20+ Tempat Kerja Online Gratis (Situs Freelance — Dibayar per Pekerjaan)

Daftar tempat kerja online ini ada karena beberapa dari anda komplain karena alternatif yang saya tawarkan untuk menghasilkan uang secara online dari internet selalu berkaitan dengan pembuatan produk dan toko online.

Karenanya, sekarang saya kumpulkan daftar 20 lebih tempat kerja online dimana anda dibayar untuk melakukan tugas atau pekerjaan (proyek) yang konyol, sederhana, dan serius.

kerja online gratis picture

Tempat kerja online yang saya maksud ini adalah situs dimana anda bisa melaksanakan tugas yang anda tentukan sendiri atau yang telah ditentukan, dan anda akan dibayar sesuai jumlah tugas yang bisa anda kerjakan.

Daftar atau list di bawah ini tidak dalam artian apapun lengkap, jika anda tahu lebih banyak dari saya, jangan sungkan untuk memberitahu saya lewat kotak komentar di bawah.

Dan beberapa situs atau program mungkin hanya bisa diikuti oleh penduduk dari negara tertentu. Jadi lakukan riset anda sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun dan bekerja di salah satu situs kerja online (freelance) di bawah ini.

Daftar Tempat Kerja Online

Berikut ini adalah daftar 20+ situs tempat kerja online (freelance site) -- tak dalam urutan tertentu.

  1. Fiverr -- Situs keren dimana anda bisa menghasilkan uang ($4) untuk tiap pekerjaan konyol atau sederhana yang anda lakukan. Pelanggan membeli GIG anda (tugas atau jasa mini yang anda listing), seharga $5 dan anda akan dibayar $4 ketika anda menyelesaikan tugas tersebut.
  2. Tenbux -- Kurang lebih sama seperti Fiverr, hanya saja anda bisa memilih harga GIG anda antara $5 dan $10.
  3. Just a Five -- Sangat mirip dengan Fiverr. Kemungkinan bahkan menjiplak Fiverr, hahaha... Namun anda bisa tentukan harga jasa atau tugas yang anda kerjakan antara $5 - $20.
  4. GigMe5 -- Silakan tebak sendiri dari namanya, kira-kira seperti apa... hahaha...
  5. Dollar 3 -- Situs pekerjaan online mini dengan harga kelipatan $3, dimulai dari $3, sampai $90 per tugas. Tapi saya tidak yakin dengan harganya, silakan cek sendiri.
  6. Jobs for 10 -- Silakan tebak sendiri berapa harga yang bisa anda minta untuk GIG anda di situs ini. (Situs ini sudah di tutup karena bangkrut.)
  7. FittyTown -- Kurang lebih sama seperti situs GIG lainnya yang mengharuskan anda untuk melisting pekerjaan atau jasa yang ingin anda kerjakan, hanya saja di sini skalanya mungkin beberapa kali lebih besar karena semua GIG yang ditawarkan masing-masing seharga $50.
  8. Elance -- Tempat yang besar dimana para internet marketer dan pemilik bisnis lokal melakukan outsourcing. Merupakan salah satu cara yang sangat baik bagi freelancer (pekerja lepas) untuk menghasilkan uang jutaan rupiah dalam beberapa hari atau minggu jika anda tahu caranya dan punya kualifikasinya. Salah satu situs kerja online terpopuler.
  9. Odesk -- Kurang lebih sama seperti Elance di atas.
  10. Microworkers -- Hasilkan uang dengan melakukan tugas atau jasa mini. Biasanya hanya dibayar beberapa sen atau beberapa dolar. Tapi tugas yang perlu anda lakukan sangat mudah (misal: me LIKE halaman Facebook seseorang).
  11. Mechanical Turk -- Tempat kerja online dengan tugas dan jasa mini yang dimiliki oleh Amazon. Kurang lebih sama seperti Microworkers, namun mungkin sistem yang ada lebih canggih sedikit.
  12. ApaBoleh.com -- Kurang lebih sama seperti Fiverr, namun versi Indonesia. Harga tiap GIG atau jasa amat beragam. Antara beberapa puluh ribu rupiah hingga seratus ribu rupiah.
  13. Recehan.com -- Situs yang sekali lagi sama seperti Fiverr, alternatif dari ApaBoleh.com. Hanya saja di sini semua pekerjaan sepertinya seharga Rp50.000.
  14. Serba50Ribu -- Situs jasa mini dengan konsep seperti Fiverr, harga GIG yang ada serba 50 ribu, seperti namanya.
  15. Demand Studios -- Situs yang bagus untuk penulis lepas (freelance writer), namun anda harus di approve terlebih dahulu sebelum bisa diterima dan katanya situs ini sangat pemilih dalam memilih penulisnya. Namun ketika anda diterima, anda bisa mendapatkan hingga $15 untuk tiap artikel, yang artinya lumayan banyak jika anda bisa mengetik cepat dan bahasa Inggris anda bagus.
  16. Constant Content -- Satu lagi situs untuk penulis lepas.
  17. Associated Content Yahoo Voice -- Anda dibayar di muka untuk artikel dan anda juga bisa memilih untuk mendapatkan bayaran per views (anda dibayar tergantung seberapa banyak artikel anda di baca.)
  18. Break Studios -- Situs penulis lepas yang lain yang kurang lebih sama seperti Demand Studios, namun membayar lebih sedikit (hingga $8), namun persyaratan artikelnya lebih pendek.
  19. iWriter -- Situs penulis lepas yang lain dengan konsep yang agak unik. Di situs kerja online lain, anda harus di approve dulu sebelum bisa bekerja, namun di sini anda bisa mulai bekerja berdasarkan kriteria yang ada, dan menawarkan hasil pekerjaan (tulisan) anda pada pembeli potensial.
  20. Minute Workers -- Situs freelance dimana anda bisa mengerjakan tugas super mini dan memperoleh bayaran beberapa sen hingga beberapa dollar.
  21. Cloud Crowd -- Tempat kerja online di mana anda bisa melakukan tugas membosankan seperti data entry dan mendapatkan bayaran dengan kisaran $3 hingga beberapa dolar.
  22. Gobann -- Situs mikro site Indonesia dimana anda dibayar goban, 50.000 rupiah tiap kali transaksi. Pembayaran yang didukung oleh situs ini adalah PayPal, KasPay, BCA dan Mandiri, dan beberapa alternatif pembayaran lainnya. 100% jiplak Fiverr, tapi saya ingin lihat akan jadi seperti apa nanti... *situs ini saya tambahkan thanks to bro Ardy Pratama

