anda membuatkan sitemap XML dari keseluruhan post di situs anda, yang kemudian akan di 'ping' ke search engine seperti Google dan Bing hanya dalam satu klik.

Sementara Google XML Sitemap for Videos membuatkan sitemap XML dari keseluruhan video yang di embed di situs anda. Yup, bahkan video orang lain di YouTube yang di embed di situs anda akan dimasukkan dalam sitemap juga, yang kemudian bisa anda submit ke search engine untuk tampilan maksimal dari situs anda di search engine.

Benar-benar plugin yang wajib instal -- khususnya jika anda penyedia konten dalam banyak format seperti saya. Google XML Sitemap dapat dilihat infonya di sini »

Sementara untuk Google XML Sitemap for Videos silakan klik di sini »

6. Digg Digg

Ingin cara mudah menampilkan tombol keren agar pengunjung anda bisa membagikan artikel anda? Instal saja Digg Digg plugin. Hanya dalam beberapa klik, anda dapat memunculkan tombol keren seperti yang bisa anda lihat melayang di sisi kiri artikel ini.

Dan selagi anda melihatnya, sempatkan untuk membagi artikel ini lewat Twitter atau Facebook yah!

Untuk info lanjutan tentang plugin ini, klik di sini »

7. S2Member® Framework

Tidak bisa dipungkiri, sebagai blog setengah membership site, saya bergantung pada plugin yang mengijinkan saya untuk memproteksi konten-konten premium saya.

S2Member® Framework mengijinkan saya untuk membuat membership site dengan relatif mudah. Jika anda ingin sebuah membership site sederhana (seperti blog ini), maka S2Member® Framework adalah pilihan gratis yang sangat sempurna!

Jika ingin informasi lebih lanjut tentang plugin ini, klik di sini »

Saya rasa itu saja plugin yang wajib instal untuk SyamsulAlam.net. Sebenarnya ada banyak lagi yang lain, tapi sifatnya hanya pelengkap. Mungkin akan saya share lain waktu.

Oh iya, jika ada pertanyaan silakan komentar atau LIKE saya di Facebook jika anda suka artikel ini. Salam senyum!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Simple SEO Domination - 1.000 Pengunjung / Hari dalam 3 Bulan!!

Uang itu letaknya di TRAFIK. Tak akan ada bisnis yang bisa dibuat di situs yang sepi. Dapatkan panduan pasti dapatkan 1.000 pengunjung / hari pertama anda dengan SEO di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
wordpress plugins tutorial
how to install wordpress plugins
plugins meaning
must have wordpress plugins
free wordpress plugins
premium wordpress plugins
wordpress plugins list
wordpress plugins free download

3 thoughts on “Tujuh WordPress Plugin Wajib Install (untuk SyamsulAlam.net)

    1. Salam hangat juga dari Sidoarjo pakde Cholik. 😀

      Thanks karena sudah mampir, insya Allah saya kapan-kapan mampir ke rumah pak de.

  1. saya senang ketemu blog ini…semuanya dibuka ga ada ditutupi. tempat belajar bisnis online no1 buat saya…

Comments are closed.