*Saya dan SyamsulAlam.net tidak ada kaitan dengan situs-situs kerja online yang saya listing di atas. Lakukan riset dan due diligence anda sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bergabung dengan situs-situs di atas.

*Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh kelalaian anda karena tidak membaca pesan ini.

UPDATE: Video Cara Kerja Online Gratis

Di bawah ini adalah beberapa video follow up yang akan mengajarkan anda cara daftar, sistem kerja, cara pembayaran, dan banyak lagi hal yang anda butuhkan untuk mulai bekerja secara online di beberapa situs yang sudah saya list di atas.

Di video ini saya jelaskan bagaimana cara kerja Fiverr.com, bagaimana sistem pembayarannya, bagaimana cara membuat gig, bagaimana anda mendapatkan uang dari sana, dan banyak lagi...

Elance.com adalah salah satu tempat terbaik untuk mencari proyek atau pekerjaan yang bisa anda kerjakan dengan penghasilan yang bisa anda tentukan. Anda bisa meng-bid pekerjaan di Elance, mencari pekerjaan yang cocok dengan anda, dan banyak lagi. Temukan cara kerjanya di video di atas.

Sementara MicroWorkers.com adalah situs pekerjaan online dimana anda bisa melakukan pekerjaan online sederhana dengan bayaran tiap pekerjaan yang anda lakukan. Agak repot menjelaskannya, tapi untuk detilnya, saya coba jelaskan di video di atas.

Sementara itu dulu deh, saya harap video di atas memberi anda gambaran tentang bagaimana cara melakukan kerja online di internet dengan bantuan beberapa situs di atas...

Ada yang kurang dan perlu saya tambahkan? Sebutkan di kotak komentar!

Tentang Syamsul Alam

Saya Syamsul Alam. Blogger, internet marketer, dan pelajar jadi satu. Seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi rockstar. Tapi saya tidak punya bakat jadi rockstar. Untuk itulah saya menulis, biar terkenal (bercanda). Temui saya di SyamsulAlam.net

Report PREMIUM: Idea Domination - Hasilkan 100 Topik / Keyword dalam 1 Jam Kurang!

Dominasi Google dimulai dari kemampuan menghasilkan 100 topik / keyword yang kiranya digunakan oleh calon pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Temukan bagaimana cara melakukannya dalam 1 jam / kurang di Report Premium ini. Beli seharga Rp 97.000 atau masukkan email anda di bawah ini untuk dapatkan report ini GRATIS!!

Rp 97.000 |
kerja online gratis tanpa modal
lowongan kerja penulis online
kerja online dibayar
kerja online terpercaya
kerja online input data
kerja online dari rumah
lowongan kerja online terpercaya
pekerjaan online untuk mahasiswa

75 thoughts on “20+ Tempat Kerja Online Gratis (Situs Freelance — Dibayar per Pekerjaan)

        1. kalau gaptek dan ga mahir bahasa inggris, lebih baik tidak usah gabung. 😀 masih banyak pekerjaan lain. salam senyum… 😀

  1. Situs situs diatas banyak yang aq baru denger nih… hehehe elance aq udah pernah nyoba tuh…. tp bukan jual jasa tapi mencari jasa. 🙂 begitu jg dengan fiverr yang paling populer

    1. Wah, keren tuh kalo ternyata tidak jual jasa tapi malah mencari jasa. 😀 Saya biasanya klo mau outsourcing pake fiverr, belum pernah nyobain elance malahan, hahahahah….

    1. pergi ke sites nya, cari link sign up, masukkan detil anda, verifikasi email, dan selesai.

      Secara general kurang lebih gitu.

  2. itu cara pembayarannya pake paypal ya…??

    wah klo paypal ane blom punya nech, maklum kaga ada kartu kredit… hehehhe..

    ada ga program yang pembayarannya ga menggunakan paypal selain amazon ya…??

    *Reply: ada beberapa situs yang pembayarannya menggunakan alternatif lain selain paypal seperti KasPay atau transfer bank BCA dan Mandiri. Salah satunya Gobann. Silahkan di cek lagi di post atas ini.

    1. sebenernya metode pembayaran menggunakan paypal itu adalah salah satu metode yang paling ideal menurutku. Ga perlu nunggu-nunggu untuk dapat bayaran, apalagi untuk situs kerja online seperti ini. Klo mau yang bukan paypal, sebagian affiliate network besar pake cek kok sebagai metode pembayaran. Ato ya itu tadi, bisnis online lokal… hehehehe….

    1. Saya awalnya pingin naruh Gobann, tapi mengingat betapa norak video nya, saya ga jadi…

      Hahaha… oke lah saya tambahin…

  3. ini saat mau daftar bayar gk gan?karna semua program kerja online yang hendak saya ikuti semua minta bayaran awal sebagai administrasi….
    ada yang gk bayar gk?

    1. Jangan ngaco. Cuman situs penipuan yang nyuruh anda bayar untuk ngikut programnya. Fiverr tak perlu uang registrasi karena mereka sudah untung ketika anda kerja di sana (Fiverr mengambil sebagian bayaran anda). Begitu juga situs lainnya di list ini.

      Btw, saya ga suka anda nge link ke program penipuan bernama norak seperti profibux, jadi saya hapus link anda biar ga ada yang nge klik dan ikutan ketipu.

    1. outsourcing itu kita bayar orang untuk ngelakuin hal yang bukan keahlian kita.

      kaspay itu metode pembayaran sejenis paypal tapi kaskus yang punya.

  4. Iya ..q pernah ktipu soal qita kerja online tp sruh bayar dimuka
    Nyesel,bodo banget diriku ngerasa.. Makasih infonya mz..lain kali sya mu coba
    btw,arek Sby ya..samaan dunk qt 🙂

  5. saya mau ikut kerja online..
    tapi saya bingung…
    sebab banyak situs yang saya cek semuanya minta transfer uang untuk menjadi anggotanya..
    saya takut kena tipu…
    yaa… walau di minta 100rb tapi itu uang kan nggak kecil bagi saya…
    mungkin juga buat kalian semua…
    ada yang mau nolongin saya ngga…
    tolong kasi tau saya situs yang bener-bener mau nolong…
    yang bener-bener gak di pungut biaya saat pendaftaran…
    tolong…

    1. Sudah cek situs yang saya list di atas belum? Sebenarnya jika mbak Julia cukup pintar untuk tidak gampang terpancing iming-iming kaya cepat, sangat bisa sekali untuk kerja online normal dan menghasilkan uang.

      Tapi seperti pekerjaan lain pada umumnya, mbak butuh skill untuk mbak jual. Jika tak punya skill apa-apa ya jujur saja tak akan bisa hasilkan apapun dan akhirnya kena bohong orang terus… kalau takut kena tipu ya mulai gunakan otak mbak dan lakukan due diligence alih-alih berlagak jadi korban.

      Tanggung jawab atas kesuksesan diri sendiri ada di tangan diri sendiri. *Maaf klo agak pait komen saya…

  6. met siang mas..
    mas syamsul alam..
    boleh minta tolong ngga ?…
    setiap saya kunjungi blog2 u/ cari sesuatu
    saya sering jumpa sama situs yg di bawah ini…
    ini situs bener gk sih ?…
    tolong di cek soalnya saya kan gak gitu paham
    tolong yah mas syamsul alam yang BAIK HATI ^_^ kerjaonline2013new.weebly.com

    N tolong bagi2 tips agar tidak mudah kena tipu..
    ini sangat berguna bagi saya N jg bagi yg baca komen di tempat mas syamsul ini..
    makasih sebelumnya ya mas…

    1. haha, saya dibilang baik hati. ngledek nih? 😛

      jujur saya ga tahu, tapi insting saya waktu lihat situs seperti itu pertama kali ya itu situs nipu. (saya sudah jelasin cara mbedainnya di sini: http://www.syamsulalam.net/menghindari-penipuan-bisnis-internet/)

      tapi hei, saya tidak tahu. kalau ga ada biaya daftarnya, coba aja dulu. kalau dia minta biaya daftar, ya ga usah di terusin. klo kita tidak keluar uang, berarti tidak ketipu ya kan?

      1. benerrrr….r untung saya baca disini dulu,tdnya saya mau ikut kerja online2013. udah mau stranfer uang,tp untungnya aku nyari tau dulu.alhamduliliah uang masih ditangan.

      2. numpang namapng dl agan syamsul, mau nanya aja situ email apa yah? kalo mau bales aja ke email ane, ane masih belajar soal internet working gitu ty

    2. yups bener bgt apa yg di bilang sama bapak guru kita mas syamsul alam…
      intinya gini aja mba yull,,,,,kalo setiap ada kali kita mau gabung, tp blm apa2 ehh disuruh transfer sejumlh uang..kelaut aja kalee——>> tinggal klik tanda x diujung kanan atas tab…udah deh aman….gmn pak guru…menrut anda saran sy ini masuk akal ga???

      salam kenal n salam sukses

      hamam nasirudin

  7. saya ngga ngeledek mas kok..
    emang betul mas syamsul tuh baik hati…
    buktinya mas mau list beberapa situs yg bener2 membantu.

    aku juga baru ikut fiverr…
    tapi masih dlm tahap pembelajaran…
    N itu juga berkat mas syamsul jg kok.
    makasih ya mas…

  8. maaf mas, nih aq ketemu sama situs kerja online asl indonesia (mengetikdibayar.weebly.com dan kerja4online.blogspot.com). apakh situs tsb adalh type situs penipuan atau gk mas… makasih atas infonya…

  9. kalo excenza.com penipuan ngga ?
    kalo bole tau, apakah anda sudah mendulang banyak duit dari situs” kerja online yang selama ini pernah anda ikuti ? terimakasih 🙂

    1. Saya tidak pernah dengar excenza.com. Jadi saya mungkin tidak bisa kasih komentar.

      Saya tidak pernah mendulang duit dari situs-situs kerja online yang ada di sini. Internet bagi saya bukan tempat untuk mencari pekerjaan. Tapi tempat untuk membuat pekerjaan. Kalau bisnis online saya punya beberapa.

      Pengalaman saya di Fiverr terbatas pada membeli gigs (nge-hire orang untuk kerja pada saya). Umumnya saya butuh bantuan fiverr untuk membangun backlink ke situs saya. Juga untuk translasi plugin untuk beberapa project saya.

      Salam senyum. 😀

  10. Salam kenal mas Syamsul 🙂

    Artikel yang menarik. Saya boleh tambah 2 website yang pernah saya ikuti untuk menghasilkan uang.

    (1) PabrikArtikel.com, situs lokal ini menyediakan jasa untuk menulis artikel, di sini Anda dapat membeli artikel ataupun menjadi penulis artikel yg dapat bayaran. Utk penulis artikel awalnya anda mengajukan lamaran dg mengirimkan contoh artikel buatan sendiri. Kalau diterima, Anda akan diberikan user ID untuk login. Saya sudah beberapa kali memperoleh bayaran dari situs ini. Tetapi terakhir, mungkin lagi sepi pemesanan, jadi penghasilan saya sedikit menurun.

    (2) Shvoong.com, situs internasional yang menyediakan sarana menulis review buku, artikel, majalah, film, dll. Dalam berbagai bahasa termasuk bahasa indonesia. Setelah hampir 2 th, saya akhirnya memperoleh penghasilan pertama, $10 dollar 41 sen. Semakin banyak dan bagus artikel review yg dibuat maka akan mengundang banyak pengunjung. Tentunya akan semakin menambah pundi2. Teman saya berpenghasilan $50/bulan dari situs ini.

    1. Jika terlihat norak biasanya nipu. Jika menjanjikan kekayaan instan, biasanya nipu. Situs yang tidak nipu tidak menjanjikan apapun.

      Salam senyum. 😀

      (btw Fiverr adalah situs favorit saya, saya pernah dapat $12 dari sana jualan link dan sudah pernah belanja gig hingga ratusan dolar di sana — sangat menyenangkan — untuk yang lainnya saya belum pernah nyoba jadi silakan due diligence sendiri dulu yah dengan bantuan Google).

  11. Salam kenal. saya sudah coba daftar ke microworkers. tapi di tolak dengan alasan ip addres saya sudah terdaftar. padahal saya baru kali ini mendaftar di sittus tsb. kok bisa terjadi begitu ya? Ada pengalaman yang sama kah yang bisa di share sekaligus solusinya? Terima kasih 🙂

    1. Mungkin karena mbak pake Wifi yang IP address nya di share ramai2, atau karena microworkers memang tidak menerima pekerja dari Indonesia. Masih ada banyak tempat mbak, silakan di coba di tempat lain. 😀

    1. lakukan due dilligence anda sendiri. kan udah ada disclaimernya. info itu bukan berarti saya ngerekomendasiin situs tertentu.

      penghasilannya nyata terlepas saya udah ikut atau belum pernah ikut.

      1. huhohuho agan ngepost it’s mean agan nyaranin untuk kerja di situs onoh2 tntunya kan? ok, masalah income-nya ane percaya prnyataan agan. Dan dari agan sendiri (dari prtanyaan ane yg belon ke jawab), apa udah prnah agan bkrja di sbuah prusahaan online? (ini prtanyaan nadanya mau tau, coz mau dapet pkrjaan yg online2, bukan maksud ngeraguin informasi yg agan berikan)… ok dah gan, mohon bantuannya

        1. Saya sudah pernah ikut Fiverr, dulu waktu SMA, jualan link di blog lama saya dan dapat $12.

          Saya jujur sebenarnya tidak perlu ngasih tahu anda hal ini karena toh tidak ada untungnya buat kita berdua (hanya menghabiskan waktu kita berdua).

          Situs-situs yang saya list di atas, saya tidak bisa rekomendasikan, karena 1) bukan situs saya, saya tidak kenal siapa yang punya, 2) saya tidak dapat insentif finansial apa-apa darinya.

          Sebenarnya sangat salah kalau mas berpikir saya nyaranin untuk kerja di situs-situs di atas. Menurut saya, daripada internet dijadikan tempat cari kerja, mending dijadikan tempat bisnis. Beda loh, yang satu digaji (dibayar), yang satu bikin kita bisa bayar orang.

          Informasi di atas saya tulis untuk: 1) dapat trafik dari orang yang berniat untuk mendapatkan uang di internet untuk belajar video gratis saya, dan 2) membantu yang butuh daftar situs freelance. Biar gampang nyarinya…

          Itu juga alasan kenapa due dilligence sebaiknya dilakukan sendiri. Lagipula, enggak bagus kan dikasih rempela masih minta hati, hehehe…

          Fiverr, Mechanical Turk, Odesk, dan elance sudah terkenal sebagai situs yang membayar, sistem pembayarannya jelas, cara kerja juga jelas. Sebenarnya common sense juga sih, masa Mechanical Turk (yang notabene situs milik Amazon) tidak membayar. Hahahaha… lucu.

          Salam senyum…

          1. well, aku ga yakin dengan up to date itu apa. dan ga yakin kenapa situ bilang sorry. hahaha… sistem kerjanya beda, jadi menurutku ga sama. agak jauh bedanya… tapi, whatever lah…

      1. mas, sya mau join,, tapi ga tau ap yg harus sya persiapkan, serta tutorial kerjanya.. mohon bantuanya ya mas,, tentang tutorial persyaratan dan kerjanya… tx

    1. Oops!! Untung diingetin, iya maaf, rekening BCA di halaman cara bayar salah. Ini yang benar: 0183 579 751 a/n Syamsul Alam – BCA

  12. halo mas…barangkali tau ya, klo visitors2cash dot com itu website nipu jg ga? dpt dolar dg mengklik referral link qta gitu… makasih infonya..

    1. yang menjanjikan dapat uang dengan mudah, hanya dengan menonton, meng-klik, dll yang tidak melibatkan kerja 99.99% adalah situs penipuan. cuma orang bodoh, yang miskin, dan serakah yang terpancing situs2 seperti itu. salam senyum…

  13. kk,,,, cra kerja fiverr tu kya gmna…??? aq pngen ikut,,,
    tp ngk tw cra kerjanya…
    ma’af yea,,, bru nyoba kerja online,,,

  14. sumpah om… Mutu bgt ni…untung saya buka blog ini jadi g jadi kena tipu dah hahaha…abisnya gila aja setiap nyari part time online semua yg muncul minta byr aktfasi mulu.. Sumpah thank u bgt dah.

  15. saya mau tanya, kira2 kenapa ya no.kartu kredit saya di tolak sama banknya pas mau bikin kartu kredit paypal. terus saya harus gimana biar bisa di aktifin kartu kreditnya?
    Makasih sebelumnya

  16. sippppppppppp..

    i like it..

    komentnya keren2, jadi tambah semangat nih..

    owh ya, saya suka kata2 “kalo disuruh bayar berarti penipuan”

  17. informasi yang sangat menarik, mencerahkan, membahagiakan, menguntungkan, pokonya segala-galanya deh sukses buat mas bro Syasulalam

  18. Odesk sama sekali tidak menipu, teman2 kerja saya sudah dua orang yang keluar dari kerja ngantornya karena kerja di Odesk nya sudah jalan, dan sudah bisa menghasilkan rata-rata 10jt keatas. ni saya juga mulai merintis untuk ikut kerja di odesk, mudah-mudahan berhasil.amin. Salam.Mimbar

  19. slm knl mas syamsul alm, thnk you bgt infoya bisa menmba wawasn pengethuan
    tdiya ce mu iktn kerja online part time yg ujung2ya di pungut biyaya jg, untung ada mas syamsul..skli lgi x ucpn thnk you bgt infoya, succes trs bt mas syamsul!
    mf’ mas saya ingin bertanya, bagai mana bergabung di situs kerja online untuk ODESK, sprti mas?
    apa untuk orng2 tertntu sja mas yg memenuhi syarat mempunyai skil dan iptek tinggi?

  20. mas saya mau nanya karena saya benar2 gaptek ttg fiver,cara menjalaknannya gmana mas?situs apa she fiver tu?mohon penjelasan lebih detail

  21. kalo via pembayaran lewat libertyreserve ada gak ya ?? pengen banget join kerja online tapi via payment paypal masih terbilang jarang untuk orang indonesia termasuk saya dan orang lain yang memerlukan kartu kredit buat verified.

  22. Mas, mau tanya kenapa saya coba registrasi di MTurk tapi ditolak ya, masalahnya dimana? padahal saya sudah nunggu 48 jam dari saat registrasi, lalu dikirim pemberitahuan ke email saya, kalau registrasi saya tidak disetujui / saya tidak boleh kerja di MTurk, tapi dia tidak bilang alasannya, Mohon penerangannya mas..

  23. ana mau tx ni tentang krjaan diatas yg paling menjanjikan yg mana? Apa maksud GIG?, alhamdulillah gak ada yang narget tau pungli jd bener2 gratis tis tis
    makasi infox smga Allah selalu melindungi anda dan keluarga anda

  24. menarik sekali ulasannya mas, sangat membantu. saya pernah tuh ikutan yang microworkers, sampai dapet payment ke 3 kalo ngga salah bisa cairkan setiap 10 dollar. salam kenal

  25. mas samsu saya sudah melihat hampir semua fidio tutorial yang anda berikan
    tapi saya lebih tertarik untuk kerja online . kiranya 20 situs kerja online yang mas smsul refrensikan sekarang masih trbukti membayar atau tidak , dan bagai mana cara kita dapat tau kalau situs itu tidak membayar. mohon bimbingannya. ?

Comments are closed.